SUHU DAN KALOR

Suhu
Suhu adalah derajat panas-dinginnya suatu benda. Alat untuk mengukur suhu disebut thermometer. Benda panas Benda dingin Suhu tinggi Suhu rendah

Termometer Termometer adalah alat untuk mengukur suhu. Termometer zat cair menggunakan raksa, karena tidak membahasi dinding, batas ukur jauh (-39° C - 357° C), dan berwarna sehingga mudah dibaca. Termometer zat cair juga ada yang menggunakan alcohol, dan hampir sama dengan raksa, tetapi batas ukur lebih pendek (Titik didih = 78° C, titik beku = -114° C)

Skala thermometer Celsius (°C) Reamur (°R) Fahrenheit (°F) Kelvin (°K) Termometer X (Termometer buatan)

Memuai 3. Perubahan wujud Kalor Jenis Kalor jenis adalah kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 gram zat sebesar 1° C  Keterangan: c = Kalor Jenis      m = Massa (gr atau kg) Q = kalor (kal atau joule) T = Perubahan suhu (°C) . maka benda tersebut akan mengalami hal-hal berikut: 1.       Kalor Kalor adalah suatu bentuk energy yang bisa berpindah karena perbedaan suhu Pengaruh Kalor Terhadap Zat Apabila suatu benda (zat) dipanaskan. Penaikkan suhu 2.

Kapasitas Kalor Kapasitas kalor adalah kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu zat sebesar 1°. Keterangan: C = Kapasitas kalor (kal/°C) atau (J/°C) c = Kalor Jenis      m = Massa (gr atau kg) Q = kalor (kal atau joule) T = Perubahan suhu (°C) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful