SMK MUHAMMADIYAH 4 SRAGEN

Makalah Ini Dibuat Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Kemuhammadiyahan

Dosen Pengampu :

Wasi¶ul Mu¶arif, M.Ag.
Disusun Oleh :

Taufiq Anwar J 100 090 059

Fisioterapi D-3 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2010

Di dalam keputusanya pengurus SPG Muhammadiyah merubah ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada thun 1988 disini untuk mendaptkan perijinanya tidaklah sulit Cuma membutuhkan waktu 2 bulan saja.SMK MUHAMMADIYAH 4 SRAGEN A. Dalam pendirian SPG Muhammadiyah sangatlah sulit karena dalm perijinanya harus sampai semarang. Sejarah berdirinya Smk Muhammadiyah 4 Sragen Smk muhammadiyah 4 sragen dulunya adalah Sekolah pendidikan guru (SPG) yang didirikan pada thun 1965 oleh PCM Sragen. Pertama kali didirikan Sekolah tersebut hanya ada 4 siswa yang masuk dan 3 kelas karena banyaknya sekolah SPG Negri.SPG Negri. Setelah semua terlaksana terdapat hambatan dari guru pengajar karena tidak ada yang berani mengajar karena persaingan dengan SPG. tetapi dengan tekat yang kuat SPG muhammadiyah mendapatkan perijinan setelah 3 bulan. Perijinan tersebut di tentukan di berinama SMK . Setelah beberapa tahun SPG di pindah di tempat baru ada kebijakan dari pemerintah SPG di hapuskan atau dirubah dalm bentuk SMA atau SMK. SPG Muhammadiyah dalam tahun ketahun ternyata semakin banyak peminatnya sehingga tempatnya dipindah dan terdapat 6 kelas. pada waktu itu masuknya sore hari dan belum ada penerangan.

kepribadian . 3. percaya diri.meningkatkan masyarakat. cinta tanah air . Sebagai wujud amal usaha muhammadiyah 2.adapun visi dan misi Smk Muhammadiyah 4 Sragen yaitu : Visi : 1. Meningkatkan kualitas pembelajaran 2. cakap.MUHAMMADIYAH 4 SRAGEN sampai sekarang. meningkatkan kedisiplinan dan tata tertib sekolah 4. 3. Untuk terwujudnya manusia yang bertakwa. meningkatkan kegiatan keagamana dan ibadah. yaitu manusia yang berimandan bertakwa kapada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur dan memiliki pengetahuan dan ketrampila. berguna bagi Bangsa dan Negara. Latar belakang Adapun yang melatar belakangi berdirinya SMK muhammadiyah yaitu : 1. Utamakan kepribadian mandiri dan dibutuhkan masyarakat Misi: 1. kesehatan jasmani dan rohan. berahklak mulia. hubungan baik dengan lingkungan dan B. beramal menuju terwujudnya masyarakat utama adil dan makmur yang di ri¶dhoi Allah SWT. Kuat iman dan luas pengetahuan 2. Untuk mencerdaskan kehidupan bansa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya.

4. Raya Sukowati Barat Km. H. 2 Po..yang mantap dan mandiriserta tangguna jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Tepatnya pada .Si. Untuk membantu pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa karena pada waktu iu belum ada SMK swasta yang ada hanya SMA dan SMK Negri. Arifin. S. KeadaanGedung SMk Muhammadiyah 4 Sragen didirikan tahun 1988. 110 Sragen SMK memperoleh izin pendirian dari Kepala Kantor Wi-layah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa tengah . C. M. dengan Surat Keputusan Nomor: 1166/I. Box.03/5/1988. Tempatnya Jl. dengan Kepala Sekolahnya Drs.

pada pertama SMK tersebut didirikan terdiri dari 6 kelas. Dan menbangun ruang TU.swasta maupun perorangan sehinga sekolahan juga dapat membangun 3kelas laboratorium computer satu kelas untuk jurusan teknik computer dan jaringan dan dua kelas untuk pendidikan.tangal 15-07-1988. D. BP dan Lain-lain Tahun 2006 sekolah kembali membangun masjid di lantai 2 dana di peroleh dari sumbangan baik dari pemerintah. Keadaan guru dan siswa . dalam perkembanganya dalam tahun ketahun siswa-siswi yang masuk sangat banyak sehingga kelas ditambah dengan membuat lantai 2.Kepala sekolah. Smk Muhammadiyah 4 Sragen didirikan di atas tanah seluas 3790 m2.

Pada tahun ajaran 2006/2007 jumlah siswa 738 siswa. dan tahun ajaran 2007/2008 jumlah siswa 895 siswa. Sekarang SMK Muhammadiyah 4 Sragen tahun ajaran 2009/2010 memiliki siswa kelas X 264 siswa..Pada waktu baru berdiri jumlah murid SMK 4 muhammadiyah Sragen ada 20 orang. . kelas XI 307 siswa dan kelas XII 399 siswa. Jumlah siswa SMK Muhammadiyah 4 Sragen mengalami kenaikan dalam tiap tahun seperti data yang saya terima dari tahun 2007-2009. laki-laki dan perempuan dengan guru 4 orang. 35 guru terdiri dari 5 guru PNS dan 30 guru non PNS dan TU 8 orang. jumlah 970 siswa . Jumlah guru.

E. Fasilitassekolah SMK Muhammadiyah 4 Sragen memiliki beberapa fasilitas untuk menunjang .

Ruang TU 1 ruang. keadaan baik. 10. Ruang WC dan Kamar mandi 5 ruang. keadaan baik. ukuran @ 20 m2 . ukuran 24 m2. Bahasa 1 ruang. masa perbaikan. Problem dan Kekuatan SMK Muhammadiyah 4 Sragen a) Smk Muhammadiyah didukung oleh beberapa hal berikut : . Kursi dan meja siswa memadai. 9. 1 ruang. keadaan baik. ukuran 28 m2. 5. Ruang Praktek/ Bengkel/ Workshop 1 ruang. F. ukuran 126 m2 keadaan baik. Ruang Laboratorium Komputer 3 ruang. 6. 13. 3. Ruang Kepala Sekolah 1 ruang. ukuran 72 m2. ukuran 63 m2. Gudang 1 ruang. Ruang Guru 1 ruang. 7. Ruang Lab. Ruang belajar ada 23 kelas dengan ukuran 1120 m2 dengan keadaan baik serta computer 75 buah yang dibagi 3 ruangan . 11. Ruang Pramuka/Koperasi/UKS/ dll 4 ruang. ukuran 28 m2. 12. Ruang kantin sekolah 1 ruang. ukuran 105 m2. 2. 14.. keadaan baik. ukuran @ 126 m2. 2 ruangan untuk pendidikan computer dan 1 ruangan untuk jurusan teknik jaringan serta dilengkapi dengan system online. Masjid 1 buah. keadaan baik. 8. ukuran 30 m2. keadaan baik. Ruangan-ruangan lain terdiri dari: 1. ukuran 56 m2. keadaan baik. keadaan baik. ukuran 63 m2. Ruang Unit Produksi 1 ruang.kegiatan pembelajaran intra. Ruang Perpustakaan. ukuran @ 22 m2. dengan keadaan baik. keadaan baik. ektra kurikuler maupun peningkatan iman dan taqwa. keadaan baik. 4.

3. Masyarakat srgen masih banyak kiayai-kiyai dan tokoh-tokoh masarakat yang secara sadar atau tidak melakukan kegiatankegiatan tahyul. Masih adanya tenaga pengajar yang kurang memiliki kopetensi serta lemahnya semangat untuk maju. Kalau ajaran-ajaran yang dikembangkan oleh . S2. Kurangnya disiplin baik tenaga pengajar maupun siswa sehingga menghambat proses belajar mengajar. Memiliki hubungan dengan instansi pemerintah dunia usaha dan usaha industry yang harmonis untuk pelaksanaan praktek system ganda (PSG) b) Adapun kelemahan dari Smk Muhammadiyah 4 Sragen Kelemahan yaitu : 1. 5. Gedung berlantai 2 milik sendiri 2. Tenaga pengajar yang berkompetensi pada jurusan yang di buka dengan jenjang D III. 4. mudah dicapai dengan kendaraan umum 4.1. Lokasi sekolah sangat straegis. 3. Kurangnya sarana dan prasarana penunjang yang dimiliki Smk Muhammadiyah 4 Sragen untuk meningkatkan mutu kualitas lulusan. Masyarakat umum masih banyak yang memandang Perserikaatan Muhammadiyah ini sebagai agama dan bukan Islam. 2. S1. bidah dan churafat demi memperoleh keuntungan sesaat.

6. .Muhammadiyah dibiarkan maka keuntungan sesaat yang diperoleh mereka akan hilang. 7. Siswa-siswa yang masuk di SMK Muhammadiyah 4 Sragen umumnya orang-orang yang tingkatan ekonominya rendah sehingga sekolah sangat sulit memperoleh dana dari siswa akibatnya sekolah sulit untuk menyajikan pendidikan yang lebih baik. Kepentingan politik. Akibat lebih lanjut siswa-siswa tamatan SMK Muhammadiyah 4 Sragen kurang bisa bersaing di masyarakat.

beramal menuju terwujudnya masyarakat utama adil dan makmur yang di ri¶dhoi Allah SWT dan Untuk mencerdaskan kehidupan bansa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. kesehatan jasmani dan rohan.Kesimpulan SMK Muhammadiah 4 Sragen didirikan oleh PCM Sragen yang dulunya adalah SPG dengan tujuan yang paling utama adalah Untuk terwujudnya manusia yang bertakwa. yaitu manusia yang berimandan bertakwa kapada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur dan memiliki pengetahuan dan ketrampila. percaya diri. berguna bagi Bangsa dan Negara. kebanggaan masyarakat terhadap SMK Muhammadiyah 4 Sragen juga tinggi seperti siswa yang masuk setiap tahun meningkat. cinta tanah air . Fasilitas Sekolah sangat memadai. cakap. kepribadian yang mantap dan mandiri serta tangguna jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. berahklak mulia. Guru-guru di SMK Muhammadiyah 4 Sragen .

Meningkatkan Mutu pendidikan muhammadiyah agar para masyarakat percaya dan dapat bersaing dengan pendidikan Negeri. Disiplin sekolah harus diingkatkan untuk dapat bersaing dalam dunia kerja. Pemerintah di Departemen Pendidikan dan Departemen Agama dari tingkat pusat sampai daerah sangat mendukung. Menyarankan kepada warga Muhammadiyah agar mereka meningkatkan kebanggaannya terhadap Perserikatan Muhammadiyah. Honor untuk guru harus ditingkatkan sehingga guru lebih bergairah. Lokasi sangat strategis. . 3. Menjalin hubungan baik dengan dunia kerja agar lulusan mudah untuk bekerja. 5.juga berkopeten walaupun tenap ada yang tidak berkopeten juga. Saran ± saran 1. 4. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful