P. 1
Per Send Ian Dan Sistem Otot Rangka Manusia.doc 2

Per Send Ian Dan Sistem Otot Rangka Manusia.doc 2

|Views: 683|Likes:
Published by lailatullala

More info:

Published by: lailatullala on Jan 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Salah satu ciri makhluk hidup adalah gerak, gerak adalah suatu tanggapan terhadap rangsangan yang datang dari dalam maupun dari luar. Pada manusia tulang merupakan alat gerak pasif karena tak dapat bergerak sendiri. Sedangkan otot merupakan alat gerak aktif karena dapat menggerakan tulang. Hubungan tulang yang satu dengan tulang yang lainnya disebut persendian. Otot merupakan alat gerak aktif. Pada umumnya hewan mempunyai kemampuan untuk bergerak. Gerakan tersebut disebabkan karena kerja sama antara otot dan tulang. Tulang tidak dapat berfungsi sebagai alat gerak jika tidak digerakan oleh otot. Otot mampu menggerakan tulang karena mempunyai kemampuan berkontraksi.

B. Tujuan Penulisan Pada dasarnya tujuan penulisan makalah ini terbagi menjadi dua bagian penting, yaitu tujuan umum dan khusus. Tujuan umum dalam penyusunan dan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Anatomi Jurusan POK FKIP Universitas Tunas Pembangunan. Adapun tujuan khusus dari penyusunan makalah ini adalah untuk mengetahui tentang persendian dan jenis – jenisnya serta mengetahui tentang sistem otot pada manusia.

1

Hubungan antar tulang-tulang tengkorak 2. adalah hubungan antara dua tulang atau lebih.BAB II PEMBAHASAN A. terdapat pada hubungan antara : o ruas-ruas jari o siku o lutut • Sendi Putar. • Sinfibrosis : kedua ujung tulang dihubungkan dengan jaringan ikat fibrosis yang pada akhirnya mengalami penulangan dan tidak memungkinkan adanya gerak.Hubungan tulang rusuk dengan tulang dada. Hubungan Sinartrosis • Sinkondrosis : antara tulang dihubungkan Contoh : . Persendian dibedakan 2 . Contoh : . terdapat pada hubungan antara : o Ruas-ruas jari dengan telapak kaki melalui tulang rawan sehingga memungkinkan sedikit gerak akibat elastisitas tulang rawan. PERSENDIAN Persendian menjadi 2 yaitu: 1. meliputi : • Sendi Engsel. yang dilumasi dengan cairan synovial. Hubungan Diartrosis Hubungan antar tulang ini memunkinkan terjadinya gerak karena pada ujung-ujung tulang terdapat lapisan tulang rawan hyalin. terdapat pada hubungan antara : o tulang hasta dengan pengumpil o tulang kepala dengan tulang atlas • Sendi Pelana. .Hubungan ruas-ruas tulang belakang.

mulai dari keluhan ringan sampai berat. 2. Cedera pada persendian lutut dapat disebabkan oleh trauma (benturan). Keluhan yang dirasakan dapat berbeda-beda. juga sebagai penopang berat tubuh saat berdiri. Menggunakan penahan atau penyangga untuk menjaga kestabilan sendi lutut dan membatasi gerakan sendi lutut. terdapat pada hubungan antara : o tulang-tulang pergelangan tangan o tulang-tulang pergelangan kaki Dari sekian banyak persendian yang terdapat pada tubuh manusia ada beberapa persendian yang cukup tinggi mobilitasnya sehingga kemungkinan untuk mengalami cedera juga semakin besar. untuk 3 . penanganan / perawatan awal cedera lutut. tergantung dari beratnya cedera yang terjadi. terutama atletik • Kelainan bentuk. 5. Melakukan penekanan ( kompresi ) pada daerah sekitar cedera lutut. sehingga meningkatkan risiko terjadinya osteoarthritis. yaitu : 1. 4. 3. arthritis.• Sendi Peluru. Menggunakan es untuk mengurangi nyeri atau peradangan sementara waktu. • Usia • Olahraga yang berlebihan. terdapat pada hubungan antara : o tulang lengan dengan gelang bahu o tulang paha dengan gelang panggul • Sendi Kaku. Contohnya adalah persendian pada daerah siku dan lutut. Mengangkat kaki. oleh sebab itu nyeri pada lutut menjadi keluhan yang paling banyak dirasakan oleh setiap orang. Istirahat selama beberapa hari tergantung berat ringannya cedera. Faktor yang dapat menyebabkan cedera lutut. seperti panjang kaki kanan dan kiri yang tidak simetris. Sendi lutut merupakan persendian yang sangat penting dalam tubuh. karena selain berfungsi sebagai alat gerak yang cukup tinggi mobilitasnya. yaitu • Obesitas dapat meningkatkan penekanan pada sendi lutut. Hal ini meningkatkan kemungkinan untuk terjadinya cedera pada daerah tersebut saat beraktifitas. atau aktivitas sehari-hari yang berlebihan. • Aktivitas lutut yang berlebihan menyebabkan ketegangan otot yang dapat memicu reaksi peradangan pada sendi lutut.

Mengalami kekakuan sehingga sulit untuk menekuk atau meluruskan sendi lutut. • Latihanaerobic untuk meningkatkan dan mempertahankan fungsi jantung. terutama otot paha merupakan cara yang baik untuk mencegah cedera lutut saat berolah raga. 6. Beberapa cara untuk mencegah cedera pada lutut menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS): • Pemanasan yang cukup sebelum berolah raga. Merasakan nyeri yang hebat atau berkepanjangan. bila : 1. 3. seperti berjalan menaiki tangga. Selain itu aerobic sangat baik untuk menjaga berat badan. Terdapat bengkak di lutut.mencegah penumpukkan cairan akibat radang. • Mengurangi berat badan yang berlebihan dan menjaga berat badan ideal. • Memperkuat otot . Terdapat kelainan pada lutut atau kaki. latihan sepeda statis. sehingga dapat melindungi persendian. Seseorang yang mengalami cedera lutut memerlukan perawatan medis. 6. maka kita juga harus mengetahui cara mencegah terjadinya cedera pada persendian lutut. Menggunakan obat-obatan medis. Setelah kita memahami fungsi dan kemungkinan cedera yang dapat terjadi pada persendian lutut. Sulit untuk mengurangi beban pada lutut. Gangguan pada sendi : 1) Dislokasi: tergesernya sendi dari tempat semula karena ligamen sobek diikuti dengan urai sendi 2) Ankilosis: persendian yang tidak dapat digerakkan karena menyatu. • Olah raga yang memperkuat otot di sekitar lutut .otot kaki dengan melakukan beberapa latihan fisik. • Meningkatkan kekuatan dan durasi saat berolahraga secara bertahap. 2. Jalan dan peregangan otot. 4. 4 . 5. Terjadi infeksi pada daerah cedera. Beberapa macam olah raga yang sangat baik untuk membantu mengatasi arthritis menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS) : • Olah raga dengan gerakan yang cukup luas untuk meningkatkan kelenturan otot dan mengurangi ketegangan otot.

Elastisitas : kemampuan otot untuk kembali pada ukuran semula setelah berkontraksi. Otot memiliki tiga kemampuan khusus yaitu : 1. Otot perut terentang antara gelang panggul dan rangka dada. 4) Artitris (peradangan sendi). otot jantung dan otot rangka. Otot punggung berfungsi untuk gerak-gerik tulang belakang. Otot merupakan alat gerak aktif yang mampu menggerakkan tulang. c) Artritis sika: berkurangnya cairan sinovial 5) Osteoartristis: penyakit kemunduran sendi yaitu terjadi penipisan selaput pelindung tulang rawan sehingga terjadi pembentukan tulang pada sendi. 5 . Saat kembali pada ukuran semula otot disebut dalam keadaan relaksasi. Otot-otot batang badan terdiri dari otot-otot perut. kontraktibilitas : kemampuan untuk berkontraksi / memendek 2. B. otot dibedakan menjadi otot-otot batang badan. Otot-otot tersebut dapat memendek secara aktif. SISTEM OTOT Sistem otot adalah sistem tubuh yang memiliki fungsi seperti untuk alat gerak. Macam-macamnya: a) Artitris gould: peradangan sendi karena timbunan asam urat. kulit dan rambut setelah mendapat rangsangan. Ekstensibilitas : kemampuan untuk melakukan gerakan kebalikan dari gerakan yang ditimbulkan saat kontraksi 3. otot-otot punggung. Menurut letaknya.3) Terkilir: tertariknya ligamen disertai pembengkakan. Terdiri atas otot polos. otot-otot anggota gerak dan otot-otot kepala. b) Artitris eksudaktif: peradangan sendi karena rongga sendi terisi dengan getah radang. menyimpan glikogen dan menentukan postur tubuh. otot-otot dada dan otot-otot leher. Otot punggung tidak terlihat dari permukaan tubuh.

Miofibril terbagi atas 2 macam. Miofibril Miofibril merupakan serat-serat pada otot. Otot Polos (otot volunter) * Nama lain : otot alat-alat dalam / visceral / musculus nonstriated / otot involunter 6 . miofilamen heterogen (terdapat pada otot jantung/otot cardiak dan pada otot rangka/otot lurik). miofilamen homogen (terdapat pada otot polos) b. Di dalam miofilamen terdapat protein dan myosin ) .Sedangkan Menurut jenis dasarnya otot terdiri dari : 1. Miofilamen Miofilamen adalah benang-benang/filamen halus yang berasal dari miofibril. 2. Sarkolema Sarkolema adalah membran yang melapisi suatu sel otot yang fungsinya sebagai pelindung otot b. Sarkoplasma Sarkoplasma adalah cairan sel otot yang fungsinya untuk tempat dimana miofibril dan miofilamen berada 3. yakni : a. tropopin kontaraktil yang disebut aktomiosin (aktin berkontraksi dan tropomiosin. Ketika otot kita (memendek) maka protein aktin yang sedang bekerja dan jika otot kita melakukan relaksasi (memanjang) maka miosin yang sedang bekerja. Jaringan Otot : a. 4. Bagian-bagian Otot: a.

Otot Lurik (otot rangka) * Nama lain: otot rangka. kuat. silindris. memiliki satu inti yang terletak di tengah * Kontraksi: tidak menurut kehendak. gerakan lambat. Otot ini merupakan otot paling istimewa karena memiliki bentuk yang hampir sama dengan otot lurik. * Kontraksi : tidak menurut kehendaK atau diluar kendali sistem saraf pusat. cara kerjanya disadari ( sesuai kehendak ). memiliki inti dalam jumlah banyak dan terletak dipinggir * Kontraksi: menurut kehendak kita (dibawah kendali sistem syaraf pusat). ritmis dan tidak mudah lelah Otot jantung hanya terdapat pada jantung. Otot Jantung (otot cardiak) * Nama lain: Myocardium atau musculus cardiata atau otot involunter * Struktur : Bentuk serabutnya memanjang. gerakan cepat. dengan inti berjumlah satu terletak dibagiann tengah. yakni mempunyai luriklurik tapi bedanya dengan otot lurik yaitu bahwa otot lirik memiliki satu atau dua 7 . ritmis dan tidak mudah lelah. Otot polos adalah salah satu otot yang mempunyai bentuk yang polos dan bergelondong. Contoh otot pada lengan c. memiliki satu nukleus yang terletak di tengah sel.* Struktur : bentuk serabut panjang seperti kumparan. gerakan lambat. Tampak adanya garis terang dan gelap. dengan ujung runcing. Cara kerjanya tidak disadari ( tidak sesuai kehendak ) / invontary. berwarna/lurik dengan garis terang dan gelap. bentuknya memanjang dengan banyak lurik-lurik. otot serat lintang (musculus striated) atau otot involunter * Struktur : serabut panjang. bercabang. memiliki nukleus banyak yang terletak di tepi sel. mudah lelah dan tidak beraturan Otot rangka merupakan jenis otot yang melekat pada seluruh rangka. Otot ini biasanya terdapat pada saluran pencernaan seperti: lambung dan usus b.

nukleus yang terletak di tengah/tepi sel. Dan otot jantung adalah satu-satunya otot yang memiliki percabangan yang disebut duskus interkalaris. otot tungkai bawah dan otot kaki. Otot wajah pada satu atau kedua ujungnya menempel pada kulit sehingga kita dapat menggerakkan kulit wajah (muka) kita. otot lengan bawah dan otot tangan. Otot kepala terdiri dari otot-otot wajah dan otot kunyah. Otot ini juga memiliki kesamaan dengan otot polos dalam hal cara kerjanya yakni involuntary (tidak disadari ). otot tungkai atas. Sedangkan otot-otot anggota gerak bawah dapat dibedakan atas otot pangkal paha. otot lengan atas. 8 . Pada anggota gerak atas kita terdapat otot bahu.

wikipedia. dari sekian banyak persendian yang terdapat pada tubuh manusia ada beberapa persendian yang cukup tinggi mobilitasnya sehingga kemungkinan untuk mengalami cedera juga semakin besar.com http://rudyregobiz.BAB III PENUTUP A.wordpress.anakciremai. C.org 9 . Saran Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan tersebut diatas penulis memberikan saran pengetahuan tentang anatomi khususnya persendian dan sistem otot rangka manusia diperluas lagi sehingga dapat bermanfaat bukan hanya untuk bidang kesehatan tetapi juga bidang keolahragaan. Daftar Pustaka www.com alviyanto.com id. Kesimpulan Jadi.blogspot. B.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->