P. 1
UJI MAKANAN

UJI MAKANAN

|Views: 1,536|Likes:
Published by Amiie Dly Sadja

More info:

Published by: Amiie Dly Sadja on Jan 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/08/2013

pdf

text

original

UJI MAKANAN A. TUJUAN ‡Untuk mengetahui berbagai kandungan gizi dari berbagai makanan yang tersedia.

‡Untuk mengetahui enzim dan proses kerja enzim. A. DASAR TEORI Makanan adalah sesuatu yang dapat dimakan dan berguna bagi tubuh.Fungsi makanan antara lain: sebagai sumber/ penghasil energi, sebagaipembangun tubuh, sebagai pelindung, sebagai pertahanan tubuh, menjagatubuh dari kondisi stress, meningkatkan intelegensi, dan memelihara fungsireproduksi. Makanan yang kita makan terdiri atas karbohidrat, protein, lemak,vitamin, danj mineral. Zat makanan dapat dibagi menjadi 2 yaitu zat makananmakro (makronutrien) dan zat makanan mikro (mikronutrien). Yang termasukmakronutrien yaitu karbohidrat, lemak, protein, sedang yang termasukmikronutrien yaitu mineral dan vitamin. Air termasuk dalam proses metabolismezat makanan, air selalu di[erlukan sebagai bahan esensial pemrosesan makanandi dalam tubuh. Karbohidrat merupakan senyawa organik yang mengandung unsurkarbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat dibagi menjadi 3 golongan yaitumonosakarida yaitu karbohidrat yang bersifat mudah larut dalam air danrasanya manis. Contoh dari monosakarida yaitu glukosa (misal gula, nasi, mie,roti), fruktosa (misal buah-buahan), manosa (misal jagung), dan galaktosa (Misalumbi-umbian). Disakarida merupakan karbohidrat sifatnya sama sepertimonosakarida. Contoh dari disakarida yaitu maltosa (gabungan antara glukosadan fruktosa). Polisakarida yang terdiri atas amilum (contoh tepung terigu,maizena), selulosa (contoh sayuran yang berserat) dan glikogen (gula otot).Monosakarida dan disakarida memiliki sifat yaitu rasanya manis, mudah dicerna,dan mudah larut dalam air sedangkan polisakarida memiliki sifat yaitu rasanyapahit, sulit dicerna, dan sulit larut dalam air. Sumber karbohidrat berasal daripadi, jagung, gandum, dan kentang. Karbohidrat berfungsi sebagai sumberenergi utama, mengatur sebagai sumber energi utama, menjaga keseimbanganasam basa, membantu proses pencernaan makanan, membantu penyerapankalsium, pembentuk lemak dan protein dan juga untuk metabolisme tubuh. C.ALAT dan BAHAN Alat: ‡Tabung reaksi (5) ‡Beker gelas ‡Pipet tetes ‡Tripod ‡Gelas ukur ‡Bunsen ‡Kawat kasa ‡Penjepit kayu ‡Rak tabung reaksi ‡Mortar dan alu ‡Spatula

Memanaskan kedua tabung reaksi langsung di tas Bunsen hingga mendidih.Melakukan uji amilum dan uji glukosa. 1 diberi perasan air jeruk tanpa ludah.Memasukkan 10 ml sampel makanan ke dalam 3 tabung reaksi (1 diberi roti + ludah.Menambahkan 5 tetes larutan iodin. CARA KERJA Menghaluskan bahan makanan yang padat kemudian mengaduk dengan air hingga menjadi ekstrak larutan.Membersihkan mulut denganc ara kumur dengan air. dan 1 perasan air jeruk + ludah) 2.Memasukkan 10 ml.Mengumpulkan air ludah dalam gelas beker kira-kira 5 ml dengan cara mengunyah kapas kemudian memerasnya. 3. Percobaan Mucin 1.Jika larutan berubah warna menjadi biru tua atau biru kehitaman berarti hasil uji coba positif mengandung amilum. 2. sample makanan ke dalam 2 tabung reaksi (1 diberi kacang + ludah dan 1nasi tanpa ludah).Menambahkan 3 tetes fehling A dan fehling B. 3. Uji Glukosa 1. 4.Bahan: ‡Kacang ‡Buah apel ‡Larutan iodine ‡Larutan benedict (fehling A dan fehling B) ‡Air ‡Air ludah A. . 4. Uji Karbohidrat/ Amilum 1.Memasukkan air ludah tadi ke dalam 3 tabung reaksi. 2.

Bahan makanan yang diuji mengandung karbohidrat yaitu roti. Hal itu disebabkan jikamakanan yang diberi ludah akan membuat warnanya berbeda karena enzimamilosa yang berada dalam air ludah bekerja sehingga warnanya berbedadengan yang tidak diberi ludah karena pada saat uji glukosa.Warna merah bata atau oranye yang terbentuk diakibatkanoleh maltosa dan glukosa memiliki gugus aldeheid yang bebas sehingga dapatmereduksi ion-ion tembaga (Cu) yang terdapat pada larutan benedict menjadiCu2O yang berwarna merah bata atau oranye. 5.Merebus tabung reaksi sampai sampel makanan berubah warna. Hal itu disebabkan jika makanandiberi . Ludah akan membungkus bagian-bagian dari makanan dengan enzim-enzim pencernaan dan mulai mencernanya. Saat ujikarbohidrat jika diberi larutan iodin akan berubah warna menjadi biru kehitamankarena molekul amilosa yang terbentuk senyawa. Warna biru kehitaman inidikarenakan kandungan amilosa yang terkandung dalam larutan. Larutan yangmempunyai kandungan amilosa yang sangat banyak akan menyebabkan warnabiru kehitaman. dansebagai penyangga pH.3. mencegah mulut dari kekeringan. natriumkarbonat. Hal ini disebabkan oleh larutantembaga alkalis pada larutan benedict bila direaksikan dengan karbohidrat yangmemiliki gugus aldehud akan terjadi reduksi membentuk Cuprum oksida (Cu2O)yang ditandai dengan warna hijau tua sebagai tanda adanyya reduksi Cu2+menjadi Cu+. dan juga enzim ptialin. garam. membunuh mikroorganisme. dan naytrium sitrat. Ludah juga mengandung antibodidan enzim (lisosim) yang memecah protein dan menyerang bakteri secaralangsung.Memasukkan tabung reaksi ke dalam beker gelas yang telah berisi air mendidih. roti yang diberi ludah dan ditetesilarutan iodin warnanya berubah menjadi biru kehitaman dan terdapat sedikitwarna kuning sedangkan pada roti yang tidak diberi ludah dan ditetesi larutaniodin warnanya berubah menjadi biru kehitaman. Semakin tua warna larutan maka kandungan karbohidratsemakin banyak. Pada saat uji amilum/ karbohidrat. Cara kerja enzim amilase yaitupertama amilum (zat tepung) diubah menjadi maltosa dengan dibantu enzimamilase. Saat uji glukosa jika positif maka larutan akanberubah warna menjadi merah atau oranye. Bahan makanan yang diuji mengandung glukosa yaitu roti dan jeruk. B. Air liur memiliki pH netral. PEMBAHASAN Air ludah mengandung air. lendir. Air liur berfungsi untuk membasahimakanan. 4. roti yang diberiludah dan ditetesi larutan benedict (fehling A dan fehling B) warnanya berubagmenjadi oranye tua.Pereaksi benedict berupa larutan yang mengandung kuprisulfat.Jika larutan berubah warna menjadi merah bata berarti hasil uji coba positif.Oleyh enzim emilase diubah menjadi maltase. Dalam ludah dan dalam cairan yang dikeluarkan oleh pancreas terdapatamilase yang bekerja terdapat amilum yang terdapat dalam makanan kita. Enzi miniberfungsi mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula yaitu maltose danglukosa.

www. dkk. dan oksigen (O). Juga berfungsi sebagai bahan pembentuk sel-sel baru. Tubuh kita membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Lemak berfungsi sebagai pelarut vitamin A. Karbohidrat adalah senyawa yang tersusun tas unsur-unsur karbon (C). 2007. C. Protein memiliki fungsi penting yaitu sebagai bahan pembentuk hormon. y y Jakarta: Erlangga. Jika kertas yang telah diolesi oleh bahan makanan menjdi transparant setelah dijemur. Syamsuri.co. enzim. Jakrta: Esis. Christina. Selain itu. E. sehinggawarna makanan tersebut akan berbeda dengan warna makanan yang tidakdicampur air ludah. . karbohidrat. maka harus dilakukan percampuran bahan makanan dengan lugol dan akan berubah warna menjadi hitam kebiruan. Surabaya: y SMAK Frateran Surabaya. dan sebagai pembentuk membran sel. Jika bahan makanan yang telah dicampur oleh beberapa tetes biuret berubah warna menjadi violet maka makanan tersebut mengandung protein. serta kromosom. Biologi SMA dan MA untuk Kelas XI.1. Aryulina. D. 2004. protein dan lemak. dkk. dan K. kami membuat laporan praktikum biologi ini untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Ibu Dewi Saribanon. maka makanan tersebut mengandung lemak. Hal itu karena adanya enzim ptyalin/ amylaseyang di dalam air ludah yang bereaksi dengan makanan tersebut. menjaga keseimbangan kondisi asam basa dalam tubuh. Istamar. Petunjuk Praktikum Biologi Kelas XI. D. antibodi. Diah.ludah akan membuat warnanya berbeda karena enzim amilosa yangberada dalam air ludah bekerja sehingga warna larutan berbeda dengan yangtidak diberi ludah. KESIMPULAN Makanan yang mengandung karbohidrat atau glukosa (roti dan jeruk)akan terjadi perubahan warna. dsb. 2009. Biologi Jilid 2A untuk SMA Kelas XI Semester 1. Google. sebagai pelindung organ tubuh. Untuk mengetahui apakah makanan tersebut mengandung krbohidrat atau tidak.i Laporan Praktikum Uji Makanan BAB I PENDAHULUAN 1. dkk. DAFTAR PUSTAKA y Handoyo. Latar Belakang Kami melakukan percobaan mengenai uji makanan untuk mengetahui kandungan glukosa. hidrogen (H).

Uji glukosa ‡ Alat : 1. 2.3 Tujuan Praktikum 1) Tujuan dilakukannya uji glukosa yaitu untuk mengetahui kadar atau kandungan glukosa dalam makanan atau menentukan kadar gula sederhana.2 Variabel Penelitian Variabel Bebas : Biuret. 4) Tujuan dilakukannya uji protein yaitu untuk menentukan bahan makanan dengan kandungan protein.2 Rumusan Masalah Berdasarkan hal tersebut. 3) Tujuan dilakukannya uji karbohidrat yaitu untuk menentukan bahan makanan yang mengndung amilum. dan lemak. Tabung reaksi dengan rak tabung reaksi. Hari dan tanggal : 2 Desember 2009 Tempat : Laboratorium Biologi SMAN 8 Tangerang 2. ³mengandung apakah makanan yang telah diuji?´ 1. Penjepit 3. benedict Variabel Terikat : Makanan Variabel Kontrol : Sarana dan Prasarana 2. kami memutuskan untuk membahas. 1. lugol.4 Hipotesis Hipotesis yang kami buat adalah semua bahan makanan mengandung protein.1.3 Alat dan Bahan a. karbohidrat. BAB II PELAKSANAAN PRAKTIKUM 2. Pipet 4. Bunsen lengkap dengan kaki tiga. glukosa. . 2) Tujuan dilakukannya uji lemak yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya kandungan lemak.1 Tempat dan Waktu Praktikum Praktikum ini kami lakukan pada.

Uji karbohidrat ‡ Alat : 1. Uji protein ‡ Alat : 1. Cairan Lugol d. Biuret 2. Benedict 3.3 Langkah-Langkah Kerja a. Terigu 3. Uji lemak ‡ Alat : kertas putih polos ‡ Bahan : makanan c. Roti tawar 4.‡ Bahan : 1. Larutan Gula 10% 2. Pipet 3. kemudian kedalamnya dimasukkan benedict / phelin A . Pengaduk ‡ Bahan : 1. Pipet ‡ Bahan : 1. Masukkan larutan gula kurang lebih 5 cc. Putih telur / susu yang dicairkan/ air susu/ gelatin 2. Tabung Reaksi 2. Phelin A b. Cawan Patri 2. Uji glukosa 1. Kentang 2.

5 cc.2.4 Analisis Praktikum Setelah kami melakukan pengujian makanan kami dapat mengetahui kandungan apa saja yang tedapat dalam makanan tersebut. b. 3. 4. Tetesi dengan 2-3 tetes lugol 3. Lakukan sebanyak 3 kali. Putih telur atau susu dimasukkan kedalam tabung reaksi 3-5 ml. Jika warnanya berubah menjadi biru kehitman menandakan makanan tersebt mengandung amilum d. Amati di bawah penerangan sehingga kertas menjadi transparant. 2. Perhatikan warnanya hingga menjadi violet. 2. Gunakan penjepit dan dan panaskan diatas bunzen selama 5 menit smpai warna orange kekuning-kuningan. Uji Karbohidrat 1. Uji Lemak 1. Masukkan terigu. a.s2. Uji Protein 5 cc. 5. boleh dicairkan atau tidak atau kentang yang sudah dialuskan atau roti tawar. Lalu amati. glukosa. Oleskan bahan makanan pada kertas 2. c. Bahan makanan tersebut ada yang mengandung karbohidrat.. Lalu lakukan penggoyangan.ss1. Masukkan ke pipet. BAB III DATA PRAKTIKUM Berikut ini adalah tabel pengamatan. Teteskan biuret 3. 4. Uji Glukosa HCl Waktu Gelembung Reaksi HCl 3 mol 1m26s Banyak Cepat HCl 2 mol 5m26s Sedang Sedang . Diamkan selama 5 menit. dan protein. lemak. 2.

banyak 1m30s HCl 3 mol Dibagi 4 Sedang 2m10s HCl 3 mol Dibagi2 Kecil. sedikit 1m48s BAB IV PEMBAHASAN (+) Faktor-faktor yang mendukung dalam melakukan praktek ini adalah : ‡ Adanya alat-alat praktek atau sarana yang cukup memadai. Uji Protein H2SO4 Waktu Gelembung Reaksi 3 mol 0m30s Banyak. ‡ Bimbingan dari Ibu Dewi Saribanon selaku guru pembimbing kami dalam pelajaran Biologi (-) Faktor-faktor yang menghambat dalam praktek ini adalah : Kesulitan dalam membakar campuran gula dengn biuret. karena tidak semua makanan mengandung lemak. banyak 1m38s 1 mol Dibagi 4 Sedang 1m46s 1 mol Dibagi 2 Kecil. Kesulitan saat mencuci tabung reaksi tersebut. besar Cepat 2 mol 0m54s Sedang Agak Cepat 1 mol 1m59s Sedang. kecil Sedang e.HCl 1 mol 28m56s Sedikit Lambat b. Uji Lemak HCl Magnesium Gelembung Waktu HCl 3 mol Dibagi 8 Kecil. . bedikit 3m9s c. hipotesis yang saya buat ternyata TIDAK TERBUKTI. ‡ Adanya prasarana dan tempat yang memadai. ‡ Bantuan dari rekan-rekan. glukosa. yaitu di laboratorium SMAN 8. karbohidrat. Maka kesimpulannya adalah. dan protein. Uji Karbohidrat H2SO4 Magnesium Gelembung Waktu 1 mol Dibagi 8 Kecil. BAB V KESIMPULAN Berdasarkan dari hasil praktek.

‡ Jika bahan makanan berubah menjadi warna hitam kebiruan setelah dicampur oleh lugol maka makanan tersebut mengandung amilum/karbohidrat. ‡ Jika bahan makanan yang telah dicampur oleh beberapa tetes biuret berubah warna menjadi violet maka makanan tersebut mengandung protein. maka makanan tersebut mengandung lemak. ‡ Jika kertas yang telah diolesi oleh bahan makanan menjdi transparant setelah dijemur. ‡ Jika makanan tersebut berubah warna menjadi warna orange-kekuning-kuningan setelah dicampur benedict / phelin A dan dibakar maka makanan tersebut mengandung glukosa. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->