P. 1
Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab

Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab

|Views: 52,035|Likes:
Published by NadyaZaharaAmelia

More info:

Published by: NadyaZaharaAmelia on Jan 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/27/2015

pdf

text

original

Uraian Tugas dan Tanggung Jawab

Untuk menggerakkan suatu organisasi dibutuhkan personil yang memegang jabatan tertentu dalam organisasi, masing-masing personil diberi tanggung jawab sesuai dengan jabatannya, dengan demikian akan mempermudah pengarahan serta mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan dari suatu pekerjaan. Adapun tugas, wewenang dan tanggung jawab dari tiap-tiap unit dalam struktur organisasi Peternakan Nazeya (N-G) adalah sebagai berikut: 1. Pemilik (owner) Tugas dan tanggung jawab pemilik ialah memberi arahan serta informasi penting berkaitan dengan peternakan Nazeya. Selain itu juga pemilik / biasa kita sebut direktur ini bertugas mengambil keputusan penting untuk kemajuan peternakan Nazeya ini.

2. Manajer Produksi Tugas dan tanggung jawab manajer produksi adalah menjamin tercapainya hasil produksi dalam hal jumlah, kualitas dan waktu yang sesuai dengan rencana perusahaan dengan memanfaatkan sumber daya secara optimal memiliki tugas, wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut : a. Merencanakan dan mengatur jadwal produksi untuk semua jenis produk yang ditawarkan oleh N-G Milk agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan persediaan di gudang. b. Mengatur pengalokasian sumber daya produksi seperti jam kerja mesin, jam kerja operator, pengiriman bahan baku yang berhubungan dengan proses produksi. c. Melakukan pengawasan dan pengendalian produksi agar hasil produksi sesuai dengan spesifikasi dan standart mutu yang telah ditetapkan. d. Merencanakan perawatan mesin-mesin agar dapat beroperasi dengan lancar. e. Membuat laporan produksi secara berkala mengenai pemakaian bahan baku. f. Bertanggungjawab terhadap kelancaran proses produksi mulai dari penerimaan bahan baku sampai proses produksi hingga menjadi produk akhir.

.3. Dalam melaksanakan tugasnya manajer personalia membawahi kepala bagian administrasi dan staf umum. 4. b) Mengawasi pelaksanaan pemakaian aset perusahaan. Tugas manajer personalia adalah: a) Merencanakan perekrutan karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen. e) Bertanggungjawab terhadap disiplin kerja karyawan. Financial manajer Finance Manager bertanggung jawab kepada Accounting and finance general manager. c) Melaksanakan perhitungan akuntansi terhadap pembelian bahan baku dan asset perusahaan. d) Melaksanakan perhitungan dan pembayaran upah dan lembar kerja karyawan. c) Menampung dan mencari keluhan karyawan. Accounting Manajer Accounting Manager bertanggung jawab kepada Accounting and finance general manager. b) Mengatur kegiatan yang berhubungan dengan karyawan dan menciptakan suasana kerja yang nyaman dan berdisiplin. c) Membuat pembukuan dan jurnal laba rugi perusahaan. b) Mengawasi dan melaksanakan penerimaan pembayaran atas penjualan pakan dan juga hasil sampingan produksi. Accounting Manager bertugas: a) Mengawasi pelaksanaan kegiatan pembukuan perusahaan. Manajer Personalia (SDM) Manager personalia bertanggung jawab langsung kepada owner. d) Mengatur keuangan baik masuk dan keluar sesuai dengan penjualan e) Mencatat segala transaksi dan membuat laporan keuangan 5. Finance Manager bertugas: a) Mengawasi dan melaksanakan pembayaran transfer dana terhadap pembelian bahan baku dan asset perusahaan. d) Mengatur dan merencanakan training untuk peningkatan ketrampilan karyawan.

kajian dan pertimbangan hukum dalam kasus terkait b) Memberikan legal opinion dan komentar terhadap perjanjian kontrak kerjasama yang diajukan dari fungsi terkait c) Mengevaluasi dan menganalisa kesesuaian pelaksanaan regulasi. harga. b) Mencari informasi pasar yang berhubungan dengan segmen pasar. meneliti persaingan dan kemungkinan perubahan permintaan serta mengatur distribusi produksi. d) Menentukan kebijaksanaan dari strategi pemasaran perusahaan yang mencakup jenis produk yang akan dipasarkan. d) Melaksanaan dan mengevaluasi pengurusan perkara perdata atas gugatan pihak ketiga yang meliputi penyusunan gugatan. e) Menentukan rencana anggaran biaya pemasaran. undang-undang dan pelaksanaan legal dalam perusahaan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku untuk meminimalkan dispute yang mungkin dapat timbul akibat pelanggaran terhadap aturan yang ditetapkan. kualitas yang digunakan dan jadwal permintaan pasar. Kesimpulan. 7. trend permintaan. Manajer Pemasaran Marketing manager bertanggung jawab kepada pemilik. pendistribusian dan promosi.6. c) Membantu pemilik didalam menetapkan terget pemasaran dan kebijaksanaan dalam perluasan pasar. . Tugas lain dari manajer pemasaran adalah : a) Melaksanakan analisa pasar. Pemanggilan Saksi. Marketing manager ialah orang yang bertugas memasarkan dan memperkenalkan produk-produk N-G Milk ini kepada masyarakat luas umumnya dan khususnya masyarakat Lembang dan sekitarnya. Replik. Duplik. Pengurusan Surat Kuasa dari Direksi dan Pengumpulan Barang bukti. Manajer legalitas Tugas dan Tanggung Jawab dari manajer legalitas adalah : a) Mengkoordianasikan pemberian legal expertise support dalam tahap penyusunan kontrak kerjasama. dan menentukan strategi apa yang akan digunakan.

e) Mengontrol stock produksi pada raw material. Tugas maintenance manager adalah: a) Membuat jadwal pemeliharaan dan perbaikan terhadap mesin-mesin yang ada dalam pabrik. produk jadi dan bahan penolong di gudang. b) Membuat laporan penerimaan persediaan dan pengeluaran bahan baku di gudang. f) Mengontrol stock produksi pada finish goods. 10. Tugas lain dari bagian pergudangan dan persediaan adalah: a) Bertanggung jawab atas pengaturan persediaan bahan baku. d) Bertanggung jawab atas sarana dan prasarana pendukung di gudang. Manajer Pembelian Tugas dan tanggung jawab dari manajer pembelian adalah : a) . 9. c) Melatih dan mengawasi keterampilan karyawan yang bekerja di bagian maintenance agar mahir dan dapat bekerja dengan baik. c) Bertanggung jawab kepada Direktur atas tersedianya bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi. dan bahan penolong yang akan digunakan. d) Menentukan prioritas kerja dan progressing perbaikan mesin.Merencanakan pembelian bahan baku. e) Bertanggung jawab kepada manajer produksi atas kondisi mesin-mesin dan peralatan produksi. . b) Menangani administrasi bahan-bahan yang digunakan dengan teliti dan teratur. Bagian Pergudangan dan Persediaan Mengatur keluar masuknya produk ³N-G Milk´ dan membantu manager persediaan dalam menyediakan stok barang. Bagian pergudangan dan persediaan bertanggung jawab kepada manajer produksi. bahan tambahan. Bagian Pemeliharaan Bertanggung jawab terhadap pengawasan mesin-mesin produksi dan semua peralatan (tools) yang berhubungan dengan produksi agar tetap dalam kondisi siap pakai untuk menjamin kelancaran produksi. b) Mengeluarkan perintah kerja kepada maintenance section head untuk melakukan perbaikan pada mesin-mesin berdasarkan jadwal permintaan perbaikan dari masing-masing operator. . c) Mengkoordinir dan mengawasi pengelolaan persediaan bahan baku di gudang.8.

tugas lain dari resepsionis adalah: a) Menerima dan menghubungkan telepon masuk kepada pihak yang dituju b) Menghubungi nomor telepon yang ingin dituju atas permintaan-permintaan pihak terkait c) Menyampaikan pesan kepada pihak internal maupun eksternal bilamana yang bersangkutan berhalangan untuk menerima telepon tersebut dan mencatat pesan yang perlu disampaikan d) Mencatat dalam log book telepon masuk dan keluar e) Membuat laporan kegiatan secara periodik 13. Selain itu melaksanakan inventarisasi dan mengolah data. 12. kasir juga bertugas :  Mengelola keuangan secara kas dan uang yang ada di bank  Menyajikan laporan secara kas basis dan yang setiap saat dibutuhkan oleh manajemen ataupun donor. serta melaksanakan tata usaha Bagian Humas. Kasir Kasir sebagai staf keuangan memiliki tugas yang tidak kalah berat dengan akunting. Resepsionis Tugas dan tanggung jawab dari resepsionis adalah Melayani dan menyambut dengan hangat dan sopan terhadap setiap pengunjung. menyiapkan bahan penyusunan rancangan kebijakan pengumpulan dan penyajian informasi. memeberi arahan kepada pelanggan dengan 5S. Bagian Hubungan Masyarakat Tugas dan tanggung jawab dari bagian hubungan masyarakat adalah tugas melaksanakan analisis dan penyiapan rancangan kebijakan dalam bidang hubungan masyarakat. selain itu. antara lain :      Buku Buku Kas Bank Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Laporan Status Dana Laporan Status Anggaran .11. dimana selain bertugas Melayani dengan baik costumer yang akan melakukan pembayaran. dokumentasi kegiatan pemerintah daerah.

(keributan. Perampokan. 15. Selain itu. .14. tempat produksi secara keseluruhan. office boy beserta cleaning service bertugas Membersihkan peternakan. kerusakan dll. Satpam Mengamankan asset perusahaan serta menjaga keamanan lingkungan sekitar ³Happy Collectio´ untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Office Boy Tugas dan tanggung jawab office boy adalah melayani karyawan-karyawan yang ada di dalam usaha ini.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->