Makalah

Manfaat, fungsi dan kesadaran dalam Berkoperasi

Oleh Fauzi Fadlan 02111080040 Prodi :manajemen

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SUTAATMADJA SUBANG (STIESA) 2011/2011

Pendirian koperasi di latarbelakangi oleh keinginan masyarakat golongan ekonomi lemah untuk memperbaiki ekonomi mereka Di Indonesia dikenal dua macam bentuk koperasi. Koperasi merupakan suatu badan usaha bersama yang berjuang dalam bidang ekonomi dengan menempuh jalan yang tepat dan mantap dengan tujuan membebaskan dari para anggotanya dari kesulitan-kesulitan ekonomi yang diderita mereka (Kartosapoetra. adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam tata perekonomian nasional yang disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan´ Sebagai badan usaha rakyat. Sebagai organisasi yang berwatak sosial. solidaritas dan persaudaraan diantara para anggota. serta mampu bersaing dengan badan usaha lain berdasarkan prinsip koperasi. Hal ini dipertegas dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 tentang Koperasi. koperasi sebagai badan usaha rakyat. melalui usaha untuk . Koperasi primer adalah koperasi yang beranggotakan orang perorangan. adil dan makmur koperasi harus berpijak pada landasan yang benar. Landasan koperasi Indonesia adalah Pancasila dan UndangUndang Dasar 1945. Bentuk badan usaha yang sesuai dengan bunyi dari pasal tersebut adalah koperasi. dan membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju. sehingga diharapkan. Koperasi hadir ditengah tengah masyarakat dengan mengemban tugas dan tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. dasar pendirian koperasi berbeda dengan dasar pendirian perusahaan lain seperti Firma dan Perseroan.1 Latar Belakang Koperasi merupakan organisasi ekonomi yang berasaskan kekeluargaan dengan mengutamakan rasa persaudaraan. koperasi perlu membangun diri dan meningkatkan diri. mampu berperan sebagai soko guru perekonomian nasional yang berfungsi memperkokoh perekonomian rakyat. yaitu Koperasi primer dan Koperasi sekunder. yang menyatakan bahwa : ³Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun sebagai badan usaha berperan serta untuk mewujudkan masyarakat yang maju. Pasal 33 Ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi ³ Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan´. dkk 1991: 1).Pendahuluan 1.

. Koperasi sekunder merupakan himpunan dari Koperasi primer yang di bentuk sekurang kurangnya dari tiga Koperasi primer. Salah satu bentuk Koperasi primer adalah Koperasi Unit Desa yang merupakan suatu kesatuan ekonomi dari masyarakat yang mempunyai fungsi sebagai penyalur sarana produksi. khususnya pengadaan pangan dan pengembangan ekonomi rakyat yang berguna untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat terutama di wilayah pedesaan.3. 1. maka penulis perlu melakukan pembatasan masalah untuk mempersempit ruang lingkup sebagai berikut : Penulis akan membahas mengenai Manfaat berkoperasi. Hal ini dikarenakan tidak sesuainya jumlah barang dan jasa yang tersedia dibandingkan dengan jumlah kebutuhan manusia. 1. usaha manusia untuk mempertahankan hidupnya dan untuk mencapai keinginannya itu bukanlagi sebagai individu. dan mereka akan selalu mempunyai keinginan untuk mencapai kesejahteraan yang lebih tinggi dari apa yang telah mereka capai pada hari ini. Manusia tidak pernah merasa puas dengan apa yang mereka peroleh dan dengan apa yang telah mereka capai. Sejak dilahirkan. Untuk mencukupi kebutuhan hidup dan mempertahankan kelangsungan hidupnya manusia harus selalu berusaha. tidak ada manusia di dunia yang dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. seseorang bekerja menghasilkan suatu barang untuk digunakan sendiri atau untuk keluarganya. Jika semula untuk mempertahankan hidupnya.memenuhi kebutuhan anggota secara perorangan.2. dimana mereka harus bekerjasama dalam melaksanakan kegiatan sehari-harinya. Hal itu adalah merupakan sifat dan sikap dari manusia bahwa bilamana keinginan-keinginan yang lama telah tercapai selalu didorong oleh keinginan yang baru. tetapi sebagai anggota dari suatu kelompok dalam masyarakat. Pembatasan Masalah Agar dalam melakukan penelitian tidak menyimpang dari judul yang dibuat. Identifikasi Masalah Dari zaman dulu sampai zaman modern sekarang ini. maka dalam perkembanganya. manusia telah menghadapi masalah untuk bisa hidup dan akan berusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

4. 2. identifikasi dan pembatasan masalah. Manfaat koperasi secara umum Kesadaran berkoperasi Fungsi koperasi menurut undang-undang . 3. maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1. Perumusan Masalah Mengacu pada latar belakang.1.

koperasi konsumsi barang. Begitu banyaknya koperasi didirikan sehingga memberi peluang bergeraknya perekonomian nasional. Bergeraknya peredaran uang dalam sistem usaha koperasi juga ikut menghidupkan geliat perekonomian. UNIT usaha yang dikelola koperasi juga berbagai macam. Manfaat koperasi yang tercermin dari tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota baik dalam tataran ekonomi maupun sosial. dan lain-lain. . tidak terbatas pada usaha simpan pinjam saja. Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi juga menjadi salah satu elemen penting dalam meningkatkan kesejahteraan para anggota. seperti koperasi pegawai negeri atau swasta. nelayan. atau koperasi yang memproduksi barang dan jasa ikut menggerakkan roda perekonomian. Pendirian koperasi juga harus mendapat pengesahan sedagai badan hukum koperasi dari pihak yang berwenang. fungsi dan kesadaran dalam Berkoperasi 2. Mamfaat berkoperasi Berbagai macam koperasi telah didirikan di Indonesia. Kesejahteraan yang erat kaitannya dengan pemanfaatan jasa dari koperasi ikut membantu anggota dalam menghadapi kesulitan terutama yang menyangkut persoalan keuangan. Koperasi yang biasanya bergerak pada unit usaha simpan pinjam (kredit). Adapun SHU koperasi adalah pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku setelah dikurangi biaya. petani. koperasi pelajar.1. penyusutan dan kewajiban lain (termasuk pajak ) dan besarnya SHU yang dibagikan kepada masing-masing anggota sebanding dengan jasa yang dilakukan oleh anggota tersebut. Sejauh ini koperasi dengan prinsip usaha bersama atas asas kekeluargaan banyak menolong/membantu para anggotanya. koperasi pedagang. SHU sendiri dibagikan kepada para anggota koperasi berdasarkan kesepakatan anggota yang biasanya terakumulasi dari penghitungan jasa kepada koperasi. Prinsip pendirian koperasi adalah sebagai usaha bersama yang ditujukan untuk kemakmuran anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.Manfaat. masyarakat umum.

1. e) melakukan pengawasan terhadap jalannya koperasi. c) mentaati ketentuan-ketentuan baik sedagai anggota. Yang dimaksud lepas tanggung jawab adalah seperti ketidak jujuran anggota atau pengurus. . pengelolaan yang tidak demokratis. kesejahteraan anggota koperasi mutlak harus didahulukan karena anggota koperasi adalah elemen terpenting yang menjadi roda penggerak koperasi. Kesadaran berkoperasi Walaupun manfaat koperasi sangat dirasakan bagi para anggota. Kesadaran berkoperasi yang dimaksud antara lain: a) keinginan untuk memajukan koperasi.Sebagai badan usaha yang ditujukan untuk kepentingan bersama. Dengan demikian tanggungjawab berupa kesadaran berkoperasi sangat diperlukan dan menjadi perhatian agar koperasi dapat hidup tumbuh dan berkembang maju. 2. b) kesanggupan mentaati peraturan dalam koperasi seperti kewajiban terhadap simpan pinjam. pengurus dan badan pengawas. Padahal koperasi dapat tumbuh dan berkembang tergantung pada partisipasi aktif anggota di mana partisipasi menentukan kelangsungan dan berkembangnya lapangan usaha atau unit usaha koperasi. d) membina hubungan sosial dalam koperasi. kurangnya kesadaran untuk mengembalikan pinjaman. namun kadangkala ada anggota yang tidak bertanggungjawab atau lepas tanggungjawab terhadap koperasi tempatnya bernaung. kurangnya kesadaran untuk menghidupkan koperasi demi kelangsungan koperasi itu sendiri.

serta pengembangan jaringan usaha dan kerja sama. maka koperasi perlu mendapat perhatiaan dari pemerintah. d) berusaha mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. b) melakukan pengawasan termasuk memberi perlindungan terhadap koperasi berupa penetapan bidang kegiatan ekonomi yang telah berhasil diusahakan oleh koperasi untuk tidak diusahakan oleh badan usaha lainnya.2. Apalagi isu keberadaan koperasi saat ini berdasarkan tujuan jangka pendek adalah untuk mengurangi . c) memberikan fasilitas berupa kemudahan permodalan.Fungsi koperasi menurut undang-undang Dalam tata perekonomian Indonesia. Fungsi koperasi untuk mencapai tujuan seperti yang dimaksud di atas sulit tercapai apabila koperasi yang dijalankan tidak berdasarkan atas asas kekeluargaan serta gotong royong yang mengandung unsur kerja sama. yakni: a) membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.25 Tahun 1992 Pasal 4 tentang Perkoperasian. Peran pemerintah ini penting agar keberadaan koperasi terus berkembang maju.3. Peranan pemerintah dalam gerakan koperasi antara lain dengan: a) memberi bimbingan berupa penyuluhan. pendidikan ataupun melakukan penelitian bagi perkembangan koperasi serta bantuan konsultasi terhadap permasalahan koperasi. Agar koperasi dapat berfungsi dan memiliki nilai manfaat bagi anggota dan masyarakat sekaligus menunjang perkembangan perekonomian nasional. b) berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. c) memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko gurunya. fungsi koperasi tertuang dalam Undang-Undang No.

Kesimpulan Dari makalah diatas dapat di simpulkan 1. . a) keinginan untuk memajukan koperasi. Kesadaran berkoperasi antara lain: 4.1.kemiskinan dan kebodohan. d) membina hubungan sosial dalam koperasi. Kesejahteraan yang erat kaitannya dengan pemanfaatan jasa dari koperasi ikut membantu anggota dalam menghadapi kesulitan terutama yang menyangkut persoalan keuangan. e) melakukan pengawasan terhadap jalannya koperasi. dalam arti bahwa keberadaan koperasi dapat dimanfaatkan oleh para anggota hingga mereka dan masyarakat tidak kekurangan sandang. Manfaat koperasi yang tercermin dari tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota baik dalam tataran ekonomi maupun sosial. 2. b) kesanggupan mentaati peraturan dalam koperasi seperti kewajiban terhadap simpan pinjam. pangan maupun papan Penutup 3. 3. Prinsip pendirian koperasi adalah sebagai usaha bersama yang ditujukan untuk kemakmuran anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. 5. pengurus dan badan pengawas. c) mentaati ketentuan-ketentuan baik sedagai anggota. maka koperasi perlu mendapat perhatiaan dari pemerintah. Agar koperasi dapat berfungsi dan memiliki nilai manfaat bagi anggota dan masyarakat sekaligus menunjang perkembangan perekonomian nasional. Fungsi koperasi untuk mencapai tujuan seperti yang dimaksud di atas sulit tercapaiapabila koperasi yang dijalankan tidak berdasarkan atas asas kekeluargaan serta gotong royong yang mengandung unsur kerja sama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful