BAB 7 ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL MAKRO

KENA KRISIS, ASTRA NAIKKAN HARGA JUAL 10 PERSEN

PT. Astra International (Astra) bulan depan menaikkan harga jual produk otomotif di grupnya sekitar 10 persen - naik dua kali lipat dari rencana sebelumnya yang hanya lima persen - untuk menyesuaikan dengan patokan kurs dolas AS yang terbaru. "Kenaikan ini tidak bisa ditahan lagi", kata presdir Astra, Theodore Permadi Rachmat. Kenaikan harga jual mobil Astra ini, kata Rachmat diperkirakan akan dibarengi dengan langkah penurunan volume penjualan, sehingga perusahaan terpaksa merevisi target laba bersih 1997. Penjualan sepeda motor dan mobil diperkirakan turun masingmasing 30 persen dan 10-15 persen. Total penjualan mobil (semua merk) yang tahun ini diproyeksikan 420 ribu unit, kata dia, sampai akhir tahun ini diperkirakan hanya tercapai 400 ribu unit, sedangkan speda motor (semua merk) yang semula diproyeksikan terjual 2 juta unit, turun menjadi 1,9 unit. Akibat krisis moneter Astra hanya memasarkan 200 ribu unit mobil dan 900 ribu unit untuk sepeda motor. "karena kurs rupiah terhadap dolar AS masih tetap melemah , maka terpaksa Astra mengurangi target volume penjualan dan menaikkan harga", katanya. Penyesuaian ini diakuinya berarti mengubah proyeksi kinerja Astra yang pernah dipublikasikan dua bulan lalu. Waktu itu Astra menyatakan kinerjanya tidak terganggu. Sebab saat itu diyakini kurs satu dolar AS sama dengan Rp 2.650,00 dan satu Yen sebesar Rp 114,00, sehingga bisa diproyeksikan laba bersih 1997 sebesar Rp 721 miliar atau meningkat dari 1996 yang hanya Rp 627 miliar. "Kami dulu menganggap proyeksi itu sudah cukup mantap apalagi kalau kami melihat perolehan pendapatan dan laba bersih semester pertama tahun ini", katanya. Sementara menurut Direktur Keuangan PT Astra, Suwandi, sebenarnya kinerja PT Astra selama semester pertama 1997 cukup bagus. Laba bersih PT Astra mencapai Rp 349 miliar, melonjak 91 persen dibanding labpersen dibanding laba bersih periode yang sama 1996. Tingginya permintaan sepeda motor Honda menyebabkan nilai penjualan bersih perusahaan ini diperkirakan mencapai Rp 7,64 triliun, naik 11,6 persen dibanding semester pertama 1997. Kontribusi terbesar diperoleh dari penjualan bersih divisi speda motor, yaitu 77,7 persen. "Peran divisi mobil, diperoleh dari penjualan enam merk mobil terkemuka, yaitu Toyota, Isuzu, BMW, Peugeot, Daihatsu, dan Nissan," katanya. Jawa Pos 30 Oktober 1997) Tujuan Instruksional: Setelah membaca bab ini diharapkan : ◊ Mahasiswa dapat menjelaskan mengenai analisis lingkungan eksternal makro ◊ Mahasiswa dapat menyebutkan berbagai aspek yang harus mendapat perhatian dalam lingkungan eksternal makro yang dapat mempengaruhi kondisi dan strategi perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kegiatan dalam Analisis lingkungan makro adalah meneliti mengenai arah, peluang, ancaman dan permasalahan-permasalahan strategis yang akan berpengaruh terhadap pemilihan strategi. Pada bab sebelumnya telah dibahas analisis pasar atau industri dan pesaing yang ikut ambil bagian. Bab ini membahas perubahan lingkungan

MANAJEMEN STRATEGI, m. farid wajdi, BAB VI, edisi 2

107

1. Perubahan teknologi akan menghadirkan peluang dan sebaliknya adanya alternatif teknologi baru juga akan menghadirkan ancaman. yang mempermudah dan lebih jelas dalam menikmati siaran televisi di rumah dibanding televisi dengan bantuan dari sinyal satelit. penjualan produk dengan teknologi lama tetap dilanjutkan untuk waktu tertentu. adalah relatif sulit untuk memprediksi hasil nyata dari suatu teknologi baru. tidak langsung seluruh produk . Sebagai contoh.makro yang melingkupi pasar. DIMENSI-DIMENSI ANALISA LINGKUNGAN Teknologi Salah satu dimensi dalam analisis lingkungan adalah trend perubahan teknologi atau penerapan teknologi yang berkembang di pasar atau industri yang selanjutnya akan mempengaruhi strategi. Biasanya pemanfaat berjalan dari sebagian pasar atau produk. Ekonomi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yang dapat berpengaruh sesaat dalam memprediksi dampak teknologi baru. permukaan. Perhatian diarahkan pada kejadian dengan potensinya yang mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung pada strategi. Hal ini merupakan masalah penting. Karena kadang-kadang teknologi suatu saat bisnis ada yang sukses tetapi kadang juga justru tiba-tiba menjadikan bisnis menjadi tidak sehat. A. Analisa lingkungan adalah kegiatan penaksiran lingkungan mudah mengidentifikasi arah. pemerintah. tetapi ketika menganalisa latar belakangnya akan nampak lebih rumit. karena butuh studi yang mahal untuk pemanfaatan pertama kalinya. Luas area analisa lingkungan makro dapat dibagi dalam lima bidang tehnologi. lihat gambar 7. Pertama. Setiap bidang akan dibahas dan dijelaskan sendiri-sendiri. karena dengan demikian perusahaan akan dapat mengantisipasinya. Kebudayaan dan kependudukan. karena kenyataannya bahwa kemampuan antisispasi perubahan dirasakan penting. Analisa skenario adalah jalan dalam menciptakan dan menggunakan skenario rencana yang akan datang akan membantu menyusun dan mengevaluasi strategi. Kedua. membahas kejadian dan mengadakan Analisa kemungkinan dampak yang terjadi dalam lingkungan tersebut. Perubahan teknologi tidak sekaligus langsung berpengaruh dalam suatu produk tetapi masih perlu waktu. dilakukan ketika bagian masalah yang nampak di yaitu. kadangkadang justru menjadi masalah kritis untuk mengatasi transisi perubahan ke teknologi baru. industri televisi kabel. Dampak Teknologi Baru. Kemudian dibahas metode untuk meberikan ramalan tentang arah dan kejadian.

putusnya mata rantai genetika. 3. Sebagian kecil pesaing ber ekperimen dengan teknologi alternativ kelihatannya beresiko dan tidak ekonomis. Pada tahun kelema atau keenam pers nasional menjadi interes. Ada Contoh : beberapa produk bahan makanan atau kosmetik memperlihatkan maraknya industri perbankan. peran penting jalan raya bebas hambatan. Ada sebuah artikel tahun 1940 yang membuat ramalan akan adanya vitamin sintesis . 1982). Sebuah study menunjukkan bahwa keberhasilan permalan perubahan teknologi dimasa lalu bisa diaandalkan. 2. Richart N Foster memperlihatkan lebih dari 21 artikel mengenai arah dan kejadian yang ditun-jukkan dalam majalah Fortune selama tahun 1930-1940. R & D hasi kerjanya menjadi tidak efektif dan orientasi kerjanya lebih banyak pada prosesnya dari pada menghasilkan suatu produk baru. Beberapa teknologi memiliki daur hidup. Daur Hidup Teknologi. Pada lima tahun pertama. Foster mengajukan tiga tanda-tanda suatu teknologi akan memasuki masa penurunan dan siap untuk diganti yang lain : 1. WallStreet Journal. Ada suatu studi yang menyatakan bahwa isu-isu yang dikeluarkan pemerintah akan berdampak dalam putaran delapan tahunan (Earl C. yaitu printer dot matrix dan ink jet systems mengalami penurunan dan printer laser mengalami masa pertumbuhan. Adanya deregulasi perbankan mempun-yai pengaruh yang terhadap MANAJEMEN STRATEGI.akan berubah. Maka disinilah perlu adanya analisis dampak silang (cross impact). BAB VI. tersebut terlihat bahwa ada dampak yang Dari studi cukup sensitif dalam suatu yang pengembanganteknologi pada teknologi lainnya. sementara teknologi lainnya baru akan mulai. Sebagai contoh dalam industri printer komputer. Tingkat kinerjanya mendekati kendala secara phisik. masa penurunan kereta api. kegemaran nonton TV di setiap rumah. Richard N. edisi 2 109 . beberapa isu belum kentara tapi bisa dideteksi mas media dan beberapa masyarakat. Ekonomi damapak yang dramatis terhapa strategi berbagai perusahaan. Pemerintah Adanya perubahan dan munculnya undang-undang atau peraturan baru dapat menampilkan ancaman dan peluang. m. Gottschalk. dan akhirnya tindakan pemerintah ada hasilnya. farid wajdi. Ramalan Tehnologi Baru. Jr.

