1

A. Judul PEMANFAATAN LIMBAH KERTAS SEBAGAI MEDIA TANAM DI KELURAHAN GEBANGSARI, GENUK INDAH-SEMARANG B. Latar Belakang Masalah Sekarang ini banyak sekali kita jumpai kertas-kertas bekas yang tidak dimanfaatkan. Kertas bekas tersebut banyak dibuang begitu saja, sehingga akhirnya menumpuk dan hanya mengotori lingkungan. Padahal dibalik itu, sebenarnya kertas bekas bisa dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan karya yang baik. Dalam kertas terdapat kandungan zat kimia. Pada kertas yang tidak ada gambar atau bertinta sama sekali, berarti limbahnya hanya mengandung senyawa Klor (Cl) yang biasa digunakan pada kertas sebagai pemutih. Sebaliknya apabila pada kertas terdapat gambar atau bertinta maka selain mengandung Klor (Cl) juga mengandung logam berat sisa residu tinta. Misalnya senyawa Perak Nitrat atau Merkuri. Cara pemisahan logam-logam berat dari senyawa Klor (Cl) answer). yahoo.com/question/index). Senyawa Klor mempunyai banyak manfaat, salah satunya bagi tanaman. Kelangsungan hidup tanaman dapat dipengaruhi oleh senyawa Klor. Karena senyawa Klor berperan dalam pembentukan hormon tanaman dan dapat meningkatkan/memperbaiki kualitas dan kuantitas produksi tanaman. Begitu banyak peluang bisnis yang dihasilkan melalui pemanfaatan limbah kertas. Dengan memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat tentang pemanfaatan limbah kertas, diharapkan masyarakat dapat mengerti dan mampu menghasilkan kreasi-kreasi baru dengan menggunakan limbah kertas agar limbah kertas yang semula tidak berguna akan dapat bermanfaat dan bernilai jual tinggi, misalnya kertas dapat dibuat kerajinan tangan, seperti vas bunga, tempat pensil dan lain-lain. Tetapi pada program ini kami memfokuskan pemanfaatan limbah kertas sebagai media tanam pengganti tanah. Metode penanaman menggunakan media kertas ini lebih cocok atau khusus adalah melalui pengendapan lalu penyaringan atau menggunakan Resin/Zeolit, (id.

Bagaimana mengelola dan memanfaatkan limbah kertas yang berlebih untuk dapat dimanfaatkan sebagai media tanam.2 untuk tanaman hias. Tujuan Program . Bagaimana mengajarkan cara pemanfaatan limbah kertas sebagai media tanam kepada masyarakat. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami mencoba untuk mengembangkan ide pemanfaatan limbah kertas sebagai media tanam khususnya untuk tanaman hias. masyarakat dapat mengelola lingkungan dengan baik dan dapat menjaga keseimbangan ekosistem. Perumusan Masalah Berdasarkan Latar Belakang masalah di atas.Kami mengharapkan dengan kegiatan yang kami lakukan ini. maka permasalahan yang akan dibahas dalam program ini adalah: 1. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya kertas dihaluskan dengan menggunakan blender. Hal ini dikarenakan kertas mengandung bahan yang cukup berbahaya bagi tubuh manusia. Proses ini digunakan agar limbah kertas bisa lebih padat saat dimasukkan ke dalam pot bunga. Proses terakhir adalah kertas yang telah halus diperas dan dapat digunakan untuk media tanam. C. sehingga ibu-ibu PKK dapat mengelola limbah kertas menjadi media tanam bagi tanaman hias. Meskipun kertas termasuk sampah organik atau dapat diuraikan oleh bakteri. Selain mudah cara pembuatannya cara ini juga dinilai sangat efektif untuk jenis tanaman hias dalam ruangan karena tidak menimbulkan debu dan kotor.. Pengolahan kertas diawali dengan proses perendaman dalam air. tetapi kalau tidak dimanfaatkan akan terasa sayang sekali. D. kemudian dilanjutkan dengan peleburan kertas yang telah basah hingga halus dengan tujuan agar menyerupai tanah asli. Dalam kegiatan ini kami juga melibatkan warga khusunya ibu-ibu PKK agar berkenan bekerja sama dengan kami. 2. tidak untuk tanaman yang dapat dikonsumsi.

