DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN MATLAB

Disusun Oleh: Anindita Singgih Ifki Alifatul U. Brilian Dermawan Munji Hanafi Mellia Aisyah A. Zeta Hanif Salindri Rahmat Rizeki 21060111120039 21060111120040 21060111130041 21060111130042 21060111130043 21060111130044 21060111130045

TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS DIPONEGORO 2011

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan segala rahmat dan nikmat-Nya kepada saya , sehingga saya bisa menyelesaikan karya tulis yang berjudul ³Matlab´. Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi tugas Dasar Komputer dan Pemrograman. Sebelumnya kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada: 1. Bapak Enda Wista Sinuraya ST,MT selaku dosen mata kuliah Dasar Komputer Dan Pemrograman 2. Teman-teman kelompok 6 yang ikut serta membantu dalam penyelesaian karya tulis ini. Karena tanpa mereka, saya tidak dapat menyelesaikan karya tulis ini. Kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak terdapat kekurangan. Untuk itu, segala kritik dan saran yang bersifat membangun akan saya terima dan sangat di butuhkan demi kesempurnaan karya tulis ini. Semoga karya tulis ini dapat digunakan dan bermanfaat bagi para pembaca.

Tim Penyusun

...... Saran «««««««««««««««««......................... 2 DAFTAR ISI ................................................ BAB III : PENUTUP ««««««.........................................................«««««««««.................................... 3............................................................. Tujuan Penulisan «««.... Rumusan Masalah.................................... BAB II : PEMBAHASAN ««...........«.... 2......««««........................ Simpulan «««««««««««««««........................................................ Membuat Aplikasi Program Pemutar Musik ..................««««....................«.......................................................................................... 1 KATA PENGANTAR .............. Latar Belakanng. 3 BAB I : PENDAHULUAN ............. ........................... 4 4 4 4 5 6 6 7 8 8 8 1...................DAFTAR ISI SAMPUL .................. 4...................... 1.....................«.................. 2.......................... Flowchart........««««««««.......«..... Batasan Masalah .......................«................

BAB I PENDAHULUAN 1. Oleh karena itu. Memberi pengetahuan tentang bagaimana cara pengaturan alur pada Matlab. Bagaimana cara penginstalan Matlab? 3. Anda mungkin pernah bertanya-tanya Apa saja fungsi dari matlab. 5. dan lain-lain. visualisasi. RUMUSAN MASALAH 1. Apa saja Window pada Matlab? 6. 2. Bagaiamana pengaturan alur pada Matlab? 3. TUJUAN PENULISAN 1. Apa saja fungsi pada Matlab? 5. kami akan membantu menjelaskan gambaran secara umum seputar Matlab. Bagaimana cara pengoperasian Matlab? 4. Pemprograman ini menggabungkan komputasi. apa saja rumus-rumus pada matlab. dan pemrograman dalam satu kesatuan yang mudah digunakan di mana masalah dan penyelesaiannya diekspresikan dalam notasi matematik yang sudah dikenal. . Pada makalah berikut ini anda akan diajak untuk mengerti soal apa itu matlab. LATAR BELAKANG MATLAB adalah sebuah bahasa dengan kemampuan tinggi untuk komputasi teknis. Mengetahui apa itu Matlab. Memberi pengetahuan tentang bagaimana cara penginstalan Matlab. 4. Apa itu Matlab? 2. Memberi pengetahuan tentang bagaimana cara pengoperasian Matlab. 3. Mengetahui fungsi-fungsi pada Matlab. 2.

.4. BATASAN MASALAH Dalam makalah ini hanya akan dibahassecara umum mengenai Matlab.

Nama MATLAB merupakan singakatn dari matrix labolatory . Pemodelan.Perluasan pemakaian. visualisasi. simulasi dan prototype 5. seperti graphical user interface (GUI). Akuisisi data 4. sementara pada saat yang sama membutuhkan hasil komputasi dan visualisasi yang maksimal untuk mendukung pekerjaan. dan pemrograman dalam satu kesatuan yang mudah digunakan di mana masalah dan penyelesaiannya diekspresikan dalam notasi matematik yang sudah dikenal. MATLAB adalah system interaktif yang mempunyai basis data array yang tidak membutuhkan dimensi. Grafik saintifik dan engineering 6. Pengembangan algoritma 3. Matematika dan komputasi 2.BAB II ISI 2. MATLAB awalnya dibuat untuk memudahkan dalam mengakses software matriks . Ini memungkinkan kita dapat menyelesaikan banyak masalah komputasi teknis.1 Pengertian Matlab MATLAB adalah sebuah bahasa dengan kemampuan tinggi untuk komputasi teknis. MATLAB digunakan meliputi : 1. Menurut sebuah buku yang kami baca Matlab memang dihadirkan bagi orang yang yang tidak ingin disibukkan dengan rumitnya ssintak -sintak dan alur logika peprograman. khususnya yang berkaitan dengan formulasi matrik dan vector. Pemprograman ini menggabungkan komputasi.

2. Dalam perkembangannya. Setelah proses di atas selesai maka akan muncul pilihan pada kotak di bawah ini.yang telah dikembangkan oleh LINPACK dan EISPACK. Tidak hanya itu. MATLAB juga mampu melakukan komputasi simbolik yang biasa dilakukan oleh MAPLE.2 Instalasi MATLAB cara instalasi matlab 2008 1. . Double klik pada icon setup matlab Maka akan muncul form seperti dibawah ini. MATLAB mampu mengintegrasikan beberapa software matriks sebelumnya dalam satu software untuk komputasi matriks. 2.

Lalu pilih next 3. Kali ini kita memilih untuk menginstall tanpa menggunakan koneksi internet. Selanjutnya akan ada kotak ³License Agreement´ untuk melanjutkan pilih ³Yes´ yang berarti menyetujui licensinya.Dalam kotak tersebut disediakan pilihan apakah akan menginstall dengan menggunakan koneksi internet atau menginstall secara offline saja. Lalu pilih next .

Jika memilih typical maka kita menginstall matlab dengan settingan default. muncul kotak ³ File Installation key´ yang berisi pilihan apakah kita memiliki file installation key. Selanjutnya copy serial number dan paste pada form installasi matlab seperti berikut. Di sini ada dua pilihan. Selanjutnya adalah kotak ³Installation type´. Sedangkan custom. Kali ini kita memiliki file installation. 5. yang pertama adalah ³typical´ dan ³costum´. Lalu pilih next. kita menginstall pilihan secara sepesifik. buka file tersebut sehingga muncul seperti di bawah ini.4. Lalu pilih ³next´ . Setelah memilih next.

Lalu pilih next . Di sini kita memilih produk apa saja yang ingin kita install. Lanjut pada kotak ³Folder selection´.6. Pada kotak ini kita memilih tempat atau direktori dimana matlab akan di install. Sebagai contoh adalah pada C:\program file\. Lalu pilih next 7. Product selection.

Langsung pilih install .8. Installation Options di sini ada konfirmasi tentang penambahan shortcuts matlab dan file ekstensi yang dapat digunakan. Pilih next 9. Selanjutnya muncul kotak ³Confirmation´.

11. Selanjutnya adalah proses installasi yang membutuhkan waktu beberapa menit. Di sini adalah menunjukan installasi lisensi. Pilih next .10. Selaanjutnya ³Product Configuration Notes´.

12. Pilih next . Menandakan installasi telah selesai. ³installation complete´. Jika ingin menggunakan matlab maka harus mengaktifkan softwere matlab.

Lalu pilih browse dan tentukan direktori file lisensi. Pilih next . Disini ada dua pilihan yaitu aktivasi dengan internet atau aktivasi manual tanpa koneksi internet. Pilih next 14. ³Activation Welcome´. Kita pilih ³Enter the path of license file´ karena memiliki file license.13. Kita pilih tanpa internet karena telah memiliki file lisensi. ³offline Activation´.

³Activation Complete´. Pilih finish. Check list pada ³Start MATLAB´ untuk langsung menggunakan matlab. Menandakan aktivasi telah berhasil.15. .

2.3 Cara Menggunakan MATLAB Dalam melakukan pekerjaan pemrograman menggunakan bahasa MATLAB. Untuk membuat program. namun masi sulit bagi anda untuk mengevaluasi perintah secara keseluruhan. tekan tombol enter. Ini adalah tampilan awal pada matlab 8. biasanya perintah hanya dilakukan baris perbaris. tekan tombol enter.16. anda dapat menggunakan salah satu cara yaitu : Cara #1 : Langsung di Command Window Cara ini adalah yang paling sering dilakukan oleh pemula. misalnya : >>pjg = 5. lalu ketikkan : >>lbr = 10. anda hanya perlu mengetikkan perintah pada prompt Matlab dalam Command Window. lalu ketikkan : >>luas = pjg*lbr .

2. cosinus dan tangen. Lebih lanjut fungsi-fungsi trigonometri dapat dikembangkan menjadi bentuk hiperbolik.4. tersebut akan diuraikan lengkap dengan syntax-nya dalam MATLAB. Cara #2 : Menggunakan File M Cara ini biasanya akan dipilih untuk digunakan oleh programmer yang lebih mahir. fungsi eksponensial. sehingga anda bisa langsung melihat hasil akhir dilayar Command Window. Pada sub bagian berikut fungsi-fungsi (note: tanda ³ konstan).1 Fungsi Trigonometri Fungsi dasar trigonometri terdiri atas sinus. ³ menunjukkan syntaxnya dan ³x´ adalah bilangan 2. Terutama untuk program yang membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama serta skrip yang cukup panjang.4.) titik koma. Fungsi tersebut dikembangkan menjadi secan.untuk skrip terakhir sengaja tidak diberikan tanda (. fungsi berkait bilangan kompleks serta fungsi pembulatan dan sisa. Kelebihan cara ini adalah kemudahan untuk mengevaluasi perintah secara keseluruhan. Operasi yang dapat . Hasil akhir yaitu >>luas = 50 Program telah selesai. Fungsi Pada MATLAB Fungsi matematika umum dalam MATLAB terdiri atas fungsi trigonometri. cosecan dan cotangen.

718281824459.dilakukan pada fungsi tersebut adalah pencarian nilai dan invers (Arcus disingkatArc). fungsi ini digunakan untuk mencari nilai logaritma berbasis e x  Logaritma berbasis bilangan konstan. Dalam MATLAB.. Pada uraian berikut akan diperlihatkan beberapa fungsi eksponensial lengkap dengan syntax-nya. misal y log x¶ 1ogy (x) . setiap fungsi trigonometri mempunyai syntax tersendiri. fungsi ini digunakan untuk mencari nilai logaritma berbasis y.4. fungsi ini digunakan untuk mencari nilai ex. Jadi.  Eksponensial : exp (x) .  Logaritma berbasis bilangan natural (e) log x atau In x log (x). logaritma berbasis 10 tidak seperti biasanya yaitu . Fungsi trigonometri lengkap dengan syntaxnya akan diperlihatkan pads uraian berikut:  Fungsi sinus Sinus x sin (x) : Arc sinus x asin (x) Sinus hiperbolik x sinh (x) : Arc sinus hiperbolik x asinh (x)  Fungsi cosinus Cosinus x cos (x) : Arc cosinus x acos (x) Cosinus hiperbolik x cosh (x) : Arc cosinus hiperbollk x acosh (x)  Fungsi Tangen Tangen x tan (x): rc tangen x atan (x) Tangen hiperbolik x tanh (x): Arc tangen hiperbolik x atanh (x)  Fungsi Secan Secan x sec (x): Arc secan x asec (x) Secan hiperbolik x sech (x) : Arc secan hiperbolik asech (x)  Fungsi Cosecan Cosecan x csc (x) : Arc cosecan x acsc (x) Cosecan hiperbolik x csch (x) :Arc cosecan hiperbolik x acsch (x)  Fungsi Cotangen Cotangen x cot (x) : Arc Cotangen x acot (x) Cotangen hiperbolik x coth (x) : Arc cotan hiperbolik x acoth (x) 2. dengan e adalah bilangan natural (e=2.2 Fungsi Eksponensial Fungsi eksponensial secara matematis mempunyai beberapa bentuk.. ).

fungsi ini digunakan untuk membulatkan x ke nilai yang lebih dekat 0. Bilangan kompleks dapat dinyatakan dalam bentuk real atau sebaliknya.ditulis dengan log x saja.4.3 Fungsi Yang Berkait Bilangan Kompleks Fungsi yang berkait bilangan kompleks. digunakan untuk mengambil nilai imajiner dari ix atau jx bilangan kompleks. digunakan untuk mencari nilai mutlak bilangan x atau ±x  Nilai riff .  Nilai mutlak: . Misal: fix (3.  Akar pangkat dua: sqrt (x).84) menghasilkan -4 round (0. fungsi ini berguna untuk mencari akar pangkat dua dari x. tetapi dianggap sebagai bilangan y. Misal : round (3. Pada uraian berikut diperlihatkan beberapa fungsi eksponensial lengkap dengan syntax-nya. digunakan untuk  untuk membulatkan x ke nilai integer terdekat. dalam MATLAB dituliskan dengan penambahan "i" atau"j" dibelakang bilangan pokok.52) menghasilkan 1 dan round (-0.52) menghasilkan -1  Pendekatan menuju nol : fix (x).84) menghasilkan 4 dan round (-3. digunakan untuk mengambil nilai real dari bilangan kompleks  Nilai imajiner .4. Fungsi pembulatan dan sisa menuliskan bilangan rill dalam bentuk bilangan bulat positif atau negatif.4 Pembulatan menuju integer terdekat: round (x) Fungsi pembulatan dan sisa dalam MATLAB. dalam MATLAB 1og x di tul is log10 (x). 2. 2. Jadi.84) .

32) menghasilkan 5 dan fix (-5. Jika ada kondisi yang berlawanan (false).84) menghasilkan -4 flor (5. Contoh : x=input('Masukan x=' bilangan bulat x=') if rem(x. Statement if diakhiri dengan end. statement if dapat diikuti dengan statement else atau elseif.5) menghasilkan 3 2.2)menghasilkan -1 rem (13.32)menghasilkan -5 ceil (0.52) menghasilkan 4 clan ceil (-0. Misal: rem (15.52) menghasilkan 0 dan f lor (-0. Misal: ceil (3.52) menghasilkan -1  Pembulatan menuju +8 : ceil (x).menghasilkan 3 dan fix (-3. fungsi ini digunakan untuk membulatkan x ke nilai yang lebih mendekati -8.52) menghasilkan 0  Pembulatan menuju -8 : flor (x). y).3 dan rem (13. Misal: flor (3. fungsi ini digunakan untuk membulatkan x ke nilai yang lebih dekat +8.4.84) menghasilkan 4 clan ceil (-3. fungsi ini digunakan untuk mengambil sisa dari x/y dengan tanda yang sama dengan x.32) menghasilkan ± 5 fix (0.84) menghasilkan -4 ceil (5. 84) menghasilkan -3 fix (5.32) menghasilkan 5 clan ceil (-5.2)==0 == GENAP==· else x=' == GANJIL ==' end .84) menghasilkan 3 dan f lor(-3.32) menghasilkan -5 flor (0.52) menghasilkan 0 dan fix (-0.32) menghasilkan 5 dan flor (-5.5) menghasilkan .3 Statement If Statement if akan mengeksekusi sekumpulan instruksi apabila suatu kondisi yang diisyaratkan bemilai benar.2) menghasilkan 1 clan rem (-15.52) menghasilkan 0  Sisa setelah pembagian: rem (x.

pada Command Window akan tampil 6 kemungkinan. yaitu: Jika Sisa=10. apakah termasuk bilangan ganjil atau genap. 2. X= input ('masukkan bilangan bulat X='). maka Nilaisisa=B Jika Sisa=12. Y= input (¶masukkan pembagi Y=' ) . Sisa = rem(X. Contoh : c l e a r . Statement ini diakhiri dengan end. Statement switch diikuti dengan case dan otherwise untuk menunjukan suatu group dalam looping.4. Contoh ini mengambil sisa pembagi dari X/Y kemudian dikelompokkan dalam bentuk abjad.Contoh ini akan mengidentifikasi sifat bilangan X. maka Nilaisisa=C Jika Sisa=13. maka Nilaisisa=D Jika Sisa=14. maka Nilaisisa=A Jika Sisa=11.4 Statement Switch Statement switch akan mengeksekusi sekumpulan instruksi didasarkan pada nilai dari suatu ekspresi atau variabel. Nilaisisa=Sisa . maka Nilaisisa=E Jika Sisa=bilangan lain. Jika program tersebut dijalankan.Y) swi tch Si sa case 1 0 Nilai Sisa = 'A' case 11 Nilai sisa = 'B' Case 12 Nilai sisa = 'C ' case 13 Nilai sisa ='D' case 14 Nilai sisa ='E' Other wise Nilai Sisa = int2str ( s i s a ) % konversi integer ke string end.

.2.5 Statement For Statement for digunakan untuk mengulang sekumpulan instruksi hingga n kali (notasi n adalah bilangan integer yang telah diidentifikasi sebelumnya).4. perintah yang terdapat dalam loop while akan dikerjakan terus menerus. Selama (1 +X) > 1 benar.4. Statement for diakhiri dengan end. Nilai tersebut akan disimpan dalam variabel x 2.1) Xmax=realmin for i=1:50 if X(i)>Xmax Xmax=X(i) end. Contoh : X=rand(50. Jika kondisi tersebut terpenuhi. Perintah antara loop while dan end dieksekusi berulang kali selama semua elemen dalam ekspresi bernilai benar. x =1: while (1+ x)>l x = x/2 hitungan=hitungan+l end Contoh ini memperagakan cara menghitung nilai terkecil yang dapat ditambah pada 1 sedemikian hingga hasilnya lebih besar dari dengan menggunakan presisi hingga. Contoh ini memperagakan cara mencad nilai terbesar dari array x. maka X semakin kecil hingga didapat suatu kondisi yang unik. Statement while diakhiri dengan end. Kondisi tersebut dicapai pada hitungan ke53. yaitu penambahan X pada 1 tidak mendapatkan hasil yang lebih besar dari 1 menurut hitungan komputasi.6 Statement While Statement while mengerjakan sekelompok perintah yang diulang secara tidak terbatas. end. maka loop while berhenti bekerja atau kondisi (1+X)> 1 bernilai salah. Contoh : hitungan=0. Karena X terus menerus dibagi 2.

txt.txt' . Sebagai contoh jika ingin disimpan output m = 5 2 1 1 2 3 direktori c:\backup dengan nama file mydata.5 Window Pada Matlab MATLAB Command window/editor merupakan window yang dibuka pertama kali setiap kali MATLAB dijalankan pada window di atas dapat dilakukan akses-akses ke command.2. maka dapat dilakukan dengan mengetikan : » m=[1 2 3.5 2 1] m = 5 1 2 2 1 3 » diary 'c:\backup\mydata. Jika perintah-perintah yang sudah diketikkan dan hasil yang ditampilkan pada layar command window akan disimpan maka dapat dilakukan dengan menggunkan command diary. seperti mengakses help window dan lain-lainnya.command MATLAB dengan cara mengetikkan barisan-barisan ekpresi MATLAB.

>> y=sin(x*pi/180). .File ini dapat juga dilakukan dengan : >> edit . Sehingga window ini selain berfungsi sebagai visualisasi output dapat juga sekaligus menjadi media input yang interaktif. maka MATLAB akan menampilkan editor window : selain dengan cara di atas untuk menampilkan editor M. Memilih File kemudian pilih New 2.MATLAB Editor/Debugger (Editor M-File/Pencarian Kesalahan) Window ini merupakan tool yang disediakan oleh Matlab 5 keatas. Walaupun sebenarnya script ini untuk pemrograman Matlab dapat saja menggunakan editor yang lain seperi notepad. Pilih m-file. Figure Windows Window ini adalah hasil visualisasi dari script Matlab. Contoh : >> x=0:2:360. Untuk mengakses window mfile ini dapat dilakukan dengan cara : 1. wordpad bahkan word. Berfungsi sebagai editor script Matlab (M-file). Namun Matlab memberi kemudahan bagi programer untuk mengedit window ini sekaligus memberikan program khusus untuk itu.

y) Hasil yang diperoleh adalah: 2.>> plot(x. Perintahperintah di antara baris for dan end dikerjakan berulang-ulang dari nilai awal n sampai nilai akhir m.6 Pengaturan Alur Program Loop For Loop for memungkinkan sekelompok perintah diulang sebanyak suatu jumlah yang tetap. sedangkan loopexpression biasanya memiliki bentuk n:m atau n:i:m. . Bentuk umum: for loopvariable = loopexpression perintah-perintah end Loopvariable merpakan nama variabel yang diberikan. dengan increment (langkah) sebesar i.

Perhitungan bilangan kuadrat dari himpunan bilangan bulat dari 1 sampai 5 >> for n = 1:5 x(n) = n^2 end x = 1 x = 1 x = 1 x = 1 x = 4 9 16 25 4 9 16 4 4 9 Loop While Bentuk umum: while end while_expression perintah-perintah While_expression merupakan bentuk hubungan e1‡e2 dimana e1 dan e2 merupakan ekspresi aritmatika biasa dan didefinisikan sebagai berikut: > lebih besar < lebih kecil == sama >= lebih besar atau sama dengan <= lebih kecil atau sama dengan -= tidak sama ‡ merupakan operator relasi yang Perintah-perintah di antara baris while dan end dikerjakan berulang kali selama hubungan e1‡e2 dalam ekspresi terpenuhi. . >> n = 1.

n = n+1. if apel > 5 bayar = (1-20/100)*bayar. Contoh permasalahan Sebuah toko yang menjual buahbuahan menetapkan akan memberikan potongan harga sebesar 20% bila pelanggannya membeli apel lebih dari 10.>> x = 0. end disp(['Jumlah yang harus dibayar = Rp '. end >> x x = 1 4 9 16 2 If-Statement Bentuk umum: if if_ekspresi perintah-perintah end If_ekspresi juga mengikuti bentuk hubungan e1‡e2. clc apel = input('Apel yang dibeli = '). >> while x < 20 x(n) = n^2. Perintahperintah di antara baris if dan end dikerjakan jika semua elemen di dalam ekspresi benar. num2str(bayar)]) Running Program: Apel yang dibeli = 5 Jumlah yang harus dibayar = Rp 5000 . bayar = apel * 1000.

Apel yang dibeli = 10 Jumlah yang harus dibayar = Rp 8000 .

Pengoperasian rumus gerak parabola dapat diselesaikan menggunakan Matlab 6. mobil dapat diselesaikan . Pengoperasian rumus polinomial dapat diselesaikan menggunakan Matlab 9.BAB III PENUTUP 3. Pengoperasian rumus sistem kredit menggunakan Matlab 5. Pengoperasian rumus peluruhan dapat diselesaikan menggunakan Matlab 7. Matlab berfungsi sebagai kalkulator semua jenis perhitungan 2. M-file pada matlab berguna untuk membuat script program perhitungan tertentu 3. Pengoperasian rumus grafik dapat diselesaikan menggunakan Matlab dimana gambar dapat berupa 2D. Pengoperasian rumus trigonometri dapat diselesaikan menggunakan Matlab 4.1 Kesimpulan 1. Pengoperasian rumus matriks dapat diselesaikan menggunakan Matlab 8.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful