P. 1
HADITS TENTANG KEJUJURAN

HADITS TENTANG KEJUJURAN

|Views: 7,587|Likes:
Published by Andika Munandar

More info:

Published by: Andika Munandar on Jan 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/21/2013

pdf

text

original

HADITS TENTANG KEJUJURAN

Makalah Ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah : Al Hadits

Disusun Oleh : 1. Siwi Hanjanattri (09630014)

2. Andika Munandar (09630025) 3. Fauzin (096300 )

PROGRAM STUDI KIMIA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2012

padahal pasti salah satu pihak berbohong. keluarga.PENDAHULUAN Kejujuran merupakan modal utama untuk menjadi manusia baik. Sebaliknya. Jika membaca berita. Banyak orang begitu mudahnya berbohong tanpa merasa bahwa akan ada konsekuensi tidak baik dari kebohongan yang dilakukannya. Dalam alam global seperti sekarang ini. Berdarasakan uraian di atas. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai-nilai kejujuran semakin menipis di tengah masyarakat. . apabila manusia sudah meninggalkan apa yang disebut ³kejujuran´. kejujuran kemudian menjadi seperti barang antik yang sulit didapatkan. ketidakjujuran merupakan akhlak tercela yang menjadi ciri muslim yang munafiq. masyarakat. tidak sedikit kita temukan hal-hal yang bisa membuat bingung. maupun sampai pada tingkat kehidupan berbangsa dan bernegara. Kedua belah pihak yang sedang berselisih misalnya dengan mudahnya bersumpah bahwa ia jujur. di mana persaingan dalam segala bidang menjadi pola hidup yang tidak dapat dihindarkan. Tidak adanya kejujuran akan menimbulkan krisis kepercayaan yang dapat menghancurkan sendi-sendi kehidupan baik pada tingkat kehidupan pribadi. maka dalam makalah ini kami ingin sedikit membahas bagaimana pentingnya kejujuran dalam hidup ini. Kejujuran adalah contoh akhlak yang mulia yang harus dimiliki oleh orang yang mau menjadi muslim yang mukmin.

atau dengan kata lain satunya hati. dan jangan saling membelakangi. dan perbuatan. berkata : Rasulullah SAW hendaklah kamu berlaku jujur. jangan saling memutus tali persaudaraan. (Yogyakarta : Teras.65. Matan Hadits B.68. . sebagaimana Allah perintahkan kepadamu. Isi Kandungan Hadits Kata jujur sendiri memiliki pengertian terjadinya keselarasan dan kesesuaian antara apa yang ada di dalam hati dan yang terungkap melalui lisan maupun perbuatan. Cet. kecuali pemberian maaf.PEMBAHASAN A. Karenanya janganlah engkau saling dengki. (Hadits Riwayat Ahmad. serta jadilah kamu sekalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Hadis Tarbawi. Ibid. 2010). dan hendaklah kamu menjauhi kedustaan. kata lisan. 2 1 2 Juwariyah.A. karena sesungguhnya kejujuran itu bersama dengan kebaikan. dan Ibnu Majah). Terjemahan Dari Abu Bakar R. Bukhari. hlm. dan keduanya ada di dalam neraka. karena sesungguhnya tidak ada kebaikan yang dapat ditunjukkan seseorang setelah keyakinan. jangan saling membenci.1. hlm..1 C. dan keduanya ada di surga. dan bertanyalah kamu kepada Allah tentang keyakinan dan pemberian maaf. karena sesungguhnya itu bersama kejahatan.

yaitu:3 1. . hlm. Orang yang benar dan jujur itu disebut sadid. (Yogyakarta : Teras.1. maka dia menjawab: Akhlaknya adalah Al-Qur¶an.4 Islam yang dibawa Muhammad SAW memiliki konsep akhlak yang sangat indah untuk diaplikasikan dalam kehidupan yang semuanya merupakan pancaran cahaya hidayah Al-Qur¶an. Hadis Tarbawi. 1995). Dari sini dapat dipahami bahwa kejujuran merupakan pangkal segala kebaikan. waatsiqatan yang berarti percaya. Juwariyah. Dari sabda Nabi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada kebaikan yang dapat diukir dan diciptakan melalui kedustaan. Cet. Itu artinya bahwa apa yang dikerjakan dan ditinggalkan Nabi dalam perjalanan hidupnya senantiasa dilandasi dan berpijak kepada petunjuk Al-Qur¶an. maka tidaklah mengherankan jika Allah telah memuji keagungan akhlak Nabi dengan firman-Nya: Dan Sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang agung.Kebenaran dan kejujuran menjadi salah satu syarat di antara sepuluh syarat untuk mendapatkan ampunan dari Allah dan ganjaran yang besar. hlm. (Surabaya : Al-Ikhlas. bahwa ketika Nabi kedatangan seorang kafir Quraisy yang dalam pengakuannya telah melakukan semua larangan Allah. orang yang terpercaya itu adalah orang yang benar dan jujur. 2.68. Sabda-yasiddu sadadan. 2010). (Al-Ahzab. Watsiqa-yatsiqu-wutsuqan. Dalam Al-Qur¶an dan Hadits ada empat kata yang menunjukkan pengertian kebenaran dan kejujuran. 4. Orang yang benar itu pasti jujur. sedangkan ia ingin bertaubat. lurus.85. yang berarti percaya. Amanu-ya¶munu-amanah. yang berarti benar lawan dusta. karena dari satu kata ³dusta´ akan dapat terlahir berbagai macam tindak kejahatan sehingga dalam suatu riwayat dikatakan. Sebagai umat Muhammad yang baik pasti kita akan berusaha untuk meneladani sifatsifatnya terlebih kejujurannya. Hadits Tarbiyah. ayat: 70). 3. jujur dan setia. Shadaqa-yashduqu wa shidqan. Maka ketika itu Nabi hanya mengajukan satu syarat untuk dipenuhinya jika dia benar-benar mau bertaubat. tetapi dia tidak tahu bagaimana cara bertaubat. Hal itu sebagaimana dikatakan Aisyah istri Nabi ketika ditanya tentang akhlak Rasulullah. karena itu Allah perintahkan kepada orang beriman untuk 3 4 Abubakar Muhammad. yang berarti benar dan jujur. syarat itu adalah ³jujur´.

Kejujuran akan mendatangkan kebajikan dan sebaliknya kebohongan akan mendatangkan bencana. Lalu ditanyakan. ¶Adakah seorang mukmin yang bakhil¶? jawab beliau.us/2010/05/pentingnya-nilai-kejujuran. Kejujuran dan kesetiaan pada janji itu termasuk syarat untuk menikmati kebahagiaan hakiki dalam surga kelak.¶Adakah seorang mukmin yang pembohong¶? jawab beliau.staff.87. Sikap jujur pada diri setiap manusia merupakan hal yang harus dikedepankan. dan bahkan pembunuhan. Http://fadil.7 5 Abubakar Muhammad. Diakses pada 28 Oktober 2011. D. 7 Http://gondayumitro. pertengkaran. Nilai-nilai Pendidikan Orang yang jujur itu akan merasakan keuntungan dari kejujurannya.umm.¶Tidak¶. Rasulullah SAW bersabda yang artinya. 3.berada bersama orang-orang yang benar (jujur). Karenanya. agar tidak menimbulkan masalah-masalah di dalam kehidupan ini. Oleh karena itu. Rasulullah SAW mengatakan. Diakses pada 28 Oktober 2011. sebagaimana terpujinya sifat jujur atau benar itu. Bahkan sikap ini merupakan garis pemisah. Kejujuran harus ditegakkan dan dilaksanakan oleh setiap orang jika mereka menginginkan kehidupan yang damai dan sejahtera. Lalu ditanyakan. orang semacam itu pasti terpuji di kalangan sesama manusia dan di sisi Allah. seseorang harus mampu menjaga dan memelihara lisannya dengan bicara yang baik dan seperlunya saja.cahbag. dia berkata. Rasulullah SAW menyuruh kita untuk berakhlak dengan semua akhlak yang terpuji. Orang yang jujur itu memiliki salah satu sifat para Nabi dan Rasul. (Surabaya : Al-Ikhlas. apakah seseorang bisa disebut muslim yang sesungguhnya atau tidak. 2.´ Hadits tersebut menunjukkan jelas sekali bahwa sikap bohong bukan merupakan sikap seorang muslim. menyinggung perasaan. Terkait hal ini. hlm.id/2011/06/pentingnya-kejujuran.6 Lisan perlu dijaga karena dampak-dampak negatif yang ditimbulkan begitu besar seperti menyakiti orang lain. dan menjauhi orang-orang kafir yang mendustakan kebenaran karena mereka itu adalah orang yang paling aniaya. Keuntungan bagi orang yang jujur yaitu :5 1.¶Ada¶. Hadits Tarbiyah. pernah ditanyakan kepada Rasulullah SAW.html. ³Shafwan Bin Salim meriwayatkan.html.jawab beliau.¶Adakah seorang mukmin yang penakut¶. 6 .ac.¶Ada¶. 1995). Jujur dan menepati janji itu tanda patuh kepada Allah dan Rasul-Nya.

c. atau kata-kata. dan lain sebagainya atau secara sengaja merusak hasil karya orang lain. Pengelabuan (deceiving). menipu terhadap guru berkaitan dengan tugas-tugas akademis. f.³Cukuplah seseorang dipandang berdusta bahwa ia membicarakan semua yang didengarnya. memberikan alasan palsu tentang mengapa ia tidak menyerahkan tugas tepat pada waktunya. Adapun macam tindakan-tindakan ketidakjujuran dalam kerangka pendidikan. d. atau mengaku telah menyerahkan tugas padahal sama sekali belum menyerahkannya. misalnya. Berbagai macam cara untuk memperoleh atau menerima bantuan dalam latihan akademis tanpa sepengetahuan guru. Sebuah tindakan mengadopsi atau mereproduksi ide. b. Diakses pada 27 Oktober 2011. 8 Http://BenSenangGalus. Maka ia juga termasuk kategori pembohong. Tindakan untuk mencegah dan menghalang-halangi orang lain sehingga mereka tidak dapat menyelesaikan tugas akademis yang mesti mereka kerjakan. Perilaku tidak jujur dalam konteks pendidikan antara lain:8 a. ensiklopedi. Sabotase (sabotage). Memberikan informasi yang keliru. Tindakan ini termasuk di dalamnya./2011/06/ nilai-kejujuran-dalam-pendidikan. Menyerahkan/mengumpulkan tugas yang sama lebih dari satu kali untuk mata pelajaran yang berbeda tanpa ijin atau tanpa memberitahu guru yang bersangkutan. Menyontek (cheating).us. ia dengan mudah mengutip berita orang yang pendusta dan ia tahu bahwa orang tersebut seorang pendusta. Saat ia tidak mendapati bahan pembicaraan. Plagiarisme (plagiarism). . e. dan pernyataan orang lain tanpa menyebutkan nara sumbernya. Plagiarisme karya sendiri (self plagiarism). Manipulasi (fabrication). informasi atau kutipan-kutipan dalam tugas-tugas akademis apapun. menyobek/menggunting lembaran halaman dalam buku-buku diperpustakaan.´ Banyak bicara menjadikan seseorang mudah berdusta seperti menceritakan sesuatu yang tidak pernah terjadi.html. Pemalsuan data.

Shafwat Abdul Fattah. Kejujuran niat. Jujur termasuk akhlak utama yang harus dimiliki setiap mukmin. Maka orang yang jujur bersama Allah SWT dan bersama manusia adalah yang sesuai lahir dan batinnya. yakni jujur dalam bertutur kata. Dengan harga diri seseorang akan berhati-hati dan akan bertindak jujur.1. yakni ada kesamaan antara apa yang diucapkan dengan yang diperbuat. 2) Kedua. Analisis Jujur dalam arti sempit adalah sesuainya ucapan lisan dengan kenyataan. dan dalam pengertian yang lebih umum adalah sesuainya lahir dan batin. Diakses pada 28 Oktober 2011. 5. 2004). 4) Keempat. agama. Kejujuran dalam berbuat. seperti jujur dalam mengaplikasikan konsep khauf (rasa takut akan siksa Allah) dan raja¶ (mengharap rahmat Allah). Kejujuran dalam bertekad. Mungkinkah Kita Jujur?. yakni apapun yang dapat menguatkan tekadnya. . Kejujuran spiritual. keinginan untuk dikenal sebagai orang jujur. E. yakni ikhlas dalam berbuat. terlebih lagi kebohongan itu membawa dampak buruk bagi diri yang bersangkutan. 6. Kejujuran itu sendiri dengan berbagai pengertiannya membutuhkan keikhlasan kepada Allah dan mengamalkan perjanjian yang diletakkan oleh Allah di pundak setiap muslim. Imam al-Ghazali membagi sikap jujur ke dalam enam jenis:10 1. (Jakarta: Gema Insani. Kejujuran dalam merealisasikan tekad yang bulat.cahbag. Kejujuran lisan. Cet. 3.us/2010/05/pentingnya-nilai-kejujuran. 4. harga diri. Ajaran agama merupakan penopang nurani dalam mempertahankan kejujuran dan menghindari kebohongan.html. hlm. 3) Ketiga. nurani. 2.Adapun faktor pendorong pada seseorang untuk berperilaku atau bersikap jujur sebagaimana dalam hadist di atas yaitu:9 1) Pertama. Nurani selalu menolak kebohongan.19. 9 10 Http://fadil. Sebab nurani selalu mengajak kepada nilai-niali luhur.

Allah berfirman dalam surat At-Taubah ayat 119 . Diakses pada 28 Oktober 2011. bertakwalah kamu kepada Allah. . dan hendaklah kamu bersama-sama orang yang benar. ³Pertahankanlah kejujuranmu. ³Hai orang-orang yang beriman. Rasulullah bersabda yang artinya.html. orang-orang yang jujur. Untuk itu. secara khusus memerintahkan umat manusia yang mukmin untuk bersama orang-orang yang benar. walau sikap kejujuran itu sudah termasuk dalam pengertian taqwa.´ Firman Allah diatas. Karena pada kejujuran itu hakekat keselamatan. meski engkau melihat sebagai keselamatan. marilah kita pertahankan sikap jujur ini dalam setiap langkah laku kita.cahbag. karena pada ketidakjujuran itu adanya celaka. meskipun engkau menghadapi celaka.us/2010/05/pentingnya-nilai-kejujuran. Dan jauhilah perbuatan dusta.´11 11 Http://fadil.

Kejujuran harus ditegakkan dan dilaksanakan oleh setiap orang jika mereka menginginkan kehidupan yang damai dan sejahtera. dan kejujuran spiritual seperti jujur dalam mengaplikasikan konsep khauf (rasa takut akan siksa Allah) dan raja¶ (mengharap rahmat Allah). kejujuran niat yakni ikhlas dalam berbuat. Sikap jujur pada diri setiap manusia merupakan hal yang harus dikedepankan. Kejujuran akan mendatangkan kebajikan dan sebaliknya kebohongan akan mendatangkan bencana. kejujuran dalam berbuat yakni ada kesamaan antara apa yang diucapkan dengan yang diperbuat. agar tidak menimbulkan masalahmasalah di dalam kehidupan ini. Orang yang jujur itu akan merasakan keuntungan dari kejujurannya. . kejujuran lisan yakni jujur dalam bertutur kata. kejujuran dalam bertekad yakni apapun yang dapat menguatkan tekadnya. atau dengan kata lain satunya hati. Imam al-Ghazali membagi sikap jujur ke dalam enam jenis yaitu. kata lisan. Kata jujur sendiri memiliki pengertian terjadinya keselarasan dan kesesuaian antara apa yang ada di dalam hati dan yang terungkap melalui lisan maupun perbuatan. kejujuran dalam merealisasikan tekad yang bulat.KESIMPULAN Kejujuran adalah contoh akhlak yang mulia yang harus dimiliki oleh orang yang mau menjadi muslim yang mukmin. dan perbuatan.

Http://fadil.html. 2010. 1995. . Hadis Tarbawi./2011/06/ nilai-kejujuran-dalam-pendidikan.us. Diakses pada 28 Oktober 2011. 2004. Yogyakarta : Teras. Surabaya : Al-Ikhlas. Http://gondayumitro.id/2011/06/pentingnya-kejujuran.DAFTAR PUSTAKA Abdul Fattah.umm.staff. Abubakar. Juwariyah.html. Hadits Tarbiyah. Http://BenSenangGalus. Mungkinkah Kita Jujur?. Jakarta: Gema Insani. Diakses pada 28 Oktober 2011.cahbag. Diakses pada 27 Oktober 2011. Shafwat. Muhammad.html.ac.us/2010/05/pentingnya-nilai-kejujuran.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->