G. Menambah pengalaman/pengetahuan penduduk dalam pemanfaatan limbah kertas. Gebangsari dengan menanam tanamn hias yang mengunakan limbah kertas sebagai media tanamnya. tidak berdebu dan daya serap airnya juga relatif bagus. Mengurangi jumlah limbah kertas di Kelurahan Gebangsari. Dapat mengurangi peningkatan penumpukan limbah kertas di lingkungan masyarakat. 3. Gambaran Umum Masyarakat Sasaran . 2. yaitu tidak kotor bila tanaman hias diletakkan di dalam ruangan. Mendayagunakan limbah kertas untuk dijadikan media tanam. Mengajarkan kepada masyarakat tentang pemanfaatan limbah kertas sebagai media tanam. Memanfaatkan lahan kosong di Taman PKK Kel. E. 3. Menjadikan limbah kertas sebagai komoditi yang bernilai melalui pamanfaatannya sebagai media tanam yang praktis dibanding menggunakan tanah. 2. karena limbah kertas mempunyai keunggulan. 2. dan menciptakan kreativitas di kalangan ibu-ibu PKK . Kegunaan Program Kegunaan dari program pemanfaatan limbah kertas ini adalah: 1. Memanfaatkan limbah kertas yang menjadi masalah pencemaran lingkungan. F. Luaran yang Diharapkan Luaran yang diharapkan dari program ini adalah: 1.3 Tujuan dari program ini adalah: 1.

Gambaran Umum Solusi yang Ditawarkan . Seperti yang dikemukakan ibu Dian. kardus. Melalui PKMM inilah kami berusaha untuk membantu dalam pengelolaan limbah kertas yang dimanfaatkan sebagai media tanam.4 1. khususnya debu atau kotoran yang berterbangan di udara karena ada perbaikan jalan. undangan dan lain-lain di sembarang tempat. Tetapi karena berada di komplek jumlah tanaman ditiap rumahpun masih kurang untuk dapat menyaring udara kotor. 3. sebenarnya dapat dikurangi apabila jumlah tanaman yang ada disekitar mereka mencukupi. Maka dari itu. Genuk Indah-Semarang merupakan organisasi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga yang diketuai oleh Ibu Dian Kusuma jati ini mempunyai anggota sebanyak 100 orang yang terdiri dari ibu-ibu yang tinggal di Kel. 2. Untuk mengatasi polusi udara atau debu yang dikeluhkan oleh warga. misalnya koran bekas. dan sanitasi yang tidak bagus. Genuk Indah-Semarang. majalah. Selain itu kami juga berusaha untuk mengurangi jumlah limbah limbah kertas di Kelurahan Gebang Sari ini. kalender. karena kebanyakan warga menumpuk atau menimbun kertas-kertas yang tidak terpakai. Gambaran Umum Kondisi PKK Kel. Uraian Permasalahan Permasalahan yang dihadapi oleh PKK Kelurahan Gebang Sari yaitu tidak dapat mengelola limbah kertas dengan baik. salah satu masalah yang ada di lingkungan kelurahannya adalah pencemaran lingkungan. Gebangsari. Selain itu masih banyak masalah yang dihadapi. Gebangsari. dengan adanya penelitian dari kami diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah yang ada. sehingga PKK ini membutuhkan suatu ide kreatif untuk mengolah limbah kertas. Gebang Sari. misalnya kurangnya taman PKK. PKK Kel. Dengan kegiatan ini kami berusaha untuk meningkatkan jumlah tanaman di rumah-rumah warga ataupun taman PKK dengan memanfaatkan limbah kertas sebagai media tanam bagi tanaman yang akan ditanam.

b). Tahap II Ibu-ibu PKK mencoba membuat media tanam dari limbah kertas dengan didampingi mahasiswa. 3. yaitu: a). Survey lokasi. Sosialisasi program kepada warga. Masukkan kertas ke dalam ember yang sudah diisi air sampai . b). Persiapan proposal oleh penyusun. d). Setelah itu diharapkan para ibu-ibu anggota PKK dapat menerapkan metode ini di rumah mereka masing-masing dengan menanam tanaman hias atau tanaman lain (kecuali tanaman yang dapat dikonsumsi). Tahap I Mendemonstrasikan pemanfaatan limbah kertas sebagai media tanam kepada ibu-ibu PKK.5 Kami akan melakukan pendekatan yang intensif dan continue dalam memberikan penyuluhan tentang pengolahan limbah kertas yang dapat dijadikan media tanam. Metode Pelaksanaan Program Metode pelaksanaan program ini dilaksanakan melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1. c). Disamping itu keuntungan dari program ini adalah memberikan rangsangan kreatifitas kepada masyarakat dalam pengelolaan lingkungan dengan memanfaatkan limbah-limbah yang ada disekitar mereka. 2. H. Proses Pembuatan Proses pembuatan media tanam dari limbah kertas melalui langkahlangkah sebagai berikut: a). Persiapan a). Meminta surat keterangan dari daerah yang akan di ajak untuk bekerja sama. Pelatihan Pelatihan ini dibagi menjadi 2 tahap.

b). Hilangkan kandungan air yang terdapat dalam kertas dan kertas tadi siap dimasukkan ke dalam pot dan ditanami dengan tanaman hias. 5. Jadwal Kegiatan No 1 2 3 4 5 Kegiatan Persiapan Mensurvey lokasi Pelatihan Pemantauan Penyusunan Laporan Akhir I V V II V V V V V V V Bulan III IV V J. mulai dari persiapan sampai pelaksanaan program. c).6 merendam kertas. Rendam kertas selama 1 hari 1 malam. d). Rancangan Biaya Kesekretariatan . Pelaporan Hasil dari program tersebut semuanya akan dilaporkan secara tertulis dengan lengkap dan sesuai dengan hasil yang dicapai setelah pelaksanaan seluruh program selesai dilaksanakan. 4. Evaluasi Program Evaluasi dilakukan setiap selesai kegiatan. Setelah direndam hancurkan dengan menggunakan blender. I.

: Rp 345.000.Pot bunga 110 buah @ Rp 10.000. Batterai 3.Tinta print hitam Tinta print warna Penggandaan proposal 6 buah @ Rp 10.30.000.380.000.000.000.50.Konsumsi Transportasi Kenang-kenangan Lain-lain + Total : Rp 6..Dokumentasi 1.- Pembuatan 1 2 3 4 + Rp 3.000.000.000.: Rp1.: Rp 50.000.000. Sewa kamera 2.: Rp 1.000.000.35.- .Rp 425.+ : Rp 180.Fotocopy materi : Rp : Rp : Rp : Rp : Rp 70.000.60.000.000.250.000.100.: Rp 200.000..: Rp 150.000.000.000.000.000.Penggandaan LPJ 6 buah @ Rp 30.Blender 5 buah @ Rp 250.: Rp 300.7 1 2 3 4 5 6 Kertas A4 2 rim @ Rp 35.: Rp 880.: Rp 400.: Rp 500.000.Alat penyiram 5 buah @ Rp 30.000.+ Rp 650.Bunga hias 110 buah @ Rp 8. Cetak foto : Rp 400.000.000.000.000.

Fakultas/Program Studi d. NIM c. Waktu untuk kegiatan PKM : 4 jam/minggu Anggota Pelaksana I a. Waktu untuk kegiatan PKM . Waktu untuk kegiatan PKM : 3 jam/minggu Anggota Pelaksana III a. Waktu untuk kegiatan PKM Anggota Pelaksana II a. Perguruan Tinggi : Joko Munandar : 092080212 : Ilmu Keperawatan/S1 Keperawatan : Universitas Islam Sultan Agung e. Perguruan Tinggi : Novi Dwi Irmawati : 092080230 : Ilmu Keperawatan/S1 Keperawatan : Universitas Islam Sultan Agung : 3 jam/minggu e. Fakultas/Program Studi d. Fakultas/Program Studi d. Perguruan Tinggi : Fuad Al-Mubarok : 092070071 : Ilmu Keperawatan/S1 Keperawatan : Universitas Islam Sultan Agung : 3 jam/minggu e. Perguruan Tinggi : Ridho Kunto Prabowo : 092080243 : Ilmu Keperawatan/S1 Keperawatan : Universitas Islam Sultan Agung e. Nama Lengkap b. NIM c.8 K. Lampiran 1. Nama Lengkap b. Nama dan biodata Ketua Pelaksana Beserta Anggota Kelompok Ketua Pelaksana a. Nama Lengkap b. NIM c. Fakultas/Program Studi d. Nama Lengkap b. NIM c.

Biodata dosen pendamping a.9 2. Golongan Pangkat d.Kep. Bidang Keahlian : Moch. NIK c. Perguruan Tinggi h. Jabatan Struktural f. Jabatan Fungsional e. S. Waktu untuk kegiatan PKM : 4 jam/minggu . Nama lengkap dan gelar b. Fakultas/Program Studi g.Aspihan.Ns : 210900008 : : : : Ilmu Keperawatan/S1 Keperawatan : UNISSULA : i.

10 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful