Apa itu WinRAR

Secara ringkas, pengertian atau definisi WinRAR adalah aplikasi untuk mengkompres dan mengekstrak data (file/folder).

WinRAR adalah aplikasi pembuat arsip RAR pada Windows versi 32-bit dan 64-bit. WinRAR sebuah software yang sangat bagus yang membolehkan pengguna untuk membuat, menangani dan mengontrol file berkas. WinRAR tersedia untuk beberapa sistem operasi, diantanya: Windows, Linux, FreeBSD, DOS, OS2, MacOS X. WinRAR untuk Windows tersedia dalam dua jenis: - Versi Grafik User Interface: WinRAR.exe; - Versi Command Line Console (mode text): Rar.exe.

10. 32-bit dan 64bit Intel kompres executables. ACE. 50% dari kompresi normal. Memiliki algoritma khusus yang dioptimalkan untuk text. Dapat membuat arsip yang mampu mengekstrak dirinya sendiri (self-extracting). error logging. Dapat memulihkan (recovery) arsip multivolume dan merekontruksi bagian yang hilang dari arsip multivolume. audio. 6. 8.Fitur-Fitur WinRAR: 1. BZ2. 5. Sangat canggih dengan algoritma kompres asli. Dan memiliki banyak fasilitas lainnya. LZH. 9. Mendukung arsip *. dan dapat dinaikkan tingkat kompresi 10% s. Dapat memulihkan (recovery) arsip yang rusak. Memiliki antar muka Shell yang menyertai fasilitas drag-and-drop dan Wizard. . ISO. terutama sekali ketika pengepakan sejumlah besar file kecil yang serupa. CAB. 12. TAR. 4. JAR. UUE.RAR dan *. graphics. 13. Z. menggunakan modul SFX bawaan atau modifikasi. Memiliki antar muka Command Line. 3. seperti: encryption. Mengkompres padat. GZ. Mendukung nama file Unicode. ARJ. 7. 11.d. 2.0. dapatjuga multivolume. archive comments. dll.ZIP 2. Dapat membuat arsip-arsip multivolume. Mampu menangani berkas: 7Z.

tergantung atas jumlah memori tersedia dan panjang nama file. Untuk menciptakan arsip RAR yang lebih besar dari 4 GB. Sebagai contoh. Sebagai contoh.Batas Kapasitas Satu Arsip RAR Banyaknya file yang dapat ditambahkan untuk suatu arsip. Ukuran sutu buah arsip RAR. Jika Anda akan mengirimkan suatu arsip RAR ke seseorang. terbatas pada 2 GB. mungkin saja teman Anda tidak mempunyai WinRAR untuk mengekstrak muatan yang ada dalam arsip RAR. WinRAR telah diuji untuk menangani di atas satu juta file. Ukuran sutu buah arsip ZIP. Berikut adalah perrbandingan antara RAR dan ZIP: Arsip ZIP Format ZIP adalah yang paling populer. hal ini bisa saja membuat Anda untuk memilih format ZIP. Perbandingan RAR dan ZIP WinRAR bisa menciptakan arsip dua format berbeda: RAR dan ZIP. Proses penciptaan arsip ZIP lebih cepat dari arsip RAR. Pada sisi lain. diperlukan sistem file NTFS.934. tetapi dapat mengekstrak dirinya tanpa bantuan program apa pun.589. WinRAR dapat memakai sekitar 128 MB memori untuk mengkompres satu juta file. sebab sistem file lebih tua tidak mendukung file besar seperti.591 GB. kebanyakan arsip di Internet adalah arsip berformat ZIP. Kira-kira 128 bytes memori diperlukan untuk setiap file archived untuk diarsip ke RAR. . Anda dapat mengirimkan suatu arsip yang berjenis self-extracting (dapat mengekstrak dirinya sendiri). terbatas pada ukuran 8. Arsip self-extracting memiliki sedikit ukuran yang lebih besar. Keuntungan ZIP yang lain adalah kecepatan.

volume RAR mempunyai nama-nama seperti ³volname. Kelebihan RAR yang lain adalah mendukung multivolume. Untuk mengekstrak/membongkar volume.589. format RAR menciptakan kompres/tekanan yang mantap/padat jika dibandingkan dengan format ZIP. dimana NNN adalah nomor dari jumlah volume.591 GB). Sedangkan ukuran maksimum dari satu file ZIP hanya 2 GB. Format RAR juga mempunyai beberapa hal penting lain yang tidak dijumpai dalam format ZIP. maka menggunakan RAR adalah pilihahnnya. Format RAR bisa menangani file yang bisa dikatakan ukuran tak terbatas (sampai kepada 8.partNNN. Volume didukung hanya oleh format arsip RAR.Arsip RAR Dalam banyak kasus. . Secara bawaan. membaharui atau menghapus file di dalam volume yang sudah diciptakan.rar´. perlindungan/kunci arsip. Tanda dari Volume self-extracting yang sangat jelas adalah mempunyai extensi . Anda harus meletakkan semua volume di dalam folder yang sama sebelum memulai proses ekstrak.934. Sistem file yang mendukung file berukuran lebih dari 4 GB adalah NTFS atau yang lebih terbaru dari itu. Jika volume disimpan pada media non-removable seperti suatu hard-disk. Misalnya. Jika Anda harus menciptakan suatu arsip multi-volume. Volume (Arsip yang Terbagi Beberapa Bagian) Volume adalah bagian-bagian dari suatu arsip dipisah. Volume dapat juga berjenis self-extracting yang padat. dan melindungi arsip penting dari modifikasi yang tidak disengaja. Biasanya volume digunakan untuk menyimpan suatu arsip besar yang dibagi kepada beberapa disket/CD/DVD atau media lainnya. Adalah mustahil untuk menambahkan.exe bukan . kemampuan RAR untuk merekontruksi arsip yang rusak.rar. Anda harus memulai pada volume yang pertama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful