Tupai dan Pemburu

Pendahuluan dan Persiapan Permainan dapat dilakukan di ruangan yang cukup besar atau pun di halaman, dengan jumlah peserta tidak terbatas, lebih baik dengan jumlah kelipatan 3 plus 1. Misalnya 13, 16, 22, atau 31…dst. Instruksi dan petunjuk permainan
  

Awalnya kita minta peserta membentuk lingkaran, kemudian secara cepat kita minta mereka membentuk kelompok-kelompok yang terdiri dari 3 orang, sehingga pasti akan tersisa satu orang yang tidak mempunyai kelompok. Dari 3 orang tersebut kita minta satu orang menjadi tupai yang akan jongkok/merunduk, berada di antara 2 rekan lainnya yang membentuk pohon dengan cara berpegangan tangan saling berhadapan, seperti pada permainan “ular naga panjangnya”. Fasilitator akan mulai dengan memberikan cerita, di mana dalam ceritanya akan diselipkan kata PEMBURU, ANGIN, dan BADAI.

 

Jika disebut kata PEMBURU, maka semua tupai harus pindah ke pohon yang lain, jadi berpindah ke kelompok lainnya, secepatnya.Pohon tetap diam di tempat. o Jika disebut kata ANGIN, maka yang berpindah adalah pohon, tanpa boleh melepas pegangan tangannya, mencari tupai yang lain. o Namun jika yang disebut adalah BADAI, maka semua harus berpindah dan berganti peran, boleh jadi tupai atau pohon dan sebaliknya. Cerita akan dilanjutkan oleh satu orang yang tidak mendapat tempat/pasangan, dan diteruskan hingga beberapa kali Pada saat berpindah, orang yang bercerita harus ikut segera mencari kelompok dan peran sebagai tupai/pohon yang kosong.
o

Variasi

Untuk lebih meriah, minta mereka untuk mencari kelompok / posisi yang ada di seberangnya pada saat melakukan perpindahan.

bagaimana cara berfikir dengan cepat.  Tujuan dari Games ini :  1. melatih kecepatan berfikir 4. GAMES DINAMIKA KELOMPOK Membuat Sebuah Bangunan dari Sedotan  Bahan : sedotan sebanyak 50 buah Waktu : 30 menit   Instruksi : Buatlah bangunan apa saja. mau menerima kegagalan untuk dijadikan pelajaran untuk yang akan dating  Review : 1. gedung. sudahkah setiap anggota kelompok menyumbangkan pemikirannya? 3. Bagunan tersebut kokoh atau tidak akan dibuktikan dengan apakah bangunan tersebut roboh atau tidak ketika ditiup oleh fasilitator. bagaimana menahan emosi ketika sedang membuat bangunan? 5. melatih kepekaan imaginer (kecerdasan spatial) dapat berimajinasi bangunan apa yang bisa dibuat dari sedotan 3. Bangunan yang kalian buat harus kokoh dan tidak gampang roboh ketika ditiup angin. dan lain lain dengan menggunakan sedotan ini. rumah ibadah. dan tepat? 4. melatih mengambil keputusan dengan cepat dan tepat 5. kerelaan untuk menerima dan mendengarkan pendapat dari teman sekelompok 2. bisa rumah. ketika gagal apakah yang anda lakukan?? . apakah maksud dari permainan ini? 2.

bisa berupa lintasan dengan tali atau tanda-tanda patokan. terdiri dari 7-10 orang. Instruksi     Peserta kita minta untuk membentuk formasi berbaris ke belakang dengan tangan dibahu.Carterpillar Race Pendahulan dan Persiapan Caterpillar race atau balap ulat bulu dapat dimainkan di lapangan Peserta dipecah jadi 3 or 4 team. Larangan . Tiap team harus bergerak secepatnya ke garis finish yg kita tentukan Bagi Team yang barisannya rusak harus mulai lagi dari garis start. Tugas mereka adalah berjalan dengan teamnya dengan rute yg kita buatkan sebelumnya. Target Team yang menjadi pemenang adalah yang pertama sampai di garis finish dengan utuh. atau di pinggang atau berpelukan.

Lama waktunya ditentukan oleh fasilitator. bisa 15-30 menit. terjatuh atau tertinggal sebagian. Instruksi dan petunjuk permainan • • Berbekal sedotan yang ada. Fasilitator mesti cermat dalam mengobservasi dan mencatat halhal penting untuk didiskusikan dalam debrief. Uji konstruksi dapat dilakukan untuk melihat kekokohan. Bisa juga formasi lainnya. Target Pemenangnya adalah kelompok yang dapat membuat istana paling bagus dan paling kokoh. Komunikasi dan insiatif juga dapat diamati dalam games ini. Biasanya dinamika dalam interkasi antar kelompok menjadi lebih menarik. dan mereka diijinkan untuk saling barter. Variasi • Sebagai variasi. tergantung jumlah sedotan yang akan diberikan kepada kelompok. tergantung kondisi lapangan dan juga tingkat usia peserta Straw Castle Pendahuluan dan Persiapan Games ini dapat juga dijadikan alat “LGD” (Leaderless Group Discussion) karena dalam games ini diperlukan perencanaan dan strategi serta paembagian tugas. untuk membuat bangunannya lebih indah.  Larangan utama yaitu bahwa barisan tidak boleh putus. Tidak boleh merusak formasi teamnya. Larangan Mereka tidak boleh menggunakan alat bantu yang lain. Games ini dapat dimainkan di dalam ruangan. setiap kelompok diminta membuat sebuah istana yang indah dan kokoh. misalnya tangan terlepas. Variasi:    Lintasan dapat dibuat lurus atau berkelok-kelok. Alat yang diperlukan hanyalan 3-5 bungkus sedotan untuk setiap kelompok yang terdiri dari 6-10 orang. . Pergerakan bisa juga dibuat maju atau mundur. dapat juga digunakan sedotan yang berbeda-beda warna diantara kelompok-kelompok yang ada.

Tools: • 3-5 bungkus sedotan untuk setiap kelompok yang terdiri dari 6-10 orang. .• Jika memungkinkan sediakan hadiah bagi pemenang agar dapat lebih memeriahkan suasana.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful