P. 1
Program Kerja Perpustakaan

Program Kerja Perpustakaan

|Views: 328|Likes:

More info:

Published by: Bpkxheru Chipokmiripfadil on Jan 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/16/2014

pdf

text

original

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN Posted on Mei 19, 2009

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN

I. PENDAHULUAN

Era globalisasi sekarang ini informasi sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Sumber informasi dapat berasal dari radio, internet, surat kabar, dan media lainnya, seperti di Perpustakaan. Mendengar kata Perpustakaan orang biasanya membayangkan sederetan buku dalam rak di sebuah ruangan, Memang bayangan spontan ini betul tetapi belum lengkap, karena setumpukan buku yang di atur di rak sebuah took tidak dapat dikata sebuah Perpustakaan. Sebenarnya sesuatu itu dapat disebut sebuah Perpustakaan bila mempunyai beberapa hal yang harus ada. 1. Unsur yang harus ada adalah buku dan ruangan. 2. Di era sekarang tidak lagi terbatas koleksi buku saja, melainkan sarana lain yang dapat digunakan untuk saling bertukar informasi. Misalnya : film, slide, microfilm, kaset, piringan hitam, mikrofis dan sebagainya. Perpustakaan tidak hanya berfungsi sebagai tempat meminjam dan membaca buku. Di masa mendatang, Perpustakaan dikembangkan menjadi rumah belajar modern. Perpustakaan sebagai rumah belajar modern berfungsi sebagai tempat pelestarian budaya, sumber informasi, pendidikan dan penelitian serta tempat koleksi buku. Selain itu Perpustakaan juga menjadi tempat rekreasi sehingga pengunjung/ pengguna akan betah berlama-lama di tempat tersebut. Keberadaan Perpustakaan supaya menarik pengunjung untuk datang dibutuhkan sebuah pengelolaan yang matang, baik menejemennya, system pelayanannya, penataan koleksi, dan kenyamanan lingkungan. Bahkan idealnya, Perpustakaan juga dilengkapi dengan arena bermain yang nyaman untuk anak usia sekolah seperti di SMA kita. Misalnya Internet dan audio visual yang mendukung belajar siswa.

II. FUNGSI DAN TUJUAN PERPUSTAKAAN Perpustakaan yang didirikan oleh lembaga tertentu dipastikan mempunyai tujuan tertentu pula. Adapun fungsi Perpustakaan adalah sebagai pusat kegiatan belajar, pelayanan informasi, penelitian dan rekreasi

C. 7. SEJARAH PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA 2 Oktober 1950. Tepatnya pada tanggal 8 Januari 1977 yang beralamat di jalan Kapas no. perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 berdiri bersamaan dengan berdirinya SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. tempat penyegaran otak jiwa (rohani) bahkan jasmani bagi masyarakat sekolah. Sedang menurut Iwan Hermansyah fungsi Perpustakaan adalah : a. pindah ke jalan Notoprajan. Pusat kegiatan belajar bagi setiap siswa (Studying center) c. 1977. 44 bertemmpat di rumah Bapak H. Koleksinya sebagian besar hanya teks pelajaran. Sedangkan tujuan Perpustakaan menurut Sulistyo yang dikutip oleh Purwono (2004:5) menyatakan bahwa Perpustakaan mempunyai 4 tujuan utama yaitu : a. Membantu pengunjung untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya sehingga bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat d. Perpustakaan pada waktu itu terletak di lantai satu . di bawah koordinasi Dra. yang beralamat di jalan Kauman No. 1951-1976. Perpustakaan bertindak sebagai pusat kehidupan budaya bagi masyarakat sekitar. Sarbini. maka keberadaan perpustakaan juga ikut pindah. pada tahun 1956 SMA Muhammadiyah Menempati SD Muhammadiyah Ngupasan dan SD Muh. c. Menyediakan sumber informasi yang cepat. seiring semakin bertambahnya jumlah kelas dan siswa. Gedung perpustakaan terletak di sebelah utara dari SMA Muh 2 Yogyakarta yang bersebelahan dengan dengan gedung IKIP Muhammadiyah sekarang UAD. Tempat rekreasi (Recreation Place) dalam arti refresing. Sumber ilmu pengetahuan yang harus digali b. Sri Pawiti yang berperan . III. Pada saat ini koleksi perpustakaan sudah semakin bertambah. Suronatan. dan murah bagi pengunjung. SMA Muhammadiyah 2 menempati gedung baru dan menetap hingga sekarang. Memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk membaca bahan pustaka b. Pusat informasi (Information center) d. tepat. B. di karenakan kelas bertambah menjadi 14 jurusan lengkap kelas A. Larasati). berpindahnya SMA Muh 2 di jalan kapas.bagi seluruh warga sekolah (C.

