P. 1
Otot

Otot

|Views: 214|Likes:
Published by Nana Citra

More info:

Published by: Nana Citra on Jan 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/22/2014

pdf

text

original

Otot Otot = berat basahnya 40% dari BB (berat badan) sedangkan berat keringnya 10% dari berat basahnya

. Fungsi otot: gerakan volunter (kontraksi) & menegakkan tubuh Sebagian besar pada tulang Otot dapat dirangsang secara kimia, listrik, & kimia. Otot khusus: otot jantung Otot terdiri dari 3 jenis, yaitu otot polos, otot lurik, & otot jantung. Perbedaan 3 jenis otot, yaitu: 1) pada letak inti dan jumlahnya; 2) bentuk sel; 3) Otot polos berbentuk gelendong, otot lurik berbentuk silinder/tabung, otot jantung berbentuk silinder tapi bercabang sehingga berbentuk anyaman. Inti sel pada otot polos berjumlah 1 dan terletak di tengah, pada otot lurik berjumlah banyak dan di tepi, sedangkan otot jantung berjumlah banyak dan ditengah. Ada garis gelap di antara garis terang yang melintang, tetapi hanya pada otot lurik dan otot jantung. Oleh karena tidak terdapat garis gelap pada otot polos maka disebut otot polos. Ada serabut miofibril. Pada otot polos, miofibril homogen (sama ukurannya, daya serap sama, daya serap terhadap zat warna sama). Pada otot lurik dan jantung miofibrilnya tidak homogen, ada miofibril halus/tipis dan ada miofibril yang kasar/tebal. Miofibril yang tidak homogen tersebut lah yang menyebabkan adanya garis gelap dan garis terang. Letak otot polos di organ visceral (organ dalam, kecuali jantung). Letak otot lurik menempel di tulang. Letak otot jantung di jantung.

Kerak otot Spinkter ani/anal Spinkter piloros ada di lambung. menyediakan tempat . berfungsi membuka & menutup lumen. Otot spinkter = otot berbentuk lingkaran. sehingga kelebihannya yaitu kontraksinya cepat. tidak kontinu. kontrol di bawah saraf otonom atau saraf tak sadar). kontrol di bawah saraf autonom atau saraf sadar/saraf pusat). Fungsi fascia: mengelilingin otot. sehingga kekurangannya yaitu kontraksinya lambat.Fungsi fa al otot polos kontruksinya involunter (tidak disadari. efeknya kecil. supaya kita bisa bilang O. tapi ada kelebihannya yaitu prosesnya terus-menerus. Fascia = jaringan yg membungkus otot dan mengikat jaringan lunak. kontinu. Spinkter oral. dan tahan lama/tidak cepat lelah. dan tidak tahan lama/cepat lelah. Fascia perifer terdapat di bawah kulit dan profunda. Fungsi fa al otot lurik kontruksinya volunter (disadari. tapi ada kelemahannya yaitu prosesnya tidak terus-menerus. efeknya besar.

Tendon: pengikat otot pada tulang berupa serabut-serabut. Struktur lebih kuat jika pada bentuk silinder/pipa. menggigit dan menggilas makanan. Sebuah pita jaringan ikat yg melekat pada otot dan ujung yang lain berinsersi FUNGSI UMUM TULANG Formasi kerangka Formasi senda-sendi Perlengkatan otot Sebagai pengungkit Penyokong BB Imunokalsium FUNGSI KHUSUS TULANG Sinus-sinus paranasalis: menimbulkan nada pada suara. Tulang kecil telinga FAKTOR PERTUMBUHAN TULANG Herediter Nutrisi Faktor endokrin . Struktur tulang berongga supaya tidak mudah patah. daripada jika pada bentuk kubus/balok. putih dan memiliki sedikit elastis. Sinus = rongga. Email gigi: memotong.

TULANG Sistem skeletal dibentuk oleh 206 buah tulang. Hyoid. Iga. Vertebra. periosteum. & Sternum) 2. exstrimitas bawah) Struktur tulang (cortex. dll) . axial skeletal (tlg tengkorak. apendicular (exstrimitas atas. yg terbagi dlm 2 bagian besar: 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->