Komponen Penting Dalam CPU

CPU Mempunyai Dua Komponen Penting Untuk Berjalannya Komputer Yaitu Unit Kontrol ( Unit Control ) Dan Unit Aritmatika ± Logika ( Arithemetic ± Logical Unit Atau ALU ). Kedua Komponen Itu Yang Mengatur Segala Sesuatu Hal Yang Ada Pada Sebuah Komputer. Untuk Lebih Jelasnya Saya Akan Menjelaskan Kedua Fungsi Komponen Tersebut : 1. Unit Kontrol ( Control Unit ) Unit kontrol yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU.CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah: ‡ Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. ‡ Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. ‡ Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses. ‡ Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. ‡ Menyimpan hasil proses ke memori utama. 2. Unit Aritmatika Logika ( Arithemetic ± Logical Unit Atu ALU ) ALU unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).

Dikarenakan Fungsi ALU Sama Seperti Fungsi Utama Dalam CPU. Pertama ia akan mencari di drive A:. dimana pada komputer PC IBM orisinal. Ketika komputer dinyalakan (tombol ON) atau direset. BIOS akan mulai berjalan dan melakukan POST (Power On Self Test.Berikut ini adalah Gambar Komponen CPU Namun Jikalau Harus Memilih. kemudian mencari boot sector yang valid. 3. Sebuah boot sector yang valid adalah boot sector yang memiliki nilai 0AA55h´ pada offset 510 Ketika BIOS menemukan boot sector yang valid. Jika tidak diketemukannya maka interrupt 18H akan terpanggil. kemudian di C:. test yang dilakukan komputer kepada dirinya sendiri sesaat setelah listrik masuk). Boot Sector Boot Sector pada suatu disk adalah selalu sektor pertama pada track pertama dari head pertama suatu disk. akan menjalankan ROM BASIC. yaitu Melakukan Operasi Aritmatika dan Logika Terhadap Data Yang Diambil Dari Memory. BIOS kemudian menginisialisasi data-datanya. Menurut Saya Komponen Yang Paling Penting Dalam CPU yaitu ALU. ia akan membaca sektor tersebut (sebesar 512 Byte) dari disk dan kemudian menuliskannya di memory pada alamat ´0×7C00´ kemudian ia akan jump ke alamat ´0×7C00´ tersebut dan kode boot sector ini akan menjalankan kontrol komputer selanjutnya. .

processor sama seperti Otak´ pada manusia. dan yang terbaru adalah gigabyte. Motherboard Motheboard atau mainboard merupakan perangkat dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk menata letak beberapa peralatan lain yang tersimpan dalam komputer. . seperti: Processor. Processor Jika dianalogikan. Intel Core 2 duo. 2. Dual core. dan yang paling baru adalah centrino. antara lain AT 486 . dan VGA Card. Suatu kecepatan eksekusi processor dinyatakan dalam herzt(Hz). Beberapa jenis processor juga disesuaikan dengan kebutuhan yang ada didalam komputer dan yang masih beredar di pasaran di antaranya adalah : Processor intel Pentium 1 sampai Pentium 4 . kabel hard disk. sound card.Ada 3 Komponen utama dalam CPU 1. Mainboard terdiri atas beberapa jenis. dan mengeksekusi semua sistem operasi yang diinstalkan di dalam komputer. Pentium I. Jika kita membeli sebuah komputer biasanya motherboard ini sudah dipaket dengan perangkat penunjang lain (on-board) tapi kita tetap masih bisa menambahkan perangkat lain pada slot yang disediakan. memory. Processor merupakan komponen penting yang berfungsi mengendalikan semua komponen dalam komputer. mengolah data. Pentium III. pentium 4. Pentium II.

printer dan scanner. mouse paralel/serial ataupun USB. Cooling fan atau kipas pendingin berfungsi memg> yang berarti gerbang konektor Input/Output pada komputer. DDRAM. Jika kapasitas memory yang ada besar maka data yang bisa disimpan pun semakin besar. 256 MB. RAM. Semakin besar kapasitas dan kecepatan VGA akan menghasilkan tampilan yang berkualitas pada layaran monitor. Memory Memory merupakan suatu perangkat keras yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data tergantung seberapa besar kemampuan komputer kita yang sesuai dengan processornya. SDRAM. Selain komponen utama CPU ada juga komponen-komponen pendukung CPU sehingga akan menghasilkan kinerja yang lebih optimal antara lain: y y y y y y y y y y y y y Heat sink berfungsi sebagai peredam panas yang dihasilkan oleh processor Kipas Processor berfungsi sebagai pendingin processor dan heat sink. Menyediakan koneksi untuk piranti eksternal seperti kamera digital. Perangkat DVD( Digital Video Disc ) / CR-ROM ( Compact Disk & DVD/CD-RW (Rewritable ) berfunsi untuk membaca atau menulis data pada keping disk. dan DVD/CD-ROM/RW drive. Tanpa ada perangkat itu. anda bisa mengganti atau menambah sound card. LAN card merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan komputer kedalam jaringan menggunakan kebel UTP RJ-45. Sound card berfungsi sebagai pemutaran suara. tergantung kebutuhan si pemakai. kemudian informasi tersebut ditampilkan oleh monitor. Jika anda kurang puas dengan suara yang dihasilkan oleh bawaan. Port I/OCasing adalah tempat yang digunakan untuk memasang seluruh komponen CPU seperti motherboard. Memory yang umum dipakai berkapasitas mulai dari : 128 MB. dll. hard disk. Beberapa Jenis Memory antara lain adalah: ROM. bahkan ada yang sampai 4 GB. Modem adalah kartu tambahan yang terpasang pada motherboard yangberfungsi menguhubungkan komputer ke internet dengan cara dial-upmenggunakan kebel telepon. power supply. . 512 MB. mustahil anda bisa mendengarkan lagu favorite anda. Ada 2 jenis hard disk yaitu STA dan ATA. RDRAM. termasuk sistem operasi. seperti pada keyboard. RAM (Random Access Memory atau sering disebut memory saja) merupakan komponen penyimpanan data atau perintah sementara sebelum diproses lebih lanjut oleh processor. VGA (Video Grapics Arrage) adalah komponen yang berfungsi untuk menerjemahkan bahasa sistem ke dalam bahasa gambar. Saat ini kebanyakan sound card sudah terintegrasi (on-board) pada motherboard. Hard disk adalah media penyimpanan data (salah satu jenis memory). Floppy Disk Drive Berfungsi untuk membaca atau menulis pada floppy disk.3. Power supply berfungsi sebagai sumber listrik yang dialirkan ke seluruh komponen CPU. Dapat dibedakan dari kabelnya. EDORAM. 1 GB.

L No.3 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2011/2012 .P. :19 Kelas: X.KOMPONEN ­KOMPONEN PENTING DALAM CPU Di Susun Oleh: Nama: Erizka A.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful