Syarat Dan Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi Gambar merupakan wujud tampilan yang dihadirkan oleh seseorang.

Gambar yang ditampilkan itu mempresentasikan atau mewakili imajinasi tertentu dengan maksud untuk menjalin komunikasi secara tidak langsung terhadap orang lain.Gambar yang ditampilkan tentu saja sudah diberi muatan tertentu berupa pesan yang dapat terpapar dengan jelas atau tersembunyi. Pesan yang dimuat dan ingin yang disampaikan terhadap orang lain dalam suatu gambar dapat berupa rasa keindahan yang yrtcermin dalam gambar itu sendiri, pesan lisan yang disertakan, atau perlambang tertentu yang menyiratkan pesan. Gambar sebagai media yang dimuati pesan merupakan upaya manusia untuk dapat menangkap, mengolah, dan mengungkapakan emosinya melalui keterampilan ternis dengan berbagai media yang dikuasai. Gambar bentuk merupakan hasil upaya memindahkan imaji benda dengan segenap atributnya dan keadaan sekelilingnya kedalam kertas/kanvas setepat mungkin seperti aslinya. Dalam hal ini, unsur-unsur seperti terknik, pasilitas media, dan keterampilan menggambar sangat berpengaruh terhadap hasil akhir yang merupakan gambar bentuk. Disamping itu, pengamatan yang cermat dan rinci akan sangat peniruan imitasi tersebut. Gambar bentuk dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu gambar hitam putih dan gambar berwarna. Alat/media yang dipakai dalam menggambar bentuk dapat kita pilih, yaitu alat/media kering dan alat/media basah.as 1) Alat/media kering, merupakan media yang dapat langsung digunakan tanpa harus dibubuhio/dicampur denganbahan lain yang bersifat basah/air. Media ini meliputi pinsil (hitam dan berwarna), krayon, dan pastel. 2) Alat/media basah, merupakan media yang dalam penggunaannya harus dibubuhi/dicampur dengan bahan lain yang bersifat basah/cair. Media ini meliputi tinta, cat air, cat poster, cat minyak, dan cat akrilik. Dalam gambar bentuk, objek yang paling umum adalah bentuk benda alam seperti flora, fauna, dan manusia termasuk detail bagian-bagiannya. Sementara untuk benda buatan yang umum dijadikan objek adalah komposisi benda buatan dengan berbagai karakter dalam peletakkan dan penyinaran yang khusus. tujuan Sementara itu, yang dimaksud degan gambar ilustrasi adalah gambar yang bertujuan untuk menjelaskan sesuatu (peristiwa, kejadian, cerita). Kata ilustrasi itu sendiri berasal dari bahasa latin yaitu Ilustrate yang berarti menjelaskan atau menerangkan. Adapun sebuah gambar ilustrasi yang baik haruslah memenuhi beberapa syarat sebagai berikut. a. Menarik Gambar ilustrasi menarik akan cepat menarik perhatian sesetiap orang yang melihatnya. Oleh sebab itu, gambar ilustrasi harus dibuat sedemikian rupa dengan warna, tata letak, dan gambar-gambar yang menarik.

keluaraga. Oleh sebab itu. Gambar ilustrasi cukup sederhana saja tetapi jelas dalam penyampaian tujuan yang ingin kita capai dengan dibuatnya gambar tersebut. Gambar ilustrasi dapat kita temukan dengan mudah dalam berbagai buku. Sebagai contoh adalah komik cerita legenda. Sederhana Gambar ilustrasi tidak harus dibuat berlebihan. gamabar ilustrasi harus menyamapaikan tujuan yang ingin dicapai dengan jelas. Artinya. Hal ini disebabkan masing-masing gambar ilustrasi mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Jika gambar ilustrasi iita berrumit atau kurang jelas maka hasilnya percuma. Bila diperlukan keterangan gambar maka sebaiknya ditulis sehingga orang dapat dengan mudah memahaminya. Mudah dipahami Gambar ilustrasi harus mudah dipahami oleh setiap orang yang milihatnya. kalimat digunakan hanya untuk melengkapi atau keterangan saja. setiap gambar iustrasi mempunyai ciri khas masing-masing. gamabar ilustrasi untuk buku pelajaran tentu berbeda dengan gambar ilustrasi untuk komik. gari tinta bak. Dengan demikian. Sebagai contoh. 2) Ilistrasi cerita pendek/novelita Gamabar ilustrasi ini hanya dibuat sebagian dari cerita yang mewakili isi cerita itu. spidol. . Gambar ilustrasi yang rumit tidak akan menyampaikan tujuannya kepada setiap orang yang melihatnya. Biasanya. Siswa tidaka akan mengerti mengenai gambaran isi buku dengan adanya gambar ilustrasi tersebut. Biasanya yang ditampilkan adalah tokoh utama dari cerita itu. cerita pendek atau novel lebih mengutakan jalannya cerita melalui teks. atau kuas. Sekarang. Jelas Gambar ilustrasi biasanya digunakan untuk tujuan tertentu. d. misteri dan momik masa kini yang modern. 1) Ilustrasi cerita bergambar (komik) Dalam cerita bergambar (komik). Berbeda dengan komik. rapido. artinya gambar dibuat penuh dengan warna-warni ataupun tata letaknya sembarangan. Dengan demikian kita tidak boleh menempatkan gamabar ilustrasi sembarangan karena orang yang melihatnya akan sulit memahami maksud dari gambar tersebut. pewayangan. penggunaan gambar lebih diutamakan. Komik bisanya dibuat berdasarkan gambar yang menggunakan warna hitam. gambar ilustrasi dalam buku pelajaran biasanya bertujuan untuk memperjelas materi pelajaran.b. banyak dijumpai komik-komik di pasaran dengan cerita yang bermacammacam. kita dapat membedakan gambargambar ilustrasi menjadi beberapa jenis sebagai berikut. c. atau media lain dengan goresan pena.

4) Ilustrasi sampul Gambar ilustrasi ini dibuat disampul/cover buku/ majalah dimana gambar mewakili seluruh isi dalam buku itu. Biasanya gambar dibuat sedemikian rupa dan merupakan ciri khas dari penciptaannya tetapi dalam bentuk yang diubah. ilustrasi sampul juga harus menarik agar setiap orang melihatnya merasa tertarik dan muncul rasa ingin tahu untuk membaca keseluruhan isi buku itu. Menggambar bentuk geometris tanpa penggaris merupakan kemampuan dasar menggambar untuk merekam bentuk-bentuk geometris. 1) Kemampuan memilih dan menyusun benda-benda yang akan digambar serta menentukan sudut pandang yang baik. misalnya peristiwa di bidang politik. Di sekitar kita terdapat bentuk-bentuk geometris. peristiwa/kejadian yang sedang terjadi. liat. 2) Kemampuan mentransformasikan bentuk tiga dimensi ke atas bidang dua dimensi dengan garis dan unsur lainnya. misalnya kubus. Bentuk geometris adalah bentuk beraturan. cenderung menghasilkan gamabar yang efektif. Istilah dalam bahasa Inggris untuk alam benda adalah still life. Selain itu. 4) Kemampuan mentransformasikan karakter benda yang digambar. lunak. Semua garis kontur pembentuk gamabar benda yang di buat tanpa penggaris. balok. Kegiatan menggambar alam benda sebagai subjek utama diketahui sejak abad XIV. yaitu memberikan warna gelap terang. siliner.3) Kaartun Kartun adalah gambar ilustyasi yang bernuansa lucu. piramida. Istilah ini mengandung pengertian ³menggambar secara langsung suatu bend diam yang sengaja disusun untuk keperluan itu´. Sebelum itu. prisma. Jika sketsa sudah selesai barulah dibuat gambar kerja yang diselesaikan dengan menggunakan penggaris. seni dan olahraga. dan pejal. Hasil gamabar bentuk geometris tanpa penggaris pada umunya digunakan sebagai keterampilan dalam menggambar sketsa yang lebih cepat untuk produkproduk seni rupa dan erajinan. kemampuan-kemampuan berikut harus kamu kuasai. Untuk menggambar alam benda. 3) Kemampuan memberikan ilusi tiga dimensi terhadap benda yang idgambar denan menerapkan prinsip perspektif. misalnya kepala tokoh di buat besar tetapi badannya kecil. Gambar karikatur di tampilkan dengan fokus pada karakter tertentu dari objeknya. dan krucut. misalnya karakter benda keras. . gamabar alam benda hanya merupakan pendukung sebuah tema utama lukisan. 5) Karikatur Karikatur disebut juga komedi sindiran/gamabar sindiran terhadap tokoh.

5-8 kali lebih panjang dari kepalanya. baik sketsa. hai ini berbeda pada tinggi tubuh remaja. perlu dibuat terlebih dahulu bentuk dasarnya. . pengamatan serta mentransforasikan objek secara tepat (proposional). Agar kamu dapat lebih memahami bagaimana menggambar manusia yang benar. arsiran (volume).Menggambar Tumbuhan dan Hewan Menggambar bentuk merupakan keterampilan dasar dan mentransformasikan objek ke atas media dengan skala tertentu secara tepat dan proposional. Namun. Hal ini terjadi karena bentuk manusia memiliki anatomi tubuh dan platisitas yang kompleks dan indah. BAHAN 1) Kertas gambar A3 (297 x 420 mm) 2) Fixative (lapisan penguat) 1. Teknik ini dapat digunakan pada bentuk dua dimensi dan tiga dimensi serta sesuai dengan keperluannya. ALAT 1) Penggaris 2) Karet penghapus 3) Pensil 2H. cobalah untuk mempraktikan materi tersebut. Namun demikian. dan bayi. 2B. untuk memudahkan penggambaran. Objek-objek yang akan dijadikan sasaran menggambar adalah flora (tumbuh-tumbuhan) dan fauna (binatang) yang ada di alam sekitar. baik di darat maupun di air. bentuk.4B. karakteristik. 2. Menggambar Manusia Menggambar manusia memerlukan keterampilan dan ketekunan yang lebih dibanding menggambar objek lainnya. terlebih dahulu perlu di ketahui bahwa tubuh manusia dewasa normal tingginya 7. Bentuk dasar tubuh manusia jika di kembagkan ke bentuk esensinya merupakan rangkaian bentuk silinder bervolume. krayon atau pastel. kesan dimensi. dan 6B 4) Pisau raut dan cutter 5) Pines/ penjepit kertas 6) Papan gamabar/ alas gambar (triplek/ karton tebal) 7) Pensil warna. Berikut adalah alat dan bahan yang kamu perlukan untuk menggambar. Sebelum dilanjutkan. Fungsi dari keterampilan ini adalah untuk mengatkan ketajaman persepsi. serta komposisi yang menarik dalam wujud gambar. anak.

Terdapat tiga kategori dalam seni rupa. wikipedia. kesatuan. yaitu seni rupa murni. kenikmatan. yakni keseimbangan. Fine art adalah terjemahan seni rupa dalam bahasa Ingris. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern. warna. Timbulnya rasa nikmat. Seni yang mengacu kepada karya-karya yang tujuan untuk pemuasan ekspresi pribadi disebut juga sebagai seni rupa murni. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis. Bandingkan keindahan alam itu dengan pemandangan indah di taman yang terdapat di depan rumah. com). Oleh karena keindahan itu dihasilkan oleh sentuhan tangan manusia atau seniman maka pemandangan . Seni Rupa Indonesia Seni rupa aadalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. volume. kriya dan desain. Karya Seni Rupa Nusantara Seni selalu terkait dengan rasa keindahan. kantor. senang. Jadi yang dimaksud dengan keindahan seni adalah keindahan yang terjadi karena memenuhi keindahan seni yaitu kaidah komposisi dan keindahan. dan hotel. Seni adalah ciptaan manusia (pendapat Ki Hajar Dewantara). dan kepuasan. istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya kedalam bahasa visual arts. bentuk. Sementara kriya dan desain lebih menitikbertakan fungsi dan kemudahan produksi. misalnya keindahan pemandangan alam di pantai atau di gunung. puas disebabkan dalam karya seni itu terdapat unsur-unsur yang merupakan kaidah atau asas dari seni itu. bidang. keharmonisan. Hal ini terjadi setelah berlangsung proses pengamatan dan penghayatan terhadap suatu karya seni.A. B. tekstur. dan pencahayaan dengan acuan estetika (www. bukan keindahan yang transcendental atau ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. dan irama.