ANATOMI HATI

Pendahuluan Hepar atau hati adalah kelenjar terbesar dalam tubuh.

Letaknya sebagian besar di region hipokondrika destra, epigasytika dan sebagian kecil di hipokiondrika sintra. Bentuknya menyerupai pahat yang menghadap kekiri. Beratnya pada pria dewasa antara 1.41.6 kg (1/36 berat badan), pada wanita dewasa antara 1.2-1.4 kg. ukuran normal pada dewasa : panjang kanan – kiri : 16 cm, tinggi bagian tekanan (ukuran superior – inferior) : 15-17 cm, tebal (ukuran anteroposterior) setinggi ren destra 12 – 15 cm. warna permukaan : coklat kemerahan, fasies superior, fasies destra, fasies raises posterior dan fasies inferior. anterior,

Peralihan antara fasies anterior dan fasies inferior merupakan pinggiran tajam yang disebut margo inferior. anterior dan posterior disebut juga sebagai fasies diagfragmatika. .Fasies superior. yakni lobus quadratus dan lobus kaudatus pembagian hepar menjadi lobus dekstra dan sinister ternyata tidak mencerminkan pembagian hepar yang sebenarnya yakni yang berdasarkan atas distribusi percabangan pembuluh darah dan saluran empedu. dekstra. Hepar mempunyai lobus desktra dan lobus sinistes. Masing-masing belahan hepar pada pembagian ini diurus oleh secara terpisah oleh cabang ateria hepatica. Menurut area distribusi percabangan pembuluh darah dan saluran empedu ini maka pembagian hepar atas wilayah kanan dan kiri terbatas bidang potong tegak lurus permukaan superorterior hepar melalui garis yang menghubungkan titik ujung fundus vesika fellea dengan titik tengah lobus kaudatus. vena porta dan duktus hepatikus desktra dan sinister.

fisura sagitalis sinistra bagian belakang dengan larvatura minor vertrikuli dan pasar superior duodeni. seperti : Ligamentum falsiforme hepatic yang menggantungkan hepar ke diafragma dan dinding perut depan. SINTOPI . Ligamentum koronari hepatis yang menggantungkan hepar ke puncak diafragma. Ligamenrum tringularia hepatis yang menggantungkan hepar ke diagfragma kanan dan kiri dan omentum minus yang menghubungkan porta hepatis.Peritoneum hampir menyelubungi seluruh permukaan hepar kecuali suatu daerah telanjang (bare area) pada fasies posterior hepatic dan pada tempat dimana terjadi duplikatur yang menjadi ikat – ikat hepar.

ventrikulus kordis dan sedikit ditutup oleh pleura diafragma sinistra. akan dijumpai hubungan hepar dengan alat sekitarnya sebagai berikut : Fasies superior yang meliputi permukaan atas lobus desktra dan lobus sinister. Sebagian fasies anterior menonjol dibawah angulus coastae. VII. yang pada bagian kanan diafragmatika tersebut memisahkan hepar dari pleura diafragmatika dan iga ke-VI.Pada orang yang berbaring telentang (supine). petikardium. basis paru kanan. Fasies anterior yang merupakan permukaan anterior lobus desktra dan lobus sinister. VIII. di daerah ini terselip ujung depan basis paru kanan. bersentuhan dengan diafragma bagian depan. dan X. terletak langsung dibawah kubah diafragma dan berada di bawah pleura diafragma desktra. sampai kira-kira pertengahan garis hubung titik umbiliks (omphalion) . IX.

Permukaan belakang lobus sinister bersentuhan dengan pars abdominalis oesofagi dan fundus ventrikuli. Celah porta hepatic. Permukaan belakang lobus desktra (bare area). terletak antara lobus kaudatus dan lobus quadratus. Di garis midaxilaris kanan. vena kava inferior. meliputi permukaan bawah lobus desktra. ujung bawah paru kanan mencapai iga ke –X (irecessus costodiaframtic dextre) Fasies Posterior hepatis. ligamentum ters hepatis terletak antara lobus sinister dan lobus quadratus. merupkaan permukaan belakang lobus desktra dan sinister juga. terletak antara lobus sinister dan lbous kaudatus. a. Fasies destra. dan vena porta di belakang. Pada permukaan bawah ini terlihat vesika fellea terletak antara lobus desktra dan lobus quardratus. fasies posterior lobus kaudatus bersentuhan dengan akurat diafragmatika. Ketiga struktur dalam celah porta hepatis itu terbungkus oleh omentum minus. Organ-organ yang . serta iga ke-VII sampai XI. ligamentua zenosum aranti.processus xifoideus (xiphoidale). lobus guardratus dan lobus sinister. lobus kaudatus. hepatica disebelah kiri. glandula suprarenalis kanan (bare area) . celah porta hepatus itu berisi duktus kholedukthus disebelah kanan. sehingga sebagian fasies anterior menempel pada dinding depan abdomen pada region epigastrika. vena kava inferior terdapat dinatara lobus dekstra dan lobus kaudatus. menempel pada diafragma yang menurun dikanan dan dipisahkan oleh diafragma terhadap pleura dan paru kanan. Fasies inferior hepatic.

yang berhadapan dengan lobus sinister hepatic adalah permukaan depan gaster. ren dekstra dan pars desendens duodenis. batas samping kanan merupakan garis cembung kelateral kanan . Gambar 5. yang berhadapan dengan lobus guadratus adalah : pars pilorica ventrikuli dan pars superior duodeni. Aliran limfe hati PROYEKSI HEPAR KEDINDING DEPAN ABDOMEN Batas atas merupakan garis hubung titik pada prosesus xifoideus (titik a) ketitik sedikit di bawah papilla mama kanan (titik b) dan dari titik a ke satu titik sedikit inferomedial papilla mama kiri (titik c). lobus kaudatus merupakan atap foramen epiploikum Winslowi.berhadapan dengan lobus dekster adalah : fleksura coli dekara.

kava superior. thorakoepigastrika v. membawa darah venas keluar dari hepar menuju muaranya pada fossa venae cavae pada vena kava inferior. Arteria hepatica. pudenda inter v. v. umbikalis vv. kavasup. terletak intrahepatik. subclavia – v. koronaria ventrikuli vv. mesenterika inferior. porta-v. v. anoyma – v. Dukstus hepatikus adalah saluran yang membawa keluar empedu hepar. Vena hepatica. kva . merupakan “portal triad”. dalam portal kanan.epigastrika superfilialis – v. Suatu keadaan sakit berupa terjadinya sumbatan aliran darah dalam vena porta karena kelainan ekstrahepatik maupun intrahepatik. Parumbilikales – daerah umbifikus. lienalis.ilika komunis-v. ilika eksterna – c. koronaria ventrikuli dan vv. hipogastrika-v. inferior. v. mesenterika superior. Oesofage – vv. Vena porta. Saluran – salurannya yang terkecil. v. Parumbilikales sappeyi.dari titik b ke titik pada arawan iga kanan (titik d) batas bawah adalah garis hubung garis bidang tranpyloricium pada garis tengah badan.hemorhoidalis inferior – v. v.axillaris – v. femoralis – v.azygos et hemiazgos – v. Ketiga system selalu bersama di dalam jaringan hiterlobular hepar. hemorhoidalis superior-v. membawa daerah arterial ke hepar. Vena porta menampung darah dari v. kava inferior. akan memicu terjadinya peredaran darah portal secara kolateral sebagai berikut : V. melalui v. v.. Bena porta adalah vena yang membawa darah vonous dari saluran coma yang kaya dengan zat sari makanan.kava. v. arteria hepatica dan duktus hepatikus masing-masing bercabang dua kanan dan kiri sebelum memasuki hepar.

v.ll. Dari depan dekat margo inferior ke fasies inferior depan + limfe dari vesika fella + limfe dari hilus hepar. nn. epigastrika superiorv. koeliaka atau nn. Renales. Merupakan 25-50% jumlah cairan limfe yang mengalir melalui duktus thorakkus.ll. kava superior. Spermatika. mammaria interna-v. Intercostrales – vv azygos et hemizygos-v. . sistema limfe hepar. dan vv. gastrici. Balik kecil menuju vv. kva inferior.ll. Dari bagian atas depan kelig. namun tidak terdapat dalam parenchymahepar. hanya ada dalam stroma jaringan ikat hapur.ll. vv. nn. nn. anonyma-v. Dari fase posterior.ll. v. ilika komunis dan v.ll.inferior. ilika eksterna-v. mamkrania interna (restrosternalis). vv. vv. mengikut vasa phrenika desktra kan n. pediculi hepatic atau menuju ke kiri kederah omentum minus. Falsiforme hepatic. diafragma di dalam rongga toraks. epigastrika inferior-v. cava superior. nn. venakava inferior. Unbales. Mesenterika superior et inferior-ke pbl. ALIRAN LIMFE HEPAR Dari aliran limfe dalam menuju ke saluran limfe subperiotonealis.