P. 1
Omen Dan Jae

Omen Dan Jae

|Views: 62|Likes:
Published by ayataja

More info:

Published by: ayataja on Jan 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/02/2012

pdf

text

original

Pertanyaan Sidang Komprehensif dari: Nur Rochman (Fisika Material 2007) Dengan Penguji: 1. Dr.

Budhy Kurniawan (Penguji 1/Ketua Sidang) 2. Dr. Imam Fachruddin (Penguji 2/Sekretaris Sidang) 3. Dr. Ariadne L. Juwono (Penguji 3) Pada sidang kompre ini, urutan pengujinya yaitu bu adne terus pak imam, terakhir itu pak budhy. Untuk materi uji , bu adne (Mekanika gerak), Pak Imam (Optik dan Gelombang) dan Pak Budhy (Hukum Newton). Penentuan materi ujinya, untuk bu adne ditanya maunya apa, begitu juga dengan pak budhy, sedangkan pak imam melihat materi yang kira-kira masih berhubungan dengan penguji lain (Biasanya ditanya dulu sama yang mau diuji, penguji yang lain ngasih apa).

List Pertanyaan:

Dr. Ariadne L. Juwono
1) Apa yang kamu ketahui mengenai gerak? Kasih tau aja apa yang lw ketahui tentang gerak, tentang apa itu jarak, perpindahan, kecepatan, kelajuan, percepatan dkk 2) Ada berapa jenis gerak? Gw cuman ngasih tau ttg gerak linier, gerak rotasi (melingkar) dan gerak vibrasi. Dan tiba-tiba pak imam nanya, “bukannya ada gerak random ya?”, dan jawaban gw, “sepertinya iya pak, teman saya ada yang menyebutkan itu, tapi saya belum menemukan definisinya apa” 3) Gerak jatuh bebas termasuk gerak apa? Karena gw gak nyebutin ini, bu adne-pun nanya, gw jawab ini gerak lurus berubah beraturan bu (percepatan konstan) 4) Tuliskan persamaan gerak? Hati-hati terjebak disini (pengalaman pribadi, karena dari pertanyaan ini, banyak pertanyaan dasar yang muncul). Untuk kasus 1 dimensi itu:

     1 2 X  X o  V o t  at 2

Untuk kasus 3 dimensi:

   1 2 r  r o  v o  at 2
Salah satu yang ngebuat lama gw adalah r, yap,, notasi r disini melambangkan kalo r merupakan vektor perpindahan pada 3 dimensi, dan masalahnya karena gw awalnya nulis X dengan (x, y, z) dibawahnya X(x,y,z) dan ketiga penguji sepakat kalo gw harus menggunakan notasi yang umum digunakan. Sayangnya, 15-20 menit gw habiskan untuk mengingat notasi r tersebut. Setelah itu makin banyak pertanyaan dasar yang membombardir gw, kayak suruh gambarin koordinat kartesian (sumbu X-nya ke arah kanan, maka sumbu y dan z-nya ke arah mana) terus suruh mengingat kembali masalah vektor satuan (x bertopi, cari sendiri ya, MathType gw kadaluarsa). Bener-bener dasar, tapi yang kayak gini gw lupa.

5) Ada grafik seperti ini, jenis gerak apakah ini?

Hati-hati dengan grafik ini, karena gw terlalu menganggap enteng, akhirnya kejebak juga disini. Intinya sih lw bisa bagi grafik diatas jadi 3 bagian (coba intuisi sendiri, gimana pembagiannya). Bagian segitiga sebelah kiri merupakan GLB (kecepatan konstan), Kotak di tengah tidak bergerak atau diam, sedangkan segitiga sebelah kanan merupakan GLB (kecepatan konstan, tapi negatif arahnya). Terus ditanya berapa jaraknya, dan berapa perpindahannya. Dan jawaban gw, perpindahan = 0 dan jarak = 2 kali X1 – Xo (intuisi lagi ya).

Dr. Imam Fachruddin
6) Gambar gelombang elektromagnet! Gw gambar seperti gambar dibawah, terus ditanya kenapa begitu, dan gw jawab kalo E X B itu kan menghasilkan arah rambatnya.

7) Apa itu Gelombang? Gw jawab “ getaran yang merambat”, lalu dikomentarin, intinya dia minta definisi yang lebih menggambarkan apa itu gelombang. Karena kosakata gw sedikit, akhirnya gw nyerah dan melambaikan tangan ke kamera “nyerah mas”. 8) Tuliskan persamaan gelombang! Hati-hati dengan definisi dari apa itu persamaan gelombang, apa itu fungsi gelombang. Karena gw salah menyamakan fungsi gelombang dan persamaan gelombang. Fungsi gelombang itu:

Y  ASin(wt  kx )
Persamaan gelombang gw jawab:

d 2x  w 2x  0 2 dt
Ingat!!! Persamaan gelombang yang gw tulis diatas juga ada yang salah, itu hanya untuk GHS katanya. Jadi silahkan dicari yang bener gimana. Setelah gw gagal menjawab persamaan gelombang, gw kembali disuruh nulis fungsi gelombang sepert apa, beserta arah rambatnya. Gw jawab fungsi gelombang seperti di atas, dan gw bilang bahwa arah rambatnya ke sebelah kanan. Setelah itu pak imam nyuruh gw untuk membuktikan bahwa gerak rambat gelombang tersebut ke arah kanan. Gw bingung, gw pura-pura pingsan. Tapi ketahuan. Akhirnya gw nyerah lagi, gw lambaikan tangan lagi ke kamera, “nyerah mas”. 9) Apa itu interferensi? Gw menjawab sesuai dengan yang di Giancoli, dan gw lolos. 10) Apa itu difraksi? Ini juga gw jawab seperti yang di Giancoli dan Tipler, lolos lagi.

11) Apabila cahaya kita anggap sebagai gelombang, fenomena apa saja yang bisa dijelaskan? Gw bilang Interferensi dan difraksi. Lolos lagi. Tiba-tiba pak imam mengeluarkan jurusnya. Kalo cahaya kita anggap sebagai partikel, fenomena apa saja yang bisa dijelaskan? (baca lagi fismod) gw jawab fotolistrik. Benar lagi saudara-saudara. Pertanyaan berikutnya. Apa itu fotolistrik?? Gw lupa, gw pura-pura kesurupan. Gw Ketahuan. Akhirnya gw jawab yang gw tahu, dan karena para penguji tahu kalo gw ngaco, akhirnya mereka cuman senyum, terus muntah.

12) Kembali ke difraksi, seberapa lebar kisi agar terjadi difraksi?? Gw bilang, lebih kecil atau sama dengan panjang gelombangnya. (tapi sebenernya gw gak langsung jawab, harus di trigger dulu sama beliau-beliau, sekitar 20menit di trigger, gw baru bisa jawab)

Dr. Budhy Kurniawan
Ini penguji gw yang paling the best. Karena gw cuman ditanyain tentan Hk. Newton yang 3 biji doank. Salah satu perhatian yang sangat mendasar adalah besaran vektor. Begini pertanyaannya. 1) Tuliskan persamaan Hk. Newton 1 (jawab sendiri dan jangan lupa vektor) 2) Apa arti fisisnya? (gw co-pas dari punyanya bang jae aja ya) suatu benda akan diam atau bergerak dengan kecepatan tetap bila jumlah gaya yang bekerja pada benda tersebut sama dengan nol. Pertanyaan berikutnya adalah, kenapa sebuah benda yang bergerak dengan kecepatan konstan dimasukkan pada Hk. Newton pertama. Ada hubungan dengan percepatannya yang nol deh. 3) Tuliskan persamaan Hk. Newton 2? (Gw co-pas dari bang jae jg nih)

 F  dt  dt (mv)  F  m

dp

d

dm dv vm dt dt

Untuk massa konstan, m = konstan, persamaannya menjadi:

 dv  ma . <------------ ini rumus SMA ya, pake yang atas aja biar lancar. dt

4) Apa contoh fenomena pada persamaan Hk. Newton 2 ketika terjadi perubahan massa pada benda yang mengalami pergerakan? Gw jawab, mobil yang bergerak (massanya berkurang karena bensinnya berkurang), benda yang bergerak dan bergesek dengan lantai (massa berkurang karena gesekan menggerus bensa sehingga ada pengurangan massa). Dan ternyata dua contoh tersebut masih belum cukup. Pak budhy dan Bu adne minta contoh fenomena ini yang sering dijelaskan. Yaitu: jeng, jeng, jeng........ Fenomena ketika roket meluncur, ketika roket meluncur, besar massa berkurang akibat bahan bakarnya berkurang (kurangnya gak sedikit jadi tidak mungkin diabaikan). 5) Tuliskan Hk. Newton 3? Hati-hati, jangan cuman nulis --------> aksi = - reaksi Tapi tulisnya

F

aksi

  Freaksi

6) Beri contoh Hk. Newton 3! Bisa lah, cari sendiri di buku ya. Itu doang sih yang ditanyain, salah satu point penting adalah, ketika lw bisa jawab pertanyaan dasar, maka level pertanyaan akan semakin sulit. Karena gw cuman bisa sampe segitu, ya cuman segitu yang ditanyain. !!! penting banget nih. Kalo lw gak ngerti dengan satu istilah, jenis pernyataan, persamaan ataupun nama dari persamaan, jangan sampe sekali-kali lw ngeluarin nama istilah, pernyataan atau persamaan itu. Karena akan menjadi senjata makan tuan. Dan ada bonus pertanyaan serta jawaban di bawah ini, itu dari bang Syaefudin Jaelani ya.

Soal Kompre Penguji: Pak Imam dan Pak Budhy Pak Imam -

1. Jelaskan Hukum Newton I? Jawab: suatu benda akan diam atau bergerak dengan kecepatan tetap bila jumlah gaya yang bekerja pada benda tersebut sama dengan nol.  Fi = 0 2. Jelaskan apa itu kecepatan?

Jawab: kecepatan adalah perpindahan yang ditempuh oleh benda selama selang waktu tertentu. 3. Apakah perbedaan antara kecepatan dengan kelajuan? Jawab: kelajuan adalah jarak yang ditempuh oleh suatu benda selama selang waktu tertentu. Kecepatan merupakan besaran vector (besaran vector adalah besaran yang memiliki arah dan besar), sedangkan kelajuan merupakan besaran scalar (besaran scalar adalah besaran yang mempunyai besar dan tidak memiliki arah). 4. Jelaskan dan gambarkan perbedaan antara jarak dan perpindahan?

Jawab: Jarak; sepanjang lintasan yang ditempuh oleh benda dari suatu posisi (posisi awal benda) ke posisi lain (posisi akhir benda). Perpindahan; lintasan terpendek yang ditempuh oleh suatu benda dari posisi awal ke posisi akhir benda. Misal suatu benda bergerak dari posisi awal, A, kemudian bergerak ke B dan ke C. Gerak benda: A – B – C.

Jarak yang ditempuh benda: sepanjang lintasan dari A – B – C. Perpindahan benda: lintasan terpendek yang ditempuh benda/ perubahan posisi benda (perpindahan benda), yakni dari A ke C.

5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kecepatan konstan/ tetap? Jawab: yang dimaksud dengan kecepatan tetap/konstan adalah selama benda bergerak, besarnya kcepatannya tetap dan arahnya tidak berubah (tetap). Contoh, sebuah mobil yang bergerak dengan kecepatan 50 km/jam ke arah utara. 6. Gambar suatu bentuk lintasan benda, berbentuk lingkaran!

Suatu benda bergerak searah jarum jam dari posisi awal A, ke posisi akhir B. Tunjukkan perpindahan dan jarak benda! Perpindahan benda: perpindahan/ perubahan posisi benda, yakni dari A ke B (ditunjukkan oleh garis putus – putus). Jarak benda: sepanjang lintasan yang ditempuh oleh benda dari A ke B. 7. Gambarkan suatu benda yang bergerak melingkar dan arah geraknya!

     v1  v2  v3  v4 , sebab arahnya berbeda, meskipun besar kecepatannya ( v ) sama.

Ingat! Kecepatan adalah besaran vector, jadi bergantung dari arah dan besarnya. Contoh: Apabila dua buah benda memiliki besar kecepatan sama, missal 10 km/jam, tapi arahnya berbeda, misal yang satu bergerak ke timur dan yang satu lagi ke barat, kecepatan kedua benda tersebut berbeda sebab arah kecepatannya berbeda. ! Penting: gambarkan benda yang gerak melingkar beraturan, gambarkan arah kecepatan linier, kecepatan sudut, percepatan sentripetal, momentum sudutnya sedetail mungkin supaya benar – benar faham. ! Jelaskan dan gambarkan mengapa percepatan sentripetal selalu menuju pusat lingkaran? 8. Jelaskan Hukum Newton II dan berikan contohnya? Jawab: Apabila ada gaya yang bekerja pada benda (resultan gaya yang bekerja pada suatu benda tidak nol), laju perubahan momentum linier benda sebanding dengan gaya yang diberikan.

 F  dt  dt (mv)  F  m F 
 dv  ma . dt

dp

d

dm dv vm dt dt

Untuk massa konstan, m = konstan, persamaannya menjadi:

Untuk kasus gerak roket, v =tetap, persamaannya menjadi:

dm v, dt

selama roket bergerak massa roket semakin berkurang akibat bahan bakar yang semakin berkurang yang digunakan untuk tenaga dorong roket.

9. Jelaskan H. Newton apa yang berlaku pada saat kita mendorong meja? Jelaskan gaya – gaya apa saja yang bekerja? (H. Newton II, jelaskan gaya gesek) 10. Jelaskan H. Newton III? Sebutkan juga contoh gaya aksi – reaksi dan jelaskan?

! Catatan: tolong baca dari buku referensi: Halliday resnik atau Tippler atau Giancoli dan sebagainya. Pilih aja salah satu sebagai referensi. Sama pak Imam intinya, pelajari H. Newton dan contohnya. Pelajari Kinematika dan Dinamika. Untuk Pak Budhy, waktu itu beliau hanya menegaskan pertanyaan yang sudah ditanyakan oleh penguji yang lain saja, tidak menambahkan pertanyaan sebab materi saya yang saya minta dari Pak budhy sudah ditanyakan semua oleh penguji lain. Tapi kalau materi dari 3 penguji ini bener2 berbeda, yah harus siap2 juga. Ente minta aja materi yang ente kuasai tetapi ga jauh beda atau deket2lah sama materi penguji lain yang udah ngasih. Jadi belajarnya terfokus dan mendalam. Kalau ditanya ukuran keramik di kelas: panjang x lebar = 30 cm x 30 cm (saya ditanya sama Bu Adne)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->