Pengertian Reformasi

Pengertian Reformasi Apakah reformasi itu?

Reformasi berarti perubahan radikal untuk perbaikan dalam bidang sosial, politik atau agama di dalam suatu masyarakat atau negara. Orang-orang yang melakukan atau memikirkan reformasi itu disebut reformis yang tak lain adalah orang yang menganjurkan adanya usaha perbaikan tersebut tanpa kekerasan.

Reformasi berarti perubahan dengan melihat keperluan masa depan, menekankan kembali pada bentuk asal, berbuat lebih baik dengan menghentikan penyimpangan-penyimpangan dan praktik yang salah atau memperkenalkan prosedur yang lebih baik, suatu perombakan menyeluruh dari suatu sistem kehidupan dalam aspek politik, ekonomi, hukum, sosial dan tentu saja termasuk bidang pendidikan. Reformasi juga berarti memperbaiki, membetulkan, menyempurnakan dengan membuat sesuatu yang salah menjadi benar. Oleh karena itu reformasi berimplikasi pada merubah sesuatu untuk menghilangkan yang tidak sempurna menjadi lebih sempurna seperti melalui perubahan kebijakan institusional. Dengan demikian dapat dikemukakan beberapa karakteristik reformasi dalam suatu bidang tertentu yaitu adanya keadaan yang tidak memuaskan pada masa yang lalu, keinginan untuk memperbaikinya pada masa yang akan datang, adanya perubahan besar-besaran, adanya orang yang melakukan, adanya pemikiran atau ide-ide baru, adanya sistem dalam suatu institusi tertentu baik dalam skala kecil seperti sekolah maupun skala besar seperti negara sekalipun.

3. Reformasi Kebijakan Pendidikan Reformasi pendidikan adalah upaya perbaikan pada bidang penidikan. Reformasi pendidikan memiliki dua karakteristik dasar yaitu terprogram dan sistemik. Reformasi pendidikan yang terprogram menunjuk pada kurikulum atau program suatu institusi pendidikan. Yang termasuk ke dalam reformasi terprogram ini adalah inovasi. Inovasi adalah memperkenalkan ide baru, metode baru atau sarana baru untuk meningkatkan beberapa aspek dalam proses pendidikan agar terjadi perubahan secara kontras dari sebelumnya dengan maksud-maksud tertentu yang ditetapkan. Seorang reformer terprogram memperkenalkan lebih dari satu inovasi dan mengembangkan perencanaan yang terorganisir dengan maksud adanya perubahan dan perbaikan untuk mencapai tujuan baru. Biasanya inovasi pendidikan terjadi terlebih dahulu sebelum terjadinya reformasi pendidikan. Sementara itu reformasi sistemik berkaitan dengan adanya hubungan kewenangan dan distribusi serta alokasi sumber daya yang mengontrol sistem pendidikan secara keseluruhan. Hal ini sering kali terjadi di luar sekolah dan berada pada kekuatan sosial dan politik. Karakteristik reformasi sistemik ini sulit sekali diwujudkan karena menyankut struktur kekuasaan yang ada.

Reformasi pendidikan diibaratkan sebagai pohon yang terdiri dari empat bagian yaitu akar, batang, cabang dan daunnya. Akar reformasi yang merupakan landasan filosofis yang tak lain bersumber dari

cara hidup (way of life) masyarakatnya. Sebagai akarnya reformasi pendidikan adalah masalah sentralisasi-desentralisasi, masalah pemerataan-mutu dan siklus politik pemerintahan setempat. Sebagai batangnya adalah berupa mandat dari pemerintah dan standar-standarnya tentang struktur dan tujuannya. Dalam hal ini isu-isu yang muncul adalah masalah akuntabilitas dan prestasi sebagai prioritas utama. Cabang-cabang reformasi pendidikan adalah manajemen lokal (on-site management), pemberdayaan guru, perhatian pada daerah setempat. Sedangkan daun-daun reformasi pendidikan adalah keterlibatan orang tua peserta didik dan keterlibatan masyarakat untuk menentukan misi sekolah yang dapat diterima dan bernilai bagi masyarakat setempat. Terdapat tiga kondisi untuk terjadinya reformasi pendidikan yaitu adanya perubahan struktur organisasi, adanya mekanisme monitoring dari hasil yang diharapkan secara mudah yang biasa disebut akuntabilitas dan terciptanya kekuatan untuk terjadinya reformasi.

Sementara itu kebijakan adalah suatu ucapan atau tulisan yang memberikan petunjuk umum tentang penetapan ruang lingkup yang memberi batas dan arah umum kepada para manajer untuk bergerak. Kebijakan juga berarti suatu keputusan yang luas untuk menjadi patokan dasar bagi pelaksanaan manajemen. Kebijakan adalah keputusan yang dipikirkan secara matang dan hati-hati oleh pengambil keputusan puncak dan bukan kegiatan-kegiatan yang berulang dan rutin yang terprogram atau terkait dengan aturan-aturan keputusan.

Dengan demikian reformasi kebijakan pendidikan adalah upaya perbaikan dalam tataran konsep pendidikan, perundang-undangan, peraturan dan pelaksanaan pendidikan serta menghilangkan praktikpraktik pendidikan di masa lalu yang tidak sesuai atau kurang baik sehingga segala aspek pendidikan di masa mendatang menjadi lebih baik. Kata reform biasanya identik dengan pengertian improvement of what is bad or corrupt sedangkan reformation biasanya mengacu pada the act or reforming : the state of being reformed. Secara sosiologis konsep social reform didefinisikan sebagai kebijaksanaan politik dan sosial yang dijalankan dalam rangka mengatasi masalah sosial. Perubahan yang terjadi dalam proses ini sifatnya gradual. Tujuan reformasi adalah terciptanya kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, dan sosial yang lebih baik dari masa sebelumnya. a. Tujuan Reformasi

e) Mahasiswa menginginkan perubahan. c) Kekuasaan Orba di bawah Soeharto otoriter tertutup. a) Adanya KKN (Korupsi. b.1) Reformasi politik bertujuan tercapainya demokratisasi. b) Naiknya harga barang-barang kebutuhan masyarakat. c) Sulitnya mendapatkan barang-barang kebutuhan pokok. b) Adanya rasa tidak percaya kepada pemerintah Orba yang penuh dengan nepotisme dan kronisme serta merajalelanya korupsi. 4) Reformasi sosial bertujuan terwujudkan integrasi bangsa Indonesia. Sumber: reformasi/#ixzz1aND5xXjE http://id. 3) Reformasi hukum bertujuan tercapainya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. d) Adanya keinginan demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. a) Adanya krisis mata uang rupiah. 3) Faktor sosial masyarakat : adanya kerusuhan tanggal 13 dan 14 Mei 1998 yang melumpuhkan perekonomian rakyat. 2) Reformasi ekonomi bertujuan meningkatkan tercapainya masyarakat. meliputi hal-hal berikut. dan Nepotisme) dalam kehidupan pemerintahan.com/humanities/history/2139322-sebab-sebab-terjadi- . Kolusi. 4) Faktor hukum : belum adanya keadilan dalam perlakuan hukum yang sama di antara warga negara. 2) Faktor ekonomi. Faktor Pendorong Terjadinya Reformasi 1) Faktor politik meliputi hal-hal berikut.shvoong.

Perencanaan sebagai reformasi sosial secara umum dikenal sebagai perencanaan rasionalkomprehensif.Perencanaan sebagai reformasi sosial berfokus pada peranan negara dalam mengarahkan masyarakat secara komprehensif demi pencapaian visi bersama. 1987: 76). Untuk itu. terlebih dalam metode serta. dan distribusi pendapatan. Sebagai praktek atas apa yang telah kami pelajari dalam bidang sastra. serta menetapkan jumlah investasi yang dibutuhkan untuk mencapai target pertumbuhan tersebut. Negara memberikan arahan komprehensif dan instrumen regulasi dalam mewujudkan target terkait dengan hal-hal tersebut. Upaya pokoknya adalah penemuan cara untuk melembagakan perencanaan dan pelaksanaan tindakan oleh negara secara lebih efektif (Friedmann. Secara filosofis. memelihara pemenuhan kebutuhan lapangan kerja. perencana adalah seorang teknokrat profesional yang bertugas memberi masukan kepada pengambil kebijakan dan keputusan politik. Pengertian rasional terletak pada logika kesesuaian tujuan (ends) dengan cara (means) dalam mencapai tujuan tersebut. kami merasa sangat senang karena dengan tugas seperti . bersifat komprehensif dan rasional. dengan kalkulasi dan kontrol yang kuat. Dalam perencanaan ini. diaplikasikan secara dari atas ke bawah. Arahan sosial dilakukan melalui perencanaan secara terpusat yang menjamin kesesuian tujuan dan cara pencapaiannya. 1987: 76). Arahan disusun melalui analisis ilmiah dan kuantitatif seperti akuntansi sosial. teknik penelitian sastra maka tugas ini dirasa penting untuk mengetahui sejauh mana kami mampu memahami mata kuliah Adab Arabi. model kebijakan ekonomi. Setidaknya ada tiga bidang kehidupan yang memiliki basis ilmiah dan legitimasi untuk diintervensi negara yakni mendorong pertumbuhan ekonomi. serta analisis wilayah dan perkotaan. perencanaan dalam tradisi ini dipahami sebagai aplikasi pengetahuan ilmiah atas urusan publik. Sedangkan pengertian komprehensif terletak pada perhatian atas seluruh aspek kehidupan untuk didorong berubah menuju visi melalui petunjuk yang jelas Sebutir Pengantar(karnak) Segala puji bagi Allah yang telah memberikan hidayah serta inayahnya sehingga saya mampun menyelesakan tugas novel ini meski masih jauh dari yang diharapkan. analisis ICOR. analisis input-output. analisis investasi. Perencanaan ini juga merupakan tanggung jawab profesional dan fungsi eksekutif dari para perencana yang terlibat didalamnya (Friedmann. Perencanaan yang dihasilkan berskala nasional dan sentralistik. Perencana dapat menetapkan target pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja yang ingin dicapai pada periode tertentu. model distribusi pendapatan.

Akan tetapi. tokoh (baik penokohan maupun perkembangan watak tokoh). latar serta gaya bahasa. alur. tempat. Secara definitif strukturalisme adalah paham mengenai unsur-unsur. yaitu struktur itu sendiri dengan mekanisme antarhubungannya. 16 Muharram 1430 H 14 Januari 2009 M Karnak kafe Dalam Penelitian Strukturalisme Masalah Mengawali sebuah karya sastra. meski salah satu unsur seperti latar yang memiliki beberapa cabang seperti latar waktu. Sebagaimana yang kita ketahui. Strukturalisme memberikan perhatian terhadap analisis unsur-unsur karya sastra. Untuk itu. sosial serta latar spiritual adalah bagian-bagian dari latar itu sendiri. sudut pandang. kami dapat belajar untuk membedah suatu kaya sastra. masalah hadir sebagai .ini. melalui metode penelitian yang sudah diterapkan oleh para pakar ahli sastra. Akan tetapi bedah novel yang saya lakukan tidaklah mustahil disertai kesalahan atau kedangkalan yang mungkin dikarenakan ketidakmampuan saya dalam memahami materi. Jakarta. Dalam hal ini struktur prosa yang menjadi perhatian strukturalisme adalah: tema. maka saya tidak memberikan perhatian terhadap latar sosial serta latar spiritual karena dengan penuh kehati-hatian dan pertimbangan bahwa itu menjadi bahagian daripada metode analisis sosiologi. seorang penulis sudah tentu harus mengetahui rancangan atau gambaran sebuah masalah yang akan ia bangun. segala konstruktif untuk kesempurnaan tugas ini akan senantiasa saya sambut dan selalu saya harapkan.

Para penyetia Revolusi 1952 seperti Hilmi Hamada. jauh sebelum revolusi 1952 (terbebasnya Mesir dari absolutisme kerajaan) terjadi. Masalah yang kompleks adalah merupakan hal yang dibutuhkan dan memang dianggap membangun. saya akan mencoba menguraikannya secara ringkas. Ismail Syeikh. pengunjung setia kafe itu berkali-kali dipenjara. Trauma kekalahan Mesir dari Israel pada perang Juni 1967 menjadi mainstream novel ini. . dituduh sebagai pengkhianat revolusi tidaklain karena gagasan politiknya yang berhaluan sosialisme. Revolusi merupakan suatu perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok kehidupan masyarakat. penjara. Untuk mengetahui bagaimana seorang sastrawan besar membangun masalah-masalah yang mamapu membangkitkan emosional kita semua. dan Zaenab Diyab.salah satu bentuk bangunan yang akan menegakkan karya sastra menjadi lebih kuat. tokoh-tokoh imajiner dalam al-Karnak tidak lagi dapat menghirup udara kebebasan. Hilmi Hamada. tetapi sebuah tempat berkumpulnya anak-anak atau penyetia revolusi yang kecewa akibat perang enam hari yang membawa Mesir terpuruk pada fase kemunduran. Masalah dalam novel al-Karnak menurut hemat saya masih kurang diperhatikan oleh penulisnya. mengingat kekacauan yang terjadi begitu luar biasa. peranan masalah sangat dibutuhkan demi nilai estetik. meskipun ia adalah peraih nobel. Untuk itu. sebagaimana di bawah ini: Masalah yang pertama dalam novel ini adalah tuduhan penentang revolusi . Hilmi akhirnya mati di ruang introgasi. Tuduhan ini hampir mendapatkan sorotan utama oleh penulis. Kafe Karnak yang merupakan poros dari keseluruhan kisah novel ini bukanlah kafe biasa.

ternyata justru malah sebaliknya. Tekanan serta siksaan yang mereka alami menjadikan mereka lemah. tema dapat dipandang sebagai dasar cerita. masih di singgung. dari awal penceritaan sudah banyak disinggung oleh penulis di mana dirinya dan para tokoh pengagum revolusi seperti. Hal ini didukung oleh pencerita dengan memberikan penjelasan di mana ia sering berkumpul di sebuah kafe sederhana. Tema Menurut Nurgiyantoro (2000:70). Qurunfula. Pada novel al-Karnak. yang mengungkapkan tentang kehidupan. Tema ini di ambil oleh penulis karena (menurut pandangan saya). Banyak yang berubah pada para penyetia revolusi. Tema selalu dapat dirasakan pada semua fakta dan alat penceritaan di sepanjang sebuah cerita rekaan. Gagasan dasar umum inilah yang tentunya telah ditentukan sebelumnya oleh pengarang yang diperlukan untuk mengembangkan sebuah cerita[1]. Dengan mencoba berganti topik pembicaraan untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut. sebuah karya novel. Arif Sulaiman. tetapi tidak lantas meninggalkannya. ia ingin menggingat kembali sebuah tragedi Mesir. Hingga akhir ceritapun. Oleh karena itu. Mematahkan semangat mereka. tentara Mesir yang bergerak ke Sinai pada 1967. kafe itu merupakan tempat berkumpulnya aktivis ekstrem dan berpandangan provokatif. juga tak lupa nestapa kekalahan Mesir pada Juni 1967. Zainal Abidin & Hilmi Hamada (hal: 11 arb/12-13 ind) sudah cukup menjelaskan. Di sana mereka bisa membicarakan sebuah isu dengan berteriak atau berbisik. tema menjadi salah satu unsur dan aspek cerita rekaan yang memberikan kekuatan dan sekaligus sebagai unsur pemersatu kepada sebuah fakta dan alat-alat penceritaan. yang disebut juga sebagai ide pusat dan Stanton juga menyatakan bahwa tema cerita berhubungan dengan makna pengalaman hidupnya. gagasan dasar umum. . diskusi tak berjalan dan membosankan (hal: 101 arb/131 ind). Robert Stanton[2] menempatkan tema sebagai sebuah arti pusat dalam cerita. terserah. Akan tetapi kebenaran yang diambil penulis masih dipertanyakan. Perang telah membawa mereka. Secara antusias mereka membahas revolusi 1952 (hlm: 11arb/12-13 ind). memaksa mereka meninggalkan revolusi. Seringnya diskusi yang dilkukan oleh penulis dengan para tokoh al-Karnak menempatkan mereka pada kondisi jenuh.Masalah yang kedua rusaknya para penyetia revolusi .

Peristiwa mencekam Mesir pada waktu itu. Akhirnya ia putuskan untuk datang ke kafe tersebut. Alur Alur cerita adalah bagaimana kejadian-kejadian dirangkai (biasanya berdasarkan sebab akibat) mulai dari titik awal alur juga menanjak terus: Saat itu penulis tidak sengaja datang ke sebuah kafe kecil. Sejak saat itu. Yang mana. Bahkan mereka selalu dibayang-bayangi kebesaran masa lalu. Selain itu kehawatiran terus melanda para pengunjung kafe. Peristiwa tersebut mengakibatkan luka dalam benak para tokoh al-Karnak. dan Ismail al-Syaikh harus menerima siksaan akibat dituduh melawan revolusi. Namun masih disangsikan jika ia hadir dan ikut dalam revolusi. Saat itu ia bermaksud memperbaiki jam tanganya yang ternyata cukup menghabiskan waktu. tanpa mau menjelaskan apa yang terjadi. yakni masa Khalifah Umar bin Khattab atau Rasulullah. Mesir harus menerima kekalahan perang dengan Israel pada Juni 1967. Zainab Diyab. Dalam novel al-Karnak. dan insiden yang sangat buruk karena melawannya. ketika Gamal Abd Nasser dan Anwar Sadat memimpin Mesir secara otoriter dan despotik. yaitu alKarnak. karena tidak ada yang fakta yang menunjukkannya. Melihat teman-teman mereka datang dan pergi secara tiba-tiba.Karena banyaknya para pendukung revolusi. Mesir seolah-olah jatuh setelah lepas dari revolusi 1952. penulis sebenarnya merujuk pada kejadian di Mesir. yang terletak di ujung jalan raya. untuk itu saya berasumsi bahwa novel al-Karnak karya Najib Mahfudz ini bertemakan Perubahan Para Penyetia Revolusi . Kekalahan tersebut memaksa pelanggan kafe Karnak untuk menengok sejarah mereka jauh ke belakang. Namun. kafe tersebut menjadi tempat yang . Peristiwa Peristiwa adalah merupakan kejadian. Hilmi Hamada.

Akan tetapi kaum oposisi yang membisikkan bahwa pandangan ekstrem kiri harus diwaspadai karena berada di bawah bendera afiliasi ikhwanul muslimin sebuah gerakan bawah tanah. penulis mendapati seluruh ruangan kafe Karnak sepi dan kosong. Qurunfula. namun pengaruhnya berbeda. Kejadian yang serupa kerap terjadi setiap hari. Kini. tidak seorangpun muncul begitu pula pada malam berikutnya.paling favorit bagi penulis untuk sekedar menghabiskan waktu. memasukkan mereka yang diangap bersalah ke dalam penjara. Sebuah peristiwa besar menimpa Negara mesir secara keseluruhan. mereka tak banyak bicara dan enggan menjawab. Hingga malam tiba. Kondisi rakyat di sana menjadi sangat lemah dan tertindas. Ismail al-Syekh. Suatu hari keanehan terjadi di kota tersebut. ia langsung menjadi bagian darinya (hal: 11 arb&ind). Tiba-tiba mereka (Zainab Diyab. Penulis mulai mengarah topik yang berbeda tentang cinta cinta beberapa orang terhadap Qurunfula dan cinta Qurunfula terhadap Hilmi Hamada. tidak punya kehormatan dan tidak diberikan rasa aman. Di sana. Kemudian para pemuda itu kembali menghilang secara tiba-tiba. Tidak memiliki hak pribadi. bagi mereka yang tersisa hanyalah duduk melingkar samapai ajal menjemput. Namun saat seseorang bertanya kemana saja selama ini. seolah tergambar rasa takut yang besar. Sehingga membawa kondisi saling curiga kepada apapun dan siapapun. mereka mengekspresikan kenyataan sejarah revolusi 1952 (hlm:11 arb/12-13 ind). Terdengar kabar bahwa mereka diikat oleh perjanjian besar. Tak lama setelah penulis berkunjung di kafe tersebut. Angkatan bersenjata mesir telah dikirim ke Sinai dengan . Ternyata terdengar kabar bahwa telah terjadi penangkapan besar-besaran (hal: 19 arb/23 ind). Di sana ia bertemu dengan dengan pemilik kafe. Yang mana mereka sama meluapkan pandanganpandangan tersebut dengan berteriak keras maupun pelan. Himi Hamada dan beberapa lainnya) muncul kembali. seorang penari cantik di era 1940-an. ternyata kafe itu adalah merupakan tempat berkumpulnya orangorang eksterm dan berpandangan provokativ. Mereka (para pemuda) menghilang. Di balik kesederhanaan kafe tersebut. membuat suasana semakin mengerikan. Melalui gerak tubuh mereka. Mereka merasa takut dan kecewa. menyesali berlalunya masa kejayaan di masa lalu serta bertukar resep guna menunda kematian. Kemudian alur ini terus berkembang sesuai jalan cerita dan seiring dengan waktu. sebuah hal yang sangat menakjubkan. ia menemukan sebuah hal yang menarik.

Zainab. Ia dituduh telah bergabung dengan ikhwanul muslimin. yang tinggal di kawasan kumuh hingga ia dilamar oleh seorang pedagang ayam yang . Zainab banyak bercerita tentang dirinya. Pembicaraan mereka tidak hanya sampai di situ. pejanjian yang menyiksa batinnya. sebuah konflik global antara kekuatan progresif dengan imperialisme. Kondisinya sangat mengrikan. Ia diikat dengan perjanjian besar. meninggal di ruang interogasi. namun juga kemenangan bagi negara Arab lainnya. Di saat masa kecilnya. Meski begitu. Ismail banyak menceritakan masalah yang dialaminya waktu kecil bersama kedua orang tuanya dengan seorang ibu yang begitu menyayanginya dan mendukung pendidikannya serta seorang ayah yang tidak begitu mendukung pendidikannya dan teman di masa kecilnya. Mereka mulai angkat bicara. Seluruh kawasan meledak dalam korban perang. Zainab dan Ismail adalah dua insan yang saling mencintai akan tetapi mereka di timpa isu. ia tidak terbukti bersalah. Bukan hanya Arab dan Israel. Ia kembali dijebloskan ke dalam sel. Tuduhan itu menyebabkan siksaan yang keras terhadap dirinya. mereka yang menghilang kembali ke kafe. ia tak dapat lepas begitu saja dari jeratan para polisi tersebut. saat Najib Mahfudz bertemu dengan Zainab. Serta membawa perang besar antarnegara Arab lainnya. melakukan skandal seks sual. Terlebih Qurunfula. Bahkan. kali ini ia mendapati Hilmi Hamada terkapar tak bergerak.kekuatan penuh. Kali ini. ia meninggal saat di interogasi. tanpa bisa lari dari keadaan yang telah membawa mereka pada akhir era perbudakan. Perang Juni 1967 merupakan kekalahan bangsa Arab. Keberuntungan berpihak pada Ismail. Ismail juga bercerita di suatu malam Ismail di mana ia ditangkangkap sekelompok polisi dengan cara paksa kemudian di masukkan di sebuah sel yang hampa tanpa penerangan. Di sini. orang yang sangat mencintai Hilmi. Hal ini membuat semua pelangan kafe sedih. larut dalam perasaan ngeri. Setelah perang Juni. apapun yang tersisa dari rasa kemanusiaannnya. Kebebasan Ismail untuk menghirup udara segar di luar sel yang mengerikan itu. tidak berlangsug lama. tentang perjuangan baru dalam skala besar. Peristiwa mencekam ini. Mereka hanya bisa berharap. memaksa parara kalangan orang tua kembali ke masa lalu yang sangat jauh di masa Umar bin Khatab dan Rasulullah-untuk melupakan masa depan yang mengerikan. Para pemuda adalah satu-satunya yang tidak menyerah dan tidak mengharapkan kebaikan Amerika. tidak dengan Hilmi Hamada. berawal dari pertemuan antara Ismail al-Syekh dengan penulis. Namun.

K. ia dimasukkan kedalam sel sebagaimana Ismail. keyakinan Zainab untuk mendukung demostrasi tergoyahkan dan benar-benar tercerabut dari akarnya. Di sisi lain. Pupularitasnya mencuat. Dan semuanya itu terjadi serba tiba-tiba. Zainab merupakan salah satu orang yang telah dirusak oleh para pemimpin yang amoral. Melihat dengan heran. Namun. keadaan yang menyiksa ini. Bahkan sebagian yang lain membela Khalid serta menegaskan bahwa ia tidak pantas di persalahkan atas kejahatan yang telah . Hingga akhirnya kembali kepada topik semula. Banyak orang berperilaku menyimpang. Sampai titik klimaks untuk kemudian menurun dan mencapai resolusi atau penyelesaian: Pembicaraan mereka tentang revolusi dan insiden mengerikan medapat sorotan terpanjang dari awal cerita hingga akhir cerita (hal: 101 arb/131 ind). bagai artis yang sedang naik daun. Sampai akhirnya. memaksa Zainab menjadi seorang mata-mata dan memaksanya terjun dalam lembah pelacuran. di antara mereka. mereka merasa jenuh dengan yang dilakukannya. menjelaskan tujuannya. Tak hanya itu. Khalid mulai bergabung dengan komunitas pembela revolusi. Sungguh mengenaskan. Sampai akhirnya. sampai akhirnya ia harus kehilangan harga dirinya. Perlakuan yang ia dapatkan begitu mengerikan. Cinta Zainab kepada Ismail berjalan penuh liku-liku. Beberapa orang mengagumi penyelidikannya dan mengegumi kekayaan informasi rahasia yang di milikinya. Semua mata tertuju padanya. Sampai akhrinya mereka tahu bahwa Khalid Safwan berada di kafe yang sama. Ia merasa putus asa untuk memperbaiki atau mengembalikannya pada kondisi semula.merupakan saudagar kaya di lingkungan miskin. Zainab juga banyak menderita akibat dituduh melawan revolusi. Sampai akhirnya mencoba mengganti topik pembicaraan. justru tidak bersemangat dan lesu. Ia duduk di amping pintu masuk. Beberapa bulan kemudian khalid Safwan muncul kembali dalam kafe. Akhirnya. suatu malam datanglah sesosok wajah asing di kafe Karnak dengan mengapit lengan seorang anak muda. Zainab harus berpisah lantaran hubungannya dengan Ismail. Khalid mulai menjadi bagian dari kafe tersebut. Mereka masih dalam kebingungan dengan tujuan Khalid Safwan datang ke kafe Karnak.ondisi ini masih belum berakhir. Di satu sisi orang tua Zainab yang tidak setuju. ia adalah duda beranak tiga tetapi Zainab menolak lamaran tersebut lantaran ia mencintai Ismail. diskusi yang seperti itu. lantaran Ismail dianggap sebagai batu penghalang kehidupan keluarga Zainab dan Zainab sendiri.

perlu megetahui bahwa sesuai dengan judul novel. Sedang tokoh yang memiliki peranan tidakpenting karena pemunculannya hanya melengkapi. melayani. Penulis mengambarkannya di awal cerita (hal: 6 arb/3 ind). (b) Qurunfula. yang diambilnya sebagai judul. Penulis juga memberikan kepada beberapa tokoh dari novel tersebut porsi yang cukup mendominasi dalam satu bab seperti. (e) Imam fawal. (f) Jum`ah. (k) Muhammad Bahjad. Akan tetapi pembaca yang budiman. Qurunfula. Hanya Qurunfula yang berbada pandangan dengan mereka yang mendukung keberadaan Khalid. Kendati demikian. (n)Munir Ahmad Para pembaca yang budiman. walaupun pembicaraan mereka berpusat pada revolusi. Adapun tokoh-tokoh yang terlibat dalam al-Karnak akan saya sebutkan di bawah ini. maka kita akan mengetahui memiliki suatu karakteristik yang terdiri atas kesatuan. (g) Hilmi Hamada. mendukung pelaku utama disebut tokoh tambahan atau tokoh pembantu[3]. Berikut tokoh-tokoh tersebut: (a)Najib Mahfudz. Oleh karena itu. perlu diketahui bahwa seorang tokoh tidaklah dapat berdiri sendiri atau berlaku sendiri tanpa kehadiran tokoh lain. di tempat inilah sang penulis menghabiskan waktu dengan bertukar pikiran. penulis tetap tidak menafikan kafe. Penokohan . (c) Arif Sulaiman. di dalam novel al-Karnak pun dihadirkan tokoh-tokoh lain agar cerita benar-benar terasa hidup. keseluruhan. kebulatan dan keterjalinan. (j) Rasyid Majdi. (l) Khalid Safwan (m)Ismail al-Syekh. (h) Zainab Diyab. Apabila kita memperhatikan alur yang terjadi di atas. Tokoh Tokoh yang memiliki peranan penting dalam suatu cerita disebut tokohtokoh inti atau tokoh utama. (i) Taha al-Gharib. cerita berpusat pada kafe Karnak. Ismail al-Sykh.dilakukannya. (d) Zainal Abidin. Zainab Diyab dan Khalid Safwan. ia tetap mendapatkan sambutan hangat. namun tidak lepas dari itu. ketika khalid datang untuk bergabung kembali di komunitas kafe karnak.

dan diskusi di kafe yang semua itu adalah merupakan kegiatan yang sering ia lakukan. Secara fisik ia digambarkan sebagai seorang yang gendut.Penokohan dalam sebuah karya sastra berfungsi menjelaskan bagaimana seorang tokoh yang di inginkan oleh narator. Tokoh Qurunfula ini digambarkan penulis dengan dramatik. pengarang menyebutkan bahwa seorang tokoh keras hati.( d) tingkah laku tokoh. (f) dialog tokoh dengan dirinya atau dengan tokoh lainnya. (b) penggambaran fisik atau postur tubuh. Mereka berdua adalah orang yang paling kuat dalam menahan serangan. . keras kepala. yang memiliki mata berwana cokelat berbinar-binar (hal: 12 arb/ 15ind). Secara fisik ia di gambarkan sebagai wanita yang cantik. diuraikan dan dijelaskan secara langsung oleh narator. Keduannya tidak pernah menyerah menolak bahwa kekalahan adalah sebuah kenyataan. membaca koran. penyayang. beliau tidak terlalu dijelaskan. Raqsu Shadr (bossom). dan (g) pola pikir saat menghadapi masalah.an (hal: 5 arb/2 ind). Ia merupakan bidadari impian di era 1940. Najib Mahfudz adalah merupakan pengunjung kafe Karnak. Imam Fawal adalah seorang pelayan dan Jum`a adalah seorang tukang semir sepatu (hal: 41 arb/57ind). (c) cara berpakaian. bintang dari imaduddin. Arif Sulaiman adalah sorang pelayan minuman di kafe Karnak. Ada dua macam cara untuk memperkenalkan tokoh dan karakteristik tokoh dalam fiksi. Dia merupakan sosok teladan yang tidak tertandingi dalam seni dan moral (hal: 49arb/71 ind) karena ia telah merubah tari perut yang melibatkan tiga: Raqsu al Butn (belly). Baik segi fisik maupun watak tokoh. Dalam penokohan al-Karnak keadaan fisik dan watak tokoh-tokoh cerita dideskripsikan. Secara fisik. tetapi disampaikan melalui (a) pilihan nama tokoh. menulis. ia digambarkan sebagai sesosok laki-laki tua yang gemar minum kopi. ia juga merupakan sosok wanita yang santun. raut wajahnya terlihat putih dan patuh (hal: 9 arab/9 ind). berambut putih. wa Raqsu `Ajuz (buttock) (hal: 8 arab/7ind). dan sebagainya. namun ia menceritakan tentang dirinya dengan cara dramatik Qurunfula adalah seorang penari. Ia juga digambarkan penulis dengan dramatik. yaitu sebagai berikut: Secara analitik (langsung): pengarang langsung memaparkan tentang watak atau karakter tokoh. (e) keadaan lingkungannya. Secara dramatik (tak langsung): penggambaran perwatakan yang tidak diceritakan langsung. Ia juga digambarkan penulis dengan analitik.

Rasyid Majdi. alis matanya lebat dan berdahi menonjol (hal: 105 arb/ 135 ind). Zainab Diyab adalah seorang gadis muda yang cantik. secara fisik ia digambarkan sebagai orang yang menarik ia bertubuh kuat. Munir Ahmad adalah merupakan pengunjung kafe Karnak. Ia hanyalah pengunjung kafe yang turut serta dalam membahas revolusi (hal: 101 arb/ 130 ind). perawakanya besar dan gagah (hal: 44 arab/61 ind68). Mereka juga digambarkan penulis dengan dramatik. Ia menjadi mata-mata dan pelacur (hal: 90-91arab/117-118ind). Zainab digambarkan penulis dengan dramatik. Hilmi merupakan pemuda yang penuh kesopanan dan cerdas. Hilmi Hamada adalah seorang mahasiswa kedokteran (hal: 19arb/23ind) yang merupakan pengunjung setia kafe Karnak. selalu bersemangat saat memberikan argumen. langsing dan ramping (hal: 78 arb/103 ind). Khalid Safwan secara fisik digambarkannya sebagai seorang yang bertinggi badan sedang dengan wajah lonjong dan lebar. Dia merupakan wujud nyata tipikal seorang revolusioner (hal: 48 arb/ 68 ind) . Muhammad Bahjad. Ia merupakan aktivis muda yang mengalami pencabulan di salah satu ruang interogasi (hal: 87 arab/115 ind). Penulis menggambarkan tokoh Khalid Safwan ini dengan dramatik. yang setiap gerak langkahnya mampu memikat para lelaki (hal: 47 arb/66 ind). ada beberapa macam penokohan[4]. begitu juga dengan Taha al-Gharib. Penulis juga menggambarkan tokoh Hilmi Hamada ini dengan dramatik. Ia muncul di akhir cerita (hal: 109 arb/140 ind).Ismail al-Syekh merupakan sosok yang khas. Ia digambarkan penulis secara analitik. Selain itu Hilmi adalah pemuda yang penuh keseriusan dan baik hati (hal: 15-16 arb/18-19 ind). Perkembangan Watak Tokoh Ditinjau dari cara dan hasil penggambarannya. Secara fisik ia digambarkan sebagai seorang pemuda yang tampan dan langsing. yang tidak berusaha menyembunyikan keyakinannya. bentuk badannya berkembang dengan bagus. Kondisi Zainab berubah drastis. yaitu sebagai berikut: . Karakter fisik pada mereka tidaklah di gambarkan secara jelas. Kemudian Zainal Abidin Abdullah adalah seorang direktur Humas di sebuah perusahaan (hal: 11 arb/12ind). secara fisik ia digambarkan sebagai wanita berkulit hitam manis.

mereka berdua berubah. yang cantik di masa mudanya. bintang dari imaduddin. mengalami pencabulan di salah satu ruang interogasi (hal: 87 arb/115 ind). bahkan adakalanya tidak berubah sama sekali: seperti: .an (hal: 5 arab/2 ind). Sebagaimana Zainab Diyab. Keduannya tidak pernah menyerah menolak bahwa kekalahan adalah sebuah kenyataan. Akan tetapi seiring dengan berjalannya cerita serta bergulirnya waktu. Sedangkan Ismail al-Syekh adalah orang yang merupakan wujud nyata tipikal seorang revolusioner (hal: 48 arb/ 68 ind).Najib Mahfudz adalah seorang yang bijak. Hilmi merupakan pemuda yang penuh kesopanan dan cerdas. Zainab Diyab seorang wanita yang merupakan aktivis muda. Dia merupakan sosok teladan yang tidak tertandingi dalam seni dan moral (hal: 49arb/71 ind) karena ia telah merubah tari perut yang melibatkan tiga: Raqsu al Butn (belly). wataknya sedikit sekali berubah. . Zainab dan Ismail dibebaskan dengan mempertaruhkan persahabatan sebagai gantinya: mereka berdua menjadi matamata untuk mengawasi Hilmi. 2. . Hal ini dapat dilihat pada setiab halaman yang menunjukkan kebijakannya dalam menanggapi setiap masalah. Selain itu Hilmi adalah pemuda yang penuh keseriusan dan baik hati (hal: 15-16 arb/18-19 ind). sebagai orang yang telah dirusak. Penokohan dinamis.Hilmi Hamada selalu bersemangat saat memberikan argumen. sahabat karib mereka. yaitu pelukisan watak sang tokoh tetap tidak berubah ubah dari awal sampai akhir cerita. Ia menjadi mata-mata dan pelacur (hal: 90-91arb/117-118ind). Kemudian ia jua merupakan tokoh yang sangat kritis (hal: 113-117 arb/146-148 ind) . Mereka berdua adalah orang yang paling kuat dalam menahan serangan atas peperang yang terjadi.1.Zainab dan Ismail al-Syekh. Tokoh Hilmi sama sekali tidak berubah dari awal sampai akhir cerita. . wa Raqsu `Ajuz (buttock) (hal: 8 arab/7ind). yaitu watak sang tokoh berubah atau berkembang dari waktu ke waktu dan dari tempat ke tempat sesuai dengan situasi yang dimasukinya: . Raqsu Shadr (bossom). dan baik hati. Kecantikannya masih memukau siapa saja yang melihatnya. ia juga merupakan sosok wanita yang santun.Qurunfula yang digambarkan sebagai seorang penari. Kondisi Zainab berubah drastis. Penokohan statis.Imam Fawal dan Jum`ah. bidadari impian di era 1940. santun.

Khalid Safwan oleh penulis digambarkan sebagai Khalid kaki-tangan pemerintah yang berwenang menangkap orang-orang yang dianggap sebagai penghianat revolusi. Hingga akhirnya penulispun mengakhiri ceritanya di tempat tersebut. Latar Tempat Latar tempat adalam novel al-Karnak menunjukkan lokasi terjadinya cerita. Aspek ini mencangkup pengertian suatu cerita itu terjadi pada waktu. terdapat bebrapa latar yang membangun. latar waktu dan Latar sosial. Seperti latar tempat. Seluruh kejadian cerita dalam novel al-Karnak bertempat di Mesir. Dalam novel al-Karnak. Latar tidak hanya terbatas pada aspek geografis waktu dan tempat. Meski. atau mengalami peristiwa. latar spiritual. orang yang angkuh (hal: 105 arb/135 ind). tetapi juga menyangkut aspek sosial budaya dan emosional.. Menjadikan kita mampu berimajiasi tentang tempat yang di gambarkan sang pengarang. dimana . maka saya tidak dapat menguraikan latar sosial. Namun agaknya sikapnya sedikit berubah dari sebelumnya. Iatar tempat. beraktifitas. sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika bagian timur laut. sosiologi dalam masyarakat serta dalam nuansa emosional yang dituangkan dalam sebuah karya sastra. waktu. Dengan luas wilayah 997. dalam novel tersebut juga terdapat beberapa tempat seperti penjara. (teori Strukturalisme Dinamik dan teori Sosiologi Sastra). Latar Latar adalah penggambaran ruang. Maka. Selain itu. Karena saya hawatir mencampur adukkan antara dua teori dan dua konsep yang berbeda.739 km2. lantaran banyaknya peristiwa yang terjadi di kafe tersebut. Di sini kafe al-Karnak mendapatkan posisi sebagai tempat yang paling sering di sebutkan. dalam mengungkap latar suatu cerita. Akan tetapi. karma dalam membedah novel ini saya menggunakan teori struktualisme dinamik. dan latar suasana sosial budaya. semua aspek itu hendaknya harus kita analisis. yaitu latar waktu. Ia menjadi keuarga dalam kafe Karnak setelah ia dipenjara dan hartanya habis. dan segala situasi yang menjadi ruang bagi tokoh cerita untuk hidup.

Inggris dan Israel. menit. Jamal Abdul Nasser ingin mengundurkan diri dari dunia . saya pribadi belum mengetahui secara jelas di mana kafe ini berada. kapan suatu peristiwa yang terjadi. Latar Waktu Waktu dalam pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah seluruh rangkaian saat ketika proses. Menurut Roger Allen[5]. Ia merupakan presiden mesir kedua setelah Muhammad Najib. Akan tetapi. Bahkan. kita dapat menganalisa. yaitu. sampai akhirnya Hilmi Hamada meninggal karena di tuduh bergabung dengan Ikhwanul Muslimin atau penentang revolusi.beberapa tokoh sempat berada di dalamnya dan mengalami siksaan yang begitu menyakitkan. Untuk itu. mengatakan bahwa peristiwa 1967 dikenal oleh bangsa Arab sebagai al-naksa (kemunduran) yang bermula dari pengunduran presiden Mesir. Dan dalam isi cerita yang menunjukkan rujukan kejadian pada peristiwa mengerikan Juni 1967. Mesir. Setelah kalah dalam perang enam hari perang gabungan dari tiga Negara Arab. Adanya latar tempat tidak dapat berdiri sendiri. Dengan disampaikannya latar waktu oleh seorang pengarang. Jamal Abdul Nasser presiden yang mampu membangkitkan semangat Nasionalisme Arab dan Pan Arabisme yang mengakibatkan krisis Suez yang membuat Mesir berhadapan dengan Perancis. jam. Skala waktu diukur dengan satuan detik. novel ini merujuk pada peristiwa di era tersebut. Di akhir cerita penulis menunjukkan cerita rekaannya diselesaikan pada bulan Desember 1971. Novel al-Karnak memberikan gambaran waktu yang sangat jelas. Najib Mahfudz membangunnya dengan menghadirkan tokoh. Jamal Abdul Nasser. perbuatan atau keadaan berlangsung. hari sampai ke abad. itu artinya. kita akan mendapatkan informasi yang sangat jelas. Yordania dan Surriyah dengan Israel pada tahun 1967.

Gaya Bahasa Gaya bahasa adalah pemanfaatan kekayaan bahasa. Namun terlepas dari itu semua. Istilah gaya menurut Aminuddin (2000:72) diangkat dari istilah style yang berasal dari bahasa latin stillus dan mengandung arti leksikal alat untuk menulis . teknik yang secara sengaja dipilih pengarang untuk mengemukakan gagasan dan ceritanya. Jamal Abdul Nasser meninggal[6] akibat penyakit jantung dua minggu setelah peperangan usai pada 28 September 1970. masih diragukan jika ia ikut serta dalam revolusi. keseluruhan cirri bahasa sekelompok penulis sastra. baik secara lisan maupun tertulis. Gaya mengandung pengertian cara seorang pengarang menyampaikan gagasannya dengan menggunakan media bahasa yang indah dan harmonis . Najib Mahfudz menggunakan cara atau sudut pandang sebagai first person participant narrator (orang pertama atau pencerita tunggal sertaan). Yang mana dalam hal ini Najib Mahfudz merincikan peristiwa tersebut (hal: 42 arb/69 ind). Sudut pandang Sudut pandang merupakan cara. Menurut Wiyanto (2005:83) mengemukakan sudut pandang adalah posisi pencerita (pengarang) terhadap kisah yang diceritakannya. dan cara khas dalam penyampaian pikran. Dalam novel al-Karnak dilihat dari sudut pandangnya. pemakaian ragam tertentu. Jamal Abdul Nasser sekali lagi memimpin Mesir dalam peperangan 1969-1970. karena tidak ada sejarah yang mencatat ia tergabung didalamnya. yang akhirnya digantikan oleh Anwar Sadat sebagai presiden mesir. Seperti itulah kejadian peristiwa yang saya ketahui. yang mana ia menyebut dirinya dengan kata aku . itu berarti ia hadir dan menjadi salah satu tokoh di dalamnya.politik akan tetapi rakyaat mesir menolaknya.

Yang mana dari awal sampai akhir. . kekaguman seorang Najib terhadap Qurunfula (Hal 5 ind/16 arb) . Namun. Revolusi VS Reformasi Dalam diskursus mengenai change (perubahan). Apabila kita meninjau lebih jauh dari kalimat-kalimat di atas. maka kita akan mengetahui ada unsur balaghah di dalamnya. kita dapat menilai bahwa bahasa yang beliau gunakan memiliki keindahan estetik. mungkin masih terdapat banyak kesalahan. . . . kiranya itulah yang mampu saya uraikan dari novel alKarnak yang kali ini saya menggunkan metode penelitian strukturalisme. Tanpa bermaksud melebar dari pembahasan. Prosa Khalid Safwan yang disebutkan oleh Najib Mahfudz pada hal: 108 arb/138-139ind . maka dalam hal ini sudahlah pasti menunjukkan keindahan bahasa yang ia gunakan. Seperti prosa di atas yang menunjukkan adanya ilmu badi`. Cacian Qurunfula terhadap Zainal Abidin (hal: 18 arb/23ind) seperti di bawah ini yang merupakan bentuk majas sindiran sinisme. . Akan tetapi. seperti layaknya saudara kembar. Najib Mahfudz merupakan pemenang Nobel Sastra. mugkin pembaca ingin mengetahui bagaimana gaya bahasa seorang sastrawan mengalir dengan indah? Mari kita lihat bersama contoh-contoh yang saya ambil dari beliau sebagai berikut. sekecil apapun pasti ada terdapat perbedaan. Dari contoh-contoh di atas. . banyak sekali terminologi yang mempunyai makna dan arti yang mirip.serta mampu menuansakan makna dan suasana yang dapat menyentuh daya intelektual dan emosi pembaca[7].

perkembangan. Perubahan terencana menandakan adanya persiapan yang matang menyangkut sumber daya. modernisasi. Pada masa orde lama. pembangunan. the artificial inducement of administrative transformation against resistance. bahwa reformasi adalah perubahan yang terencana atau perubahan yang dipersiapkan secara sengaja/diinginkan. administrasi. sejak Indonesia merdeka. Reformasi juga diakui Caiden a never ending process. pertahanan&keamanan dll dilakukan secara overhaul (menyeluruh). perkembangan. reformasi. dapat dilakukan dengan cara menyeluruh (overhaul) atau hanya pada bidang tertentu diikuti bidang-bidang lainnya secara bertahap (piecemeal strategies). pemerintahan Sukarno telah melakukan reformasi secara menyeluruh. hukum. dan sasaran yang hendak tercapai secara terukur. yakni top down model.Transformasi. Sebenarnya. perubahan yang dilakukan secara bertahap yang bergerak progresif dalam jangka waktu yang panjang dan seringkali mewujud dan mengacu pada westernisasi atau amerikanisasi. sosial. Ali Farazmand (2002) meringkas adanya tiga model dalam melakukan reformasi dari asal-muasalnya. yang pada dasarnya menekankan pada adanya perubahan. namun karakteristik dan sifatnya sedikit berbeda dengan saudara-saudaranya. pada dasarnya juga merupakan perubahan. Dua istilah terakhir adalah dua hal yang akan coba kita kupas lebih dalam dan akan coba kita kaitkan dengan situasi kontemporer yang terjadi di dalam tata kelola sistem kenegaraan di dunia saat ini. industrialisasi: salah satu segi dari pembangunan yang mencakup perubahan ke arah yang spesifik yaitu mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Gerald E Caiden menjelaskan apa yang disebut sebagai reformasi. perubahan yang bergerak dinamis. dimana sentuhan terhadap semua bidang itu tidak dilakukan secara mendalam (shock terapy). Indonesia telah melakukannya. dan instrumen dengan prasyarat adanya visi. perubahan yang mana hasilnya bisa lebih baik atau lebih buruk dari keadaan semula dan tidak memerlukan adanya upaya tertentu. Pada cara overhaul dilakukan perbaikan di banyak bidang ser. pembangunan. Masa Suharto. Apabila kita merujuk kepada pengertian reformasi yang disebutkan oleh Caiden. modernisasi. reformpun dilakukan dengan rencana-rencana pembangunannya yang . sistem. dan revolusi kesemuanya itu adalah keluarga besar change. Reformasi merupakan perubahan terencana (planned change) atau perubahan yang dipersiapkan secara sengaja/diinginkan (intended change). misi. Banyak orang salah mengartikan bahwa Indonesia melakukan awal reformasi di akhir pemerintahan Suharto.ba sedikit (tidak mendalam). Di Indonesia wacana mengenai reformasi timbul sebelum runtuhnya rezim Suharto dan puncaknya terjadi ketika Suharto mundur dan tergantinya pergantian rezim dan rezim yang baru dinamakan era reformasi. sehingga pemerintahan Sukarno harus membangun akar agar pemerintahan selanjutnya bisa menguatkan akar dan mulai membangun batang dan daun. Dari cara melaksanakan reformasi. Indonesia telah melakukan reformasi. AF Leemans (1970) menyatakan. dimana segala perbaikan yang terencana terhadap kondisi perekonomian. mengingat Indonesia pada waktu itu baru merdeka. Transformasi. Reformasi. bottom-up model dan institutional model. maka sejak Indonesia merdeka. perubahan ke arah yang lebih baik dengan perencanaan yang tersusun secara sistematis. industrialisasi. sedangkan piecemeal strategies dilakukan secara mendalam (shock therapy).

pemerintahannya diakhiri dengan berbagai catatan hitam. Selain reformasi alternative perubahan sistem kenegaraan lainnya adalah dengan revolusi. Revolusi tidak hanya bergantung kepada sosok kepemimpinan saja. terdapat penekanan secara mendalam terhadap bidang tersebut. mungkin baru bisa dibenarkan dan sesuai dengan konsep reformasi yang sesungguhnya. Revolusi Kuba tidak hanya berhasil karena factor kepemimpinan Fidel Castro. walaupun batang yang dibangun Suharto belum sempurna dan malah mengalami kecacatan. Hal itu. Alternatif pencapaian dari revolusi lebih banyak dari reformasi yaitu revolusi bisa dirncanakan dan bisa juga tidak. Dari pengertian tersebut. itu berkat reformasi yang dilakukannya secara bertahap terhadap beberapa bidang saja. cukup untuk menguatkan akar. logika. Era reformasi (baca:pasca lengsernya soeharto) adalah hanya sebuah simbol sebuah rezim. cara pelaksanaan dari proses antara revolusi dan reformasi juga berbeda. hal itu merupakan hal yang memang seharusnya terjadi. namun. Jadi. Akan tetapi. Indonesia telah melakukan reformasi dari dulu dan pada masa berakhirnya rezim Suharto. kekompakan tim. Contohnya. Revolusi bisa saja memakan waktu yang lama. harus diakui juga bahwa pada masa itu Indonesia pernah mengalami masa kejayaan sebagai negara agraris. dan mungkin juga sebuah komitmen untuk melakukan reformasi yang lebih baik. diantaranya bidang ekonomi dan pertanian. Walaupun. sebenarnya waktu tidak merupakan ukuran mutlak suatu revolusi. dan kloni-kloninya. Kini Indonesia pada masa reformasi juga telah melakukan reform. statement yang mengatakan bahwa Indonesia melakukan reformasi pada waktu era pasca lengsernya soeharto saja adalah keliru. sehingga rezim tersebut dinamakan era reformasi. sementara revolusi dilakukan bisa dengan dua cara yaitu dengan atau tanpa kekerasan. anak-anaknya. rezim yang baru harus membuat perubahan yang terencana agar negara tidak mengalami resistensi atau status quo. dan propaganda yang dilakukan sehingga rezim Batistapun runtuh dan perubahan . akan tetapi. merupakan puncak dari reformasi atau momentum yang tepat untuk menyempurnakan reformasi terdahulu. dimana setiap pergantian rezim. Di dalam revolusi. akan tetapi factor-faktor lain seperti elemen perjuangan dan sarananya juga berpengaruh. dan romantika yang mengatur bagaimana revolusi itu tetap berada di relnya. Revolusi. Dimana reformasi menggunakan konsep overhaul dan incremental. Di dalam revolusi terdapat penggunaan hukum berfikir dialektika. terdapat indikasi adanya sedikit perbedaan antara reformasi dan revolusi yaitu pada alternative pencapaiannya dan cara pelaksanaannya. Revolusi sering diidentikkan orang dengan kecepatan waktu proses perubahannya. dipengaruhi oleh banyak faktor. seperti revolusi industri di Inggris yang memakan waktu berpuluh-puluh tahun. dan membangun batang. dengan menggunakan hukum pertentangan dialektika tidak bergantung pada satu faktor saja akan tetapi.dikenal dengan repelita. yang mana hal tersebut disebabkan oleh krisis ekonomi dan korupsi yang dilakukannya. Selain itu. perubahan yang terjadi dapat direncanakan atau tanpa direncanakan terlebih dahulu dan dapat dijalankan tanpa kekerasan atau melalui kekerasan. namun juga didukung oleh elemen perjuangannya seperti komitmen. Kalau dikatakan bahwa. Pengertian dari revolusi sendiri menurut situs Wikipedia adalah perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat.

Sementara Kaum Fabian adalah kaum yang berlawanan dengan marxisme. Contoh revolusi sosial. dengan argument yang menyatakan bahwa revolusi merupakan langkah yang utopis untuk meruntuhkan kapitalisme. karena kapitalisme itu bisa diruntuhkan dengan perubahan secara bertahap dan perlu penyesuaian dengan perkembangan perekonomian terutama yang terjadi di negara industri. Contoh revolusi ini. kritik terhadap marxisme yang identik dengan revolusi sebagai cara untuk mencapai kemaslahatan rakyat (dalam marxisme yaitu masyarakat komunis) datang dari kaum revisionis dan kaum Fabian. karena dianggap menyimpang dari apa yang menjadi roh marxis. Vietnam. seperti perjuangan kaum proletar yang melakukan revolusi sebagai wujud pertentangan kelas dengan kaum borjuis. revolusi Amerika Serikat. Berdasarkan realita empiris. dan kebesarannya memberikan makna dan romantika sendiri bagi para revolusioner dan rakyat. Sebagai seorang penganut marxisme. dikutuk oleh para penganut marxisme. namun non-marxispun seringkali mengalami silang pendapat mengenai hal ini. lama-kelamaan kaum ini mulai banyak pengikutnya dan banyak mempengaruhi ideology partai-partai beraliran marxis. dengan tujuan akhirnya membentuk masyarakat komunis (tanpa kelas). Kaum revisionis adalah penganut marxisme yang menginginkan perubahan frame berfikir marxis yaitu dari revolusi ke reformasi. Namun. konsep revolusi terus berkembang. Tokoh dari kaum ini adalah Eduard Bernstein. revolusi yang ditujukan untuk melakukan perubahan sosial demi mencapai kemaslahatan umat. Revolusi nasional. revolusi prancis. Romantika revolusi menunjukkan bagaimana proses dan perjuangan melaksanakan revolusi. lenin menjadikan revolusi sebagai konsep perubahan yang dilakukannya di Rusia. dan Indonesia. Logika revolusi mengatur bagaimana waktu yang pas revolusi itu harus tercipta. dia akan datang dengan sendirinya ketika waktunya telah tiba. yaitu revolusi yang ditujukan untuk melakukan perlawanan terhadap imperialisme kaum penjajah demi kemerdekaan bangsa. Banyak sekali tokoh-tokoh dan pemimpin besar menganut ajaran Marx tentang revolusi. sehingga nilai-nilai revolusi. baik reformasi dan revolusi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. kenangan. dan untuk menerapkannyapun. Pro dan kontra mengenai revolusi dan reformasi sebenarnya tidak hanya terjadi di tubuh para penganut marxisme. Karl Marx merupakan salah satu pemikir besar dengan pengaruh besar yang menawarkan adanya revolusi sebagai cara untuk melakukan perubahan sosial. Lenin adalah salah satunya. Revolusi sosial. Banyak sekali tokoh-tokoh dan pemikir yang menggunakan revolusi sebagai teknik perjuangannya untuk melakukan perubahan sosial. Dalam perkembangannya. Kaum revisionisme ini. sehingga pada akhirnya tercipta masyarakat komunis. apapun itu.sosialpun tak terelakkan. Namun. (atau dalam terminology reformasi dikenal dengan incremental). mereka lebih memilih berjuang dengan basis serikat buruh dan reformasi sebagai instrumen perjuangannya. harus diperhatikan fenomena sosial yang terjadi di negara dimana reformasi . yang tidak sepakat dengan pencapaian komunis melalui revolusi dan partai buruh. karena revolusi itu tidak bisa dipercepat atau diperlambat. dimana revolusi itu dibedakan menjadi dua yaitu revolusi sosial dan nasional.

Di dalam revolusi. definisi terbaik dalam memberi label reformis adalah kepada mereka yang hendak memperbaiki tatanan yang ada melalui reformasi. tapi dalam praktek politik sehari-hari jauh lebih susah untuk melakukan itu. anda pilih mana? Revolusi atau reformasi? Menjadi seorang revolusioner atau seorang reformis? Perbedaan antara revolusi dan reformasi Perbedaan antara kaum reformis dan kaum revolusioner tidak selalu jelas. perubahan yang terjadi dapat direncanakan atau tanpa direncanakan terlebih dahulu dan dapat dijalankan tanpa kekerasan atau . dan label revolusioner kepada mereka yang. maupun penggunaan institutsi dan mengajukan reformasi. pada saat yang sama berjuang untuk memodifikasi tatanan tersebut secara mendalam. tidak dapat digunakan sebagai kriteria dalam menarik garis demarkasi antara revolusi dan reformasi. meskipun mendorong reformasi. di pihak lainnya. lihat Revolusi (disambiguasi). Revolusi adalah perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. baik penggunaan kekerasan. Maka. walaupun mereka mengetahui bahwa reformasi adalah nama yang diberikan untuk perubahan-perubahan yang membiarkan kekuasaan negeri di tangan kelas penguasa yang lama . akan lebih mudah untuk membedakannya. Kesimpulannya. So. karena seperti dikatakan oleh Norberto Bobbio reformasi tidak selalu diajukan untuk menghindari revolusi.atau revolusi itu ingin diterapkan. membawa perubahan yang tidak dapat terjadi tanpa keluar dari tatanan yang ada sebelumnya. Masalahnya bukanlah mengatakan ya atau tidak kepada reformasi. pun revolusi tidak harus dihubungkan dengan penggunaan kekerasan . di satu pihak. Nyatanya. para pendiri Marxisme selalu mendukung pertempuran untuk reformasi. Untuk kegunaan lain dari Revolusi. apa kriteria yang harus digunakan? Menurut saya. Ketika kedua posisi ini dikembangkan menjadi hasil akhirnya yang logis. tapi memeriksa kapan saat yang masuk akal untuk memperjuangkan reformasi dan bagaimana memetik buah revolusioner darinya.

setelah Hugo Chavez menjadi presiden ia segera merombak tatanan agraria. Kader-kader revolusi harus dibangun sedemikian rupa dengan kesadaran kelas dan kondisi nyata di sekelilingnya. logika. di mana ia dibangun. menjebol dan membangun. karena karakter kerakyatannya. beserta kenangan dan kebesarannya. revolusi umumnya dipahami sebagai perubahan politik. Revolusi senantiasa berkaitan dengan dialektika. Model Revolusi Bolshevik kemudian ditiru dalam Perang Saudara Tiongkok pada 1949 . Menjebol dan membangun merupakan bagian integral yang menjadi bukti fisik revolusi. Pada abad 20. diubah menjadi tatanan yang besar peranannya untuk rakyat. terjadi sebuah perubahan bersifat revolusi sosial yang kemudian dikenal dengan Revolusi Rusia. Banyak pihak yang membedakan karakter Revolusi Rusia ini dengan Revolusi Perancis. China. tak hanya figur pemimpin. kemudian Revolusi Amerika. revolusi mencakup jenis perubahan apapun yang memenuhi syarat-syarat tersebut. Dialektika revolusi mengatakan bahwa revolusi merupakan suatu usaha menuju perubahan menuju kemaslahatan rakyat yang ditunjang oleh beragam faktor. Proletar. Misalnya Revolusi Industri yang mengubah wajah dunia menjadi modern. dan banyak negara lainnya. menjebol. Revolusi Amerika lebih merupakan sebuah pemberontakan untuk mendapatkan kemerdekaan nasional. seperti di Bolivia. ia akan datang pada waktunya.melalui kekerasan. Dalam definisi yang lebih sempit. namun dianggap 'cepat' karena mampu mengubah sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat seperti sistem kekeluargaan dan hubungan antara buruh dan majikan yang telah berlangsung selama ratusan tahun. dan membangun dari sistem lama kepada suatu sistem yang sama sekali baru. Sejarah modern mencatat dan mengambil rujukan revolusi mula-mula pada Revolusi Perancis. Dalam pengertian umum. Sementara Revolusi Perancis kerap disebut sebagai revolusi borjuis. Telah banyak tugu peringatan dan museum yang melukiskan keperkasaan dan kemasyuran ravolusi di banyak negara yang telah menjalankan revolusi seperti yang terdapat di Vietnam. Indonesia. Revolusi menghendaki suatu upaya untuk merobohkan. romantika. namun juga segenap elemen perjuangan beserta sarananya. Logika revolusi merupakan bagaimana revolusi dapat dilaksanakan berdasarkan suatu perhitungan mapan. di mana tanah untuk rakyat sungguh diutamakan yang menyingkirkan dominasi para tuan tanah di banyak daerah di negeri itu. atau Komunis. Namun. bahwa revolusi tidak bisa dipercepat atau diperlambat. Maka konsep revolusi kemudian sering dipilah menjadi dua: revolusi sosial dan revolusi nasional. ketimbang sebuah revolusi masyarakat yang bersifat domestik seperti pada Revolusi Perancis. Tatanan lama yang busuk dan menyesatkan serta menyengsarakan rakyat. Misalnya revolusi industri di Inggris yang memakan waktu puluhan tahun. Ukuran kecepatan suatu perubahan sebenarnya relatif karena revolusi pun dapat memakan waktu lama. yaitu kemaslahatan rakyat. Romantika revolusi merupakan nilai-nilai dari revolusi. sedangkan Revolusi Rusia disebut Revolusi Bolshevik. Romantika ini menyangkut pemahaman historis dan bagaimana ia disandingkan dengan pencapaian terbesar revolusi. Begitu juga dengan revolusi pada kasus perang kemerdekaan Vietnam dan Indonesia. Rusia.

Ho Chi Minh di Vietnam. terdapat 2 tipe Revolusi Politik : 1. misalnya. Dalam Revolusi Rusia. ekonomi dan institusi sosial politik Contoh Revolusi Politik : . Revolusi lain yang mengedepankan seorang tokoh. dll. Modifikasi Konstitusi Yang Sudah Ada Revolusi akan berdampak pada perubahan sosial. misalnya Fidel Castro di Kuba. Ayatullah Khomeini di Iran. Mao Tse-Tung di Republik Rakyat Cina. Revolusi Politik Definisi : Perubahan kekuasaan dan struktur organisasi yang bersifat fundamental (mendasar) yang terjadi dalam periode relatif singkat Menurut Aristoreles.Karakter kekerasan pada ciri revolusi dipahami sebagai sebagai akibat dari situasi ketika perubahan tata nilai dan norma yang mendadak telah menimbulkan kekosongan nilai dan norma yang dianut masyarakat. berperannya sebuah partai pelopor (avant garde). Che Guevara di Amerika Selatan. adanya sebuah elemen ideologi. Corazon Aquino di Filipina ketika Revolusi EDSA. [sunting]Pemimpin Revolusi umumnya mensyaratkan hadirnya seorang pemimpin kharismatik. Perubahan Konstitusi Secara Menyeluruh 2. Lenin dan tokoh puncak Partai Komunis mampu menjadi pemimpin yang kharismatik.

Revolusi Bolshevik di Rusia Revolusi Perancis. Apa syarat-syarat keberhasilan sebuah revolusi ? . di Perancis Revolusi Amerika di Amerika Revolusi Iran Revolusi The People Power di Filipina Pertanyaan Diskusi : 1. Faktor-faktor apakah yang mendorong terjadinya revolusi ? 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful