P. 1
Bahan Ajar Micro Teaching

Bahan Ajar Micro Teaching

|Views: 138|Likes:
Published by Efa Ainul Falah

More info:

Published by: Efa Ainul Falah on Jan 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/03/2015

pdf

text

original

Panduan Materi Micro Teaching Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong ________________ oleh SUBKI, S.

Pd

Hal. 1

Keterampilan Menjelaskan 5. pertanyaan dan murid memberikan Panduan Materi Micro Teaching Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong ________________ Hal. Keterampilan dasar mengajar ini merupakan panduan pengajaran mikro dengan menggunakan perangkat Sydney Micro Skills (1973). Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan 1.Pd . Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran 6. disamping dia harus menguasai sumbstansi bidang studi yang diampu. Pengantar Dalam proses pembelajaran. Dewasa ini sudah banyak dikembengkan model-model pembelajar efektif yang lebih banyak menekakan pada aktivitas belajar siswa di dalam kelas.KETERAMPILAN BERTANYA KETE 1.KETERAMPILAN 1.KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR Keterampilan mengajar bagi seorang guru adalah sangat penting kalau ia ingin menjadi guru yang professional. Keseluruhan keterampilan dasar tersebut adalah: 1. Keterampilan Memberi Penguatan 3.Jadi. Keterampilan Mengadakan variasi 4. Keterampilan Bertanya 2. 2 oleh SUBKI. keterampilan dasar mengajar juga merupakan keterampilan penunjang untuk keberhasilannya dalam proses belajar mengajar. Kendatipun demikian. Keterampilan Mengelola Kelas 8. Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok Kecil 7. model pembelajaran tersebut tidak dapat mengabaikan keterampilan-keterampilan yang sangat mendasar ini. S. guru perlu memberikan jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru.

2) Memusatkan perhatian siswa terhadap suatu pokok bahasan atau konsep. 8) Untuk mengetahui keberhasilan guru dalam mengajar. Tujuan-tujuan memberikan pertanyaan adalah: 1) Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap suatu pokok bahasan.Keterampilan mengajukan pertanyaan ini sangat penting dikuasai guru agar pertanyaan kepada siswa tersebut menjadi bermakna. 6) Mendorong siswa mengemukakannya dalam bidang diskusi. 4) Mengembangkan cara belajar siswa aktif. Pertanyaan yang diberikan bisa bersifat suruhan maupun kalimat yang menuntut respon siswa. 3 oleh SUBKI. Tujuanmemberikan 2. 5) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasimilasikan informasi. 7) Menguji dan mengukur hasil belajar siswa.Komponen-komponen mengajukan pertanyaan: a.Pd . S. 3.Komponen bertanya dasar 1) Pengungkapan pertanyaan secara jelas 2) Pemberian acuan 3) Pemusatan 4) Pemindahan giliran 5) Penyebaran 6) Pemberian waktu berpikir 7) Pemberian tuntunan b. Pengertian dan Rasional keterampilan bertanya bertujuan untuk memperoleh informasi untuk memperoleh pengetahuan dan meningkatkan kemampuan berpikir.Komponen bertanya lanjut 1) Mengubah tuntutan kognitif 2) Mengatur urutan pertanyaan Panduan Materi Micro Teaching Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong ________________ Hal. 3) Mendiagnosis kesulitan-kesulitan khusus yang menghambat siswa belajar.

1) mimik atau gerakan badan.Pengertian Penguatan adalah suatu respon terhadap suatu tingkah laku dan penampilan siswa.Prinsip-prinsip Mengajukan Pertanyaan : a. Panduan Materi Micro Teaching Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong ________________ Hal.Prinsip4.Pengertian 1. 4 oleh SUBKI. Kehangatan dan antusias b. 2) mendekati. 2. S.KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN 2. Penguatan Verbal. yang dapat menimbulkan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku tersebut.3) Menggunakan pertanyaan pelacak 4) Meningkatkan interaksi 4. 1) kata 2) kalimat b.Pd . 3) memberi sentuhan atau memberi kegiatan yang menyenangkan.KETERAMPILAN MEMBERI PENGUATAN 1. Penguatan Nonverbal. Jenis Penguatan: a. Perlu dihindari: 1) 2) 3) 4) 5) 6) Mengulangi pertanyaan sendiri Mengulangi jawaban sendiri Menjawab pertanyaan sendiri Mengajukan pertanyaan yang memancing jawaban serempak Mengajukan pertanyaan ganda Menentukan siswa yang menjawab sebelum pertanyaan diajukan 2.

KETERAMPILAN MENJELASKAN KET Pengertian 1.Tujuan pemberian penguatan: 1) Menumbuhkan perhatian siswa 2) Memelihara motivasi siswa 3) Memudahkan siswa 4) Meminimalkan perilaku negatif dan memdorong tumbuhnya perilaku positif 4.Prinsip4. Pengertian Menjelaskan adalah penyajian informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematik yang bertujuan untuk menunjukkan hubungan. 5 oleh SUBKI. antara sebabakibat. 2.Prinsip-prinsip pemberian penguatan: 1) 2) 3) 4) 5) 6) Hangat dan antusias Bermakna Respon positif Jelas sasaran Segera Bervariasi 3.4) simbol atau benda maupun penguatan tak penuh seperti “yah. Panduan Materi Micro Teaching Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong ________________ Hal. S. jawabanmu sudah baik tetapi masih perlu disempurnakan” 3.KETE 3. Tujuan menjelaskan: 1) membantu siswa untuk memahami rumus. yang diketahui dan yang belum diketahui. dalil.Tujuan emberian 3.Pd . dan prinsip.

Menjelaskan: 4. Menyajikan suatu penjelasan 1)Kejelasan 2) Penggunaan contoh dan ilustrasi 3) Pemberian tekanan 4) Balikan Panduan Materi Micro Teaching Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong ________________ Hal. 3. Merencanakan: 1) Isi pesan (materi) 2) Penerima pesan (siswa) b. S.berpikir. 4) Penjelasan harus bermakna bagi siswa. 2) melibatkan siswa untuk berpikir. 6 oleh SUBKI. Penjelasan 3) Penjelasan harus sesuai dengan usia siswa. Penjelasanharus 2) Penjelasanharus sesuai dengan tingkat kemampuan dan latar belakang siswa.Pd . Prinsip-prinsip Menjelaskan: rinsip-prinsip belajar1) Penjelasan harus relevan denngan tujuan kegiatan belajar-mengajar. 4) membimbing siswa dalam proses belajar untuk memecahkan masalah. 3) mendapatkan balikan mengenai pemahaman siswa. Komponen Keterampilan Menjelaskan: a.

Langkah-langkah Menjelaskan: 1) merencanakan penjelasan 2) menyajikan penjelasan 4. S.KETERAMPILAN MEMBUKA 4.Langkah5. Yang dimaksud dengan menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang telah dipelajari siswa. Tujuan menutup pembelajaran: 1) Mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar 2) Mengetahui tingkat keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran 3) Membuat rantai kompetensi antara materi sekarang dengan pembelajaran akan datang Panduan Materi Micro Teaching Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong ________________ Hal. 7 oleh SUBKI. 2. Tujuan Membuka dan Menutup Pelajaran a. Pengertian Yang dimaksud dengan keterampilan membuka pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan situasi siap mental dan menimbulkan siswa agar terpusat perhatian pada apa yang dipelajari. Tujuan membuka pembelajaran: 1) 2) 3) 4) Menimbulkan perhatian dan memotivasi siswa Menginformasikan cakupan materi dan batas tugas Melkukan apersepsi Mengaitkan peristiwa aktual dengan pelajaran b.Pd .KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN KETE 1.

bermakna.KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI 1.Pd .Tujuan Mengadakan Variasi: 1) Menjadikan proses pembelajaran menjadi hidup 2) Menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menarik 3) Memotivasi siswa aktif dalam pembelajaran Mengagakan 3.Pengertian 1. 2. Komponen Keterampilan Mengagakan Variasi a. Variasi dalam Gaya Mengajar: 1) Penggunaan variasi suara 2) Pemusatan perhatian 3) Kesenyapan 4) Mengadakan kontak pandang Panduan Materi Micro Teaching Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong ________________ Hal.Tujuan Mengadakan 2. Komponen Menutup pembelajaran: 1) 2) 3) 4) Meninjau kembali Mengevaluasi Membuat simpulan atau ringkasan materi Memberikan tugas yang signifikan ( sesuai. 8 oleh SUBKI.dan bermanfaat) 5. Komponen Membuka pembelajaran: 1) Menarik perhatian siswa 2) Menimbulkan motivasi 3) Memberikan acuan 4) Membuat kaitan b.3. variasi dalam menggunakan alat dan media pembelajaran dan variasi dalam pola interaksi dalam kelas. Komponen Membuka dan Menutup Pembelajaran: a. variasi dalam gaya mengajar.Pengertian Variasi dalam kegiatan belajar mengajar adalah proses perubahan yang dilakukan guru dalam pengajaran yang dikelompokkan dalam tiga kelompok yaitu.KETERAMPILAN 5. S.

berinteraksi sosial serta berlatih bersikap positif.Variasi Stimulasi 1) Menerima dan menyokong partisipasi pembelajar dalam kegiatan pembelajaran 2) Memberikan kesempatan pembelajar untuk berpartisipasi 3) Mendorong interaksi kelas 4) Mengenal perilaku siswa sehingga dapat memberikan stimulasi secara tepat 6. S.Komponen Membimbing Diskusi Kelompok: 1) Memusatkan perhatian 2) Memperjelas masalah atau urunan pendapat 3)Menganalisis pandangan siswa 4) Meningkatkan urunan siswa Panduan Materi Micro Teaching Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong ________________ Hal. d.5) Gerakan badan dan mimik 6) Pergantian posisi guru dalam kelas b.Pd .KETERAMPILAN MEMBIMBING DISKUSI ETERAMPI Pengertian: 1. Pengertian: Diskusi kelompok adalah merupakah salah satu strategi yang memungkinkan siswa menguasai suatu konsep atau memecahkan suatu masalah melalui suatu proses yang memberi kesempatan berfikir. 2.Tujuan 2. 3. Variasi Penggunaan Media dan Bahan Pelajaran 1) Variasi alat/ bahan yang dapat dilihat 2) Variasi alat yang dapat didengar 3) Variasi alat yang dapat diraba dan dimanipulasi c.Komponen 3.KETERAMPILAN MEMBIMBING 6. Variasi Pola Interaksi dan Kegiatan Siswa Memvariasikan pola interaksi guru-siswa dengan siswa-siswa. 9 oleh SUBKI.Tujuan Membimbing Diskusi Kelompok: Membimbing diskusi kelompok dimaksudkan agar tujuan diskusi kelompok tercapai secara efisien dan efektif.

Tujuan Mengelola Kelas: 1) Mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab individual terhadap tingkah lakunya. Pengertian: Mengelola kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan keterampilan untuk mengembalikan pada kondisi belajar yang optimal.KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS ETE Pengertian: 1. 2. 2) Membantu siswa mengerti arah tingkah laku yang sesuai 3) Menimbulkan rasa berkewajiban melibatkan diri dalam tugas dan bertingkah laku yang wajar dan sesuai.Komponen a. Apabila terdapat gangguan dalam proses pembelajaran. Keterampilan untuk Menciptakan dan Memelihara kondisi Belajar yang Optimal: 1) Menunjukkan sikap tanggap 2) Membagi perhatian 3) Memusatkan perhatian kelompok 4) Memberikan petunjuk-petunjuk yang jelas 5) Menegur 6) Memberi penguatan Panduan Materi Micro Teaching Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong ________________ Hal.Tujuan 2.Komponen 3. S. 10 oleh SUBKI.Pd . 3.KETERAMPILAN 7.Prinsip-prinsip Pelaksanaan: 4.5) Menyebarkan kesempatan berpartisipasi 6) Menutup diskusi 4.PrinsipPrinsip 1) Diskusi berlangsung secara terbuka 2) Perlu perencanaan dan persiapan yang baik 3) Pemilihan topik diskusi yang relevan dengan tujuan pembelajaran 7.

KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN ETE Pengertian: 1.Komponen 2. baik dalam kelompok kecil maupun perorangan. 2. penekanan pada hal-hal positif. Prinsip-prinsip Penggunaan: 1) Kehangatan.b. Keterampilan yang berhubungan dengan pengembalian kondisi belajar yang optimal meliputi: 1) Modifikasi tingkah laku 2) Pengelolaan kelompok 3)Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah Prinsip rinsipPenggunaan: 4. Pengertian: Terjadinya hubungan interpersonal yang sehat dan akrab dapat terjadi antara guru-siswa. luwes. antusias.Pd . 11 oleh SUBKI. bervariasi. S. 8. penanaman disiplin.Komponen 1) Keterampilan untuk mengadakan pendekatan secara pribadi 2) Keterampilan Mengorganisasikan 3) Keterampilan Membimbing dan memudahkan belajar siswa 4) Keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengaja Panduan Materi Micro Teaching Program Studi Pendidikan Fisika STKIP Hamzanwadi Selong ________________ Hal. dan pengulangan penjelasan yang tidak perlu. ketidaktepatan memulai dan mengakhiri kegiatan.KETERAMPILAN 8. maupun antara siswa dan siswa. berkepanjangan ( bertele-tele). 2) Perlu dihindari: campur tangan yang berlebihan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->