PROPOSAL PENGKAJIAN SISTEM INFORMASI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NEWLINE COLLEGE

KELOMPOK 1 MARANGKUP TUA HUTAHURUK MUHAMMAD SHOLAHUDIN RUDI MULIAWAN

PROGRAM KEAHLIAN MANAJEMEN INFORMATIKA DIREKTORAT PROGRAM DIPLOMA INSTITUT PERTANIAN BOGOR BOGOR 2011

ABSTRAKSI Sistem Informasi yang akan diajukan adalah Sistem Informasi Lembaga Bimbingan Belajar Newline College (SIBELE). Karena PTN menjanjikan banyak kelebihan dibandingkan Perguruan Tinggi Swasta. Tidak semua pelajar memilki akses ke Internet. TUJUAN DAN KENDALA SISTEM Sistem yang akan dikembangkan bertujuan memberikan layanan informasi umum tentang Sistem yang akan dikembangkan bertujuan memberikan layanan informasi umum tentang Lembaga Bimbingan Belajar Newline College Bogor. 3. tingkat persaingan untuk masuk PTN. Target pengguna system ini adalah masyarakat umum. PENDAHULUAN Menjadi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan impian setiap pelajar. kontak. sehingga tidak dapat menggunakan layanan ini. Selain itu sudah banyak kasus dimana mahasiswa yang cerdas di sekolah akan tetapi gagal dalam menembus PTN. seperti . Sayangnya banyak calon mahasiswa yang tidak mengetahui dunia perguruan tinggi. hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan mengenai jenis-jenis soal yang sering diujikan di PTN. RUANG LINGKUP DAN BATASAN SISTEM . staff pengajar. serta lebih diterima di dunia kerja. seperti beasiswa. Kendala yang mungkin dihadapi dalam pengembangan sistem adalah : 1. jaringan alumni yang kuat. 4. dan untuk mewujudkan hal tersebut dibuatlah sistem informasi online yang menyediakan segala sesuatu mengenai Lembaga Bimbingan Newline College. pendiri. Sistem ini memberikan informasi umum mengenai sejarah lembaga. Berdasarkan hal tersebut Lembaga Bimbingan Newline College merasa termotivasi untuk membantu para pelajar untuk mewujudkan cita-citanya. khususnya para pelajar yang membutuhkan informasi tentang Lembaga Bimbingan Belajar Newline College. khususnya bagi siswa/i yang berada di bangku SMA. 2. 2. serta pendaftaran online. jurusan serta prospeknya. Harus selalu dilakukan update karena dalam waktu berkala. Kemendiknas melakukan perubahan aturan dalam penerimaan mahasiswa baru untuk PTN.1.

Mengevaluasi perencanaan solusi sistem 4. RENCANA PENGKAJIAN SISTEM Pengembangan sistem menggunakan pendekatan metode waterfall. Pendaftaran 5. Seperti lokasi bimbingan belajar. 5. Mengidentifikasi masalah dan merumuskan tujuan sistem 2. Menyiapkan laporan perkembangan analisis sistem 5. Alternatif perencanaan solusi sistem 3. Melakukan analisis 4. 4. Visi dan Misi 3. Sejarah Lembaga Bimbingan Belajar dan Para Pendiri 2. Info Mengenai para Tutor 4. Berikut adalah hal-hal yang dilakukan guna membentuk sistem: 1. serta menggunakan database MySQL. biodata para pengajar. Melakukan survei untuk memperoleh input sistem. ALTERNATIF KEMUNGKINAN SISTEM Sistem Informasi Lembaga Bimbingan Belajar Newline College ini menggunakan media internet sebagai lingkungannya. Melakukan pengumpulan data. Melakukan desain . 2. Menyusun tim proyek 4. 4. 3. Menganalisis proses input 4.Sistem ini memberikan informasi umum mengenai Kotamadya Bogor yang meliputi hal-hal sebagai berikut: 1. 6. oleh karena itu sistem ini berbasis web. bahasa pemrograman HTML+CSS untuk membuat tampilan. Kontak Penekanan dilakukan untuk menarik minat pelajar agar mengikuti program bimbingan belajar. serta menggunakan software open source. 5. 1. PHP sebagai bahasa pemrograman untuk pelayanan web (web services). Menganalisis proses output 4.

Menyiapkan laporan akhir pengembangan sistem beserta dokumentasi keseluruhan sistem. Perkiraan Waktu Kegiatan Perencanaan dan Perancangan Desain Programming Uji Coba Peluncuran Durasi (hari) 5 7 7 6 1 . 2. 3.5. Penguji program. Kebutuhan Sumber Daya Manusia Sumber daya manusia yang diperlukan dalam pengembangan sistem adalah: 1. Analisis (system analyst) 3. 2. 3. meliputi petunjuk penggunaan program sistem. 9. Programmer PHP dan Jscript 6. Pihak yang melakukan survei dan pengumpulan sampel data. Menyiapkan laporan perkembangan desain sistem 6. 2. Packing distribusi program sistem 6. Melakukan desain database 5. 4. Melakukan implementasi sistem · Melakukan realisasi database · Melakukan pengkodean program · Menyiapkan laporan perkembangan implementasi sistem 7. Mendesain proses input 5. Desainer database 5. 6. 1. Desainer halaman web 4. 5. Mendesain proses output 5. Melakukan uji terhadap sistem secara offline maupun online 8. Melakukan desain interface sistem 5.

00 sehingga total biaya instalasi adalah Rp.1.00 2. 500.Total 26 6. Biaya Pemeliharaan Sistem di Internet Biaya yang diperlukan adalah untuk meng-update data dengan jumlah keseluruhan Rp. Instalasi sistem adalah operasional proses peng-upload-an sistem ke provider web hosting di internet yangdilakukan pada waktu proses pengujian secara online maupun ketika proses packing distribusisistem (sistem siap digunakan). Biaya penguji program selama 7 hari dengan biaya perhari Rp. 100.800. 50.00 Rp. Rp. 250. 200. Biaya Sumber Daya Manusia Pengembangan Sistem 1. 350. Biaya untuk desainer database selama 2 hari dengan biaya perhari Rp. .000.2. 50.00 ditambah biaya pemeliharaansistem Rp.000.000. 4. Biaya untuk System Analyst selama 5 hari dengan biaya perhari Rp.000.00 3. Proses instalasi dilakukan hingga selesai.000.4. Perkiraan Biaya 6.000.4. Rp. 6.000. 350. 200.4.00.00 Rp.4.00 per bulan.00 Total biaya 50. 1. 6.000.3. Biaya instalasi untukmasing-masing proses adalah Rp.4. Biaya programer PHP dan Jscript selama 10 hari dengan biaya perhari Rp.000.00 Rp.00 per bulan.00 4. 50. Total Biaya Sistem Total biaya pengembangan sistem adalah Rp. Survei dilakukan selama satu hari dengan biaya perhari Rp. 50.000.000.00 Total biaya Total biaya Total biaya 50.000.000. 200.000.000.00 5. Biaya Untuk desainer web pages 7 halaman dengan biaya desain perhalaman Rp.00 Total biaya Total biaya 6.000. Biaya Instalasi Hosting di internet dipilih pada provider web hosting bebas biaya (free).000. 50.00 6. 100.00 Rp.

Mengevaluasi perencanaan solusi sistem 4. Melakukan analisis alur sistem · · · · · Menganalisis proses input Menganalisis proses output Melakukan analisis interface sistem Melakukan analisis database Dokumentasi laporan perkembangan analisis 8. Proses di dalam sistem. 1. Alur sistem dan tahapan eksekusi fungsi di dalam proses masing-masing dijelaskan dengan system flowchart danprogram flowchart. 8. Dokumentasi laporan perkembangan perencanaan 8. dan implementasi sistem hingga sistem siap untuk digunakan. 3.7. Mengidentifikasi kebutuhan informasi sistem dengan mengumpulkan data mengenai Lembaga Bimbingan Belajar Newline College 3. Mengidentifikasi masalah dan merumuskan tujuan sistem 2. Tahap Desain Pada tahap ini akan dilakukan desain mengenai: 1. 2. 8. Dampak yang diharapkan dari sistem 7. Rencana Umum Pengembangan Sistem Berikut adalah rencana sistem secara umum pengembangan sistem yang mencakup perencanaan. . dan dijelaskan dengan diagram aliran data (data flow diagram). Dampak Terhadap Masyarakat Para pelajar dan orangtua akan dengan mudah mencari tahu mengenai informasi lemabaga bimbingan belajar newline college. 1. Tahap Analisis 1. 7. desain. Proses di dalam sistem akan menggunakan konsep aliran data. Tahap Perencanaan 1. analisis. Dampak Terhadap Lembaga Bimbel Newline College Dapat membatu lembaga bimbel mempromosikan diri. Membentuk tim proyek 2. Alternatif perencanaan solusi sistem 3. 2.

Dokumentasi laporan perkembangan desain. 6. Realisasi database terhadap DBMS guna mendukung pengkodean program (mapping database). Menyiapkan laporan akhir pengembangan sistem beserta dokumentasi keseluruhan sistem. Tahap Implementasi Tahap ini mengimplementasikan desain sistem: 1. KESIMPULAN Sistem Informasi Lembaga Bimbingan Belajar Newline College (SIBELE) yang diajukan pada fase perencanaan ini bertujuan memberikan layanan informasi umum mengenai Sistem Informasi Lembaga Bimbingan Belajar Newline College (SIBELE) kepada masyarakat terutama para pelajar dan orang tua. koreksi terhadap materi yang disampaikan pada fase perencanaan ini akan dilakukan pada fase-fase berikutnya. kebutuhan data diuraikan menggunakan konsep EntityRelationship dan dijelaskan dengan Entity Relationship Diagram. Alternatif konfigurasi terbaik untuk sistem (spesifikasi peralatan yang digunakan).2. Pengaturan data akan dievaluasi melalui proses normalisasi database. Guna memperbaiki konsep pengembangan sistem. 3. Pengujian sistem dilakukan secara offline maupun online. Penjelasan formal data didokumentasikan dalam kamus data. Jika di dalam evaluasi desain terdapat hal yang perlu untuk diperbaiki maka akan dilakukan analisis kembali. 4. 3. Manajemen data di dalam sistem. pengujian yang dilakukan direncanakan akan menggunakan metode black box dan white box. meliputi penggunaan program sistem. 8. Integrasi seluruh bagian program sistem meliputi built-in help. 9. . 5. Packing distribusi program sistem. Pengkodean program. 5. 2. 4. Interface program. Melakukan uji terhadap sistem. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.