1

Modul

TEKNIK DAN MODEL KOMUNIKASI

2
1. PENDAHULUAN

Pertama kali jaringan PSTN diciptakan hanya untuk pengiriman sinyal analog dalam hal ini datanya berupa suara. Namun belakangan ini data yang dikirim tidak lagi hanya suara yang ditransmisikan melalui sinyal analog. Untuk dapat mentransimisikan data tersebut dibutuhkan sebuah lebar pita tertentu dan diperkuat dengan faktor penguat tertentu. Lebar pita atau dikenal dengan istilah bandwidth ini bisa sangat bervariasi untuk beberapa data, misal lebar pita untuk data suara tentunya lebih kecil dibandingkan dengan lebar pita untuk data video, tetapi lebaar pita lebih kecil untuk data teks. Dan pada umumnya, sambungan data yang lebih panjang akan diteruskan melalui sistem telepon kanal jamak. Sistem telepon kanal jamak adalah sistem digital yang menggunakan modulasi pulsa-sandi atau Pulse-Code Modulation (PCM). Pada saat sinyal digital dikirim lewat jalur telepon, efek pergeseran fase akan menyebabkan bentuk gelombang terdistorsi. Dan efek ini akan semakin membesar bila kecepatan bit semnakin tinggi dan jalr yang harus dilalui semakin panjang, sehingga membatasi panjang jalur yang dapat digunakan pada kecepatan pengiriman tertentu. Hal ini bisa mempengaruhi kineja jaringan atau komunikasi data menjadi sangat lambat dan bahkan data bisa hilang. Sinyal digital tidak dapat dikirimkan lewat jalur telepon analog. Hal ini akan menyulitkan penerima untuk membedakan sinyal sebenarnya dengan derau atau noise. Penyebab timbulnya derau dikarenakan, beberapakan beberapa hal. Antara lain dikarenakan daya sinyal tidak seluruhnya dikirim. Artinya kemungkinan ada sebagaian sinyal yang tidak terkirim oleh transmiter dan tidak diterima oleh receiver. Penyebab lain bisa saja gelombang digital yang berisi sejumlah komponen pada frekuensi tinggi juga akan hilang. Biasanya untuk pengiriman sinyal digital yang melalui jalur pengiriman, sinyal terlebih dahulu harus diubah menjadi sinyal analog pada frekuensi suara dengan menggunakan modem.

2. JALUR TRANSMISI Jalur transmisi terdiri dari sepasang penghantar tembaga yang dipisahkan oleh Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB Abdus syasrif, ST., MT KOMUNIKASI DATA

Sebelum dikirimkan. jika sekelompok bit data ditransmisikan secara bersama-sama dan melewati beberapa jalur transmisi yang terpisah. data dikonversikan dari paralel ke serial. ST. Sistem ini digunakan untuk transmisi data yang memiliki jarak jauh. Saat ini ada dua jalur transmisi yang banyak digunakan. Data dikirim dalam satu blok data (disebut Frame) yang Pusat Pengembangan Bahan Ajar . TRANSMISI SERIAL SINKRON (SYNCHRONOUS) Pada transmisi sinkron. MT KOMUNIKASI DATA . jika sekelompok bit data ditransmisikan secara berurutan (serial / bit demi bit) dgn melewati satu jalur transmister dan satu jalur receiver.2 dielektrik. yaitu jalur kabel dan jalur tanpa kabel. diadakan sinkronisasi clock antara pengirim dan penerima. Transmisi serial dibagi 2 : sinkron dan asinkron..UMB Abdus syasrif. Proses pengiriman data pada mode transmisi ini lebih cepat dan sistem ini akan lebih efektif untuk transmisi data yang memiliki jarak tidak terlalu jauh. sebelum terjadi komunikasi. Mode transmisi data bisa dikateegorikan sebagai berikut: TRANSMISI PARALEL Suatu pengiriman data disebut paralel. 1 0 1 0 0 1 0 1 1 0 1 0 0 1 0 Gambar Mode transmisi paralel TRANSMISI SERIAL Suatu pengiriman data disebut serial.

bit data itu sendiri dan bit2 penutup postamble bit.. dll. ST. Dalam komunikasi sinkron. Data dikirim per karakter dan masing2 karakter memiliki bit start (biasanya 0) dan bit stop (biasanya 1). Pusat Pengembangan Bahan Ajar .3 berisi bit2 pembuka (preamble bit). Setiap karakter terdiri dari 10 bit dengan rincian : • • • • 1 bit start bit 1 bit stop bit 7 bit data 1 bit paritas 0 1 2 3 4 5 6 7 1 1 Bit start Bit data Bit paritas Bit stop Gambar Perincian Bit data Contoh perangkat berbasis transmisi asinkron : RS-232. Stop bit berfungsi utk melakukan proses menunggu karakter berikutnya. Start bit berfungsi utk menandakan adanya rangkaian bit karakter yang siap dicuplik. Blok data yang disebut suatu frame tersebut digambarkan sbb : 8 bit Flag Preamble Bit Flag Berisi tanda awal frame Contro l Field Data Field Contro l Field Control Fields Berisi informasi control (cont : deteksi kesalahan) 8 bit Flag Control Fields Berisi informasi control (cont : address) Data Field Berisi data dari transmitter Postambl e Bit Flag Berisi tanda akhir frame Gambar Frame data TRANSMISI SERIAL TDK SINKRON (ASYNCHRONOUS) Pada transmisi Asinkron. sbh line 56 kbps mampu membawa data sampai 7000 byte per detik. Ditambahlan juga bit2 kontrol pada blok tersebut. Com #. sebelum terjadi komunikasi. MT KOMUNIKASI DATA . Variasi ukuran frame mulai 1500 byte sampai 4096 byte.UMB Abdus syasrif. Contoh interface berbasis transmisi sinkron : Ethernet. USB. tdk diadakan sinkronisasi clock antara pengirim dan penerima.

MODEL KOMUNIKASI Sebuah model komunikasi yang diilustrasikan pada gambar model komunikasi di bawah. MT KOMUNIKASI DATA . • Destination. Ini dapat berupa media transmisi atau jalur komunikasi atau sebuah jaringan kompleks yang menghubungkan source dan destination. Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan mengkonversinya ke dalam bentuk yang dikenali oleh perangkat destination. misalnya telepon atau komputer personal. Sebuah transmitter akan mentransformasikan dan mengkodekan informasi tersebut dalam bentuk sinyal elektormagnetik yang dapat dirambatkan pada sistem transmisi. • Transmitter. Perangkat ini bertugas untuk membangkitkan atau menentukan data yang akan ditransmisikan. Misalnya. ST. Contoh lainnya lagi adalah komunikasi antara dua telepon dengan menggunakan jaringan yang sama. • Sistem Transmisi. data dibangkitkan oleh sistem source dan tidak langsung ditransmisikan secara langsung dalam bentuk sebagaimana data itu dibuat. Merupakan tujuan akhir dari pengiriman data yang menerima datadari receiver. sebuah modem mengambil bit stream dari sebuah komputer dan mentrasformasikannya dalam bentuk sinyal analog yang dapat dirambatkan pada jaringan telepon. Gambar (b) merupakan sebuah contoh jaringan komunikasi data dimana terjadi komunikasi antara workstation / node dan server melalui sebuah jaringan telepon publik.4 3. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Biasanya. sebuah modem akan menerima sinyal analog yang datang dari jaringan atau jalur transmisi dan mengkonversinya ke dalam bentuk digital stream.UMB Abdus syasrif. • Receiver.. Unsur-unsur model ini adalah sebagai berikut: • Source. Tujuan utama sebuah sistem komunikasi adalah pertukaran data antara dua entitas. Misalnya.

. ST. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem". Pada contoh Gambar di atas misalkan source yang ditunjukkan oleh gambar workstation mengirim sebuah teks.5 Gambar Model Komunikasi Sederhana Modem ini merupakan suatu alat yang dapat menjembatani suatu komputer untuk dapat beroperasi dalam jaringan. Lihat diagram blok proses ini pada Gambar di bawah ini. Karena fungsi inilah. artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Data dikirim dalam 1 byte yang berada dalam sebuah frame pada satu waktu.Asynchronous ini maksudnya bahwa ketika modem ini mengirimkan data tanpa menggunakan clock untuk menyinkronisasikan kegiatan dari kedua sistem yang terhubung. MT KOMUNIKASI DATA . dan lain sebagainya. Receiver kemudian mengubah bentuk analog ini dan meneruskannya ke server. Start dan stop bit inilah yang memberitahukan kapan dan dimana data tersebut. Adapun cara kerja modem adalah sebagai berikut : Menggunakan Teknik Asynchronous. seperti VSAT. si penerima akan tahu mana yang data dan mana yang noise. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . proses menerjemahkan dari analog ke digital. Demodulate adalah sebaliknya.UMB Abdus syasrif. data. sehingga dapat diketahui mana yang dapat diterima atau tidak. Teks ini akan diubah oleh modem yang bertindak sebagai transmitter ke bentuk analog yang kemudian akan diteruskan ke jaringan telepon public (PSTN) menuju modem penerima yang bertindak sebagai receiver. Modem adalah singkatan dari ModulatorDemodulator Modulate adalah proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bisa ditransmisikan. Frame tersebut berisikan sebuah start bit. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan. namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer. Microwave Radio. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya. khususnya jaringan internet dan biasanya dihubungkan dengan line telepon standar. dan biasanya satu atau lebih stop bit.

Mode Hubungan Ada beberapa tipe atau mode hubungan komunikasi data. Contoh mode ini adalah Radio dan Televisi. MT KOMUNIKASI DATA . Cara kerja mode ini adalah terminal pertama (pemancar) hanya dapat mengirim informasi dan terminal kedua (penerima) hanya dapat menerima informasi. 3. fungsi terminal pengirim dan penerima kondisinya tetap. SIMPLEX Pada mode simplex.. Masingmasing terminal dapat mengirim atau menerima informasi secara bergantian Contoh mode komunikasi half duplex adalah Radio HT. ST. FULL DUPLEX Pusat Pengembangan Bahan Ajar .1.UMB Abdus syasrif.6 Gambar Diagram blok contoh komunikasi data. HALF DUPLEX Pada mode half duplex. komunikasi dua arah dilakukan secara bergantian.

UMB .. maka perlu dibuat suatu standar protokol yang dapat menjamin: – Kompatibilitas penuh antara dua peralatan setara. 2.7 Pada mode full duplex.2. SOAL LATIHAN: 1. 5. ST. Sebutkan Bagaimanakah cara kerja modem? Abdus syasrif. Data Standardisasi Komunikasi Agar supaya sistem komunikasi data dapat berjalan secara lancar dan global. komunikasi dua arah dapat dilakukan secara bersamaan. 7. – Bisa melayani banyak peralatan dengan kemampuan berbeda-beda – Berlaku umum dan mudah untuk dipelajari atau diterapkan Gambar Contoh file sharing dengan host CPU. 3. MT KOMUNIKASI DATA transmisi serial? contoh perangkat keras yang menjadi receiver! Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Masing-masing terminal dapat mengirim atau menerima informasi secara bersamaanContoh : Telepon 3. Mengapa lebar pita bisa mempengaruhi kinerja sebuah jaringan? Apa yang dimaksud dengan derau? Kapan kita membutuhkan transmisi paralel dan kapan membutuhkan Sebutkan perangkat yang menggunakan transmisi serial tidak sinkron? Sebutkan komponen dasar komunikasi data! Dalam komponen dasar komunikasi terdapat istilah receiver. 6. 4.

Sebutkan! Jelaskan prinsip Half-Duplex! Mengapa perlu dibuat standar komunikasi data? Pusat Pengembangan Bahan Ajar . ST. MT KOMUNIKASI DATA . Ada 3 mode hubungan komunikasi data..UMB Abdus syasrif. 9.8 8. 10.