Dengan demikian maka analisa neraca pembayaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai valuta asing perlu dilakukan. Bahwa mereka sering keluar rumah untuk mengisi waktu luang dengan berbelanja dan lebih banyak bekerja untuk mendapatkan jabatan. Investasi pada industri padat modal membutuhkan waktu yang tepat pada situasi ekonomi yang sehat daripada saat ekonomi lesu. Mereka masing-masing mempunyai kesimpulan yang ada hubungannya dengan perancang pakaian produk terkenal dan strategi harga . Ledakan bayi yanglahir 77 juta atau 31 % dari populasi AS telah membuat dari mereka sendiri seolah-olah merasa bergerak melewati perputaran hidupnya. daripada kondisi ekonomi kebanyakan lainnya. Kebudayaan Bahwa arah perubahan budaya dapat mendatangkan ancaman dan peluang sepanjang ada kesuaian dengan peru-sahaan. pendidikan dan letak grograpi. Lonjakan kelahiran bayi terakhir yang hampir separuh kelahiran itu merupakan kelahiran pertama bagi orangtuanya. Gerakan bisnis dan populasi kedalam luas yang berbeda pada suatu negara . Apakah faktor demografis mempengaruhi arah ukuran pasar atau bagian pasar ? Apakah demografis menunjukkan peluang atau ancaman. Biasanya dalam kenyataan lapangan cukup dengan melihat kondisi ekonomi pada umunya akan dapat mengukur kesehatan ekonomi indus-tri individual. terutama inflasi dan dasar kondisi kesehatan ekonomi yang diukur dari tingkat pengangguran dan pertumbuhan ekonomi. hal itu berarti bahwa ada pasar bagi produk bayi tanpa harus membangun kepercayaan terhadap suatu merk. pendapatan. Demografi Tren demografi dapat menjadi kekuatan utama yang mendasari kekuatan pasar. Beberapa varabel demograpi meliputi umur. Pendirian toko pengecer pakaian akan sangat baik didasarkan studi tentang proyeksi gaya hidup wanita. Peramalan tentang kondisi valuta asing akan relevan jika dikaitkan dengan suatu industi dengan pesaing multinatsional.Evaluasi strategi termasuk mempertimbangkan tentang ekonomi. Populasi Asia dan AS sekitar 5 juta orang di AS akan bertambah 165 % pada tahun 2000. Contohnya populasi hispanik tumbuh lebih cepat sekitar lima kali lebih cepat daripada populasi non hispanik dan mencapai penda-pat yang baik. Pada tahun 1980-an contohnya terjadi depresi lebih hebat pada pasar automobil dan industri terkait seperti besibaja. Contoh di sebagaian besar industri automobil sangat sensistif terhadap perubahan nilai valuta asing. Populasi tehnis bertambah secara cepat dan mendukung semua perusahaan dan industri mempengaruhi dengan baik garis besar strategi perusahaan.

yang akan terjadi ? aman ? tif hanya sedikit produk yang diperuntukkan mereka. pakian dan berbagai komponen tambahan wanita-wanita yang leibh sedikit daripada wanita yang lebih muda. diantaranya : sin uap kur biasa PERAMALAN LINGKUNGAN: TREND DAN KEJADIAN MANAJEMEN STRATEGI. Hal ini memungkinkan kesempatan trategis apa yang menjadi kunci. pemerintahan ? Suatu studi telah menmadai kekuatan dan kelanjutan arah menuju pertumbuhan gkat inflasinya ? populasi wanita diantara umur 40-70 tahun. Studi menjelaskan bahwa wanita model ini tidak puas dengan pilihan produk yang ada karena secara relayang nyata bagi produk-produk yang dikhususkan pada wanita dewasa.ngkungan mempunyai implikasi pada beberapa pelayanan organisasi seperti pada komisi kamar di pusat kota telah mempun-yai implikasi pertimbangan kepada develeper real estate ju kedewasaan ? dagang pengusaha realistis dan perubahan asuransi. Sedikit budaya lainnya ? mengapa terjadi ? Ap ini pasar dalam industri ini atau sub-pasar dari pada trend demografi akan menjadi peluang atau anc fi terhadap ukuran lebih boros dalam membelanjatkan uang ? Apakah masa mudanya. Lebih jauh kebangkitan luas urban atau trend teknologi apa yang akan berdampak pada industri ? gkin berubah ? dan akan dikembangkan ? pengecer seperti pada awal perkembangan daerah pinggiran. edisi 2 111 . BAB VI. Kelompok ini memiliki pendapat perkapita ? lebih tinggi mempunyai waktu luang lebih banyak dan mempunyai urusan rumah an trendnya dalam gaya hidup masyarakat. farid wajdi. kecenderungannya atau hal-hal yang mungkin terjadi yang potensial mempengaruh adi basis analisis skenario ? nemukan ada 15 perusahaan dari 5 industri yang mengalami perubahan dramatis. m.

Ada suatu kemampuan yang nyata dalam mendeteksi arah dan kejadian baik yang sedang terjadi atau lebih dari itu untuk meramalkan arah dan kejadian yang akan terjadi. Bahkan pada kasus ini ramalan arah memberikan dasar pada keputusan tentang pengubahan suatu poin. Interview test biasanya akan dituntun oleh suatu agenda tetapi bukan suatu daftar yang formal. Hal ini juga dapat diketahui dalam personal komputer atau dalam tentang sawtware untuk menerbitkan komputer. Ada beberapa cara untuk memperoleh informasi dari pada ahli yang dapat diperbantukan pada suatu perusahaan. Yang lain adalah untuk mengint-erview mungkin dengan telephon beberapa ahli. Sebagai Contoh : . Dalam pembuatan keputusan strategi walau bagaimanapun sering dinilai dari suatu arah yang diramalkan adalah penting. Pertama adalah untuk mensurvai keputusan mereka secara sistematis sebagaimana yang dilaporkan dalam majalah perdagangan profesional. arah dan kejadian yang cara tehnologi bergerak seperti biasanya Pengembangan pembiayaan terhadap unit memori komputer dapat dengan sederhana diramalkan. mereka akan mempertim-bangkan kerjsama kejadian yang lain seperti : Para ahli akan memperkirakan kemungkinan kejadian ini. Menanyakan Pertanyaan Dengan Benar Langkah dasar yang pertama kali adalah membuat pertanyaan yang tepat dan sederhana. Dengan menggunakan analisa cross impact metode yang dimaksudkan untuk merencanakan kejadian dalam grup yang dihubungkan dua kejadian. Analisis CROSS IMPACT Analisis cross impact adalah suatu Kejadian A : Angin menjadi energi yang penting pada tahun 2000. Maka pada awal tahun 1980-an pedagang eceran masak untuk mencicipi makanan cenderung mengarah pada dasar nilai perkakas. Berikut beberapa hal untuk langkah peramlan tersebut. strategi atau saingan kita ? Trend Ekstrapolasi Metode lambat sederhana dan ramalan adalah dapat diperhitungkan. Pertanyaan Kepada Ahlinya Suatu cara yang efektif dan efisien untuk memperoleh informasi tentang arah dan kejadian dalam lingkungan adalah menanyakan pada ahli dalam luas pada bisnis yang alat berbeda-beda. Arah dan kejadian apakah dalam suatu lingkungan yang akan mempengaruhi ukuran industri.

melalui pengembangan satu set total skenario tentang seperti apakah lingkunga masa depan akan terjadi. m. Pengembangan Strategi MANAJEMEN STRATEGI. Jika anda dapat mengetahui secara nyata tentang lingkungan bisnis lima tahun sekarang. edisi 2 113 . Analisa skenario adalah suatu jalan untuk memadukan antara kompleksitas dan ketidakpastian. Dengan teori probalitas. berhubungan dengan sesuatu yang lain dan ketidakpastian daerah kunci tidak dapat dirumuskan. Begitupun kejadian A yang diperkirakan dibawah kejadian C terjadi dan asumsi itu tidak. Satu pendekatan biasa untuk pembangunan scenario bahwa pelayanan untuk banyak kombinasi daerah ketidak-pastian adalah untuk didasarkan pada industri yang sehat : optimis. Setiap skenario akan berisi tipe gambaran tentang lingkungan dan akan melibatkan perbedaan asumsi-asumsi tentang kunci trend dan kejadian-kejadiannya. pesimis dan sesuatu yang seperti itu.Kejadian B : Pemecahan Kejadian C : Skala produksi yang besar tahun 2000 Kejadian D : Penyebarluasan energi matahari untuk rumah tangga pada tahun 2000 Kejadian E : Harga minyak akan tetap pada tahun 2000 Aspek yang paling menarik dari analisa cross impact adalah menentukan dampak satu kejadian dengan dibawah asumsi itu tidak. Maka perkiraan probalitas bahwa event A akan terjadi dicapai dibawah asumsi bahwa kejadian B terjadi dan penggunaan energi matahari pada tahun 2000 untuk membuatnya menjadi ekonomis. Kombinasi dapat mendefinisikan dengan relatif satu scenario yang besar. asalkan keputusan-keputusan dipertimbangkan hanya dua kejadian kemungki-nan yang lain. farid wajdi. apa yang akan terjadi ? Pembuat TV scanner mungkin dapat mengetahui untuk dapat mendeteksi secara lebih dini tentang kerusakan jantung. ANALISIS SKENARIO Peramalan dan kejadian kejadian tunggal dan kecenderungannya akan dapat adanya menyederhanakan lingkungan yang yang saling komplek dimana banyak arah lain yang relevan model teknologi dapat menentukan kejadian lebih dulu. kemungkinan pada suatu waktu. BAB VI.

Tugas adalah suatu kenyataan perencanaan lingkunga. langkah selanjutnya adalah menghubungkan strategi-strategi . Pentingnya unit strategi bisnis untuk dilibatkan Jumlah dari unit bisnis strategi yang dilibatkan Kemungkingan dilibatkan Kerangka waktu dari kecenderungan atau kejadian . Dampak pengaruh dari suatu kebutuhan informasi suatu bidang berhubungan dengan : Perluasan yang mencakup kecenderungan-kecenderungan atau kejadian yang akan mempengaruhi pengadaan atau potensial unit strategi bisnis. Kesegaran suatu kebutuhan informasi daerah berhubun gan dengan : . Rata-rata tehnologi akan memecahkan bahwa kritikan akan berpartisipasi dalam tehnologi itu. Sebaliknya strategi pesimis.Setelah strategi dibangun. yang akan terjadi pada kecenderungan atau kejadian yang 2. jika faktor-faktor yang mendasari penyebab setiap scenario dapat ditentukan. kecuali bahwa scenario total mungkin memperkaya kombinasi dari sedikit variabel. Langkah terakhir adalah membandingkan hasil yang diharapkan dari setiap strategi jika scenario yang timbul salah. Strategi opti-mis mungkin menyatakan secara tak langsung usaha untuk membatalkan investasi dan agresif untuk membangun kapasitas dan mendirikan posisi pasar yang kuat. mengusulkan agar strategi mengusahakan stabilitas harga. Keseluruhan dari analisa eksternal adalah masalah banyaknya informasi berbagai kejadian. 1.Waktu reaksi mungkin tersedia. Sebagian besar dari maksud dari analisa scenario adalah untuk menciptakan pilihan strategi baru. Bagaimanapun sesuatu yang buruk dapat terjadi jika perkiraan strategi optimis diikuti skenario pesimis dan kenyataan yang timbul. Pengertian yang dalam sering-kali penting. itu sangat diperlukan untuk memutuskan bagaimana memiliki informasi yang diperlukan untuk memonitor dan menganalisa serta untuk menentukan kedalaman informasi. Contoh ini membangkitkan suatu perasaan dan barangkali kejadian adalah resiko yang dihadapi organisasi dengan pilihan strategi. Tingkah laku adalah biasa dalam eksternal analisa dan terutama analisa lingkungan. Untuk evaluasi strategi alternatif yang biasanya berguna untuk menentukan dalam kemungkinan strategi. dibandingkan dengan waktu yang diperlukan untuk mengembangkan dan menerapkan strategi yang cocok.

MANAJEMEN STRATEGI. edisi 2 115 . m. farid wajdi. BAB VI.