Kata Pengantar

Puja dan puji syukur kami panjatkan ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena berkat rahmat Beliaulah kami dapat laporan ini sehingga selesai tepat pada waktunya. Laporan yang kami susun pada kesempatan kali ini adalah mengenai “Reaksi Nyala Logam Alkali Dan Alkali Tanah”. Dalam pembuatan Laporan ini tidalah semudah yang dibayangkan, karena dalam pembuatannya dibutuh berbagai buku penunjang dan sumber-sumber lainnya. Dari pada itu, kami menyadari bahwa laporan ini jauh dari sempurna,maka dari itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun agar laporan ini mendekati sempurna. Demikian dan semoga laporan ini bermanfaat bagi pembacanya.

Tejakula, 15 November 2011

Penyusun

i

.......... 1 BAB II Tujuan Kegiatan ……………………………………………….......... .... 3 Langkah Kerja .......... ……....4 Permasalahan ……………………………………………...... ..DAFTAR ISI Kata Pengantar …………………………………………………………...... BAB IV 4 3 3 .... i Daftar Isi …………………………………………………………………............ BAB III Hasil Kerja ........ ... ii BAB I Landasan Teori …………………………………………………….................. Alat dan Bahan …………………………………………………….. ……………………………………………................... .......... ……...............

Kesimpulan . .... Golongan alkali Li (Litium) Na (Natrium) K (Kalium) Rb (Rubidium) Cs (Sesium) Fr (Fransium) Golongan alkali tanah Be (Berilium) Mg (Magnesium) Ca (Kalsium) Sr (Stronsium) Ba (Barium) Ra (Radium) Dalam sistem periodik. 5 Daftar Pustaka ………………………………………………….. Kedua golongan ini dimulai pada periode 2. Sedangkan alkali tanah terletak pada golongan IIA dengan elektron valensi 2 yaitu ns2.. Sifat reduksinya makin ke kiri makin kuat dan makin ke bawah makin kuat.. . alkali terletak pada golongan IA (kecuali H) dengan elektron valensi 1 yaitu ns1.. ... ……………………………………………....…… 6 BAB I ii • Landasan Teori Sifat alkali dan alkali tanah Unsur-unsur kedua golongan tersebut sebagai berikut. yaitu mudah melakukan reaksi oksidasi.. Dengan elektron valensi yang kecil... Dengan demikian kedua golongan ini disebut sebagai zat pereduksi yang kuat (reduktor kuat).. maka kedua golongan ini sangat mudah melepaskan elektron...

8 0. 2 Na(s) + 2 H2O(l) 2 NaOH(aq) + H2(g) Ca(s) + 2 H2O(l) Ca(OH)2(aq) + H2(g) 4. 1 8.57 2.35 0. bahwa energy yang dibebaskan dari atom yang tereksitasi. Sesium 7. menurut reaksi: 3 Mg + N2 Mg3N2 Sedangkan pada alkali hanya logam Li yang dapat bereaksi dengan nitrogen. Logam alkali tanah dapat bereaksi dengan gas nitrogen pada suhu tinggi. 1.Jadi.5 1.7 1. Berdasarkan mudahnya melepaskan elektron. sedangkan berilium merupakan logam yang kurang reaktif. 2. Logam alkali sifat kelogamannya lebih kuat disbanding sifat logam alkali tanah. maka secara umum sifat-sifat kedua golongan tersebut sebagai berikut. Tabel 3.0 1. Pengamatan dapat dilakukan . b) Keelektronegatifan Dengan harga keelektronegatifan yang kecil. Mudah bereaksi (sangat reaktif) dengan unsurunsur nonlogam.0 Keelektronegatifan 520 496 419 403 375 (I)899 737 590 549 Energi ionisasi (II)1.98 0. Beberapa spektrum terletak pada panjang gelombang sinar tampak sehingga kita dapat mengamatinya.9 503 965 9.91 Jari-jari atom (Å) 1. 3. sifat reduktor alkali lebih kuat disbanding alkali tanah. Oksidanya dalam air bersifat basa sehingga disebut oksida basa.75 1. berarti makin mudah melepaskan elektron.16 2.0 0.06 (kJmol–1) 7 0 5 4 Ba 1. Sebagai reduktor kuat. Mudah bereaksi dengan air kecuali Be. a) Jari-jari atom Makin ke bawah jari-jari atom makin besar.36 1.8 0. Sedangkan Mg bereaksi dengan air panas. 5. Barium merupakan logam alkali tanah paling reaktif. faktanya berupa spektrum garis dari setiap unsur.2 1. Dalam satu golongan. artinya melepaskan satu buah elektron dari atom: x x+ + e Sedangkan energi ionisasi kedua terjadi dari ion x+ melepaskan satu buah elektron: x+ x2+ + e Tes nyala Menurut teori atom Niels Bohr.45 1.14 1. Reaksi dengan air menghasilkan gas hidrogen dan membentuk basa.89 1. Na2O + N2O 2 NaOH CaO + H2O Ca(OH)2 Kedua logam tersebut bersifat alkalis (pembentuk basa). maka atom logam alkali dan alkali tanah cenderung melepaskan elektron dan membentuk bilangan oksidasi positif dengan atom nonlogam.9 0. baik alkali maupun alkali tanah makin ke bawah makin kuat sifat logamnya. paling bersifat logam dan litium kurang bersifat logam.6 Sifat-sifat periodik unsur alkali dan alkali tanah Unsur Unsur Alkali Unsur Alkali Tanah Sifat Li Na K Rb Cs Be Mg Ca Sr 1. c) Energi ionisasi Untuk alkali tanah ada energi ionisasi pertama. 6 Li + N2 2 Li3N 6. Untuk lebih jelas tentang sifat periodik kedua golongan tersebut perhatikan tabel berikut.03 2.23 1.74 1.

