Mengapa seni sangat penting bagi masyarakat?

.

y Seni mencerminkan nilai-nilai kebudayaan dan perhatian rakyat. y Mengetahui bagaimana suatu bangsa mengatur dirinya y Memahami sejarah suatu bangsa .

pelayanan. . atau pencarian dengan hormat dan jujur. permintaan. donasi.Ada yang menyebutkan istilah Seni berasal dari kata sani dalam bahasa sansakerta yang berarti pemujaan.

.Ada juga yang menyebutkan istilah seni berasal dari bahasa Belanda genie yang artinya jenius.

seni adalah karya yang diciptakan dengan keahlian luar biasa. yang dimaksud dengan seni adalah keahlian dan keterampilan manusia untuk mengekspresikan dan menciptakan hal-hal yang indah serta bernilai.y Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia. seni adalah kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa. seni memilki tiga arti. Kedua. Ketiga. . Pertama. y Menurut Koentjaraningrat. seni berarti keahlian untuk membuat suatu karya yang bermutu.

eahlian dan keterampilan manusia untuk mengekspresikan dan menciptakan hal-hal yang indah dan bernilai. .

Seni Patung Seni Rupa Seni Relief Seni lukis/gambar Seni Rias Seni Tari Seni Drama Seni Vokal Seni Suara Seni Instrumental Seni Sastra Prosa Puisi .

a) seni rupa b) seni sastra c) seni pertunjukan .

baik fungsi sosial maupun fungsi guna. Seni Rupa Murni Merupakan hasil kegiatan berkesenian yang mengutamakan kepuasaan pribadi perupa (seniman) dalam mengungkapkan gagasan dan ekspresinya. Seni Rupa Terapan Merupakan seni yang memiliki fungsi tertentu. bidang. warna. seperti garis. 1. 2. desain interior. .Seni rupa merupakan jenis seni yang diwujudkan dalam bentuk rupa tertentu. dan pencahayaan yang ditata sedemikian rupa menururt prinsipprinsip tertentu. tekstur. seni patung. dan grafis. dalam kehidupan manusia.dan lain-lain. Seni rupa terapan mencakup kriya (kerajinan) tekstil.kriya keramik. Seni rupa memiliki jenis-jenis. Seni rupa murni mencakup seni lukis.

Seni sastra berarti seni di bidang bahasa. Seni satra mencakup folklor (cerita rakyat). puisi. sastra berarti bahasa yang dimiliki dan dipakai oleh suatu bangsa. prosa. dll. pantun. Seni sastra bukanlah bahasa yang dipakai sehari-hari atau ungkapan dalam ilmu pengetahuan. Bahasa dalam karya sastra mengandung ungkapan-ungkapan sehingga manjadi bahasa yang indah. Sastra biasanya menggunakan bahasa yang mengalir dan lancar dalam mengungkapkan gagasan. yang gaya bahasa atau ungkapan ceritanya mengandung unsur-unsur estetika sehingga memberikan rasa keindahan bagi pendengar atau pembacanya. y Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. .y Seni satra merupakan jenis seni yang menggunakan bahasa sebagai mediumnya.

.Seni pertunjukan adalah seni yang dipergelarkan untuk dinikmati oleh para penontonnya. tari. sastra. seperti seni musik. dan seni peran.Dalam seni ini terdapat pembauran seni-seni lain.

di antara kolektif macam apa saja.y Folklor adalah sebagian kebudayaan suatu kolektif. baik dalam bentuk lisan maupun contoh yang disertai dengan gerak isyarat atau alat pembantu pengingat (mnemonic device) . yang tersebar dan diwariskan turuntemurun. secara tradisional dalam versi yang berbeda.

y folklor bukan lisan (non verbal folklore) . y folklor sebagian lisan (partly verbal folklore).y Folklor lisan (verbal folklore).

Bascom. Dongeng (Folktale) 1.Š Menurut William R. CPR ada 3 : Mite (myth) 2. Legenda (Legend) 3. .

Tokoh : dewa/ manusia setengah dewa Peristiwa terjadi di dunia lain Terjadi pada masa lampau Ada yang asli Indonesia dan dari luar negeri .y CPR yang dianggap benar-benar terjadi serta y y y y dianggap suci oleh empunya cerita.

legenda setempat . legenda perseorangan. legenda alam ghaib.y CPR yang dianggap benar-benar terjadi tetapi tidak y y y y dianggap suci Tokoh manusia dan seringkali di bantu oleh mahluk ghaib Terjadi di dunia kita Waktu tidak terlalu lama Pembagian : legenda keagamaan.

Dongeng biasa 3. Dongeng berumus .Š CPR yangdianggap tidak benar-benar terjadi Š Tidak terikat waktu dan tempat Š Digunakan untuk hiburan yang biasanya berisi pesan moral Š Biasanya kalimat pembuka dan penutup khas Menurut stith thompson: 1. Lelucon dan anekdot 4. Dongeng binatang 2.

karya seni. kedua. Hubungan ketiga unsur tersebut sangat erat dan tak terpisahkan. dan ketiga. Pelaku Seni Karya Seni Penikmat seni . Ada 3 (tiga) persoalan pokok dalam filsafat seni yaitu pertama. tetapi juga meliputi nilai-nilai sebagai respon estetik publik melalui proses pengalaman seni. penikmat seni (publik). Jadi jelaslah bahwa ketiga unsur tersebut saling tergantung satu sama lain. pelaku seni atau seniman.Seni bukanlah sebatas benda.

poster. Melalui media seni tertentu seperti. Fungsi Komunikasi Yaitu dengan karya seni seniman sering kali mengungkapkan kritik sosial atau politiknya melalui karya seni. kaligrafi. konser musik. dapat pula syair sebuah lagu yang mempunyai pesan. Contohnya. Fungsi pendidikan Kesenian sering kali dijadikan media untuk menyampaikan nilai-nilai moral dan nilai-nilai sosial masyarakat mengatur norma masyarakat 3. dan reklame. Fungsi hiburan/ rekreasi Keindahan yang ditonjolkan dalam karya seni mempunyai fungsi hiburan untuk para penikmatnya. Kesenian. Funsi ritual. Misalnya. karya sastra berupa mantra-mantra yang dianggap mempunyai kekuatan magis. wayang orang dan seni teater.1. dll 2. drama komedi. wayang kulit. khususnya kesenian tradisional memiliki fungsi sebagai ritual keyakinan atau keagamaan. pertunjukan film. 4. . atau teater.

.

Meningkatkan perekonomian rakyat dan negara. 3. . 1. Melunturnya nilai-nilai seni tradisional yang diakibatkan globalisasi budaya. Melestarikan nilai-nilai budaya leluhur. Mengajarkan etika pada masyarakat. Menimbulkan solidaritas di masyarakat. Dampak negatif dari seni antara lain. 2. 1. Menentramkan kehidupan masyarakat. Munculnya karya seni yang kabablasan. 5.Dampak positif dari seni antara lain. 4. 2.