P. 1
Referat Limfadenitis Submandibula-puput

Referat Limfadenitis Submandibula-puput

|Views: 343|Likes:
Published by Manggala Sariputri

More info:

Published by: Manggala Sariputri on Jan 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2014

pdf

text

original

REFERAT

BAB I
PENDAHULUAN

adanya sel-sel peradangan. infiltrasi sel-sel ganas.y y y y y y KGB bagian dari sistem pertahanan tubuh ±600 KGB dalam tubuh. ketiak atau lipat paha yang teraba normal pada orang sehat Pembesaran KGB= penambahan sel imunitas. tetapi pada kenyataannya sebagian besar kasus= kasus infeksi jinak Anamnesis dan px fisik yang sistematis penegakkan diagnosis . timbunan makrofag Limfadenopati = segala kelainan pada KGB (limfadenitis= peradangan pada KGB) Limfadenopati seringkali dikaitkan dengan penyakit yang serius. hanya di daerah submandibular (bagian bawah rahang bawah).

BAB II TINJAUAN PUSTAKA .

ANATOMI SISTEM LIMFATIK y Komposisi Pembuluh limfe = kapiler limfatik Jaringan limfe Organ limfe x Primer x Sekunder .A.

Drainase limfatik .

y Membentuk mekanisme pertahanan untuk tubuh. misalnya kapiler limfe menyalurkan lemak dari intestinum dan mengalirkannya melalui duktus toraksikus ke dalam vena subclavia sinistra. y Menyerap dan mengangkut zat lemak. y .B. FISIOLOGI SISTEM LIMFATIK Menyalurkan cairan jaringan. misalnya genangan plasma dari sela intersisial dan membawanya ke sistem pembuluh balik.

SISTEM LIMFATIK SERVIKALIS .C.

protozoa. riketsia atau jamur ‡ Lokal ‡ Generalisata .D. yaiut bakteri. virus. LIMFADENITIS Definisi Penyebab Klasifikasi ‡ Bagian dari peradangan pembesaran KGB limfadenopati dan/atau ‡ Infeksi dari berbagai organisme.

Klasifikasi .

D i a g n o s i s .

Epidemiologic clues .

Lokasi KGB&penyebabnya .

Evaluation of suspected of LD .

BAB III LIMFADENITIS SUBMANDIBULA .

pegal-pegal . dan disertai gejala lain seperti demam. lunak. sitomegalovirus. dan infeksi bakteri Manifestasi Klinis ‡ Teraba panas. supel. lemah. membengkak. cat-scratch disease.Definisi ‡ Peradangan dan/atau pembesaran KGB yang terletak di bawah rahang bawah Penyebab ‡ Virus Epstein-Barr. tuberkulosis. penyakit menular seksual.

Diagnosis .

yang mencakup jaringan yang menutupi otot-otot antara laring dan dasar mulut. berwarna merah atau kebiruan ‡ Peradangan selulitis dari bagian superior ruang suprahioid.Diagnosis Banding Gondongan ‡ Pembesaran kelenjar parotits akibat infeksi virus. ditandai dengan pembengkakan pada bagian bawah ruang submandibular. sudut rahang bawah dapat menghilang karena bengkak Hemangioma Angina Ludwig ‡ Kelainan pembuluh darah sehingga timbul benjolan berisi jalinan pembuluh darah. tanpa disertai pembesaran KGB .

Penatalaksanaan Berdasarkan penyebabnya (sebagian besar kasus self-limiting disease) y Observasi 3-4 minggu y Pengobatan pada infeksi KGB oleh bakteri (limfadenitis) adalah antibiotik oral 10 hari dengan pemantauan dalam 2 hari pertama flucloxacillin 25mg/kgBB empat kali sehari. Bila ada reaksi alergi terhadap antibiotik golongan penisilin dapat diberikan cephalexin 25mg/kg (sampai dengan 500mg) tiga kali sehari atau eritromisin 15mg/kg (sampai 500 mg) tiga kali sehari y .

Adanya tanda fluktuasi indikasi dilakukan drainase bedah y Limfadenitis tuberkulosa. melekat dan tidak nyeri . terapi kuratifnya adalah dilakukan eksisi dan terapi anti tuberkulosis y Indikasi eksisional biopsi: y Nodul berukuran diameter • 2 cm. yang tumbuh cepat dan terus membesar dalam 2 ² 3 minggu Teraba keras. dan tetap ada selama • 6 minggu Nodul berukuran diameter • 2 cm.

BAB IV PENUTUP .

Limfadenitis submandibula = peradangan dan/atau pembesaran pada kelenjar getah bening yang terletak di bawah rahang bawah. Diagnosis dilakukan dengan cara mengobservasi ada atau tidak adanya tanda dan gejala. 5.1. . mulai dari pembedahan segera sampai pemeriksaan noninvasif untuk observasi selama 3-4 minggu. lemah. membengkak. sitomegalovirus. pegal-pegal. lunak. dan karakteristik KGB setiap waktu. tuberkulosis. dan infeksi bakteri merupakan diagnosis yang paling sering dipertimbangkan dalam kasus limfadenitis submandibula. Virus Epstein-Barr. Penatalaksanaan limfadenitis submandibula juga bervariasi. tergantung pada riwayat penyakit dan pemeriksaan fisik pasien. penyakit menular seksual. 2. Lokasi pembesaran KGB merupakan kunci utama untuk menentukan penyebab limfadenitis. perubahan KGB. cat-scratch disease. 3. 4. Gambaran limfadenitis submandibula yaitu KGB teraba panas. supel. dan disertai gejala lain seperti demam.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->