Hukum I, II, III Newton

 Kerja. Dinamika meliputi:  Hubungan antara massa dengan gaya : Hukum Newton tentang gerak. Energi dan Hukum kekekalan energi  Momentum.Dinamika   Dinamika adalah Ilmu yang mempelajari tentang gerak dengan memperhatikan penyebab gerak tersebut. Impuls dan Hukum kekekalan momentum .

Hukum Newton I Sebuah benda akan berada dalam keadaan diam atau bergerak lurus beraturan apabila resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol .

Hukum Newton II Benda akan mengalami percepatan jika ada gaya yang bekerja pada benda tersebut dimana gaya ini sebanding dengan suatu konstanta(massa) dan percepatan benda .

Hukum Newton III Dua benda yang berinteraksi akan timbul gaya pada masing-masing benda yang masingarahnya berlawanan arah dan besarnya sama .

GAYA AKSI-REAKSI AKSI- .

Macam-macam gaya  4 gaya yang berpengaruh di alam yaitu     Gaya Gaya Gaya Gaya Elektromagnetik (Electromagnetic Force) Gravitasi (Gravitation Force) Interaksi Kuat (Strongth Force) Interaksi Lemah (Weak Force)   Gara interaksi : gaya yang ditimbulkan oleh suatu benda pada benda lain walaupun letaknya berjauhan gaya gravitasi. gaya magnet Gaya kontak : gaya yang terjadi hanya pada bendabenda-benda yang bersentuhan gaya normal. gaya gesek dan gaya tegang tali . gaya listrik.

N = m g atau N = mg cos U .Gaya Normal Gaya normal adalah gaya yang dikerjakan pada benda terhadap bidang dimana benda itu berada dan tegak lurus bidang.

gaya yang bekerja. kecepatan relatif. dsb Gaya gesek dinyatakan     µk=koefisien gesek kinetik µs=koefisien gesek statik Umumnya µk < µs .Gaya Gesek Gaya dapat berupa : zat padat dengan zat padat dan zat cair dengan zat padat  Gaya gesek dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu keadaan permukaan.

Gaya tegang tali memenuhi T =7 F = mg =7 .Gaya Tegang Tali   Gaya tegang tali adalah gaya yang terjadi pada tali. pegas atau batang yang ujung-ujung ujungdihubungkan dengan benda lain.

tentukan :  A.TUGAS 1. Kerjakan Giancoli halaman 126 no 36. percepatan balok .4 dan percepatan gravitasi 10 m/s. 2. Jika koefisien geseran kinetis antara benda dan bidang = 0. Tegangan dalam tali  B. Sebuah balok massanya 3 kg bergerak pada bidang horizontal karena pengaruh tegangan benang yang dihubungkan dengan balok yang massanya 6 kg.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful