P. 1
kalor

kalor

|Views: 150|Likes:
Published by erwita yuliana

More info:

Published by: erwita yuliana on Dec 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2013

pdf

text

original

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMP Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Materi Pembelajaran Alokasi Waktu : SMP

: Fisika : Kelas VII/ Semester 1 : Kalor dan Perpindahannya : 2 x 40 menit

___________________________________________________________________________ I. Standar Kompetensi : 3. Memahami wujud zat dan perubahannya : 3.4 Mendeskipsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari – hari III. Indikator a. Kognitif 1. Produk: a) Menjelaskan pengertian kalor b) Mengkonversi satuan-satuan kalor c) Menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan suhu suatu zat d) Menganalisis hubungan besarnya kalor dengan massa zat, jenis zat, dan kenaikan suhu zat e) Memecahkan masalah yang berhubungan dengan kalor dalam kehidupan sehari-hari

II. Kompetensi Dasar

2. Proses: Melaksanakan demonstrasi untuk mengetahui hubungan besarnya kalor dengan massa zat, jenis zat, dan kenaikan suhu zat a) Menulis hasil pengamatan pada tabel b) Melakukan analisis data c) Menarik kesimpulan

dengan bimbingan guru siswa dapat melaksanakan demonstrasi untuk menyelidiki factor-faktor yang mempengaruhi kalor suatu zatsesuai rincian tugas kinerja dalam LKS: Proses. peserta didik dapat mengkonversi satuan-satuan kalor c) Setelah kegiatan pembelajaran. meliputi: a) jujur b) tanggung jawab. dan menarik kesimpulan. Proses: a) Diberikan bahan ajar dan LKS tentang kalor dan perpindahannya. peserta didik memecahkan masalah yang berhubungan dengan kalor dalam kehidupan sehari-hari 2. peserta didik menganalisis hubungan besarnya kalor dengan massa zat. peserta didik menjelaskan pengaruh kalor terhadap perubahan suhu suatu zat d) Setelah kegiatan pembelajaran. . b) menyumbang ide atau berpendapat. Kognitif 1. dan kenaikan suhu zat e) Setelah kegiatan pembelajaran. Tujuan Pembelajaran: a. Mengembangkan perilaku berkarakter.b. Produk: a) Setelah kegiatan pembelajaran. Afektif 1. peserta didik dapat menjelaskan pengertian kalor b) Setelah kegiatan pembelajaran.melakukan analisis data. meliputi: a) bertanya. c) Tekun d) Rasa hormat dan perhatian 2. jenis zat. meliputi: menuliskan hasil pengamatan pada tabel. Mengembangkan keterampilan sosial. c) bekerjasama IV.

tanggung jawab.bendayang bersuhu lebih tinggi dari lingkungannya akan cenderung melepaskan kalor sehingga suhu benda tersebut akan menurun. hubungan antara joule dengan kalori adalah sebagai berikut: 1 kalori = 4. Pengaruh kalor terhadap perubahan suhu suatu benda Benda . Materi Pembelajaran 1. Mengkonversi satuan. semakin besar kalor yang diberikan pada suatu benda maka akan semakin besar pula kenaikan suhunya .Tekun.24 kalori 3. Karakter Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa. Pengertian Kalor Kalor adalah salah satu bentuk energi yang berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah ketika kedua benda tersebut bersentuhan 2. 4. paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter meliputi: jujur.b.satuan kalor Satuan kalor selain joule adalah kalori. Demikian juga sebaliknya benda-benda yang bersuhu lebih rendah dari lingkungannya akan cenderung menerima kalor sehingga suhu benda yang menerima kalor tersebut akan meningkat. Rasa hormat dan perhatian 2. Afektif 1. semakin besar kenaikan suhunya. Keterampilan sosial: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa. 2. menyumbang ide atau berpendapat. dan kerjasama V. Hubungan antara kalor dengan perubahan suhu.2 joule atau 1 joule = 0. 3. Semakin besar massa suatu zat. semakin besar kalor yang diperlukan untuk memanaskan zat tersebut. Semakin besar kalor yang diberikan pada suatu zat. paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya. massa dan jenis zat cair 1.

Demonstrasi. Model dan Metode Pembelajaran: Model Pembelajaran: Model Cooperative Learning Metode Pembelajaran: Informasi. Tanya Jawab Media Pembelajaran : Microsoft power point . Tugas. Pemecahan masalah yang berhubungan dengan kalor dalam kehidupan sehari-hari Berapa kalor yang diperlukan untuk memanaskan 2 kg air yang suhunya 30oC menjadi 100oC.200 j/kgoC × 70oC = 588.200 j/kgoC? Pembahasan Diketahui : m = 2 kg c = 42.jika kalor jenis air 4.Jika dituliskan dalam bentuk persamaan matematika.000 joule V.00 J/kgoC Δt= 100 oC — 30 oC = 70oC Ditanya : Q? Jawab : Q = m ∙ c ∙ Δt = 2 kg × 4. diperoleh hubungan sebagai berikut. Q = m c ΔT Keterangan: Q = banyaknya kalor yang diperlukan (J) M = massa zat (Kg) C = kalor jenis zat (JKg-1 °C-1) ΔT = kenaikan suhu (°C) 5.

thermometer.wadah air dan air Nama alat/ bahan Gelas kimia Kaki tiga Pembakar spirtus Thermometer Stopwatch Air Minyak goreng Kasa kawat Tang penjepit Jumlah 4 buah 2 buah 2 buah 2 buah 2 buah 1 botol 1 botol 2 buah 1 buah IX. Proses Belajar Mengajar A. Alat dab Bahan: Gelas. Apersepsi dan Motivasi (fase 1 CL: menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa) Apersepsi: Apabila kalian memanaskan 2 liter air maka lama kelamaan air tersebut akan mendidih. Kemudian guru menghimbau pada pertemuan selanjutnya siswa duduk berdasarkan kelompoknya masing-masing 1.VI.) Motivasi: Alokasi Waktu 15 ‘ Ketercapaian/Tidak Ketercapaian . sehingga suhunya bertambah dan menyebabkan air menjadi mendidih. Pendahuluan Kegiatan Pada pertemuan sebelumnya siswa sudah dibentuk 10 kelompok dimana masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang. mengapa demikian? (Hal tersebut dikarenakan air menerima kalor dari api.

. Guru menjelaskan kepada siswa mengenai pengertian dari kalor(fase 2 CL: menyajikan informasi)dinilai dengan LP3 2... Guru menjelaskan kepada siswa tentang pengaruh kalor terhadap perubahan suhu suatu zat .(fase 1 CL: menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa) B. Menyampaikan (produk..Inti Alokasi Kegiatan 1.? 2. (keterampilan sosial dan perilaku berkarakter).... siswa yang telah duduk berdasarkan kelompoknya diberikan LKS mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kalor suatu zat yang meliputi: Hubungan kalor dengan massa zat Hubungan kalor dengan jenis zat Hubungan kalor dengan kenaikan suhu zat Waktu 60’ Ketercapaian/Tidak Ketercapaian 5. (fase 2 CL: menyajikan informasi)dinilai dengan LP3 3..... Dengan bimbingan guru salah satu siswa dibimbing untuk melakukan demonstrasi pertama .? mengapa demikian.... Guru menjelasskan kepada siswa tentang satuansatuan kalor yaitu joule dan kalori dan menerangkan bagaimana hubungan antara kedua satuan tersebut.Lebih cepat mendidih yang mana apabila kalian memanaskan 2L air dan 6L air.. tujuan pembelajaran: dan kognitif afektif proses).. serta guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara mengkonversi satuan joule ke kalori dan sebaliknya. (fase 2 CL: menyajikan informasi)dinilai dengan LP3 4.. psikomotorik.

selain itu guru juga menghimbau kelompok untuk berdiskusi menganalisis hasil demonstrasi serta menarik kesimpulan dari demonstrasi kedua yang telah dilakukan. Guru menghimbau setiap kelompok siswa untuk menulis hasil demonstrasi kedua pada tabel 2 yaitu tentang hubungan besarnya kalor dengan jenis zat dan kenaikan suhu zat . 3.selain itu guru juga menghimbau kelompok untuk berdiskusi menganalisis hasil demonstrasi serta menarik kesimpulan dari demonstrasi pertama yang telah dilakukan. 3. membimbing siswa berkelompok. Guru menunjuk dan membimbing salah satu perwakilan kelompok untuk melakukan demonstrsi kedua yaitu mengenai: Hubungan kalor dengan jenis zat Hubungan kalor dengan kenaikan suhu zat sesuai langkah kerja yang ada pada LKS (fase 2.yaitu tentang hubungan kalor dengan massa zat sesuai langkah kerja yang ada pada LKS(fase 2. dan membimbing kelompok bekerja dan belajar)dinilai dengan LP3 dan LP4 6. Guru menghimbau setiap kelompok siswa untuk menulis hasil demonstrasi pertama pada tabel 1 tentang hubungan besarnya kalor dengan massa . 4 CL:menyajikan informasi. dan membimbing kelompok bekerjadan belajar) LP 3 dan LP4 8. 4 CL:menyajikan informasi. (fase 4 CL: membimbing kelompok bekerja dan belajar)siswa dinilai dengan LP2 dan LP4 7. (fase 4 CL: membimbing kelompok bekerja dan belajar)siswa dinilai dengan LP2 dan LP4 . membimbing siswa berkelompok.

Guru menjelaskan kepada siswa mengenai kalor jenis benda (fase 2 CL: menyajikan informasi)dinilai dengan LP 3 12. c. Guru memberikan contoh pemecahan masalah yang berkaitan dangan kalor (fase 2 CL: menyajikan informasi) . jenis zat. Guru menjelaskan hubungan antara kalor dengan massa zat.9. ∆T(fase 2 CL: menyajikan informasi) Dinilai dengan LP3 13. 10. dan kenaikan suhu zat secara matematis yaitu bahwa Q= m. Salah satu siswa mempresentasikan hasil analisis serta kesimpulan pada demonstrasi pertama dan demonstrasi kedua. Dengan pengarahan guru dan juga berdasarkan hasil analisis dari demonstrasi 1 dan 2 siswa didapatkan bahwa: Semakin besar massa benda maka kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu tertentu akan semakin besar pula Kalor yang diperlukan zat untuk menaikkan suhunya bergantung pada jenis zat tersebut Semakin besar kalor yang diterima suatu benda maka kenaikan suhu benda tersebut akan semakin besar pula (fase5 CL: evaluasi) 11.

Sumber Pembelajaran 1. Guru memantapkan kesimpulan tentang materi kalor yang telah dipelajari 2.C. Penutup Alokasi Kegiatan 1. Guru memberikan LP1 penilaian produk kepada siswa yang berisi soal-soal permasalahan tentang kalor untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa Waktu 5’ Ketercapaian/Tidak Ketercapaian X. LKS 3. Silabus 2. Bahan Ajar Ilmu pengetahuan alam untuk SMP/MTS kelas VII. penerbit BSE .

dengan bimbingan guru siswa dapat LP 02 Proses: Dokumen portofolio Dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru . peserta didik menganalisis hubungan besarnya kalor dengan massa zat. Setelah kegiatan pembelajaran. peserta didik menjelaskanpengaruh kalor terhadap perubahan suhu suatu zat 4. Setelah kegiatan pembelajaran. Setelah kegiatan pembelajaran. peserta didik dapat mengkonversi satuan-satuan kalor 3. Setelah kegiatan pembelajaran. Setelah kegiatan pembelajaran. jenis zat. peserta didik dapat menjelaskan pengertian kalor 2.Tabel Spesifikasi Lembar Penilaian Indikator LP dan Butir Soal Produk: 1. peserta didik memecahkan masalah yang berhubungan dengan kalor dalam kehidupan sehari-hari Produk LP 01 (butir soal 1 sampai dengan 5) Kunci LP 01 Produk Butir soal 1 s/d 5) Kunci LP dan Butir Soal Proses: Diberikan bahan ajar dan LKS tentang kalor dan perpindahannya. dan kenaikan suhu zat 5.

LP 01: Tes uraian untuk penilaian produk kognitif 2. LP 04: Lembar Observasi tentang ketrampilan social . meliputi: menuliskan hasil pengamatan pada tabel. LP 03: lembar observasi perilaku berkarakter 4. 2. 4. menyumbang ide atau berpendapat. dan 5 Seluruh RTK itu minimal memperoleh penilaian Menunjukkan kemajuan dan dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru. Karakter: jujur. 2. Lembar Penilaian (LP) 1. tanggung jawab. 3.melakukan analisis data.melaksanakan demonstrasi untuk menyelidiki factor-faktor yang mempengaruhi kalor suatu zat sesuai rincian tugas kinerja dalam LKS: Proses. LP 02: Penilian dokumen portofolio untuk penilaian proses 3. Rasa hormat dan perhatian LP 04 Karakter: RTK 1. dan 3 Seluruh RTK itu minimal memperoleh penilaian Menunjukkan kemajuan dan dipercayakan kepada judgement Penilai/Guru.Tekun. Keterampilan Sosial bertanya. dan kerjasama LP 05 Keterampilan Sosial: RTK 1. dan menarik kesimpulan.

