Perbedaan dan Persamaan Pancasila dan Ideologi Lain Di dunia , terdapat 2 ideologi yang terkenal , yaitu ideology Liberalisme

dan ideology Sosialisme . Apakah kalian tahu , Negara apa sajakah myang menganut ideology Liberalisme dan ideology Sosialisme ? Negara yang menganut ideology Liberalisme adalah Negara ² Negara bagian Barat seperti , Amerika serikat dan Negara ² Negara Eropa seperti , Inggris , Belanda , Spanyol , Italia dll . Sedangkan , Negara yang menganut ideology Sosialisme adalah Uni Soviet ( sekarang Rusia ) , Cina , Korea Utara , Vietnam . Sekarang , kita akan membahas perbedaan pokok antara ideology Liberalisme dan Sosialisme . Adapun perbedaan pokok tersebut adalah .

Agama menjadi urusan pribadi setiap warganegaranya . Negara terpisah dengan agama . Kepentingan dan hak warganegara lebih diutamakan daripada kepentingan Negara . Warganegara bebas beragama . . Kebebasan atau kepentingan warganegara dikalahkan untuk kepentingan Negara . Rakyat atau warganya mempunyai kebebasan untuk berbuat atau bertindak apa saja asal tidak melanggar tertib hukum . Negara didirikan untuk menjamin kebebasan dan kepentingan warga Negara. tetapi bebas juga tidak beragama.Ideologi Liberalisme Negara sebagai penjaga malam . Negara tidak mencampuri urusan agama . Ideologi Sosialisme Mementingkan kekuasaan dan kepentingan Negara Kepentingan Negara lebih diutamakan daripada kepentingan warga Negara .

warganegara bebas beragama . a. Perbedaan Ideology Liberalisme . Warganegara bebas bebas beragama dan bebas juga tidak beragama . bebas tidak beragama dan bebas pula untuk propaganda antiagama .Kehidupan agama juga terpisah dengan Negara .  Pada Negara sosialis . Negara tidak mencampuri urusan agama . Dalam Hubungan agama dengan ideologi  Padda Negara Liberal . Warganegara bebas . Sosialisme dan Pancasila adalah ketiga ideology itu digunakan sebagai ideology atau dasar Negara . kehidupan negara terpisah juga dengan agama . Sosalisme dan Pancasila . Sosialisme dan Pancasila  Persamaan antara ideology Liberalisme . Persamaan ideology Liberalisme .

Dalam Bidang pendidikan  Di Negara Liberal . Penduduk diprbolehkan memilih salah 1 agama yang diakui oleh pemerintah . memiliki akhlak mulia . dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa . b. pendidikan diarahkan pada pengembangan demokrasi .  Di Indonesia .beragama . Penduduk Indonesia juga harus beragama. tidak beragama dan bebas pula propaganda anti-agama  Pada Negara Indonesia ( ideology pancasila ). . Agama mendapat perhatian penting dari Negara.  Di Negara sosialis . tidak mengakui adanya tuhan juga dilarang . pendidikan diarahkan untuk membentuk warganegara yang bertanggung jawab . Negara memperhatikan kehidupan agama . pendidikan diarahkan membentuk warganegara yang senantiasa atuh atau taat pada perintah Negara . Propaganda anti-agama dilarang .