Hukum I, II, III Newton

Energi dan Hukum kekekalan energi  Momentum. Impuls dan Hukum kekekalan momentum .  Kerja.Dinamika   Dinamika adalah Ilmu yang mempelajari tentang gerak dengan memperhatikan penyebab gerak tersebut. Dinamika meliputi:  Hubungan antara massa dengan gaya : Hukum Newton tentang gerak.

Hukum Newton I Sebuah benda akan berada dalam keadaan diam atau bergerak lurus beraturan apabila resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol .

Hukum Newton II Benda akan mengalami percepatan jika ada gaya yang bekerja pada benda tersebut dimana gaya ini sebanding dengan suatu konstanta(massa) dan percepatan benda .

Hukum Newton III Dua benda yang berinteraksi akan timbul gaya pada masing-masing benda yang masingarahnya berlawanan arah dan besarnya sama .

GAYA AKSI-REAKSI AKSI- .

gaya gesek dan gaya tegang tali . gaya magnet Gaya kontak : gaya yang terjadi hanya pada bendabenda-benda yang bersentuhan gaya normal. gaya listrik.Macam-macam gaya  4 gaya yang berpengaruh di alam yaitu     Gaya Gaya Gaya Gaya Elektromagnetik (Electromagnetic Force) Gravitasi (Gravitation Force) Interaksi Kuat (Strongth Force) Interaksi Lemah (Weak Force)   Gara interaksi : gaya yang ditimbulkan oleh suatu benda pada benda lain walaupun letaknya berjauhan gaya gravitasi.

Gaya Normal Gaya normal adalah gaya yang dikerjakan pada benda terhadap bidang dimana benda itu berada dan tegak lurus bidang. N = m g atau N = mg cos U .

kecepatan relatif.Gaya Gesek Gaya dapat berupa : zat padat dengan zat padat dan zat cair dengan zat padat  Gaya gesek dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu keadaan permukaan. gaya yang bekerja. dsb Gaya gesek dinyatakan     µk=koefisien gesek kinetik µs=koefisien gesek statik Umumnya µk < µs .

Gaya tegang tali memenuhi T =7 F = mg =7 . pegas atau batang yang ujung-ujung ujungdihubungkan dengan benda lain.Gaya Tegang Tali   Gaya tegang tali adalah gaya yang terjadi pada tali.

percepatan balok . Kerjakan Giancoli halaman 126 no 36. Jika koefisien geseran kinetis antara benda dan bidang = 0.4 dan percepatan gravitasi 10 m/s. Sebuah balok massanya 3 kg bergerak pada bidang horizontal karena pengaruh tegangan benang yang dihubungkan dengan balok yang massanya 6 kg. tentukan :  A. Tegangan dalam tali  B. 2.TUGAS 1.