Awal tahun pelajaran 2006 perpustakaan muha pindah ke aula tepatnya dibagian timur dari aula SMA Muh 2 meempati ruang dengan ukuran 9 x 12 m2. terdiri dari. Ruang Lesehan. Dalam perkembanganya sarana dan prasaranya mulai meningkat yang di tunjukkan dengan di rubahnya fungsi ruang yaitu.sebagai Guru Pustakawan. perpustakaan SMA Muh 2 juga menyediakan fasilitas Internet dan Printer Pada hari sabtu. yaitu ruang sirkulasi. pada tahun ini pula Alhamdulillah sistem pengolahan dan pelayanan sudah terautomasi. World. ruang koleksi dan ruang klasikal. rak buku baru. Tahun 2007 semester 2. 1. Ruang Baca Klasikal (Pembelajaran 1 kelas) Dalam meningkatkan mutu pelajaran terutama dalam penyajian informasi. Pada tahun 1984 ini juga terjadi pergantian koordinator yaitu kepada Bapak Suhartana sampai tahun 2002. tahun 1984 gedung perpustakaan pindah di lantai 2 atau di atas gedung lama. komputer untuk internet di tambah . yaitu pada proses labelisasi dan ruang perpustakan bertambah menjadi 4 ruang yang meliputi ruang baca. Ruang Koleksi dan ruang baca VIP 3. Audio Visual c. Meja Baca Lesehan 2. PHP menggunakan MySQL. Kolekasi buku referensi dan Kamus b. a. Awal tahun 2002/2003. ruangan ber AC. Ruang Kerja dan Ruang Sirkulasi 4. ruang kerja dan ruang baca. bapak Suhartana di gantikan oleh Bapak Khoirul Sudarsono yang menjabat sampai sekarang. LCD. yang terdiri dari tiga ruangan kelas. ruang kerja/sirkulasi. Alhamdulillah perpustakaan menempati gedung baru dengan fasilitas yang Representatif antara lain. pada kepemimpinan Bapak Suhartana ini pengelolaan buku sudah mulai menggunakan komputer dengan program MS. perpustakaan Muha menjadi salah satu korban gempa yang mengakibatkan rusaknya gedung pada ruang lesehan dan ruang klasikal. 27 Mei 2006. yang kita ketahui adalah musibah gempa bumi Yogya-Jateng. Softwere yang digunakan SIPRUS (sistem Informasi Perpustakaan) komputer server menggunakan program aplikasi LINUX dan komputer Client menggunakan Windows.

menjadi 10 unit. Sampai saat ini perpustakaan Muha di kelola oleh 4 orang. dan selalu ingin terus meningkatkan kenyamanan dan kualitas layananya (tata ruang dan dekorasi yang menarik). Menjadikan perpustakaan sebagai jantungnya pendidikan sekolah 4. Sehingga layanan akses browsing internet di perpustakaan bagi pengunjung terlayani. masih menjadi mitra bagi guru dan siswa dalam meningkatkan mutu pembelajaran. FASILITAS 1. ASPNet. Meningkatkan kerjasama (resources sharing) dengan perpustakaan dan pusat informasi lain. Komputer) 4. VISI MISI Perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta VISI : Terwujudnya perpustakaan yang representatif sebagai penyedia informasi ilmu pengetahuan. Pendingin ruangan (AC) 9 unit @ 2. Memberikan layanan yang ramah. teknologi yang pada intinya bertumpu pada konsep otomasi 3. TV. Ruang Klasikal LAYANAN . Penerapan teknologi informasi. teknologi dan agama. tegas. IV. IEARN dan ACM.5 PK 3. tertib dan tangkas 2. Ruang Referensi (lesehan) dan Ruang Audio Visual (LCD. Warnet (warung internet) tersedia 10 unit komputer untuk pengunjung dan 2 unit printer (black dan color) 2. Disamping itu juga menjalin kerjasama dengan pihak luar diantaranya. MISI : 1.

Dan kumpulan hadits. Internet (browsing). Skripsi. Biologi dan TI) Tafsir(Al-Misbah. Ensi IPTEK. kliping. dsb. Peminjaman koleksi 3.1. Ensi Negara dan bangsa. karya Ilmiah (Tesis. Visual. pengetikan dan printer (black dan color) 7. Ensi matematika dan peradaban manusia. Ensi Pengetahuan Populer. Buku referensi 4. majalah. Penelusuran Informasi melalui OPAC (online public acces catalog) 6. surat kabar. Ensi Wayang. TV. Laporan. Makalah. dsb Kamus Bahasa. tabloid. Ensi hamparan Dunia Ilmu(HDI). berupa. Tugas Akhir.FIKSI . KBM di perpustakaan 2. Al-Azar. bulletin dan jurnal 8. Kimia. Bundel majalah. Media massa. Adz-Dzikraa. VCD. Ensi Quetions and Answer. dll Buku Pelajaran dari berbagai penerbit setiap mata pelajaran FIKSI : Novel Klasik Novel Remaja Novel Islami Non. dll. Bimbingan Pemakai 9. DVD dan kaset) 5. Layanan Multi Media (LCD. Ensiklopedi (ensi) : Ensi Islam. Eksak (fisika. Scanner dan Copy CD (CD blank tersedia) KOLEKSI REFERENSI.

Bahan Pustaka a) Cetak Buku Penunjang pelajaran : Rp. 3. Surat kabar : Republika.000.000 B.000 6. 500. Tempo.Majalah : Rp. 1. Labelisasi ruang perpustakaan tahap II : Rp.000.000. Pengadaan 1 Unit Komputer Untuk Administrasi : Rp.000. kuntum. PC Plus. cycling. gemari. jurnal dan buletin IV.000. 700. jawa pos. Rp. gerbang.000 5.000.Buku Referensi penunjang SNBI .000 Total : Rp14.000.Fiksi : Rp. 2. 10. mentari. djaka lodang. Pengadaan 1 buah Printer untuk ruang internet Merk EPSON Stylus C.000.000 2. pc media. b) Non Cetak CD Interaktif : Rp.- . RENCANA PENGEMBANGAN A. Pengadaan CCTV beserta perlengkapanya : Rp.700. Pengadaan Software Billing Internet : Rp.500.000. 7.000 4.000 3.000. kedaulatan rakyat. horizon.000.Rp. 18. 500.000. 1. Fasilitas 1. bernas Tabloid : Bola.Majalah: suara muhammadiyah. 3.90 (Infus) : Rp.000.000. Pemotomg Kertas : Rp. 5.

000. tiga orang diantaranya di tetapkan sebagai juara. LOKASI a. Penentuanya didasarkan atas frekuensi kunjungan ke perpustakaan. Luas : 217 m2 c.19. Dilaksanakan tiap tahun dimulai dengan proses seleksi resensi buku tertulis (siswa kelas X.000.C. keaktifan dalan mengkomunikasikan hasil bacaanya.VCD : Rp. c) Pemilihan The BEST READER Pada akhir tahun pelajaran perpustakaan memilih 2 siswa pemenang (putra-putri) yang dinobatkan sebagai The Best Reader.CD Program : Rp. ROFIL PERPUSTAKAAN ( KEADAAN PERPUSTAKAAN ) KEADAAN PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA 1. dan XII) dan diambil 10 finalis yang harus mempresentasikan resensinya di hadapan dewan yuri. Sifat ruang : khusus .XI.000. Tempat / Letak : Lantai 2 Gedung Sayap Utara b. V. rencana pelaksanaan minimal dua (2) kali dalam setahun.500. 500.Total Biaya Bahan Pustaka Cetak+Non cetak : Rp. 1. b) Lomba Resensi Buku Kegiatan ini diselenggarakan kerjasama antara perpustakaan dengan guru bahasa Indonesia. Kegiatan Program Unggulan a) Bedah Buku Kegiatan ini ditujukan untuk siswa-siswi SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta bekerjasama dengan Guru Rumpun Bahasa. kesinambungan membaca. Biaya diambilkan dari anggaran SNBI dan RAPBS.000.

Meja : 4 Meja study karel 7 meja baca VIP 4 meja kerja 1 unit meja sirkulasi 1 meja khusus kantong kartu buku peminjaman 5 meja pendek lesehan 5 meja komputer d. kalkulator : 1 buah e. komputer : 5 unit Komputer + 1 server f. mesin ketik manual : 1 buah . Kursi : 40 kursi baca (warna hijau) 4 kursi kerja d. Rak : 10 Rak sirkulasi terbuat dari kayu 5 Rak Sirkulasi terbuat dari besii 6 Rak besi ada digudang 1 rak majalah 1 buah loker untuk tas dan barang 1 rak Server dan Hub b.2. Almari : 2 almari untuk adminstrasi 4 almari untuk buku cadangan 2 almari untuk buku referensi 1 alamari untuk buku SBI 1 Almari Untuk Koleksi CD c. PERLENGKAPAN YANG ADA : a.

Ada di Media Pendidikan) i.Pd. Sirkulasi : UMINATUN FAIZAH Pendidikan SMEA Tata Niaga . Mesin Laminating : 1 buah h. Penanggung jawab : Drs. Koordinator : MUH. Penyedot Debu (Vacum Cleaner) Panasonic MC. MT Pendidikan D3 Ilmu Perpustakaan dan sarjana pendidikan bahasa Perancis.90 1 buah Canon IP 1600 (ket. HM. MA Kepala SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta b. Scaner merk CanoScan 3000 ex k.4950 (Red) j. KHUSNUDIN. LCD Proyektor Merk BENQ MP611 c 3. Pengolahan/teknisi : JUWANTO Pendidikan SMA e.S2 Teknologi Informasi c. MAHFUDZ.g. Tape Recorder Merk Pio TN 37 Hi Grade l. Adminitrasi : SYAMSURI Pendidikan SLTA. KETERANGAN a. S. diklat perpustakaan tingkat dasar tahun 2008 pelatiahan perpustakaan tahun 2009 di UGM d. Printer : 1 buah HP Laserjet 1020 1 buah Epson Stylus C.

Pengolahan : Koleksi buku perpustakaan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi perpustakaan telah dibuat dan dicatat dalam buku-buku antara lain : 1. copy CD dan Ngeprint . Buku Klasifikasi 9. Buku Induk ( buku inventaris buku koleksi ) 2. Data dinding 14. Peminjaman sementara b.4. Buku Induk Anggota Perpustakaan 7. Guru c. Peminjaman harian 10. Buku tamu umum dan dinas 12. Buku daftar hadir klasikal 13. Buku catatan pengembalian 11. Buku keadaan buku mulai tahun 1990 6. Buku catatan peminjaman a. Buku Pengunjung a. Buku catatan buku paket 4. Buku catatan pembelian dan hadiah 5. Tamu 8. Buku catatan denda terlambat pengembalian 15. Buku pergolongan dari golongan 000 900 3. Siswa b. KOLEKSI a. Buku catatan penggunaan internet.

Mengawasi kerja personal perpustakaan d. b. JAM BUKA PERPUSTAKAAN a.00 13. 2. Paket : Dari Depdiknas Pusat. Konsultasi dengan kepala sekolah . mahasiswa yang telah selesai mengadakan PPL atau dari sumber lain yang tidak mengikat. Asal / sumber koleksi 1. Mengkoordinir kegiatan atau tugas kerja personil perpustakaan b.00 (libur cawu. Lain-lain (sumbangan / kenang-kenangan) : Bisa berasal dari siswa yang berhasil (lulus). jika jumlahnya mencukupi dipinjamkan kepada siswa untuk jangka waktu satu tahun pelajaran.30 16.30 WIB Sore : 13. 5. Setiap hari jam sekolah Pagi : 07. hari besar Islam dan Nasional PEMBAGIAN TUGAS PERSONALIA PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA 1. Propinsi maupun Daerah.00 WIB b. Diluar hari sekolah : 08. kenaikan kelas) c. Pembelian : Dengan cara membeli di toko buku dan memilih judul yang dibutuhkan oleh siswa dan guru. Menyusun program kerja tahunan c.b. KOORDINATOR a. Hari libur : Ahad. Hadiah : a.00 13.

Menentukan sistem pengolahan dan pelayanan Perpustakaan j. PENGOLAHAN KOLEKSI / TEKNISI a. Mengatur buku dalam rak buku menurut klasifikasinya g. ada coretan-coretannya dan memperbaikinya (penjilidan) 3. Menghitung tabulasi jumlah peminjaman berserta klasifikasi c.e. Membuat kartu catalog dan memasangnya f. Bertanggung jawab atas kemajuan dan perkembangan perpustakaan g. Membuat diagram peminjaman perhari tiap satu bulan d. Mengadakan inventarisasi bahan pustaka bukan buku . Menginventarisasi dan prosesing buku koleksi d. Membantu layanan sirkulasi dan administrasi Perpustakaan e. Urusan surat menyurat b. Menentukan syarat-syarat keanggotaan Perpustakaan k. Pendataan buku koleksi c. Membuat data (diagram) Jumlah buku baru baik buku hadiah maupun buku pembelian f. kurang lengkap. Menyediakan peralatan administrasi perpustakaan b. robek. Membantu layanan sirkulasi dan prosesing buku koleksi e. Melakukam korespondensi dengan Perpustakaan lain untuk mengadakan kerja sama 2. Mengatur ruangan Perpustakaan i. ADMINISTRASI a. Membuat laoporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan program kerja pada akhir tahun ajaran h. Meneliti buku-buku yang rusak. Menyeleksi buku yang akan dibeli bersama dengan pihak terkait f.

Membawa tas dan buku kecuali catatan kecil b. Menyediakan buku daftar hadir g. Makan. Menerima dan menertibkan uang denda d. SIRKULASI a. dan pengembalian buku-buku b. Membuat laporan anggota yang tidak mengembalikan buku yang di pinjam TATA TERTIB PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA 1. Melayanai peminjaman. Membantu administrasi dan prosesing buku koleksi e. Peminjaman sementara harus tercatat dalam buku peminjaman sementara dan buku pinjaman tidak diperkenankan dibawa pulang 3. Peminjam harus menggunakan kartu perpustakaan (KTA) khusus untuk siswa 2. h. minum. Memakai jaket atau topi c. Memberi peringatan kepada anggota (peminjanm buku) yang melewati batas waktu. Di dalam ruangan tidak diperkenankan : a. Bertingkah laku . Waktu peminjaman sesuai dengan jam pelayanan 4. Merokok baik di dalam maupun di lingkungan perpustakaan 5. serta membuang bungkus makanan dan minuman serta jenis sampah lainnya tidak pada tempatnya d. Pengunjung berlaku sopan dalam : a. Mendaftar anggota Perpustakaan f. Berbicara b.4. perpanjangan. Mencatat daftar peminjam dan pengembalian dalam buku peminjaman dan pengembalian c.

100. 8. Apabila terdapat antrian pemakai.. Tata tertib ini berlaku setiap saat dan di luar jam sekolah 11. Pemakaian internet harus seizin petugas perpustakaan 2. Bersandal d. 10. Berpakaian d. Pemakaian ruang baca dalam kelompok besar wajib lapor petugas sebelum penggunaan.c. . 9. Apabila terjadi keterlambatan dalam pengembalian buku diberlakukan denda Rp. Keamanan dan Kebersihan 7. Pengunjung harus saling menjaga : Ketenangan.per hari. Bagi pemakai yang ingin mencetak (nGeprint) disediakan kertas dan printer dengan ketentuan sbb. BERKAITAN DENGAN PENGGUNAAN FASILITAS INTERNET DI PERPUSTAKAAN SMA MUHAMMADIYAH 2 YK MAKA BAGI PEMAKAI HARAP MEMPERHATIKAN DAN MELAKSANAKAN TATA TERTIB DI BAWAH INI : 1. Petugas tidak melayani pengunjung atau peminjam yang : a. Ketertiban. Dan yang tidak mematuhi tata tertib butir 1 sampai butir 7 c. Di larang keras memasukkan disket ke dalam flopy disk 3. Hal-hal lain yang belum diatur dalam tata tertib ini akan diatur kemudian TATA TERTIB INTERNET UNTUK SISWA SMA MOE-H. Hal-hal lain yang sejenis 6. Bercelana Jean c. Berkaos b. dipersilahkan urut sesuai dengan nomor pendaftaran 6. Pemakaian internet tanpa di pungut biaya 4. Tidak di perkenankan membuka situs yang berbau pornografi 5.

Hal-hal yang belum diatur dalam tata tertib ini akan diatur kemudian. KEWAJIBAN PEMINJAM ( ANGGOTA ) 1.Waktu : Paling lama 1 minggu dan selanjutnya dapat diperpanjang lagi . Wajib memelihara dan menjaga buku piminjaman agar : a. Terhindar dari coretan dan jenis kotoran lainnya ( menjaga kebersihan ) b. Gambar Hitam Putih Rp.a. 700. Keutuhan buku seperti semula 2. Photo copy dalam bentuk buku. c. 3. b. Batas Peminjaman : a.500. Apabila buku yang dipinjam : a.- 7. Terlambat mengembalikan : Membayar denda Rp. 600. Rusak : Wajib memperbaiki b. 100. untuk ukuran 2 spasi (double) dikenai biaya sebesar Rp..5 lines dikenai biaya pengganti sebesar Rp.Full Color Rp.000.0.5 halaman color Rp.per lembar b.. 00 perhari setiap 1 eks. 4. 2.per lembar c.000. Apabila mencetak disertai gambar maka biaya akan diatur sesuai dengan besar kecilnya gambar atau sedikit banyaknya gambar. 500. Jumlah : Maksimal 1 eks buku fiksi dan 2 eks buku pelajaran atau umum yang berbeda. untuk kertas ukuran kwarto / folio dengan spasi 1 (single) dikenai biaya sebesar Rp. Rusak Berat ( tidak dapat diperbaiki ) atau hilang : Wajib menukar 1 eks buku yang sama atau 2 eks.. .per lembar. d. 1. untuk spasi 1.

. Buku-buku referensi seperti majalah. kamus. ensiklopedi dan buku-buku langka lainnya hanya dapat dipelajari/dibaca di perpustakaan dan tidak dapat dipinjamkan untuk dibawa pulang.4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->