P. 1
Kecamatan Pekanbaru Kota

Kecamatan Pekanbaru Kota

|Views: 457|Likes:
Published by Agus Yahib Feny

More info:

Published by: Agus Yahib Feny on Jan 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2014

pdf

text

original

Tugas Kelompok PKLH

Dosen Pembimbing Dra. Hj. Bedriati Ibrahim, M,Si

Keadaan Lingkungan Kecamatan Pekanbaru Kota

Oleh Kelompok V:

Oleh Kelompok V:
Intan Fadilah Feny Agustini Perawati Rahma Wahyuning Lestari Fernando Simatupang Zeri Putra

Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Pekanbaru 2011

dan kelestariaan dari kecamatan pekanbaru kota. Wasalam. november 2011 Pemakalah . keadaan pembangunan.KATA PENGANTAR Puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT karena berkat ialah kami dapat menyelesaikan tugas PKLH yang berjudul Keadaan Lingkungan Kecamatan Pekanbaru Kota Tulisan ini berisi tentang keadaan lingkungan. Pekanbaru. Semoga makalah yang jauh dari kesempuranaan ini bermanfaat bagi para pembaca. Dan kami mengharapkan kritik dari pembaca sekalian untuk menyempurnakan tulisan ini.

.......................DAFTAR ISI Kata Pengantar..................................................................................................................... Peta Kecamatan Pekanbaru kota..... Tujuan observasi««««««««««««««««««««««««««........................... Metode pengolahan data«««««««««««««««««««««««......................... Latar belakang«««««««««««««««««««««««««««........... Pokok permasalahan«««««««««««««««««««««««««................................................................................................................................................ BAB I Pendahuluan........ b) Pembangunan Kec........................... 4........................................................... 1.................................................................................. ...... f) TPA«««««««««««««««««««««««««««««««............................................................... BAB III Penutup....... c) Keadaan Lingkungan««««««««««««««««««««««««« d) Keadaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern (mall)«««««««««««« e) Sanitasi Air «««««««««««««««««««««««««« ....................... Komentar dan saran................... BAB II Pembahasan............ Pekanbaru Kota«««««««««««««««««.................................................................................. 2............. a) Keadaan jumlah penduduk«««««««««««................... 3....«......................................................................................... Kesimpulan..

Seperti apa keadaan pasar tradisonal dengan pasar modern 5. Agar mengetahui keadaan lingkungan yang berwawasan lingkungan 4. Latar belakang Lingkungan hidup sangat perlu diperhatikan. Permasalahan 1. Selain itu faktor lingkungan perlu diperhatikan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan kualitas manusia. Dengan obeservasi mka kita dapat mengetahui bagaimana pemangunan yang berwawasan lingkungan. Semoga melalui laporan obeservasi tersebut akan tercipta kesadaran social terhadap pentingnya menjagakondisi lingkungan agar tetap stabil dan alami. Pengaturan sanitasi air 4. 3. Untuk memenuhi tugas PKLH 2. Mengingat pentingnya lingkungan hiudp maka kami melakukan obesrvasi ke kecamatan pekanbaru kota. Agar tercipta kesadaran social terhadap pentingnya menjagakondisi lingkungan agar tetap stabil dan alami. Tujuan Observasi Tujuan Observasi tersebut adalah sebagai berikut: 1. Agar mengetahui secara langsung keadaan lingkungan kecamatan pekanbaru kota 3. Bagaimana tataan kecamatan pekanbaru kota 2.BAB I PENDAHULUAN 1. 2. Bagaimana keadaan lingkungan yang bersih 3. Hal ini dikarenakan lingkungan hidup yang bersih akan menghasilkan kehidupan yang sehat. Seperti apa TPA kecamatan pecan baru kota .

yaitu sebagai berikut: 1. Metode Pengolahan Data Untuk membantu menganalisa permasalahan di atas. Mengadakan diskusi antar anggota dan antar kelompok secara informal mengenai keadaan lingkungan kecamatan pekanbaru kota .4. Mencari literatur guna membantu penyusunan laporan makalah 4. Melakukan wawancara 3. Melakukan observasi agar mengetahui secara langsung keadaan kecamatan pekanbaru kota 2. penyusun melakukan beberapa tahap pengolahan data sebagai pendekatan dalam penyusunan laporan obaservasi.

PETA KECAMATAN PEKANBARU KOTA .

suka ramai 5.914 jiwa.639 jiwa.403 jiwa dan kota tinggi 3. Di sekitar jalannya jarang terlihat sampah. Namun.847 jiwa. Dari keseluruhan jumlah penduduk kecamatan ini yaitu 28. Di sekitar jalan dan ruko telah ada tempat sampah dan sudah cukup teratur. Karena letak kec. Pembangunan Kecamatan Pekanbaru Kota Kec.146 jiwa.BAB II PEMBAHASAN Kecamatan Pekanbaru Kota A.1 keadaan ruko didaerah pinggiran kecamatan pekanbaru kota .832 jiwa.935 jiwa.906 jiwa.057 jiwa. ini dekat dengan ibu kota maka keadaannya sudah cukup bersih. ini terletak dekat dengan ibu kota sehigga tata letak pembangunannyapun saling berdekatan begitu pula rumah penduduk. belum juga bisa dikatakan kec. Sedangkan daftar penduduk berdasarkan jenis pekerjaan yaitu 30. tanah datar 6. B. Keadaan jumlah Penduduk Kecamatan pekanbaru kota terdiri dari enam kelurahan yaitu: simpang empat yang berjumlah 1. Jumlah penduduk berdasarkan pendidikan akhir berjumlah 28. Jumlah penduduk berdasarkan agama berjumlah 28. Gambar 1. ini berwawasan lingkungan.539 jiwa. kota baru yang jumlah penduduknya 5. suma hilang yang penduduknya berjumlah 5.

2 jelas terlihat keadaan rumah penduduk belum memperhatikan keadaan lingkungan disekitarnya. antara daerah pinngiran dengan daerah kecamatan yang dekat dengan ibu kota jelas terlihat keadaan lingkungannya. Walaupun masih terdapat kekurangan. Pembangunan didaerah pasar atau daerah pinggiran kecamatan pekanbaru kota tata letak ruko. Pada gambar 1. serta tidak adanya pepohonan disekitar ruko maupun rumah penduduk. Didaerah pinggiran ini sangat sedikit sekali tempat-tempat penghijauan ataupun pohon-pohon yang di tanam sekitar jalan. Bisa dikatakan kecamatan pekan baru kota sudah mulai memperhatikan kelestarian dengan pembangunan. Pembangunannya belum berwawasan lingkungan. rumah-rumah maupun pembangunan lainnya tidak memperhatikan daya dukung lingkungan sekitarnya.2 keadaan rumah penduduk pada daerah pinggiran Pada gambar 1.1 merupakan salah satu contoh pembangunan ruko yang tidak memperhatikan kelestariaan tataaan lingkungan hidup. Gambar 1. padahal polusi yang dihasilkan sangat banyak sekali dan hal ini dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan memebuat penyakit terhadap penduduk sekitar. Rumah dibangun secara berhimpitan sehingga tidak ada . tidak semuanya pembangunan di kecamatan pekanbaru kota bersih. Namun.Karena letaknya di ibu kota dan padatnya ruko serta rumah penduduk membuat kecamatan pekanbaru kota ini gersang dan serta kurangnya pepohonan. Di daerah pasar atau daerah pinggiran kecamatan pekanbaru kota belum terlihat bersih dan tataan ruko dan rumah penduduk juga tidak teratur.

Berdasarkan pengamatan kami dari tempat hasil yang mempunyai kebersihan yang layak hanya sekitar 65%. Gambar 1. Cuba kita bandingkan lingkungannya dengan keadaan penduduk didaerah pinggiran. Di daerah lingkungan pinggiran kecamatan pekanbaru kota didepan rumah penduduknya sampah ditumpukan dan sebagian sampah tersebut dibakar. Disekitar kota sudah terlihat bersih. Didepan rumah penduduk juga ada selokan dan tidak terlihat adanya sampah disekitar selokan. Di sekitar jalan protokol terlihat sangat bersih. Didaerah pinggiran keadaan lingkungannya belum berwawasan lingkungan. Namun. masih terlihat kotor dan tidak sehat. Begitu juga dengan keadaan rumah penduduk. Hal ini mungkin karena letaknya yang dekat dengan ibu kota. Adapun jumlah penduduk dikecamatan pekan baru kota yaitu 28.ruangan untuk menanam tanaman. keadaan yang bersih hanyalah rumah yang terletak dekat dengan perkotaan. padahal menanam tanaman disekitar perkarangan sangat perlu adanya karena melindungi kita dari polusi yang ada. Penduduk sudah mulai menjaga keadaan lingkungan sekitarnya dengan memanfaatkan flora yang ada.847 jiwa. Di setiap perkaran rumah penduduk telah ada pepohonan serta taman dan tempat sampah di tiap-tiap rumah penduduk kecamatan pekanbaru kota. .3 parit Di setiap ruko dan pembangunan yang ada telah disediakan tempat sampah untuk membuangnya serta disetiap jalan ada selokan. C. Keadaan Lingkungan. Selain itu terdapat selokan yang tersumbat hal yang demikian dapat mengakibatkan banjir.

4 parit Pada gambar 1. . kurangnya perhatian pemerintah setempat terhadap daerah tersebut atau kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan. pemerintah setempat telah memberi pengarahan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan.Padahal hal tersebut dapat mengakibatkan polusi udara dan polusi tanah. Hal yang demikian tidak hanya merusak lingkungan tetapi juga menyebabkan polusi air. selain itu pemerintahan setempat juga mengadakan penghijaun dan menanam pepohonan guna menjaga kelestarian lingkungan. gambar 1. Lingkungan yang bersih hanya terlihat disekitar perkotaannya saja namun jika kita telusuri didaerah pinggiran lingkungannya kurang sehat dan perlu dilestarikan lagi.3 dan gambar 1. Berdasarkan hasil wawancara yang kami dapat. Tidak bersihnya lingkungan daerah pinggiran tersebut bisa disebabkan karena kurangnya tempat sampah.4 terlihat parit merupakan tempat pembuangan sanitasi air buangan limbah masyarakat setempat namun pada gambar diatas juga terlihat parit ini juga dijadikan tempat pembuangan sampah. jauhnya lokasi tempat pembuangan sampah sehingga sampah itu hanya dibiarkan di perkarangan rumah.

7 sampah penjual . Selokan yang ada disekitar itupun tidak digunakan semestinya melainkan dijadikan tempat pembuangan limbah penjual-penjual tersebut. Pasar tersebut bukanlah terletak pada sebuah tempat ataupun lokasi khusus melainkan didepan ruko-ruko.6 sampah penjual gambar 1. Keadaan Pasar Tradisional dan Pasar Modern (mall) Jika kita lihat keadaan pasar tradisional dengan pasar modern yang ada di kec. Gambar 1. Berdasarkan pengamatan kami keadaan pasar di kec. Gambar 1. Sehingga jika hujan maka keadaan pasar tersebut menjadi becek dan sangat kotor sekali.D. ini sangat kotor dan tidak memperhatikan kelestariaan lingkungan hidup. sedangkan pasar modernnya yaitu Mall Pekanbaru. ini yaitu pasar suka ramai. Pasar tradisional di kec.5 tatan pasar kecamatan pekanbaru kota Di situ mereka membuat sebuah tenda tanpa memperhatikan keadaan disekelilingnya. tersebut sangat jauh perbedaannya.

8 kondisi jalan pasar Lain halnya keadaan pasar modernnya atau mall. Mesjid tersebut bukan dijadikan tempat ibadah melainnka tempat perisirahatn para penjual. Gambar 1. Selain itu sisa-sisa dari penjualan dibuang disembarangan tempat. Keadaan mesjid tersebut juga kurang bersih. sangat jauh berbeda dengan pasar tradisional yang ada. Seharusnya jika para penjual tersebut memperhatikan lingkungan maka mereka tahu dimana pantasnya tempat membuangnya.Para penjual ikan saja contohnya. Keadaannya bersih. . Bisa dikatakan keadaan pasar tradisonal di kecamatan pekanbaru kota tidak berwawasan lingkungan dan tidak memperhatikan kelestariaan lingkungan hidup. fasilitas lainnya juga telah memadai. He ndaknya pemerintahan setempat menyediakan tempat khusus untuk pasar tradisional seperti ini dan menyediakan fasilitas lainnya sehingga lingkungan disekitarnya bisa dijaga keasriannya. mereka membuang sisa air ikannya langsung saja dibuang kejalan. Di pasar tersebut terdapat sebuah mesjid. Selain itu tempat parkirannyapun sangat berantakan.

Baik itu limbah rumah tangga dan limbah yang lainnya semuanya berujung di sungai siak. Sedangkan sampah anorganik tidak di daur ulang melainkan hanya ditanam di dalam tanah. Berdasarkan hasil wawancara yang kami dapatkan petugas kebersihan kecamatan pekanbaru kota juga membersihkan parit-parit yang ada hal ini dilakukan agar tidak adanya sampah disekitar parit dan juga untuk menghindari banjir. TPA Dikecamatan pekanbaru kota di tiap rumah dan ruko telah ada tempat sampah. 1 mobil dari kecamatan dan 1 mobil lagi dari dinas kebersihan. dibelakang samsat. memang tidak didaur .E. sampah anorganik tersebut ulang. Sanitasi Air Untuk sanitasi terakhir di kecamatan pekanbaru kota yaitu sungai siak. sampah di muara fajar tersebut ditumbuk dan telah menggunung. Mobil dari dinas kebersihan mulai mengangkut sampah dari jam 00:00-06:00. Di kecamatan pekanbaru kota terdapat 4 TPS. Agus salim. Berdasarkan hasil pengamatan kami. Berdasarkan hasil wawancara yang kami dapatkan. Petugas kebersihan juga turut membersihkan sungai siak dan dibantu dengan petugas kebersihan dari dinas. F. Selain itu di kecamatan ini juga terdapat petugas kebersihan yang membawa gerobak sampah. Antara sampah organik dan sampah anorganik memang dipisahkan. Petugas gerobak sampah tersebut mengangkut sampah pada rumah penduduk yang terletak jauh dari perkotaan yang kemudian sampah tersebur di buang ke TPS dan untuk selanjutnya diangkut oleh petugas kebersihan kecamatan. Sedangkan mobil kebersihan dari kecamatan beroperasi dari jam 07:00-10:00. yaitu pasar mambo. Pengangkutan sampah di kecamatan pekanbaru kota dilakukan oleh 2 mobil besar. Setiap daerah dan kecamatan petugas kebersihannya berbeda-beda. Sampah organik dipisahkan dan didaur ulang kembali menjadi pupuk kompos. TPA kecamatan pekanbaru kota yaitu dimuara fajar. di gang sewu dan jl.

antara pembangunan dan penghijaun sama-sama dipentingkan. sehingga kita tidak hanya mementingkan pembangunan tetapi juga meentingkan pelestarian lingkungan disekitar kita. Serta menghimbau masyarakat untuk mengurangi lingkungan dan menjaga kelestariaan lingkungan. Komentar dan saran Adapun komentar dan saran kami mengenai kecamatan pekanbaru kota yaitu hendaknya pemerintah setempat memperhatikan tataan lingkungan hidup. Selain itu tempat yang keadaan lingkungannya bersih hanya dibagian daerah perkotaan sedangkan di daerah pasar atau pinggiran keadaannya belum terlihat bersih.BAB III PENUTUP Kesimpulan Berdasarkan pembahasan diatas dapat kami simpulkan bahwasannya keadaan lingkungan kecamatan pekanbaru kota belum 100% berwawasan lingkungan. resiko pencemaran dan perusakan . Selain itu hendaknya pemerintah tidak hanya memperhatikan didaerah perkotaan tetapi juga didaerah pinggiran juga perlu diperhatikan. disetiap jalan yang ada hendaknya menanam pepohonan hal ini guna untuk menjaga kelestarian setempat dan terhindar dari polusi udara. selain itu belum dilaksanakan secara maksimal dalam mengelola lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

DAFTAR PUSTAKA Data kependudukan kecamatan pekanbaru kota bulan september 2011 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->