P. 1
PENGERINGAN

PENGERINGAN

|Views: 615|Likes:
Published by Lena Pasa

More info:

Published by: Lena Pasa on Jan 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/01/2013

pdf

text

original

DEFINISI PENGERINGAN

Pengeringan ialah suatu cara/proses untuk mengeluarkan atau menghilangkan sebagian air dari suatu bahan, dengan cara menguapkan sebagian besar air yang dikandungnya dengan menggunakan enersi panas. Biasanya kandungan air bahan dikurangi sampai batas dimana mikroba tidak dapat tumbuh lagi di dalamnya. y Pengeringan dapat diartikan sebagai suatu penerapan panas dalam kondisi terkendali , untuk mengeluarkan sebagian besar air dalam bahan pangan melalui evaporasi (pada pengeringan umum) dan sublimasi (pada pengeringan beku). 2 istilah yang dipakai untuk pengeringan yaitu : y Drying : suatu proses kehilangan air yang disebabkan oleh daya atau kekuatan alam, misalnya matahari (dijemur) dan angin (dianginanginkan). y Dehydration (dehidrasi) : suatu proses pengeringan dengan panas buatan, dengan menggunakan peralatan/alat-alat pengering.
y

PRINSIP PENGERINGAN y Prinsip pengeringan adalah berdasarkan adanya perbedaan kelembaban (humidity) antara udara kering dengan bahan perpindahan panas dari pengering ke dalam bahan yang akan dikeringkan sehingga terjadi penguapan air dari bahan yang dikeringkan .

TUJUAN PENGERINGAN Mengurangi risiko kerusakan karena kegiatan mikroba. Mikroba memerlukan air untuk pertumbuhannya. y Untuk mempertahankan nutrien yang berguna yang terkandung dalam bahan pangan y . Misalnya kopi instant. y Menghemat ruang penyimpanan atau pengangkutan. Bila kadar air bahan berkurang. maka aktivitas mikroba dihambat atau dimatikan. y Untuk mendapatkan produk yang lebih sesuai dengn penggunaannya.

KLASIFIKASI PENGERINGAN y Berdasakan pergerakan bahan padatnya: .

y Berdasarkan kondisi fisik .

perbedaan temperatur pada bahan mengakibatkan air mengalir dari bagian dalam bahan menuju permukaan.MEKANISME PENGERINGAN y Terjadi dari 2 proses yang berlangsung secara simultan Perpindahan energi dari lingkungan untuk menguapkan air yang terdapat pada permukaan bahan. penguapan yang terjadi dikendalikan peristiwa difusi uap dari permukaan padatan ke lingkungan melalui lapisan film tipis udara Perpindahan massa air yang terdapat di dalam benda ke permukaan. struktur benda padat akan menentukan mekanisme aliran internal air .

FAKTORFAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGERINGAN Faktor yang berhubungan dengan udara pengering Arah aliran Kecepatan Kelembaban udara: Makin Suhu: Makin aliran udara udara: Makin kecil sudut tinggi suhu pengering: lembab udara. arah udara udara maka Semakin cepat proses terhadap pengeringan udara maka pengeringan posisi bahan. akan semakin pengeringan akan semakin maka bahan cepat akan semakin lambat semakin cepat cepat kering .

pengeringan akan pengeringan akan makin cepat makin cepat. .Faktor yang berhubungan dengan sifat bahan Ukuran bahan: Kadar air: Makin Makin kecil sedikit air yang ukuran benda. dikandung.

Untuk kualitas yang lebih baik. Kelemahan Pengeringan Alami adalah membutuhkan lahan yang luas. Pengeringan dengan udara berbeda dengan pengeringan dengan menggunakan sinar matahari. Pengeringan ini dilakukan dengan cara menggantung bahan di tempat udara kering berhembus. Bahan yang biasa dikeringkan dengan metode ini adalah kacang-kacangan. panaskan bahan di oven dengan suhu 175 o Fahrenheit selama 10-15 menit untuk menghilangkan telur serangga dan kotoran lainnya Air Drying. setelah pengeringan. Pengeringan dengan menggunakan sinar matahari suhunya lebih dari 100o Fahrenheit. dan sanitasi hygiene sulit .METODE PENGERINGAN y y y y y Pengeringan alami terdiri dari: Sun Drying. Kelebihan Pengeringan Alami adalah tidak memerlukan keahlian dan peralatan khusus. Pengeringan dengan metode ini memerlukan waktu 3-4 hari. serta biayanya lebih murah. sangat tergantung pada cuaca. Misalnya di beranda atau di daun jendela.

dan kadar air. makanan akan kering dalam jangka waktu 6-10 jam. Kelebihan Pengeringan Buatan adalah suhu dan kecepatan proses pengeringan dapat diatur seuai keinginan. sanitisi dan higiene dapat dikendalikan. Pengeringan makanan memerlukan waktu yang lama. temperature oven harus di atas 140o derajat Fahrenheit.y y y y y Pengeringan Buatan terdiri dari: Menggunakan alat Dehidrator. Kelemahan Pengeringan Buatan adalah memerlukan keterampilan dan peralatan khusus. serta biaya lebih tinggi dibanding pengeringan alami. Menggunakan oven. Dengan mengatur panas. Waktu yang diperlukan adalah sekitar 5-12 jam. Dengan menggunakan alat dehydrator. . tidak terpengaruh cuaca. kelembaban. Agar bahan menjadi kering. oven dapat digunakan sebagai dehydrator. Lebih lama dari dehydrator biasa. Waktu pengeringan tergantung dengan jenis bahan yang kita gunakan.

CONTOH-CONTOH ALAT CONTOHPENGERINGAN Spray dryer Tray dryer .

TERIMAKASIH«« .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->