Kalor C. Q = m. 210 menerima kalor akan untuk kenaikan suhu yang berbeda diperlukan banyak dibandingkan dengan minyak goreng pada kenaikan suhu yang sama C. ∆T C.. Perubahan waktu saja C.1 D. Kenaikan suhu benda D.2 joule Maka 5 kalori = ……. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1.c. Pernyataan berikut yang tepat adalah .21 3.. A.. m = Q. ∆T 5.. Benda yang C. Q = m. kalor yang diperlukan air lebih banyak dibandingkan dengan minyak goreng pada kenaikan suhu yang berbeda D.Penguapan D. Kalor minyak B. A. kalor yang diperlukan minyak goreng lebih banyak daripada air pada kenaikan suhu yang sama mengalami….c. Berapa kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 4kg besi dari 20°C menjadi 60°C ? (apabila diketahui kalor jenis besi = 460J/kg °C) 2.c / ∆T B. absen Kelas : : : A. Satu panci air yang bersuhu 30°C dipanaskan hingga suhunya naik menjadi 50°C memerlukan kalor sebesar 48000 joule. joule A. Nilai = point A + point B point B= benar= 50 . Pernyataan yang benar berikut ini adalah . Penurunan suhu benda B.LP1: Produk Nama No. Suhu benda tetap B.Q = m/c. Berilah tanda silang (X) untuk jawaban yang benar! 1.Kalorimeter 4. ∆T D. Apabila 1 kalori = 4. Angin B. Salah satu bentuk energy yang dapat berpindah dari suhu tinggi ke suhu rendah disebut …. 21 B. Apabila kalor jenis air adalah 4200 J/kg °C hitunglah berapakah massa air tersebut Penilaian: pointA= Benar x 10. A. kalor yang diperlukan air dan goreng yang sama banyaknya air lebih 2. A.. 2. 0..

Format Asesmen Kinerja Proses LP 2 Skor No 1 2 Rincian Tugas Kinerja (RTK) Menuliskan hasil data pada tabel pengamatan Menjawab partanyaan pada analisis data Maksimum 15 60 Skor Asesmen Oleh Guru dengan benar 3 Menarik kesimpulan berdasarkan data pada LKS Skor Total 100 25 . Berikan format ini kepada siswa sebelum asesmen dilakukan. 4.LP 02: Proses Nama: NIM: Tanggal: _________________________________________________________________________ Prosedur: 1. Siapkan Tabel hasil pengamatan 2. Tugasi siswa untuk menjawab LKS 3. Penentuan skor kinerja siswa mengacu pada Format Asesmen Kinerja di bawah ini.

LP 3 : Format Pengamatan Perilaku Berkarakter Siswa: Kelas: Tanggal: Petunjuk: Untuk setiap perilaku berkarakter berikut ini. beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini: D = Memerlukan perbaikan C = Menunjukkan kemajuan Format Pengamatan Perilaku Berkarakter No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan perbaikan (D) Menunjukkan kemajuan (C) Memuaskan (B) Sangat baik (A) B = Memuaskan A = Sangat baik 1 2 Jujur Tanggung jawab 3 Tekun 4 Rasa hormat dan perhatian .

beri penilaian atas keterampilan sosial siswa itu menggunakan skala berikut ini: D = Memerlukan perbaikan C = Menunjukkan kemajuan Format Pengamatan Keterampilan Sosial No Rincian Tugas Kinerja (RTK) Memerlukan Menunjukkan Memuaskan Sangat baik perbaikan (D) 1 2 Bertanya Menyumbang ide atau pendapat 3 Bekerjasama kemajuan (C) (B) (A) B = Memuaskan A = Sangat baik .LP 4: Format Pengamatan Keterampilan Sosial Siswa: Kelas: Tanggal: Petunjuk: Untuk setiap keterampilan sosial berikut ini.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->