PENGERTIAN PUSKESMAS y Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten/ kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan

pengembangan kesehatan di suatu wilayah kerja(Departemen Kesehatan RI, 2004).a. Unit Pelaksana Teknis y Sebagai unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota (UPTD), puskesmas berperan menyelenggarakan sebagian dari tugas teknis operasional Dinas KesehatanKabupaten/Kota dan merupakan unit pelaksana tingkat pertama serta ujung tombak pembangunan kesehatan di Indonesia. b. Pembangunan Kesehatan y Pembangunan kesehatan adalah penyelenggaraan upaya kesehatan oleh bangsa Indonesiauntuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orangagar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal.c. Penanggung jawab Penyelenggaraan y Penanggung jawab utama penyelenggaraan seluruh upaya pembangunan kesehatan diwilayah kabupaten/kota adalah dinas kesehatan kabupaten/kota, sedangkan puskesmas bertanggung jawab hanya sebagian upaya pembangunan kesehatan yang dibebankan olehdinas kesehatan kabupaten/kota sesuai dengan kemampuannya.d. Wilayah Kerja y Secara nasional, standar wilayah kerja puskesmas adalah satu kecamatan, tetapi apabiladi satu kecamatan terdapat lebih dari satu puskesmas, maka tanggung jawab wilayahkerja dibagi antar puskesmas dengan memperhatikan keutuhan konsep wilayah(desa/kelurahan atau RW). Masing-masing puskesmas tersebut secara operasional bertanggung jawab langsung kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.VISI PUSKESMAS y Visi pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas adalah tercapainyaKecamatan Sehat menuju terwujudnya Indonesia Sehat. Kecamatan Sehat adalahgambaran masyarakat kecamatan masa depan yang ingin dicapai melalui pembangunankesehatan, yakni masyarakat yang hidup dalam lingkungan dan berperilaku sehat,memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adildan merata serta memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Indikator Kecamatan Sehat yang ingin dicapai mencakup 4 indikator utama yakni: Lingkungansehat, Perilaku sehat, Cakupan pelayanan kesehatan yang bermutu, dan Derajat kesehatan penduduk kecamatan. y

Pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan. Memelihara dan meningkatkan kesehatan perorangan.d. b. y Puskesmas akan selalu berupaya agar setiap keluarga dan masyarakat yang bertempattinggal di wilayah kerjanya makin berdaya di bidang kesehatan. Memelihara dan meningkatkan mutu.TUJUAN y Tujuan pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas adalahmendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional yakni meningkatkankesadaran. tanpadiskriminasi dan dengan menerapkan kemajuan ilmu dan teknologi kesehatan yangsesuai.Rumusan visi untuk masing-masing puskesmas harus mengacu pada visi pembangunankesehatan puskesmas di atas yakni terwujudnya Kecamatan Sehat. Upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan yang dilakukan puskesmasmencakup pula aspek lingkungan dari yang bersangkutan. pemerataan dan keterjangkauan pelayanan kesehatanyang diselenggarakan. keluarga dan masyarakat bersertalingkungannya. y Puskesmas akan selalu berupaya menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang sesuaidengan standar dan memuaskan masyarakat.MISI PUSKESMAS y Misi pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh puskesmas adalah mendukungtercapainya misi pembangunan kesehatan nasional.FUNGSI PUSKESMASa. serta memulihkan kesehatan perorangan. y Puskesmas akan selalu berupaya memelihara dan meningkatkan kesehatan. Mendorong kemandirian hidup sehat bagi keluarga dan masyarakat di wilayah kerjanya. mencegahdan menyembuhkan penyakit.c. melalui peningkatan pengetahuan dan kemampuan menuju kemandirian untuk hidup sehat. mengupayakan pemerataan pelayanankesehatan serta meningkatkan efisiensi pengelolaan dana sehingga dapat dijangkau olehseluruh anggota masyarakat. kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang yang bertempat tinggal di wilayah kerja puskesmas agar terwujud derajat kesehatan yang setinggitingginya dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat 2010. keluarga danmasyarakat yang berkunjung dan yang bertempat tinggal di wilayah kerjanya. Menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan di wilayah kerjanya. . yang harus sesuaidengan situasi dan kondisi masyarakat serta wilayah kecamatan setempat. y Puskesmas akan selalu menggerakkan dan memantau penyelenggaraan pembangunanlintas sektor termasuk oleh masyarakat dan dunia usaha di wilayah kerjanya. Misi tersebut adalah:a.

dan kemampuanmelayani diri sendiri dan masyarakat untuk hidup sehat. keluarga danmasyarakat termasuk dunia usaha memiliki kesadaran.c. peningkatan kesehatan keluarga. serta ikutmenetapkan. Pelayanan kesehatan masyarakat y Pelayanan kesehatan masyarakat adalah pelayanan yang bersifat publik (public goods)dengan tujuan utama memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakittanpa mengabaikan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan. y Puskesmas bertanggungjawab menyelenggarakan pelayanan kesehatan tingkat pertamasecara menyeluruh. menyelenggarakan dan memantau pelaksanaan program kesehatan. y Monitoring Evaluasi Kinerja Puskesmas dilaksanakan dengan tujuan : y . Di sampingitu Puskesmas aktif memantau dan melaporkan dampak kesehatan dari penyelenggaraansetiap program pembangunan di wilayah kerjanya. y Puskesmas selalu berupaya agar perorangan terutama pemuka masyarakat. keluarga dan masyarakat ini diselenggarakan denganmemperhatikan kondisi dan situasi. penyehatan lingkungan.tanpa mengabaikan pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit. perbaikan gizi. Pusat pelayanan kesehatan strata pertama. keluarga berencana. terpadu dan berkesinambungan. b. Pelayanan kesehatan perorangan y Pelayanan kesehatan perorangan adalah pelayanan yang bersifat pribadi (private goods)dengan tujuan utama menyembuhkan penyakit dan pemulihan kesehatan perorangan. upaya yang dilakukan puskesmas adalah mengutamakan pemeliharaankesehatan dan pencegahan penyakit tanpa mengabaikan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan.y Puskesmas selalu berupaya menggerakkan dan memantau penyelenggaraan pembangunan lintas sektor termasuk oleh masyarakat dan dunia usaha di wilayahkerjanya. sehingga berwawasan serta mendukung pembangunan kesehatan.2). pemberantasan penyakit. kemauan.Pemberdayaan perorangan. Khusus untuk pembangunankesehatan. berperan aktif dalammemperjuangkan kepentingan kesehatan termasuk pembiayaannya. Pelayanan kesehatan tingkat pertamayang menjadi tanggungjawab puskesmas meliputi:1). Pusat pemberdayaan masyarakat. kesehatan jiwa serta berbagai program kesehatan masyarakat lainnya. khususnya sosial budaya masyarakat setempat. Pelayanan kesehatan masyarakat tersebut antara lain promosi kesehatan. Pelayanan perorangan tersebut adalah rawat jalan dan untuk puskesmas tertentu ditambah denganrawat inap.

Mengetahui tingkat kinerja Puskesmas pada selang Semester I berdasarkan urutan peringkat kategori kelompok y Puskesmas y 3 . mencari penyebab dan latar belakang serta hambatan masalah kesehatandiwilayah kerjanya berdasarkan y . Mendapatkan Informasi analisis kinerja Puskesmas dan bahan masukan dalam penyusunan rencana y kegiatan puskesmas dan Dinas Kesehatan pada perencanaan ditahun berikutnya y Sedangkan manfaat Monitoring Evaluasi Kinerja Puskesmas adalah sebagai berikut : y 1.a. Puskesmas dapat melakukan identifikasi dan analisis y masalah. Mendapatkan y gambaran tingkat pencapaian hasil cakupan dan mutu kegiatan serta manajemen puskesmas selang Semester I y 2. Puskesmas mengetahui tingkat pencapaian ( prestasi ) y kunjungan dibandingkan dengan target yang harus dicapainya y 2. Tujuan Umum Tercapainya tingkat kinerja puskesmas yang berkualitas secara optimaldalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan kesehatan y b. Tujuan Khusus y 1.

Dinas Kesehatan y dapat menetapkan dan mendukung kebutuhan sumber daya Puskesmas dan urgensi pembinaan puskesmas HAKIKAT 5 NILAI DASAR PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS1. BERPIHAK KEPADA MASYARAKAT : y Masyarakat sebagai subyek pelayanan .terhadap kasus/masalah yang bisa bersifat mendadak ( emergency ) maupun mendesak ( u rgency ) y Tepat dalam melaksanakan proses pelayanan kesehatan sesuai prosedur tetap ( protap )atau standar operasional prosedural (SOP) yang telah ditentukan. BERTINDAK CEPAT DAN TEPAT : y Cepat mengambil keputusan dalam memberikan pelayanan atau tindakan kesehatan. Puskesmas dan dinas kesehatan dapat y menetapkan tingkat urgensi suatu kegiatan untuk dilaksanakan segera berdasarkan prioritasnya 4.kesenjangan pencapaian kinerja Puskesmas ( out put dan out come ) y 3 . 2.

terarah. wajib diberikan pelayanan kesehatan yang bermutu agar mencapai derajat kesehatan yang optimal. MENEGAKKAN KEDISIPLINAN : y Disiplin Kerja : menegakkan semangat kerja dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat atau sasaran pelayanaan y Disiplin Administrasi : melakukan pencatatan dan pelaporan hasil kegiatan pelayanansecara tertib. teratur. berhak menentukan jenis pelayanan kesehatanyang terbaik sesuai masalah yang dihadapinya. 3 . ringkas dantuntas. dengan aturan kerja yang jelas. y Masyarakat sebagai obyek pelayanan . sehingga bisa dipahami oleh sasaran pelayanan y Menunjukkan keterbukaan anggaran. MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS : y H asil kegiatan pelayanan diarahkan secara bertanggungjawab terhadap institusi internal didalam lingkup pelayanan kesehatan dan kepada institusi eksternal . sesuai tata hukum dan peraturan yang berlakudalam lingkup pelayanan kesehatan 5. terbuka dan terukur 4. MENUNJUKKAN TRANSPARANSI : y Menunjukkan keterbukaan pelayanan..

U. sangat penting sekali karena menyangkut upaya peningkatan pemberdayaan derajat kesehatan masyarakat secara holistik . PERENCANAAN : P1*Rencana Usulan Kegiatan (R. mengatur. y Tanggungjawab terhadap masyarakat.K)* RUK sama dengan plan of action (POA) atau rencana kerja yang biasanya disusun menjelang pergantian tahun anggaran kegiatan baru* Rencana Kerja dan Anggaran (RKA):RKA. Tiga Prinsip ( 3 P) tersebut kamiuraikan kembali dalam pola pengalaman pelayanan pengabdian selama bertugas kelilingPuskesmas. Manajemen puskesmas Prinsip manajemen meliputi merencanakan.* Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK)Setelah disusun rencana kegiatan itu kemudian dibuatkan strategi pelaksanaan secara terpadu* Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) DPA merupakan kelanjutan dari RKA yang telah disetujui sebagai pedoman pelaksana . merupakann pengembangan dari RUK setelah ada perbaikan tata cara pembuatananggaran kegiatan dalam setiap unit Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).diluar lingkungan pelayanan kesehatan.1. menggerakkan dan menilai seluruh hasil pelaksanaan kegiatan pelayanan khususnya di Puskesmas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful