P. 1
Kerusakan Lingkungan Hidup Oleh Manusia Dan Alam

Kerusakan Lingkungan Hidup Oleh Manusia Dan Alam

|Views: 161|Likes:
Published by Adnan Maulana Dp

More info:

Published by: Adnan Maulana Dp on Jan 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2012

pdf

text

original

Pembuangan sampah sembarangan dapat mengakibatkan penyakit jika sampahnya tercemar keair bersih 2.KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP OLEH MANUSIA DAN OLEH ALAM 1. . Banjir terjadi akibat adanya penebangan pohon secara liar. Pembangunan rumah di daerah sungai dapat mengakibatkan pendeknya jalur sungai. 3.

Pembuangan limbah pabrik terkadang membuat air bersih semakin berkurang karena limbah pabrik dapat mencemari air bersih. 6. 7. .4. Penebangan hutan secara berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan hutan dan merusak tempat tinggal para fauna yang berada di darat. 5. Perburuan secara liar mengakibatkan kurangnya fauna yang sudah jarang di temukan. Penggunaan sumber daya alam secara berlebihan dapat mengakibatkan kurangnya sumberdaya alam di masa yang akan datang.

atau material campuran tersebut. tanah.Jika penebanga pohon bakau terus berlanjut maka akan mengakibatkan banjir.8. . bahan rombakan. bergerak ke bawah atau keluar lereng 10. Rawa-rawa dijadikan sebagai tempat pemukiman akan mengurangi tempat rawa-rawa di indonesia 9. Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan.

y Unsur-unsur lingkungan hidup Unsur-unsur lingkungan hidup terbagi atas 3 unsur. c. Unsur Biotik Unsur biotik adalah unsur-unsur makhluk hidup atau benda yang dapat menunjukkan ciri-ciri kehidupan. tumbuh. yaitu organisme yang dapat membuat makanan sendiri dari bahan anorganik sederhana. Unsur biotik terdiri atas manusia. Jika kalian berada di sekolah. Termasuk unsur sosial budaya adalah adat istiadat serta berbagai hasil penemuan manusia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. lingkungan biotiknya berupa teman-teman sekolah. Termasuk unsur abiotik adalah tanah. air. dan semua orang yang ada di sekolah. dan berbagai bentuk bentang lahan. cuaca. dan berbagai macam benda mati yang ada di sekitar. a. Unsur Abiotik Unsur abiotik adalah unsur-unsur alam berupa benda mati yang dapat mendukung kehidupan makhluk hidup. yaitu organisme yang tidak mampu membuat makanan sendiri. memerlukan makanan. unsur biotik meliputi produsen. bapak ibu guru serta karyawan. seperti bernapas. Pengurai menyerap sebagian hasil penguraian tersebut dan melepas bahan-bahan yang sederhana yang dapat dipakai oleh produsen. Konsumen terdiri atas hewan dan manusia. yaitu organisme yang mampu menguraikan bahan organik yang berasal dari organisme mati. Adapun lingkungan abiotik berupa udara. dan karsa manusia yang disesuaikan atau dipengaruhi oleh kondisi lingkungan alam setempat. konsumen. . 3. baik hewan maupun tumbuhan. Produsen. dan tumbuh-tumbuhan. Secara umum. Konsumen. dan berkembang biak. Pengurai atau perombak (dekomposer). gedung sekolah. hewan. papan tulis. b. Produsen pada umumnya adalah tumbuhan hijau yang dapat membentuk bahan makanan (zat organik) melalui fotosintesis. juga berbagai jenis tumbuhan yang ada di kebun sekolah serta hewan-hewan yang ada di sekitarnya. Unsur Sosial Budaya Unsur sosial budaya merupakan bentuk penggabungan antara cipta. sinar matahari. dan pengurai. 2. angin. Lingkungan bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik. rasa.y Pengertian lingkungan hidup Pengertian lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Konsumen memperoleh makanan dari organisme lain. meja kursi. Pengurai terdiri atas bakteri dan jamur. yaitu : 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->