P. 1
Agama Dan Kesehatan

Agama Dan Kesehatan

|Views: 148|Likes:
Published by Sans

More info:

Published by: Sans on Dec 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/07/2012

pdf

text

original

Agama Dan Kesehatan PENDAHULUAN Agama adalah suatu ajaran dimana setiap pemeluknya dianjurkan untuk selalu berbuat

bai. Untuk itu semua penganut agama yang mempercayaai ajaran dan melaksanakan ajarannya mereka akan senantiasa melaksanakan segala hal yang ada dalam ajaran tersebut. Manusia tidak bias dilepaskan dengan agama, oleh karena itu agam dan manusia berhubungan sangat erat sekal. Ketika manusia jauh dari agama. Maka aka nada kekosongan dalam jiwanya. Walaupun mungkin kebutuhan materialnya mereka terpenuhi. Akan tetapi kebutuhan batin mereka tidak, sehingga mereka akan mudah terkena penyakit hati. Penyakit hati yang melanda manusia yang tidak beragama akan senantiasa mengahantui mereka sehinga mereka akan mudah putus asa. Oleh karena itu orang yang tidak beragama ketika mendapatkan persolan hidup mereka akan mudah putus asa dan akhirnya mereka akan melakukan penyimpangan atau tingkah laku yang tidak sesuai dengan norma atau ajaran agama. Berbeda dnegan seseorang yang beraga. Mereka akan senantiasa melakukan segala sesuatunya sesuai dengan ajaran. Dan ketika mereka lupa tidak melaksanakan rutinitas mereka dalam beribadah, mereka akan cenderung merasa bersalah sehingga mereka akan mengembalikan segala macam permasalah dalam kehidupannya ke dalam ajaran agama. PEMBAHASAN Pada zaman dahulu penyakit yang diderita oleh manusia sering dihubungkan dengan gejala-gejala spiritual. Ketika ada salah seorang dari mereka ada yang sakit, maka dengan spontanitas mereka akan mengkaitkan penyakit tersebut karena adanya gangguan dari makhluk halus. Oleh karena itu pada zaman dahulu ketika ada orang yang menderita penyakit selalu berkaitan dengan para dukun yang dipercaya mampu untuk berkomunikasi dengan makhluk tersebut sehingga diharapkan sang dukun dapat mengobati penyakitnya atau menahan gangguannya. Ketika pemikiran manusia mengalami perkembangan, maka hal yang demikian tidak berlaku lagi di tengah-tengah masyarakat kita yang sudah mengenal modernisasi. Segala macam bentuk penyakit yang di derita oleh manusia akan selalu mereka hubungkan dengan keadaan sang penderita dan untuk mengobati penyakit tersebut mereka akan selalu pergi kepada seorang dokter yang sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kepercayaan ini memang sebagian besar dapat dibuktikan oleh keberhasilan pengobatan dengan menggunakan peralatan dan pengobatan hasil temuan di bidang kedokteran modern.

Walaupun mungkin segala sesuatu yang mereka inginkan sudah mereka dapatkan akan tetapi dari lubuk hati yang dalam mereka menginginkan ketentraman hati yang berbeda dari pada dunia yang mereka punyai. Hal ini terbukti di salah satu daerah di dunia barat abad pertengahan. serta dalam tahap ini manusia ingin agar buah pikirannya dihargai oleh orang lain. Ketika manusia jauh dengan agama atau Tuhan hati mereka pasti akan merasakan sesuatu yang kosong dalam hatinya. Dengan demikian segala bentuk perilaku keagamaan merupakan ciptaan manusia yang timbul dari dorongan agar dirinya terhindar dari bahaya dan dapat memberikan rasa aman. sebagian orang ada yang mempelajari cara penyembuhan yang menggunakan pendekatan kepercayaan terhadap agama. minum. Kebutuhan ini dimanifestasikan manusia dalam bentuk aktualisasi diri antara lain dengan berbuat sesuatu yang berguna. Manusia membutuhkan saling perhatian dan keintiman dalam pergaulan hidup. ialah kebutuhan dasar untuk hidup seperti makan.MANUSIA DAN AGAMA Psikologi agama merupakan salah bukti adanya perhatian khusus para ahli Psikologi terhadap peran agama dalam kehidupan kejiwaan manusia. Menurut Abraham Maslow manusia membutuhkan kebutuhan yang paling dasar hingga yang paling puncak.Kebutuan akan ras kasih sayang. dimana mereka bisa memanfaatkan tempat ini sebagai tempat perlindungan terhadap segala macam bahaya yang mengancamnya. . yaitu : 1. 3.Disela-sela perkembangan ilmu kesehatan atau kedokteran.Kebutuhan akan rasa aman yang mendorong manusia untuk bebas dari rasa takut dan cemas. Ketiak mereka merasa sudah tidak mempuyai cara lain untuk mendapatkan uang mereka pasti akan selalu kembalikepada Tuhan mereka untuk mencari penyelesaian dari segala macam permasalahan. Mereka menggunakan pendekatan metode Hipnosa untuk mengetahui penyakit apa yang diderita oleh seseorang dan menyembuhkannya dengan metode kepercayaan terhadap agama. istirahat dan sebagainya. karena pada hakikatnya manusia adalah fitrah atau bisa dikatakan ketika manusia jauh dari Tuhan maka suatu ketika mereka akan kembali kepada Tuhan ketika mereka dalam kondisi tertentu mereka tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyelesaikan masalahnya.Kebutuhan Fisiologis. Atau mungkin ketika manusia terhimpit oleh permasalahan dunia. 1. mereka akan lebih mendekatkan diri mereka kepada Tuhan. Manusia lari kepada agama karena rasa ketidakberdayaannya menghadapi bencana. Kebutuhan ini dimanifestasikan dalam bentuk tempat tinggal yang permanen.kebutuhan akan harga diri. antara lain berupa pemenuhan hubungan antar manusia. 4. 2. Untuk mengatasi hal ini manusia menghadirkan Tuhan dalam dirinya sebagai pelindung mereka tatkala mereka merasa terancam dan memerlukan perlindungan terhadap segala macam bentuk ancaman terhadap dirinya.

Pendekatan berikutnya menurut Victor Frankley. aman. Beberapa temuan dalam bidang kedokteran dijumpai sejumlah kasus yang membuktikan adanya hubungan antara agama dengan kesehatan mental manusia. atau buang air. Dalam kedokteran dikenal ada beberapa macam pengobatan antara laing dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Dan orang yang seperti ini tidak akan mengalami kemajuan sama sekali baik dari sisi keagamaan maupun dari sisi sosialnya. biologi. Atau dalam keadaan kesal dan jengkel. psikiater. Rasa halusinasi ini terjadi ketika manusia merasa takut karena berdosa atau melakukan sesuatu yang membuat dirinya mengecil dari orang lain. akan tetapi menggunakan metode baru yang dikenal dengan nama Hipotheria atau dikenal dengan nama psikoterapi. sosiologi. Sejak berkembanganya ilmu kedokteran.Frreedom (kebebasan) 3. kedokteran. 3 . mereka akan terbawa jauh dari kenyataan hidup yang sebenarnya. penuhkeraguan ketika memutuskan sesuatu permasalahan. maka perut seseorang akan merasa kembung. yaitu : 1. getaran arus listrik. seimbang. Ketika saraf tubuh manusia terputus dengan dunia luar . Jika seseorang berada dalam keadaan normal.AGAMA DAN PENGARUHNYA TERHADAP MENTAL Kesehatan mental adalah ilmu yang meliputi tentang prinsip-prinsip. Atau bisa juga dengan menggunakan sorot sinar laser. Sedangkan permasalahan kesehatan mental meyangkut pengetahuan serta prinsip-prinsip yang terdapat dalam lapangan Psikologi. dan agama. peraturan-peraturan. dan tentram. Selain itu juga dikenal pengobatan tradisional dengan cara pijat. yaitu eksistensi manusia ditandai oleh tiga faktor. dan lain sebagainya. Perubahan yang terjadi dalam kejiwaan ini disebut dnegan spektrum hidup. maka mereka akan dapat berhubungan dengan dunia khayal atau dalam arti lain mereka akan berhalusinasi sehingga meraka tidak akan sadarkan diri untuk beberapa waktu. maka psikoterapi dan autotherapi digunakan untuk meyembuhkan pasien yang menderita penyakit gangguan jiwa (rohani).2 Orang yang sehat mentalnya adalah orang yang dalam rohani atau dalam hatinya selalu merasa tenang. Orang yang merasa takut langsung akan kehilangan nafsu makan. maka ia akan selalu berada dalam keadaan aman. serta prosedur-prosedur untuk mempertinggi kesehatan rohani.Responsibility (tanggung jawab) 1. Sesuai dengan istilahnya. Dalam usaha penyembuhan semacam ini banyak kasus-kasus tertentu yang biasanya dihubungkan dengan kepercayaan pasien tersebut masing-masing. hormon dan kimiawinya. cairan suntik atau dengan meminum obat. banyak sekali pengobatan yang tidak menggunakan cara-cara seperti di atas. yaitu penyembuhan diri sendiri yang dilakukan tanpa menggunakan bantuan obat-obatan seperti biasanya.Spirituality (kerohanian) 2. suntik jarum sampai keperdukunan.

khawatir. Dengan mencari cara yang tepat untuk menyesuaikan diri dengan memilih norma-norma moral. . Pertentangan ini akan menimbulkan ketidakseimbangan dalam kehidupan rohani. puas. merasa dicintai. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi. Kebutuhan tersebut dapat berupa kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani atau juga kebutuhan sosial. senang. maka manusia akan merasa cemas. Dalam kehidupan sehari-hari tak jarang dijumpai bahwa seseorang tidak mampu untuk menahan keinginan bagi seseorang yang ingin memenuhi kebutuhan dirinya atau ketika seseorang terhimput oleh persoalan ekonomi. maka batin akan merasa berat untuk menanggungnya sehingga akan bertambah paran permasalahan yang ditanggungnya.4 Setiap manusia mempunyai kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan untuk melangsungkan kehidupan mereka secara lancar. Sikap yang demikian merupakan bagian dari kebutuhan mendasar manusia yang harus dipenuhi sebagai makhluk yang ber-Tuhan. sukses.TERAPI KEAGAMAAN Seseorang yang tidak merasa aman. Adapun makna hidup adalah segala hal yang mampu memberikan nilai khusus bagi seseorang yang bila dipenuhi akan mejadikan hidupnya berharga dan akhirnya akan menimbulkan penghayatan bahagian dalam dirinya. Maka kondisi yang seperti ini akan membawa manusia dalam keadaan yang tenang dan normal sehingga manusia dapat melaksanakan aktivitas keseharian mereka dengan penuh rasa percaya diri dan merasakan ketenangan dalam diri mereka karena sebagian dari kebutuhan dasar mereka sudah terpenuhi. sehingga segala macam cara mereka lakukan guna terpenuhinya kebutuhan tersebut.Barangkali hubungan antara kejiwaan dan agama dalam kaitannya dengan hubungan antara agama sebagai keyakinan dan kesehatan jiwa. maka manusia akan menyesuaikan diri dengan kenyataan yang ada bahwa mereka harus berusaha lebih keras lagi untuk memenuhi kekurangan dari kebutuhan mereka. Normanorma moral yang positif termasuk ajaran dari pada agama. tenang serta tentram dalam hatinya adalah orang yang sakit rohani atau mentalnya. yang dalam kesehatan mental dikenal dengan kekusutan rohani. Sikappasrah yang semacam ini diduga akan memberi sikap positif seperti rasa bahagia. 1. Ketika kebutuhan dasar mereka belum terpenuhi. Ketika konflik yang dihadapinya tidak segera diselesaikan. Usaha penanggulangan kekusutan rohani atau mental ini sebenarnya dapat dilakukan sejak dini oleh penderita. maka dalam diri mereka akan terjadi adanya konflik dalam batin mereka yang memerlukan pengobatan atau penyelesaian dengan cepat. ragu-ragu dan tidak merasakan ketenagan dalam hidupnya sehingga ketika mereka beraktivitas mereka tidak akan maksimal dan hasil yang mereka peroleh pun tidak akan memuaskan. rasa aman. terletak pada sikap peyerahan diri seseorang terhadap sesuatu kekuasaan Yang Maha Tinggi. maka kekusutan mental akan terselesaikan.

Untuk menangani penyakit yang berhubungan dengan mental ini banyak yang menggunakan cara pengobatan tradisional dan modern. sehat sakit kita hanya kepada Allah semata karena hanya Dia – lah segala macam urusan dikembalikan. Akan tetapi dari berbagai kasus yang ada justru banyak penderita kejiwaan yang disembuhkan dengan pendekatan agama atau kepercayaan. Dalam Al-Quran banyak sekali yang menjelaskan tentang kesehatan. akhlak terhadap Allah ini merupakan pondasi atau dasar dalam berakhlak terhadap siapapun yang ada di muka bumi ini. Akhlak Seorang Muslim Terhadap Allah SWT Setiap muslim meyakini. tenang dan tentram sehingga mereka dapat beraktivitas dengan maksimal sehingga mencapai hasil yang diinginkan. Allah adalah Pencipta dirinya. Sehingga manakala hal seperti ini mengakar dalam diri setiap muslim. Hal ini membuktikan bahwa manusia pada hakikatnya adalah makhluk yang ber-Tuhan dan akan kembali ke-Tuhan pada suatu saat. pencipta jagad raya dengan segala isinya. maka Allah akan memberikan hati mereka rasa aman. Rasa taqwa dan perbuatan baik adalah metode pencegahan dari rasa takut dan sedih. jika ia memiliki akhlak yang karimah terhadap Allah. maka ini merupakan pintu gerbang untuk menuju kesempurnaan akhlak terhadap orang lain.KESIMPULAN Manusia adalah makhluk yang tidak bisa dipisahkan dari orang lain oleh karena itu kita membutuhkan mereka untuk melangsungkan kehidupan kita dengan lancar. Allah adalah pemberi hidayah dan pedoman hidup dalam kehidupan manusia. Demikian pula sebaliknya. dan lain sebagainya. Ketika kebutuhan mereka tidak terpenuhi secara wajar. hidup mati kita. Ketenangan jiwa dapat dicapai dengan zikir (mengingat) Allah. maka akan timbul konflik dlam dirinya sehingga mengakibatkan jiwa mereka akan tergoncang dan memerlukan penanganan secepatnya. Allah adalah pengatur alam semesta yang demikian luasnya. maka akan terimplementasikan dalam realita bahwa Allah lah yang pertama kali harus dijadikan prioritas dalam berakhlak. Untuk memenuhi kebutuhan itu manusia harus bekerja keras sehingga kebutuhan mereka dapat terpenuhi baik kebutuhan primer maupun sekunder. Al-Quran berfungsi sebagai As-Syifa atau obat untuk menyembuhkan penyakit fisik maupun rohani. Jika kita perhatikan. . Dan ketika seseorang mengalami permasalahan dalam kehidupannya maka hadapilah dengan sabar dan sholat sebagai jalan keluar dari segala macam permasalahan dan ketika segala macam usaha telah dilakukan secara maksimal maka serahkanlah segala macam urusan kita. bahwa Allah adalah sumber segala sumber dalam kehidupannya. maka ia tidak akan mungkin memiliki akhlak positif terhadap siapapun. Sehingga ketika mereka terhimpit permasalahan batin mereka akan lari kepada agama dan menemukan jawaban dari permasalahan yang mereka hadapi. Jika seseorang tidak memiliki akhlak positif terhadap Allah. Dan barang siapa yang menyerahkan segala urusan dunia dan akhiratnya hanya kepada Allah.

Karena pada hakekatnya. Abi Ashim alsyaibani). Hal pertama yang harus dilakukan seorang muslim dalam beretika kepada Allah SWT. Oleh karenanya." (HR. Seorang suami merupakan pemimpin bagi keluarganya. Rasulullah SAW bersabda. adalah dengan mentaati segala perintah-perintah-Nya. Tanpa adanya ketaatan. 2. Etika kedua yang harus dilakukan seorang muslim kepada Allah SWT. Dalam sebuah hadits. dan ia bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. . Allah berfirman (QS. Sebab bagaimana mungkin ia tidak mentaati-Nya. Taat terhadap perintah-perintah-Nya. Dan setiap kalian adalah pemimpin." (HR. adalah memiliki rasa tanggung jawab atas amanah yang diberikan padanya. dan ia bertanggung jawab terhadap apa yang dipimpinnya. Seorang hamba adalah pemimpin atas harta tuannya. maka itu merupakan amanah yang kelak akan dimintai pertanggung jawaban dari Allah. dan ia bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. Seorang wanita juga merupakan pemimpin atas rumah keluarganya dan juga anak-anaknya. kemdian mrekea tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap ptutusan yang kamu berikan. maka ini merupakan salah satu indikasi tidak adanya keimanan. 4 : 65): “Maka demi Rab-mu.Diantara akhlak terhadap Allah SWT adalah: 1. padahal Allah lah yang telah memberikan segala-galanya pada dirinya. Rasulullah SAW pernah bersabda: Dari ibnu Umar ra. dan setiap kalian bertanggung jawab terhadap apa yang dipimpinnya. seorang mukmin senantiasa meyakini. kehidupan inipun merupakan amanah dari Allah SWT. Ridha terhadap ketentuan Allah SWT. "Setiap kalian adalah pemimpin. Rasulullah SAW juga menguatkan makna ayat di atas dengan bersabda: “Tidak beriman salah seorang diantara kalian. Muslim) 3.Memiliki rasa tanggung jawab atas amanah yang diembankan padanya. apapun yang Allah berikan padanya. mereka pada hakekatnya tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan. dan bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. merupakan pemimpin. Dalam sebuah hadits. dan mereka menerima dengan sepenuhnya.” Karena taat kepada Allah merupakan konsekwensi keimanan seoran muslim kepada Allah SWT. dan ia bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. hingga hawa nafsunya (keinginannya) mengikuti apa yang telah datang dariku (Al-Qur’an dan sunnah). Seorang amir (presiden/ imam/ ketua) atas manusia.

Tirmidzi." (HR. Bahkan terkadang. Oleh karena itulah. mereka ingat akan Allah. lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka. Jika ia mendapatkan kebaikan. Karena hal ini memang merupakan tabiat manusia. akan memiliki obsesi dan orientasi dalam segala aktivitasnya. Dia tidak beramal dan beraktivitas untuk mencari keridhaan atau pujian atau apapun dari manusia. adalah ridha terhadap segala ketentuan yang telah Allah berikan pada dirinya. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW pernah menggambarkan kepada kita: "Barang siapa yang mencari keridhaan Allah dengan ‘adanya’ kemurkaan manusia. Obsesinya adalah keridhaan ilahi. Seperti ketika ia dilahirkan baik oleh keluarga yang berada maupun oleh keluarga yang tidak mampu. Karena segala urusannya adalah dipandang baik bagi dirinya. sesuatu yang kita anggap baik justru buruk. Dan barang siapa yang mencari keridhaan manusia dengan cara kemurkaan Allah. karena ia tahu bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya. Senantiasa bertaubat kepada-Nya.Etika berikutnya yang harus dilakukan seorang muslim terhadap Allah SWT. manakala sedang terjerumus dalam ‘kelupaan’ sehingga berbuat kemaksiatan kepada-Nya adalah dengan segera bertaubat kepada Allah SWT. Sebagai seorang manusia biasa. maka Allah akan mewakilkan kebencian-Nya pada manusia. Dan siapakah yang dapat mengampuni dosa selain Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu sedang mereka mengetahui. atau berupa keburukan. karena ia tahu bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya. Karena pada hakekatnya. untuk mencapai keridhaan Allah tersebut. Baik yang berupa kebaikan. kita juga tidak akan pernah luput dari sifat lalai dan lupa. ‘terpakasa’ harus mendapatkan ‘ketidaksukaan’ dari para manusia lainnya. pengetahuan atau pandangan kita terhadap sesuatu sangat terbatas. ia bersabar. Bukhari) Apalagi terkadang sebagai seorang manusia. maka Allah akan memberikan keridhaan manusia juga. 4. 3 : 135) : "Dan juga orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri mereka sendiri. sementara sesuatu yang dipandang buruk ternyata malah memiliki kebaikan bagi diri kita. ia bersyukur. Dan jika ia tertimpa musibah." 5. tsiqah) terhadap apapun yang Allah berikan pada dirinya. hanya kepada Allah SWT. atau hal-hal lainnya. Seseorang yang benar-benar beriman kepada Allah SWT. etika kita kepada Allah. . bentuk fisik yang Allah berikan padanya. Dalam Al-Qur’an Allah berfirman (QS. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda: "sungguh mempesona perkara orang beriman." (HR. Sehingga bisa jadi. sikap seorang muslim senantiasa yakin (baca. Al-Qadha’I dan ibnu Asakir).

Dalam sebuah hadits. otientasi yang dicarinya tentulah hanya keridhaan manusia. Kalaupun seseorang harus terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an tersebut. Rasulullah SAW bersabda: . Karena orang yang tidak memiliki kesungguhan iman.” Oleh karenanya. segala aktivitas." (HR. seluruh aktiivitas sehari-hari adalah ibadah kepada Allah SWT. Yang penting ia dipuji oleh oran lain. Dalam Al-Qur’an Allah berberfirman (QS. ataupun ibadah yang ghairu mahdhah. Sehingga Islam menjadi pedoman hidup yang direalisasikan oleh masyarakat Islam pada khususnya dan juga oleh masyarakat dunia pada umumnya. Sehingga ibadah tidak hanya yang memiliki skup mahdhah saja. Baik ibadah yang bersifat mahdhah. Banyak membaca al-Qur’an. Rasulullah SAW mengatakan kepada kita: "Bacalah Al-Qur’an. tentulah ia akan banyak dan sering menyebutnya. Seseeorang yang mencintai sesuatu. seperti shalat. melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku. Ia tidak akan perduli.Dan hal seperti ini sekaligus merupakan bukti keimanan yang terdapat dalam dirinya. Dalam hadits lain. Muslim) Adapun bagi mereka-mereka yang belum bisa atau belum lancar dalam membacanya. Karena pada hakekatnya. 7. tentulah ia akan selalu menyebut-nyebut Asma-Nya dan juga senantiasa akan membaca firman-firman-Nya. yang mencintai Allah SWT. apakah Allah menyukai tindakannya atau tidak. maka Allah pun akan memberikan pahala dua kali lipat bagi dirinya. Merealisasikan ibadah kepada-Nya. karena sesungguhnya Al-Qur’an itu dapat memberikan syafaat di hari kiamat kepada para pembacanya. maka hendaknya ia senantiasa mempelajarinya hingga dapat membacanya dengan baik. Etika atau akhlak berikutnya yang harus dilakukan seorang muslim terhadap Allah SWT adalah merealisasikan segala ibadah kepada Allah SWT. 51 : 56): “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia. 6. Demikian juga dengan mukmin. Etika dan akhlak berikutnya yang harus dilakukan seorang muslim terhadap Allah adalah dengan memperbanyak membaca dan mentadaburi ayat-ayat. gerak gerik. Apalagi menakala kita mengetahui keutamaan membaca Al-Qur’an yang dmikian besxarnya. puasa haji dan sebagainya. yang merupakan firman-firman-Nya. Perealisasian ibadah yang paling penting untuk dilakukan pada saat ini adalah beraktivitas dalam rangkaian tujuan untuk dapat menerakpak hukum Allah di muka bumi ini. kehidupan sosial dan lain sebagainya merupakan ibadah yang dilakukan seorang muslim terhadap Allah.

karena hal ini berarti tidak memberi kesempatan kepada makhluk untuk mencapai tujuan penciptaannya. tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjaka (An-Nur : 24). Yang demikian mengantarkan manusia bertangung jawab. hal ini dijelaskan dalam surat an-Nur ayat 24 yakni : ٢٤ : ‫)يوم تشهد عليهم السنتهم وايديهم وارجلهم بما كانو يعملون )النور‬ Artinya: "Pada hari (ketika). sedang ia terbata-bata dalam membacanya. maka ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi suci. atau memetik bunga sebelum mekar. Pada dasarnya akhlak yang diajarkan al-Qur'an terhadap lingkungan bersumber dari fungsi manusia sebagai khalifah. tetapi juga sampai kepada menyakiti hati dengan cara menceritakan aib sesorang dibelakangnya. dan ucapan yang dikeluarkan adalah ucapan yang baik. lidah. Bukhori Muslim) Akhlak Kepada Sesama Manusia . Petunjuk dalam hal ini bukan hanya dalam bentuk larangan melakukan hal-hal negative seperti membunuh. Tidak masuk kerumah orang lain tanpa izin. Dalam hal ini Allah berfiman dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 263 yakni: ٢٦٣ : ‫)قول معروف ومغفرة خير من صدقة يتبعها اذى وال غني حليم )البقر ة‬ Artinya: "Perkataan yang baik dan pemberian ma'af. Dalam pandangan Islam." (HR.(al-Baqarah :263) Di sisi lain Al-Qur'an menekankan bahwa setiap orang hendaknya didudukan secara wajar."Orang (mu’min) yang membaca Al-Qur’an dan ia lancar dalam membacanya. pemeliharaan. tumbuh-tumbuhan dan benda-benda tak bernyawa semuanya di ciptakan oleh . lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan penerimanya). Ini berarti manusia dituntut mampu menghormati proses yang sedang berjalan. tumbuh-tumbuhan maupun benda-benda yang tidak bernyawa. dan terhadap proses yang sedang terjadi.Banyak sekali rincian yang dikemukakan Al-Qur'an berkaitan dengan perlakuan sesama manusia. tidak perduli aib itu benar atau salah. agar setiap makhluk mencapai tujuan penciptaanya. seseorang tidak dibenarkan mengambil buah sebelum matang. lagi berat (dalam mengucapkan huruf-hurufnya). Akhlak terhadap lingkungan Yang dimaksud dengan lingkungan adalah segala sesuatu yang disekitar manusia. jika bertemu saling mengucapkan salam. Adapun orang mu’min yang membaca Al-Qur’an. Kekhalifahan menuntut adanya interaksi antara manusia dengan sesamanya dan manusia terhadap alam. serta bimbingan. Allah Maha Kaya Lagi Maha Penyantun. ia akan mendapatkan pahala dua kali lipat. sehingga ia tidak melakukan perusakan terhadap lingkungan harus dinilai sebagai perusakan pada diri manusia itu sendiri. menyakiti badan. Kekhalifahan mengandung arti pengayoman. atau mengambil harta tanpa alasan yang benar. baik binatang. Binatang.

serta kesemuanya memiliki ketergantungan kepadaNya. Keyakinan ini mengantarkan seorang muslim untuk menyadari bahwa semunya adalah "umat" Tuhan yang harus diperlakukan secara wajar dan baik. .Allah SWT. dan menjadi milik-Nya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->