2. Erosi Erosi seperti pelapukan adalahtenaga perombak (pengkikisan).

Tapi yangmembedakan erosi dengan pelapukanadalah erosi adalah pengkikisan olehmedia yang bergerak, seperti air sungai,angin, gelombang laut, atau gletser. Erosi dibedakan oleh jenistenaga perombaknya yaitu :Erosi air, Erosi gelombang laut( abarasi / erosi marin ), Erosi angin ( deflasi ), Erosi gletser( glasial )',Erosi Akibat gaya berat.

1. Erosi Oleh Air Atau Air HujanErosi oleh air adalah erosi yang di sebabkan oleh air atau airhujan.Jika tingkat curah hujan berlebihan sedemikian rupasehingga tanah tidak dapat menyerap air hujan makaterjadilah genangan air yang mengalir kencang.Aliran air inisering menyebabkan terjadinya erosi yang parah karenadapat mengikis lapisan permukaan tanah yang dilewatinya,terutama pada tanah yang gundul. Gambar E rosi Air y T ahapan dalam Erosi Air Proses pengkikisan oleh air yang mengalir terjadi dalamempat tingkatan yang berbeda sesuai dengan kerusakantanah atau batuan yang terkena erosi, sebagai berikut.1. Erosi percik, yaitu proses pengkikisan oleh percikanair hujan yang jatuh ke bumi.

yaitu pantai dengan dinding yang berkelok kelo Gambar Erosi oleh es/gletser . Batu jamur 2. Akkibatnya lereng menjadi lebih terjal. Erosi Oleh Es/GletserErosi oleh gletser merupakan pengikisan yang dilakukanoleh gletser (lapisan es) di daerah pegunungan.Gambar E rosi oleh Angin Pengikisan oleh angin ( erosi angin biasanya terjadi di gurun )dapat mengakibatkan :1. terjadi erosi oleh gletser yang meluncurmenuruni lembah. Pada saatmusim semi. Pengikisan initerjadi di daerah yang memiliki empat musim. Ngarai3.Contoh bentang alam yang terjadi akibat erosi gletser adalahpantai fyord.

.

I. Tenaga Endogen .Tenaga Endogen dan Tenaga Eksogen Pembentukan Muka Bumi Bentuk-bentuk permukaan bumi terbentuk lewat proses pembentukan dan perombakan permukaan bumi yang berlangsung cukup lama. Perubahan permukaan bumi terjadi oleh tenaga geologi yang terdiri dari tenaga endogen dan tenaga eksogen.

Bentuk permukaan bumi dari hasil proses ini ada dua.Tengaga Endogaen juga bisa disebut juga tenaga tektonik. 1. Tenaga Endogen adalah tenaga yangberasala dari dalam bumi. 2. Proses Diastropisme Proses Diastropisme adalah proses strutual yang mengakibatkan terjadinya lipatan dan patahan tanpa dipengaruhi magma tapi tenaga dari dalam bumi. Tenaga Endogen sering menekan di sekitar lapisan-lapisan batuan pembentuk kulit bumi (litosfer). Proses lipatan Jika tenaga endogen yang menekan litosfer arahnya mendatar dan bertumpukan yang mengakibatkan permukaan bum melipat menybabkan terbentuknya puncak dan lembah. yaitu : puncak lipatan (antiklin) lembah lipatan (sinklin) . Tenaga Endogen terdiri dari proses diatropisme dan proses vulkanisme.

.3. Proses Patahan Proses datropisme juga dapat menyababkan truktur lapisan-lapian batuan retak-retak dan patah. Lapiasan batuan yang mengalami proses patahan ada yang mengalami pemerosotan yang membentuk lemdh patahan dan ada yang terangkat membentuk puck patahan. Lembah patahan disebut slenk atau graben sedangkan puncak patahan dinamakan horst.

4. Vulkanisme .

Para ilmuan menduga aliaran magma mendesak keluar membakar kerak bumi dan melutus di permukaan. Proses vulkanisme terjadi karena adanya magma yang keluar dari zona tumbukan antarlampang. Bentuk-Bentuk Gunungapi .Tenaga tektonik dapat mengakibatkan gejala vulaknisme. Proses keluarnya magma ke permukaan bumi disebut erupsi gunungapi. Beberapa gunugapi ditemukan berada di tengah lempeng yang disebsbkan oleh tersumbatnya panas di kerak bumi gejala ini disebut titik panas (hotspot). Gejala vulkanisme berhubungan dengan aktivtas keluarnya magma di gunungapi.

Gunung Monte Muovo (Italia).1. Gunung Pinakate (Meksiko). maar . Ciri gunungapi perisai adalah lerengnya sangat landai bahkan hampir datar. Gunungapi Prisai : Gunungapi perisai berbentuk seperti perisai (shields) terbentuk oleh letusan yang sangat cair (efusief). Gunung Mauna Loa dan Gunung Mauna Kea di Hawai. perisai 2. Gunungapi Maar :Gunungapi maar terbentuk dari letusan berupa ledakan (eksplosif) yang dahsyat yang terjadi sekali. dengan mengeluarkan bahan-bahan berupa eflata. Gunung maar biasanya punya dapur magma yang dangkal dan magma yang terdiri dari bahan-bahan padat dan gas yang padat. Contoh gunung maar adalah : Gunung Lamongan (Jawa Timur). Contohnya. yaitu berupa lelehan lava yang sangat luas dan landai.

Erosi gambat erosi oleh angin .bambar gunung api maar 2.

erosi oleh air erosi oleh air .

gua dalam tanah akibat erosi .

kimia dan biologis.gambar pelapukan Batuan yang mengalami pelapukan Berdasarkan pada proses yang dominan inilah maka pelapukan batuan dapat dibagi menjadi pelapukan fisik. Pelapukan batuan oleh tumbuhan lumut .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful