P. 1
Faktor Faktor Dalam Komunikasi

Faktor Faktor Dalam Komunikasi

|Views: 372|Likes:
Published by Mandi Ahh MIank

More info:

Published by: Mandi Ahh MIank on Jan 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2014

pdf

text

original

Faktor-faktor dalam komunikasi

Yang dimaksud adalah alat indera sebagai komunikator dalam mendapatkan dan menyampaikan pesan. saluran. kesempatan adalah adanya waktu dan tempat serta suasana psikologis yang memungkinkan terlaksananya komunikasi secara dinamis. misal: surat kabar. . 2. kita menggunakan bahasa isyarat. penguasaan bahasa d.Faktor-faktor yang berhubungan dengan proses komunikasi 1. penampilan dan sikap b. faktor tekhnis adalah cara kita memperoleh informasi dari berbagai sumber. televisi. Faktor sumber pesan. e. c. birokrasi. penguasaan masalah c. contoh: internet. internet dan buku Faktor komunikator meliputi: a. bahasa yang digunakan b. diantaranya: a. misal : pasien tuna rungu. ketersediaan dan keterjangkauan sumber adalah memanfaatkan fasilitas yang ada.

kemudian lawan bicara kita merespon berarti dengan menerima informasi kita dengan baik. persuasif dan koersif (memaksa dengan menggunakan sanksisanksi-sanksi. . jelas e. Faktor pesan a. 5. bentuk pesan disampaikan dapat bersifat informatif. misal: perintah. Faktor media adalah memanfaatkan panca indera kita Faktor umpan balik adalah apabila kita berbicara. teknik penyampaian pesan yang digunakan yaitu faktor bahasa dan faktor tekhnis b. simple adalah isi pesan tidak terlalu banyak dan berbelitberbelit-belit. instruksi) c.3. 4. pesan sesuai kebutuhan d.

Faktor efek adalah hasil akhir apakah komunikasi itu berhasil atau tidak . Panca indera 7. Faktor komunikan Penampilan dan sikap adalah kita sebagai komunikator akan merasa senang bila si komunikan bersikap terbuka. a. c. Pengetahuan Saluran ‡ b.6.

. 2. Persepsi adalah cara seseorang menyerap tentang sesuatu yang terjadi di sekelilingnya. 3. Tetapi paling tidak ini menjadi pegangan bagi perawat dalam tutur kata. Nilai adalah keyakinan yang dianut seseorang dipengaruhi oleh pikiran dan tingkah lakunya Emosi adalah subjektif seseorang dalam merasakan situasi yang terjadi di sekelilingnya dan dipengaruhi oleh bagaimana kemampuan atau seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. dan bersikap.dan dipengaruhi oleh faktor personal dan situasional. 4.FaktorFaktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi dalam pelayanan keperawatan 1. Latar belakang sosial budaya faktor ini memang sedikit pengaruhnya.

penggunaan bahasa kita berbeda antara pasien yang usianya muda dan lanjut. . Komunikasi berlangsung dan dipengaruhi oleh faktorfaktorfaktor sosial. 6. misal: ruangan ramai. 7.5. Pengetahuan Peran dan hubungan dalam komunikasi akan sangat baik bila mengenal dengan siapa ia berbicara Kondisi lingkungan adalah berkaitan dengan lingkungan sosial tempat. penyampaian kita kurang jelas.

10. sikap dan kecakapanyang kurang tepat selama berkomunikasi Kurangnya pengetahuan Perbedaan persepsi Perbedaan harapan Kondisi fisik dan mental yang kurang baik Pesan yang tidak jelas Prasangka yang buruk Transmisi atau media yang kurang baik Penilaian yang prematur Tidak ada kepercayaan Ada ancaman Perbedaan pengetahuan dan bahasa Distorsi (kesalahan informasi) . 12. Kurangnya penggunaan sumber komunikasi yang tepat Kurangnya perencanaan dalam berkomunikasi Penampilan. 4. 8. 9. 11. 2. 13. 5.Hambatan komunikasi dari aspek proses komunikasi 1. 6. 14. 15. 7. 3.

Hambatan Fisik merupakan hambatan yang berhubungan dengan alat indera .

. diantaranya: 1. Sumatera: anak lakilakilaki) 3.Hambatan Semantik Hambatan semantik dibagi menjadi 3. Adanya pengertian konotatif Contoh: pengertian anjing Jadi apabila ini disampaikan secara denotatif sedangkan komunikan menangkap secara konotatif maka komunikasi kita gagal. Adanya perbedaan makna dan pengertian pada katakatakata yang diucapkan sama Contoh: bujang (Sunda: sudah. Salah pengucapan kata atau istilah karena terlalu cepat berbicara contoh: partisipasi menjadi partisisapi 2.

Stereotip bergandengan dengan prasangka 4. Jadi. Prasangka / persepsi adalah pengalaman objek pribadi. Motivasi dorongan dalam seseorang untuk berbuat sesuatu hambatan apabila yang disampaikan komunikator tidak sesuai dengan motivasi komunikan. sebaiknya informasi yang memang dibutuhkan untuk klien sehingga pesan yang disampaikan diterima. kita harus tau keinginan dan kelebihan pasien. 2.Hambatan psikologis Hambatan psikologi dibagi menjadi 4 : 1. Stereotip gambaran atau tanggapan mengenai sifat atau watak bersifat negatif. Komunikan sudah curiga atau tidak percaya atas informasi 3. Perbedaan kepentingan atau interest dalam komunikasi kita dengan komunikan terkhusus klien. . peristiwa faktor dari hambatan : personal dan situasional.

6. 2. 5. jelas dan tepat Mengurangi informasi atau pesan yang meluas 1. 3. .UpayaUpaya-upaya untuk mengatasi hambatan dalam komunikasi Untuk mengetahui hambatan tersebut dapat ditanggulangi dengan cara sebagai berikut : Mengecek arti atau maksud yang disampaikan Meminta penjelasan lebih lanjut Mengecek umpan balik atau hasil Mengulangi pesan yang disampaikan memperkuat dengan bahasa isyarat Mengakrabkan antara pengirim dan penerima Membuat pesan secara singkat. 4. 7.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->