CaCl2. BaCl2. kaca arloji. 2 BAB II Reaksi Nyala Logam Alkali Dan Alkali Tanah A. Alat dan Bahan 1. kemudian diamati warna nyala api yang terjadi.7 Warna tes nyala unsur alkali dan alkali tanah Golongan alkali Warna Nyala Golongan alkali tanah Warna Nyala Litium Natrium Kalium Rubidium cesium Merah Kuning Ungu Merah Biru Berkelium Magnesium Calcium Strontium Barium Putih Putih Merah Merah Tua Hijau Masing-masing warna mempunyai panjang gelombang tertentu dan ini berarti energi yang dibebaskannya juga tertentu. Tujuan Mengamati nyala logam alkali dan alkali tanah B.dengan membakar senyawa yang mengandung unsur tersebut. KCl. Membersihkan kawat nikrom dengan cara mencelupkan HCl pekat pada tabung reaksi 1 dan panaskan dalam nyala api. SrCl2. MgCl2. dan kawat nikrom Bahan : Kristal NaCl. : Tabung reaksi. Menempatkan Kristal NaCl secukupnya pada kaca arloji. dan HCl pekat C. Alat 2. Tabel 3. 2. . Langkah Kerja Dalam melakukan kegiatan praktikum ini kami mempunyai uraian langkah kerja sebagai berikut : 1.

kami mendapatkan data/hasil sebagai berikut : Golongan Logam Alkali Logam Alkali Tanah Senyawa NaCl KCl BaCl2 SrCl2 MgCl2 CaCl2 Warna Nyala Kuning Ungu Hijau Merah Tua Putih Merah . Mencelupkan kawat nikrom yang sudah bersih ke dalam HCl pekat di tabung reaksi 2 dan mencelupkan ke dalam Kristal NaCl. CaCl2 BAB III 3 Hasil Kerja Dari percobaan yang telah kami lakukan. 5. Mengulangi langkah 1-4 untuk Kristal KCl. SrCl2.3. 4. BaCl2. Mengmati nyala yang terjadi dan mencatatnya. Membakar ujung kawat tersebut dengan nyala api. MgCl2.

bahwa energy yang dibebaskan dari atom yang tereksitasi.Permasalahan 1. Apakah semua golongan alkali dan alkali tanah dapat menghasilkan warna nyala ?Jelaskan! Jawab : Semua. Hal karena Menurut teori atom Niels Bohr. kami dapat menyimpulkan bahwa dalam pembakaran garam clorida logam alkali dan alkali tanah semuanya menghasilkan warna nyala seperti pada table berikut : Golongan Logam Alkali Logam Alkali Tanah Senyawa NaCl KCl BaCl2 Warna Nyala Kuning Ungu Hijau . BAB IV 4 Kesimpulan Dari percobaan yang telah kami lakukan. garam-garam klorida ini mampu mengeluarkan warna yang spesifik dan kandungan klorida dalm garam klorida mudah menguap. kemudian diamati warna nyala api yang terjadi seperti pada golongan alkali dan alkali tanah. Mengapa lebih baik menggunakan garam klorida dalam identifikasi warna nyala logam alkali dan alkali tanah ? Jawab : Karena ketika dibakar. 2. Beberapa spektrum terletak pada panjang gelombang sinar tampak sehingga kita dapat mengamatinya. faktanya berupa spektrum garis dari setiap unsur. Pengamatan dapat dilakukan dengan membakar senyawa yang mengandung unsur tersebut.

SrCl2 Merah Tua MgCl2 Putih CaCl2 Merah Warna yang dihasilkan dalam percobaan tersebut karena menurut teori atom Niels Bohr.scribd. faktanya berupa spektrum garis dari setiap unsur. http://www.com/doc/13743595/Golongan-Identifikasi-unsur 6 . kemudian diamati warna nyala api yang terjadi seperti pada golongan alkali dan alkali tanah. Selain itu.Kimia untuk SMA/MA 3. alasan mengapa garam klorida digunakan dalam percoabaan adalah karena saat dibakar garam clorida dapat mengeluarkan warna yang spesifik dan kandungan klorida dalm garam klorida mudah menguap.wordpress.com/2011/05/15/kimia-analitik-uji-nyala/ Ari Harnanto. Beberapa spektrum terletak pada panjang gelombang sinar tampak sehingga kita dapat mengamatinya. DaftarPustak 5 a http://robiahadawiyah.Ruminten.Klaten-Jawa Tengah: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Pengamatan dapat dilakukan dengan membakar senyawa yang mengandung unsur tersebut.2009. bahwa energy yang dibebaskan dari atom yang tereksitasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful