Oleh Kelompok 8 : Amelia Elsa Modiya 115030027 Esi Yulastri 115030017 Fitria Yuliana 115030052 Johanes Wiliam 115030006 Mia Talitha 115030052 Wilda Maulani 115030061 .

dan kadang-kadang terdengar pula suara pemanjangan dan suara biasa. kadangkadang terdengar tekanan keras atau lembut. . kadang-kadang terdengar suara menaik dan menurun.Runtutan bunyi bahasa yang terus-menerus. kadang-kadang terdengar hentian sejenak atau hentian agak lama.

Fonetik adalah bidang linguistik yang mempelajari bunyi bahasa tanpa memperhatikan apakah bunyi tersebut mempunyai fungsi sebagai pembeda makna atau tidak .

Alat Ucap Proses Fonasi Tulisan Fonetik Klasifikasi Bunyi : .a.Jeda atau Persendian f. Silabel .Klasifikasi Konsonan e. c. b. Unsur Suprasegmental :.Diftong atau Vokal Rangkap .Klasifikasi Vokal . d.Tekanan atau Stress .Nada atau Pitch .

. yakni bunyi bahasa yang dapat atau berfungsi membedakan makna kata.Objek penelitian fonemik adalah fonem.

Netralisasi dan Arkifonem . b.Metatesis dan Epentesis . Ablaut. d.a. Identitas Fonem Alofon Klasifikasi Fonem Khazanah Fonem Perubahan Fonem:. c.Asimilasi dan Disimilasi . dan Harmoni Vokal . e.Fonem dan grafem .Kontraksi .Umlaut.

MORFEM Tata bahasa tradisional tidak mengenal konsep maupun istilah morfem. Konsep morfem baru diperkenalkan oleh kaum strukturalis pada awal abad kedua puluh ini. sebabmorfem bukan merupakan satuan dalam sintaksis. . dan tidak semua morfem mempunyai makna secara filosofis.

Bentuk Dasar.Morfem Utuh dan Morfem Terbagi . Identifikasi Morfem b.Morfem Beralomorf Zero . Pangkal (Stem).a.Morfem Segmental dan Suprasegmental . dan Akar (Root) . Klasifikasi Morfem :.Morfem Bebas dan Morfem Terikat .Morfem Bermakna Leksikal dan Morfem Tidak Bermakna Leksikal d. Morf dan Atomorf c. Mofem Dasar.

akan dibicarakan berikut ini. Apakah kata itu. serta bagaimana pembentukannya. bagaimana klasifikasinya. bagaimana kaitannya dengan morfem. .Yang ada dalam tata bahasa tradisional sebagai satuan lingual yang selalu dibicarakan adalah satuan yang disebut kata.

a.Derivatif . Klasifikasi Kata c.Inflektif . Hakikat Kata b. Pembentukan Kata:.

Morfofonemik .a. Internal dan Suplesi e. Produktivitas Proses Morfemis g. Pemendekan f. Konversi. Modifikasi. Afiksasi b. Reduplikasi c. Komposisi d.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful