Binatang menyusui atau mamalia adalah kelas hewan vertebrata yang terutama dicirikan oleh adanya kelenjar susu

, yang pada betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya; adanya rambut; dan tubuh yang endoterm atau "berdarah panas". Otak mengatur sistem peredaran darah, termasuk jantung yang beruang empat. Mamalia terdiri lebih dari 5.000 genus, yang tersebar dalam 425 keluarga dan hingga 46 ordo, meskipun hal ini tergantung klasifikasi ilmiah yang dipakai. Secara filogenetik, yang disebut Mamalia adalah semua turunan dari nenek moyang monotremata (seperti echidna) dan mamalia therian (berplasenta dan berkantung atau marsupial)

[sunting] Karakteristik
Sebagian besar mamalia melahirkan keturunannya, tapi ada beberapa mamalia yang tergolong ke dalam monotremata yang bertelur. Kelahiran juga terjadi pada banyak spesies non-mamalia, seperti pada ikan guppy dan hiu martil; karenanya melahirkan bukan dianggap sebagai ciri khusus mamalia. Demikian juga dengan sifat endotermik yang juga dimiliki oleh burung. Monotremata tidak memilki puting susu, namun tetap memiliki kelenjar susu. Artinya, monotremata memenuhi syarat untuk masuk ke dalam kelas Mamalia. Perlu diketahui bahwa taksonomi yang sering digunakan belakangan ini sering menekankan pada kesamaan nenek moyang; diagnosa karakteristik sangat berguna dalam identifikasi asal-usul suatu makhluk. Jika ada salah satu anggota Cetacea ternyata tidak memiliki karakteristik mamalia, maka ia akan tetap dianggap sebagai mamalia karena nenek moyangnya sama dengan mamalia lainnya. Mamalia memiiki 3 tulang pendengaran dalam setiap telinga dan 1 tulang (dentari) di setiap sisi rahang bawah. Vertebrata lain yang memiliki telinga hanya memiliki 1 tulang pendengaran (yaitu, stapes) dalam setiap telinga dan paling tidak 3 tulang lain di setiap sisi rahang. Mamalia memliki integumen yang terdiri dari 3 lapisan: paling luar adalah epidermis, yang tengah adalah dermis, dan paling dalam adalah hipodermis. Epidermis biasanya terdiri atas 30 lapis sel yang berfungsi menjadi lapisan tahan air. Sel-sel terluar dari lapisan epidermis ini sering terkelupas; epidermis bagian paling dalam sering membelah dan sel anakannya terdorong ke atas (ke arah luar). Bagian tengah, dermis, memiliki ketebalan 15-40 kali dibanding epidermis. Dermis terdiri dari berbagai komponen seperti pembuluh darah dan kelenjar. Hipodermis tersusun atas jaringan adiposa dan berfungsi untuk menyimpan lemak, penahan benturan, dan insulasi. Ketebalan lapisan ini bervariasi pada setiap spesies.

Mamalia betina melahirkan dan menyusukan anak. contoh: lupus Sp (kelinci) Chiroptera.Mamalia Binatang menyusui atau mamalia adalah kelas hewan vertebrata yang terutama dicirikan oleh adanya kelenjar susu. yang pada betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya. Mempunyai kelenjar peluh. contoh: canis familiaris (anjing) . Bernafas melalui peparu. contoh: megachliroptera Sp (kelelawar) Insectivora. dan tubuh yang endoterm atau "berdarah panas CIRI-CIRI HEWAN MAMALIA Mempunyai saraf tunjang. Contoh-contoh hewan mamalia : Arnab Gajah Harimau Orang Utan Rusa Babi Seladang Tenuk Ikan paus Tikus KLASIFIKASI HEWAN MAMALIA Monotremata. Mempunyai cuping telinga. adanya rambut. Badan dilitupi oleh bulu. Marsupia. Berdarah panas (suhu badan tetap). Bertulang belakang. kecuali mamalia yang sangat primitif seperti Platypus dan sesetengah Tenggiling. contoh: marcropus Sp (kanguru) Rodentia. contoh: Ornithorynchus amatinus (platiphus/cungur bebek). Mempunyai jantung dengan 4 ruang. contoh: crocidura mutina (tikus cerurut) Carnivora.

contoh: camerus dromedaricus (unta) PERANAN HEWAN MAMALIA Makanan . dan tubuh yang endoterm atau "berdarah panas". yang disebut Mamalia adalah semua turunan dari nenek moyang monotremata (seperti echidna) dan mamalia therian (berplasenta dan berkantung atau marsupial) Karakteristik . contoh: tapirus indicus (tapir) Autodacytia. Mamalia terdiri lebih dari 5. termasuk jantung yang beruang empat.lepus Sp (kelelawar) Binatang menyusui atau mamalia adalah kelas hewan vertebrata yang terutama dicirikan oleh adanya kelenjar susu.Cataceae.kambing Minuman .lepus Sp (kelinci) . yang pada betina menghasilkan susu sebagai sumber makanan anaknya. yang tersebar dalam 425 keluarga dan hingga 46 ordo.ikan ditaruh di akuarium Obat . Otak mengatur sistem peredaran darah. adanya rambut.canis familiaris (anjing) Hiasan . contoh: duyon dugong (ikan duyung) Parissodactyla. Secara filogenetik.000 genus. contoh: elephans indicus (gajah) Sirenia. meskipun hal ini tergantung klasifikasi ilmiah yang dipakai. contoh: balaenoptera musculus (ikan paus) Drobosceida.susu sapi .sapi .susu kuda Peliharaan .

Zigot akan berkembang menjadi embrio dan fetus. tapi ada beberapa mamalia yang tergolong ke dalam monotremata yang bertelur. Vertebrata servikal biasanya da 7 buah. dan . mamalia adalah hewan yang menyusui. berjumlah sepasang dan terletak dalam skrotum. Disbanding dengan kondisi vertebrata lainnya. Definisi mamalia adalah vertebrata yang tubuhnya tertutup rambut. Sperma yang dihasilkan testis disalurkan melalui vas deferens yang bersatu dengan ureter. gigi seri. Pada pangkal ureter juga bermuara saluran prostat dari kelenjar prostat. seperti pada ikan guppy dan hiu martil. Ovarium menghasilkan ovum yang kemudian bergerak di sepanjang oviduk menuju uterus. zigot membutuhkan banyak zat makanan dan oksigen yang diperoleh dari uterus induk dengan perantara plasenta (ari-ari) dan tali pusar. Sebelum terjadi pembuahan internal. taring. kambing dan marmut merupakan hewan vivipar (kecuali Platypus). Demikian juga dengan sifat endotermik yang juga dimiliki oleh burung. Selama proses pertumbuhan dan perkembangan zigot menjadi fetus. jumlah tulang tengkorak mamalia banyak yang tereduksi. mamalia jantan mengawini mamalia betina dengan cara memasukkan alat kelamin jantan (penis) ke dalam liang alat kelamin betina (vagina). premolar dan molar. terdapat serviks (liang rahim) yang berakhir pada vagina. Kelenjar prostat menghasilkan cairan yang merupakan media tempat hidup sperma. Sperma yang telah masuk ke dalam serviks akan bergerak menuju uterus dan oviduk untuk mencari ovum. Anggota gerak depan pada mamalia dapat bermodifiksi untuk berlari. sehingga pembuahannya bersifat internal.Sebagian besar mamalia melahirkan keturunannya. Setelah uterus. misalnya sapi. atau tracak. Kelahiran juga terjadi pada banyak spesies non-mamalia. Yang betina mempuyai kelenjar mammae (air susu) yang tumbuh baik. karenanya melahirkan bukan dianggap sebagai ciri khusus mamalia. Mamalia jantan dan betina memiliki alat kelamin luar. Gigi umumnya terdapat berbagai 4 tipe. Semua jenis mamalia. Pada kulit terdapat banyak kelenjar minyak dan kelenjar keringat. Ovum yang telah dibuahi sperma akan membentuk zigot yang selanjutnya akan menempel pada dinding uterus. Ada 2 kondil oksipital. menggali lubang. Pada jari-jarinya terdapat kuku. cakar. Testis berisi sperma. berenang dan terbang. Dalam sabuk pectoral tidak terdapat tulang korakoid.

comtoh mamalia.com/exact-sciences/biology/2104080-pengertianmamalia/#ixzz1fcbhPeKH Ciri-ciri Mamalia Posted on 3 Juni 2010 by kpmtarsius Mamalia yang hidup di alam mempunyai ciri tersendiri dibandingkan dengan satwa yang lain. Bernafas melalui paru-paru. Homoiterm (berdarah panas). sapi. Mampu bertahan hidup pada kondisi cuaca yang ekstrem. paus.shvoong. .klavikula vestigial atau tidak ada sama sekali. Mempunyai jantung yang ada 4 katup. manusia. Ekor. kera. Mempunyai kelenjar susu. kecuali mamalia primitif (Platypus dan Echidna). Mamalia betina melahirkan dan menyusui anaknya. Mempunyai cuping telinga. Bertulang belakang. Mamalia mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : y y y y y y y y y y Mempunyai rambut. Mempunyai saraf tunjang. Sumber: http://id. jika ada panjang dan dapat digerakkan.