Struktur dan fungsi Sel tumbuhan

Sel
Setiap organisme tersusun atas sel . suatu ruangan kecil yang dikelilingi oleh membran dan berisi cairan/larutan kimia yang pekat. Sel merupakan unit dasar kehidupan Dapat tumbuh dan menggandakan diri menghasilkan sel baru Virus Tidak diklasifikasikan sebagai organisme untuk memperbanyak diri memerlukan inang

4 molekul organik utama dalam sel Gula senyawa sumber makanan sel Asam lemak komponen dari membran sel Asam amino merupakan subunit dari protein Nukleotida merupakan subunit dari DNA dan RNA

Sel tumbuhan
Sel tumbuhan memiliki struktur yang khas : Vakuola Plastida(mis., kloroplas, amiloplas dll.) Dinding sel

Komponen Sel Tumbuhan ‡ Protoplas Protoplasma Sitoplasma Inti Organel ‡ Non protoplasma Vakuola Zat ergastik ‡ Dinding Sel Dinding primer Dinding sekunder Lamela tengah .

Sitoplasma .Sitoskeleton bentuk sel .sitosol bagian sitoplasma kecuali organel .mikrotubul .tersusun atas filamen protein .memegang organel .bagian dari protoplas .mikrofilamen .larutan yang kental.Komponen Protoplasma A. komponen utama : air (85 90%) .aliran sitoplasma : rotasi dan sirkulasi .Filamen intermediet .

B. satu atau lebih nucleolus dan nukleoplasma . matriks inti. Inti / Nukleus Di dalam inti/nukleus yang berada dalam stadium interfase kromosom.

C. elaeioplas . kuning keemasan dan merah scarlet. ‡ Leukoplasplastida yang tidak berpigmen Amiloplas plastida yang berfungsi untuk menyimpan pati proteinoplas. Plastida Organel khas untuk tumbuhan ‡ Kloroplas Fungsi : Fotosintesis Struktur dibungkus oleh suatu seludang yang terdiri atas 2 membran Mengandung klorofil memiliki ribosom dan DNA sendiri ‡ Kromoplas Menyimpan pigmen (karotenoid) yang tidak larut air Warna : orange.

memanjang.5 1. atau berlekuk diameter : 0. Bentuk : bulat. panjang 3 m membran ganda { membran dalam cristae membentuk matriks yang terutama terdiri atas protein membran luar memiliki DNA mitokondrion menyediakan ATP untuk metabolisme .5 micrometer Bentuk : oval memanjang.0 m.Mitokondria Fungsi : respirasi sel 1 .

membentuk membran pada badan Golgi (diktiosom) . tubul atau lembaran Berhubungan dengan membran inti Merupakan komponen dalam plasmodesmata ( saluran penghubung antar sel) desmotubul Terdiri atas : Retikulum endoplasma kasar (RER rough endoplasmic reticulum) pada permukaannya terdapat ribosom sintesis protein Retikulum endoplasma halus (SER smooth endoplasmic reticulum) tanpa ribosom produksi senyawa lipofilik Fungsi : transpor intraseluler materi-materi yang akan disekresikan.Retikulum endoplasma Sistem yang terdiri atas dua lapis membran yang melingkupi ruang sempit di antara keduanya. terlibat dalam pembentukan vakuola. Bentuk : sisterna.

Badan Golgi ‡ Terdiri atas sekelompok sisterna yang pipih tersusun paralel ‡ Fungsi : proses sekresi gula. polisakarida. kompleks polisakarida-protein .

Ribosom tersusun atas protein dan RNA tempat berlangsungnya sintesis protein di dalam sel. melekat/menempel pada ‡ permukaan membran ‡ retikulum endoplasma .

Pada sel yang masih muda /meristematis. Pada sel dewasa vakuola besar .Komponen non protoplasma Vakuola Kantung yang dikelilingi membran berisi cairan/air yang berfungsi untuk : Tempat penyimpanan cadangan makanan. minyak. vakuola kecil dan banyak. senyawa toksis dan hasil samping metabolisme Membantu mempertahankan tekanan turgor dalam sel. air. pigmen.

-Tumbuhan tidak punya sistem ekskretoris seperti pada hewan vakuola untuk menyimpan byproduct. ‡ Membran yang mengelilingi vakuola : tonoplas mengandung sistem transport aktif Air masuk dengan cara osmosis Vakuola merupakan tempat penghancuran senyawa tertentu oleh enzim hidrolase . beberapa komponen bersifat toksik.-Tempat penyimpanan senyawa dan makromolekul sementara.

‡ Vakuola dan vesikula organel untuk penyimpanan materi di dalam sel Ukuran vakuola > vesikula .

Cairan sel Cairan dalam vakuola Cairan sel. kalsium karbonat dll pelindung terhadap herbivora. Pigmen yang larut dalam air. senyawa toksik. misalnya antosian Kristal .kalsium oxalate. sumber kalsium .

dinding sel . spherosome ‡ Kristal vakuola : drus. vakuola. pasir. vakuola ‡ Tanin vakuola. raphida. sitoplasma. sistolit ‡ Silika dinding sel ‡ Pigmen plastid. tersimpan di amiloplas ‡ Inulin tersimpan di vakuola ‡ Protein aleuron terakumulasi dalam vakuola ‡ Lipida plastida (elaioplas).Senyawa Ergastik Senyawa hasil metabolisme yang disimpan di dalam sel ‡ Pati .

‡ Dan merupakan hasil akhir atau hasil sekresi dari suatu pertukaran zat yang terjadi dalam sitoplasma . terutama ca-oksalat.Kristal ca-oksalat ‡ Merupakan hasil tambahan yang terjadi pada berbagai proses metabolisme. ‡ Yang sering ditemukan : kristal garam kalsium.

‡ jarum/rafida (daun ananas commosus.Bentuk kristal ca-oksalat ‡ Stiloid(panjang.padat serta di temukan sendiri). ‡ Bintang/roset (daun datura metel) . ‡ kecil berbentuk prisma kecil seperti pasir. batang dan akar allium cepa).ex:pada daun citrus sp. daun mirabilis jalapa. Ex: tangkai amaranthus.

. kristal majemuk dan terhimpun dalam kelompok bulat di sebut drus. ‡ Kristal yang terdapat pada sel yang khusus.‡ Sisik.berbeda dari sel lainnya di sebut idioblas. pyramid.

.Lainnya ‡ Zat ergastik lain misalnya:minyak dan lemak (malam. dan kutin).Di bentuk langsung oleh sitoplasma dan elaioplas. ‡ Sel yang berisi sistolit di sebut litosist. suberin. ‡ Bentuk lain dari zat ergastik yang merupakan tonjolan dinding sel ke arah lumen di namakan sistolit.

Penampang melintang daun ficus .

.

.

Kristal prisma dan protein .

sebelah luar endosperm. . Terkandung asam nikotinat. ‡ Jaringan endosperm paling luar di sebut lapisan aleuron. ‡ Merupakan vakuola yang pecah dan mengkristal.Aleuron ‡ Lapisan biji tumbuhan angiospermae.salah satu dari vitamin B kompleks.

Aleuron ‡ Berisi sebuah atau lebih kristaloid putih telur dan sebuah atau beberapa globoid yaitu bulatan kecil yang tersusun atas zat fitin (garam ca-oksalat dan mg dari asam meseinesit heksafosfor). .

Dinding Sel Komponen : mikrofibril selulosa matriks non selulosa senyawa pektin. hemiselulosa. lignin dan protein Fungsi : memberi bentuk pada sel. memperkuat sel pelindung Dinding sel tumbuh apabila masih memiliki kontak dengan protoplas Sintesis mikrofibril selulosa dilakukan oleh enzim berbentuk roset yang terdapat pada plasmalema .

.

.

.

.

.

.

yang telah berhenti tumbuh Dinding sekunder berkembang di permukaan dalam dari dinding primer. tanin dan garam Lamela tengah Dinding Sel Sekunder . kutin. tersusun atas mikrofibril selulosa. suberin.Dinding Sel Primer ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ dinding sel yang terbentuk pertama kali pada sel yang baru terbentuk pada sel yang sedang aktif tumbuh merekatkan satu sel dengan sel lainnya berada di antara dinding sel primer yang saling berdekatan terdiri atas senyawa pektin terbentuk pada bagian sebelah dalam dari dinding primer terbentuk pada sel atau bagian sel. lignin. hemiselulosa.

Pembentukan dinding sel Setelah telofase dari mitosis Pita preprofase indikator daerah pembentukan dinding sel yang baru Dimulai dengan pembentukan vesikula pembawa materi dinding sel Vesikula menuju daerah ekuator dengan bantuan fragmoplas Materi pertama .pektin .

Pembentukan dinding sel .

Noktah dan Plasmodesmata plasmodesmata noktah .

Plasmodesmata Plasmodesmata Saluran yang menghubungkan dua protoplas pada sel yang berdekatan hubungan simplas Fungsi : Komunikasi antar sel Tansport materi .

Noktah umum ditemukan pada sel yang membentuk dinding sekunder Daerah noktah primer plasmodesmata berpasangan Tipe : Noktah sederhana Noktah terlindung Noktah setengah terlindung .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful