Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN

)

By : Dedik Budianto

sehingga penularan Penyakit dapat dicegah atau dikurangi. Tujuannya adalah untuk Mengendalikan populasi nyamuk. dan Kepompong Nyamuk penular penyakit di tempattempat perkembangbiakannya. Jentik. .Definisi Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN ) adalah Kegiatan memberantas Telur.

Menutup : Menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember. tempat minum burung dan lain-lain seminggu sekali. tempanyan. drum dan lain-lain Mengubur : Mengubur semua barang-barang bekas yang ada disekitar / di luas rumah yang dapat menampung air hujan . ember. gentong. vas bunga.TINDAKAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK Menguras : Menguras tempat-tempat penampungan air seperti : Bak mandi/ WC.

.

Memasang kawat kasa. (Depkes RI. Memelihara ikan pemakan jentik di kolam/bak-bak penampungan air. j. seperti : a. 2005). dan lain-lain). Menutup lubang-lubang pada potongan bambu/pohon. c. Keseluruhan cara tersebut di atas dikenal dengan istilah ‘3M Plus’. Menggunakan kelambu. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian dalam kamar. Memakai obat yang dapat mencegah gigitan nyamuk. dan lain-lain (dengan tanah. . Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar/rusak. Menaburkan bubuk larvasida. Mengupayakan pencahayaan dan ventilasi ruang yang memadai.• Selain itu ditambah dengan cara lainnya. d. e. h. b. Mengganti air vas bunga. misalnya di tempat-tempat yang sulit dikuras atau di daerah yang sulit air. g. i. f. tempat minum burung atau tempat-tempat lainnya yang sejenis seminggu sekali.

PELAKSANA PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK a. Di Rumah Dilaksanakan oleh anggota keluarga. seperti :  Kantor oleh petugas kebersihan kantor  Sekolah oleh petugas kebersihan sekolah  Pasar oleh petugas kebersihan pasar . b. Tempat-Tempat Umum Dilaksanakan oleh petugas yang ditunjuk oleh pimpinan atau pengelola tempat-tempat umum.

Terima Kasih Semoga Bermanfaat .