Psikologi Uang

Syaifullah Al Falimbanghi

1

Pendekatan K P d k t Kompas 4A M Menuju j Kesuksesan Finansial
Kesuksesan Finansial a) Awareness (Kesadaran) b) Attitutde (Sikap) c) Action Plan (Rencana Tindakan) d) Assesment (Penilaian/Evaluasi)

2

3

Mengapa kita menyukai sesuatu? 4 .KESADARAN .Makna Uang? .LANGKAH 1 .Bagaimana Otak Bekerja? .

Apa makna dari Uang? Apa maksud dari tidak memiliki uang? Apa makna Uang bagi Anda? 5 Makna Uang .

Asosiasi.Ketertarikan dan Motivasi Psikologi Filter. dan Pengalaman Bagaimana Otak Bekerja? 6 merupakan satu fungsi dari .

Menciptakan g p Kemenangan? Formula Formula Kemenangan Formula Kemenangan di Sekolah: Belajar dengan keras. k ke k k Formula Kemenangan Hubungan: perlakukan orang lain sebagaimana anda ingin orang lain memperlakukan Anda. dapat nilai yang baik.Psikologi . b k masuk k universitas terkemuka. A d 7 .

Apa Formula Anda untuk menciptakan uang dan kemakmuran? Banyak dari kita yang tidak suka membicarakan tentang Uang Menciptakan Uang. Kekayaan atau Masalah Keuangan 8 .Formula Kemenangan Kesehatan: satu apel satu hari menjauhkan kita dari dokter.

LANGKAH 2 .SIKAP Memahami bagaimana menangani faktor-faktor internal dan eksternal yang mungkin akan menjauhkan Anda dari jalan Anda dan untuk tetap pada j l d jalan Anda atau merubah A d b h haluan Anda untuk menuju j jalan yang lebih baik. y g 9 .

Bersedia untuk belajar Mengajukan g j p pertanyaan-pertanyaan y p y y g yang membangkitkan Hati-hati dengan bahasa Anda .D i pada mengatkan “S Dari d tk “Saya tid k tidak bisa melakukannya” lebih baik mengatkan “Bagaimana caranya agar saya bisa melakukannya? Disiplin diri/tekad 10 .

Karier. . g g p Sosial.Hidup adalah menyeimbangkan antara Pikiran. Tubuh dan Jiwa atau Fisik. Lingkungan Hidup 11 . Emosi. Finansial. Spiritual. Hubungan .

Apa yang menjadi penyesalan terbesar orang yang sudah tua? • Tidak berani mengambil resiko • Tidak cukup tegas • Kurang berdisiplin diri g p 12 .

g 13 .LANGKAH 3 . kemana Anda ingin pergi. berada. bekerjalah dengan yang lain untuk menguasai peta dan panduan-panduan yang akan bermanfaat bagi Anda. Ambilah suatu model peran yang hebat.ACTION PLAN (RENCANA TINDAKAN) Idealnya. tentukan dimana Anda y . belajarlah mengembangkan formula kemenangan Anda.

Bagaimana Kondisi Neraca Keuangan Anda? Aset Uang tunai. Deposito Obligasi g Ekuitas Royalti Real Estate Liabilitas Kartu Kredit Pinjaman Jangka pendek Hipotek Pinjaman dana pendidikan 14 .

Mobil/Bus Kartu Kredit Makanan & Pakaian Iuran Sekolah Investasi 15 .Bagaimana Kondisi Arus Kas (Cashflow) Anda? Gaji Deviden Pendapatan dari bunga Pendapatan Sewa Kerja paruh waktu Bisnis Internet Tempat Tinggal -Sewa/Hipotek Tranportasi .

CASHFLOW BERSIH SAMA DENGAN 16 .

4. Dapatkan kenaikan pangkat. Mulailah bisnis paruh waktu. 5. Cari pekerjaan sampingan. Jadilah t 8 J dil h patner bi i bisnis. 7. 8. Mengikuti p kembali. 6 Mulailah bisnis penuh waktu waktu. 6. Belihlah sebuah bisnis dengan uang muka kecil atau tanpa uang muka. g pendidikan dan p pelatihan 2. 3. 17 kerja .CASHINFLOW “Beri Nilai Tambah” 1. 4 Suruh istri anda bekerja/mencari sampingan.

Cash Outflow “Keuntungan Memangkas Pengeluaran” Jumlah Pengeluaran yang J l hP l Dipotong dari Anggaran Bulanan 100 200 300 400 500 1000 1. 450.6 tahun 18 .000 dengan bunga 8% dalam jangka waktu 8.000 Simpanan sejumlah b Si j l h besar Modal 15.000 60.000 .050.000 300.500 .000 5.000 30 000 45.000 7.000 75.000 750.000 1.000 3.000 75 000 150.000 225. 2.000 30.

RENCANA TINDAKAN Aturan Emas Pertama PENGELUARAN HARUS LEBIH KECIL DARI PEMASUKAN TABUNG SISANYA INVESTASIKAN KEMBALI UNTUK PERTUMBUHAN MAJEMUK HIDUPLAH DI BAWAH KEKAYAAN ANDA 19 .

Pentingnya Tujuan g y j KUNCI EFEKTIF MENYUSUN TUJUAN Kapan Anda akan aman. fleksibel atau bebas secara finansial? Berapa banyak yang dibutuhkan untuk mencapainya? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya? 20 .

untuk memenuhi pengeluaran kebutuhan dasar selama dari mulai 2 bulan sampai dengan di atas 24 bulan. 21 .Apa Tujuan Finansial Anda? 1. menikah 12 bulan. Fleksibilitas Finansial Anda telah mengumpulkan sejumlah modal yang jika diinvestasikan akan bisa ang diin estasikan memenuhi kebutuhan pokok Anda. bulan Patokannya: Singel 6 bulan. Keamanan Finansial Aset Likuid. 2.

3. g 22 . Kebebasan Finansial Absolut Lakukan apapun dan kapanpun yang Anda inginkan. 4. Kebebasan Finansial Sejumlah modal yang memberikan Anda sejumlah uang bulanan yang memungkinkan Anda untuk hidup tanpa harus bekerja.

000 Fleksibilitas Finansial Contoh: Membutuhkan 3K perbulan atau 36K pertahun berdasarkan hitungan bunga 8% = 45.12 bulan = 60.000 .6 bulan = 30.Berkeluarga .Singel .Keamanan Finansial Contoh: 5K .000 .

Kebebasan Finansial Contoh: Membutuhkan 5K perbulan atau 60K pertahun berdsarkan hitungan bunga 8% = 750. 000.000 Kebebasan Fiansial Absolut Contoh: Membutuhkan 10K perbulan atau 120K pertahun berdasarkan hitungan bunga 8% = 150. Berarti Kekayaan Bersih sama dengan Kekuatan .

” diandalkan ( Albert Eintein) .Aturan Emas Kedua “Bekerja sa a merupakan pe e ua manusia e e ja sama e upa a penemuan a us a yang paling besar karena hal ini memungkinkan pngumpulan kekayaan secara sistematis dan dapat diandalkan.

. Dia mengetahui bahwa nilai jangka panjang dari sahamnya ditentukan dari kemajuan ekonomi dari bisnis yang sedang berjalan. mereka sering membeli atau menjual saham dengan harga yang tidak rasional rasional.Warren Buffet Mengatakan Ketika manusia (para pialang saham) menjadi rakus atau ketakutan.

Fokus jangka panjang Buffet adalah memungkinkannya untuk mengambil k ki k t k bil keuntungan t dari pasar spekulan yang berfokus jangka pendek y g g yang tergulung seiring dengan emosi pasar. g g g p .Ketika nilai ekonomis sebuah perusahaan meningkat. maka nilai saham dari perusahaan tersebut akan meningkat.

ProdukProduk-Produk Finansial Resiko dan Pengembalian CPF: 25% dijamin CPF Spesial: 15% + CPF Biasa = 4% Asuraansi Terkait: 3/12 = 4% Reksa Dana Obligasi Ekuitas Real Estate Sekuritas Asing .

Panduan bagi Alokasi Portofolio P d b i Al k i P t f li TEMPLETION Formula “Jangan pernah menginvestasikan lebih dari 10% uang anda dalam investasi apapun. Simpanlah uang anda y g g pesimisme dalam investasi yang mengalami p maksimum” . Jangan pernah menginvestasikan 2% d i uang anda h i t ik dari d dalam investasi berisiko.

Konservati. resiko rendah dengan diversivikasi. lebih kecil atau sama dengan 40 tahun dengan obligasi tipe 3 denag kekayaan bersih 5 sampai dengan 8 pemegang .

usia 40 .Konservatif dengan resiko rendah. . dengan obligasi tipe 3 dengan kekayaan bersih 5 pemegang.60 tahun.

deversivikasi.Konservatif. usia 60 tahuan atau lebih deversifikasi lebih. obligasi tipe 3 Kekayaan bersih 3 pemegang . protopolio beresiko rendah dengan deversifikasi.

Peter Lynch “Berinvestasilah pada bidang yang anda sukai. bagaimana kecendrungan REO-nya? . berinvestasilah” Bagian 1Bagaimana menemukan p g g perusahaan yang berkualaitas? • Hutang diutamakan kurang dari 25% dari kekayaan bersihnya? • Persediaan. kembangkanlah pemahaman anda kemudia anda. bagaimana kecepatan y perputarannya? • Profitabilitas.

5 = cukup. bagaimanarasionnya dibandingkan g y g rasio PE perusahaan sejenis? • Penghasilan Deviden. 1. . berapa banyak penghasilan yang anada hasilkan dari investasi uang anda? • A k pertumbuhan j Angka t b h jangka panjang = angka k j k pertumbuhan keuntungan + penghasilan deviden / g j atau PE dengan ketentuan: 1 = jelek.•Pertumbuhan Pendapatan. apakah pendapatannya meningkat? • Dana yang bekerja: CA minus CI Bagian 2 Penaksiran Harga • Rasio PE. 2 lebih = bagus.

IKHTISAR RENCANA TINDAKAN MENGEMBANGKAN RENCANA FINANSIAL ANDA Periksa Keuangan Anda Neraca Saldo Cashflow Deversifikasi Portofolio Investasi Finansial Horisan Belajar untuk mencintai belajar Kekayaan Bersih sama dengan Kekuatan .

. Kembangkan penainjauan.LANGKAH 4 PENILAIAN / EVALUASI Hukum tinjauan dan evaluasi secara g cara konsisten. evaluasi yang sistematik dan terencana dan rayakan kemajuan yang anda buat buat.

alami dan taruhlah harapan pada semua hal yang y g p baik yang telah anda miliki dalam hidup. Kunci untuk merasa kaya adalah menghargai apa yang anda lakukan! Setiap hari kembangkan sikap bersyukur. Perhatikan. hargai. .PENUTUP Sir John Templeton k tik dit Si J h T l t ketika ditanya t t tentang: Apa yang dibutuhkan untuk menjadi orang kaya? “Hanya satu kata: Bersyukur” Ingat b h I t bahwa uang sebanyak apapun tid k akan b k tidak k membuat anda merasa kaya.rasakan.

475. Pembuatan Menganalisis Kondisi Keuangan 2. di . 4 Strategi Meningkatkan Penghasilan 5. Serta tip-tip keuangan lainnya Hanya dengan Rp.success-journey. y g p Tertarik kan! Hubungi Kami www.co. mulai d i lt i li l i dari: 1.PAKET FINANCIAL PLANNER E-CONSULTANT Dapatkan paket k D tk k t konsultasi secara online.000 setahun. 2 Menetapkan Tujuan Keuangan 3.cc sekarang juga. Management Cashflow 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful