ANALISIS INSTRUKSIONAL

IDENTITAS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Matematika Ekonomi dan Bisnis Kode Mata Kuliah : AS 1710 Bobot sks : 3/0/0 Mata Kuliah Prasyarat : Mata Kuliah Lanjutan : Statistika I

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis.

TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam

TI

Mahasiswa mampu menghitung matematika keuangan dasar C3

Mahasiswa mampu menentukan nilai optimal dari suatu fungsi 6 C3

Mahasiswa mampu menghitung Laba Maksimum 5 C3 Mahasiswa mampu mengaplikasikan pendekatan differensial dan C3integral dalam ilmu ekonomi dan

Mahasiswa mampu menghitung probabilitas dengan pendekatan distribusi poisson dan binonial C3

Mahasiswa mampu menghitung besarnya probabilitas serta menyusun permutasi / kombinasi C3

7

C3

Mahasiswa mampu menyelesaikan soal-soal Differensial &

Mahasiswa mampu membuat fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkannya 2 C3 Mahasiswa mampu membuat persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat serta menggambar-kannya 1 C3

Level Ranah Kompete

Entry Behavior

Mahasiswa telah memahami konsep dan contoh-contoh aplikasi penerapan fungsifungsi matematika dalam ilmu ekonomi dan bisnis
2

GBPP
Nama Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Bobot sks : Matematika Ekonomi dan Bisnis : AS 1710 : 3/0/0 Mata kuliah ini memaparkan tentang rumus dan teknik kuantitatif yang terkait langsung dengan penggunaannya dalam ilmu ekonomi. Materi perkuliahan meliputi konsepkonsep rumus yang meliputi fungsi linear, fungsi kuadrat untuk menyusun fungsi permintaan dan fungsi penawaran, deferensial dan integral untuk menyusun fungsi TR,TC, sampai dengan optimalisasi serta dilanjutkan dengan pemahaman probabilitas dalam ilmu ekonomi.

Deskripsi Mata Kuliah :

Tujuan Instruksional Umum : Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis.

3

7 Whiteboar d.99139 2 Bab 4 hal 63-68 dan Bab 7 Hal.No TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS (TIK) POKOK BAHASAN SUB POKOK BAHASAN ESTIMASI WAKTU METODE MEDIA PUSTAKA 1 1 2 Mahasiswa mampu membuat persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat serta menggambarkannya 3 Fungsi Linear dan Fungsi Kuadrat 4 1. LCD Proyektor 1 Bab 8 dan Bab 9. hal. hal. Integral 2( 3X50 ’) Small Group Discussion. Pendahuluan 2. LCD Proyektor 8 1 Bab 4. Menyusun persamaan fungsi Kuadrat 5 1( 3X50 ’) 6 Ceramah. Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran 2. Excess demand & excess supply 1.124 2 Mahasiswa mampu membuat fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkannya Mahasiswa mampu menyelesaikan soalsoal Differensial & Integral Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran 1. Komputer. Latihan Soal 1 Bab 5. Menyusun persamaan fungsi Linear 3. hal. Kuis Whiteboar d. Differensial 2. Komputer.34-39 2 Bab 1Hal. LCD Proyektor Whiteboar d. Latihan Soal.119-130 3 Differensial dan Integral 1( 3X50 ’) Ceramah. Komputer.55-68 2 Bab 9 Hal. 97 – 106 4 .

Latihan Soal Whiteboar d. dan Ceramah. Komputer.153-180 2 Bab 10 Hal. MC 3.179-180 5 Mahasiswa mampu menghitung Laba Maksimum Total Revenue dan Total Cost 2( 3X50 ’) Small Group Discussion. hal. AC. Komputer. Harga ekstrim maksimum dan harga ekstrim minimum 1. AR. LCD Proyektor 1 Bab 5. LCD Proyektor 1 Bab 7 hal. Menentukan Laba maksimum atau biaya Minimum 1. Linear Programming 1 3X50’ ) Small Group Discussion Whiteboar d.80-95 5 . LCD Proyektor 1 Bab 10 hal. Nilai optimal pada fungsi Lagrange 3. Menyusun fungsi TC. Menyusun fungsi TR. Komputer.55-68 2 Bab 11 Hal. Nilai optimal pada Fungsi Multivariabel 2. Whiteboar d.155-170 6 Mahasiswa mampu menentukan nilai optimal Optimalisasi 3( 3X50 ’) Cooperative Learning. MR 2.4 Mahasiswa mampu mengaplikasikan pendekatan differensial dan integral dalam ilmu ekonomi dan bisnis Penggunaan Differensial & Integral dalam ilmu ekonomi 1. Surplus Konsumen dan Surplus Produsen 2.

Distribusi Binomial 1( 3X50 ’) Small Group Discussion. Whiteboar d.80-95 2 Bab 10 Hal. 72-85 9 Mahasiswa mampu menghitung konsep sederhana dalam matematika keuangan Matematika Keuangan 1( 3X50 ’) Small Group Discussion. Future Value 3. Whiteboar d. Pendekatan Probabilitas 2. Komputer. kuis Whiteboar d. Komputer. Aplikasi dalam ilmu ekonomi dengan pendekatan probabilitas. Permutasi dan Kombinasi 1. Permutasi 3. Distribusi Binomial 3. permutasi dan kombinasi 1. LCD Proyektor 3 Bab 2 hal.7 Mahasiswa mampu menghitung besarnya probabilitas serta menyusun permutasi / kombinasi Probabilitas.175 -190 Catatan: Untuk tes/kuis materi UTS disediakan waktu dengan estimasi 1( 3X50’) Untuk tes/kuis materi UAS disediakan waktu dengan estimasi 1( 3X50’) Pustaka: 6 . Distribusi Poisson 2. 55-70 8 Mahasiswa mampu menghitung probabilitas dengan pendekatan distribusi poisson dan distribusi binomial Distribusi Poisson. LCD Proyektor 1 Bab 11 hal. LCD Proyektor 3 Bab 3 hal. Present Value 2( 3X50 ’) Simulasi. Aplikasi dalam ilmu ekonom i dengan pendekatan distribusi poisson dan binomial 1. Komputer. Small Group Discussion. Jenis tingkat bunga 2. Kombinasi 4.

BPFE Yogyakarta 7 . Bumulo Hussain & Djoko Mursinto. 2005. Edisi Keempat. Edisi 7. Djarwanto. Matematika untuk Ekonomi dan Bisnis. Statistika Induktif. Andi Supangat. Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya. Surabaya 2. 2002. Edisi Pertama. 2006. Kencana Prenada Media Group 3.1.

POKOK BAHASAN: Fungsi Linear dan Fungsi Kuadrat C. Membuat persamaan fungsi Kuadrat A. TUJUAN: TIU : Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis TIK: Mahasiswa mampu membuat persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat serta menggambarkannya B. SUB POKOK BAHASAN: 1. sks: 3/0/0 WAKTU : 1 (3X50) PERTEMUAN :I A. Menjelaskan dan mene-gosiasikan kontrak pembelajaran KEGIATAN BELAJAR MAHASISWA 1. Membuat persamaan fungsi Linear 3. LCD Proyektor hatikan dosen dan berpartis ipasi aktif dalam negosiasi kontrak pembelaj aran 8 .SATUAN ACARA PEMBELAJARAN NAMA MATA KULIAH : Matematika Ekonomi dan Bisnis KODE MATA KULIAH : AS 1710 . Memper MEDIA Whiteboard. Komputer. Pendahuluan 2. KEGIATAN PEMBELAJARAN: TAHAP PENDAHULUA N KEGIATAN DOSEN 1.

Memper hatikan dosen 2. Memberi kesempa tan kepada mahasis wa untuk bertanya 3. Berpartis ipasi aktif dalam setiap kesempa tan bertanya yang diberikan dosen Whiteboard.INTI PENYAJIAN 1. Menyam paikan materi kuliah yang dilengka pi dengan ilustrasi/ contoh 2. Melontar kan pertanya an/perny ataan untuk didiskusi kan oleh mahasis wa 4. LCD Proyektor PENUTUP Memperhatikan dosen dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan dosen A. Mencatat dan memberi penghar gaan pada mahasis wa yang berpartis ipasi aktif Mengingatkan kembali materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa untuk mempersiapkan diri untuk kuliah berikutnya 1. Komputer. fungsi kuadrat serta menggambarkannya 9 . EVALUASI: Memberikan soal-soal latihan mahasiswa agar mampu menyelesaikan soal untuk menyusun persamaan fungsi linear.

2005. Kencana Prenada Media Group. Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya. Edisi Pertama.124 10 . Edisi 7. Matematika untuk Ekonomi dan Bisnis.3439 Andi Supangat. Surabaya. hal. Bab 1Hal. Bab 4.B. PUSTAKA: Bumulo Hussain & Djoko Mursinto. 2006.

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN NAMA MATA KULIAH : Matematika Ekonomi dan Bisnis KODE MATA KULIAH : AS 1710. SUB POKOK BAHASAN: 1. Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran 2. Melonta rkan pertany aan untuk dijawab mahasis wa KEGIATAN BELAJAR MAHASISWA Memperhatikan dosen dan berpartisipasi aktif dalam kesempatan bertanya atau menjawab pertanyaan dosen MEDIA Whiteboard . TUJUAN: TIU : Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis TIK : Mahasiswa mampu membuat fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkannya B. sks: 3/0/0 WAKTU : 2 (3X50) PERTEMUAN : II dan III A. KEGIATAN PEMBELAJARAN: TAHAP PENDAHULU AN KEGIATAN DOSEN 1. Komputer. LCD Proyektor 11 . POKOK BAHASAN: Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran C. Excess demand & excess supply A. Mereview ulang materi pertemuan sebelumnya dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami 3.

INTI PENYAJIAN 1. kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang dikoordinir oleh seorang moderator yang ditunjuk dari kelompok selain kelompok presenter. 2. Mengerjakan latihan soal Whiteboard . LCD Proyektor 12 . 2. Mencata t dan member i penghar 1. Kelompok yang menyampaika n pendapatnya tertang sub pokok bahasan. Member i masuka n apabila telah terjadi penyim pangan materi diskusi dari tujuan pembel ajaran. Memper hatikan jalannya diskusi kelompo k dan membu at catatancatatan penting tentang materi dan teknik present asi yang dilakuka n mahasis wa. Komputer. atau terjadi kebuntu an /kevaku man dalam proses diskusi 3.

Bab 5.55-68 13 . PUSTAKA: Bumulo Hussain & Djoko Mursinto. LCD Proyektor A. Edisi 7. Surabaya.PENUTUP 1. Merangk um hasil diskusi mahasis wa dan mengkai tkannya dengan materi kuliah serta tujuan pembel ajaran 2. 2005. Komputer. Menging atkan kembali materi yang akan dipelaja ri pada pertemu an berikutn ya dan memint a mahasis wa untuk memper siapkan diri untuk kuliah berikutn ya Memperhatikan dosen dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan dosen Whiteboard . hal. Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya. EVALUASI: Memberikan apresiasi keaktifan mahasiswa dan memberikan soal-soal latihan B.

Bab 9 Hal. 2006. Kencana Prenada Media Group.Andi Supangat.119-130 14 . Edisi Pertama. Matematika untuk Ekonomi dan Bisnis.

Integral Tertentu A.SATUAN ACARA PEMBELAJARAN NAMA MATA KULIAH : Matematika Ekonomi dan Bisnis KODE MATA KULIAH : AS 1710. sks: 3/0/0 WAKTU : I (3X50) PERTEMUAN : IV A. POKOK BAHASAN: Differensial & Integral C. KEGIATAN PEMBELAJARAN: KEGIATAN DOSEN KEGIATAN BELAJAR MAHASISWA MEDIA TAHAP 15 . TUJUAN: TIU : Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis TIK : Mahasiswa mampu menyelesaikan soal-soal Differensial & Integral B. Integral Tak Tentu 3. SUB POKOK BAHASAN: 1. Differensial 2.

Memperhatik an dosen dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan dosen 2. LCD Proyektor 16 . LCD Proyektor 1. LCD Proyektor 3. Mengerjakan soal latihan yang diberikan Whiteboa rd. Komputer . Komputer . Menjel PENYAJIAN askan rumus differe nsial dan integra l. Mengerjakan Whiteboa kuis di akhir rd. Membe rikan latihan soal untuk dikerja kan di kelas PENUTUP Memberikan soal kuis PENDAHUL UAN Memperhatikan dosen dan berpartisipasi aktif dalam kesempatan bertanya atau menjawab pertanyaan dosen Whiteboa rd. Mereview ulang materi pertemuan sebelumnya dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami 2. Melontarkan pertanyaan untuk dijawab mahasiswa INTI 1.1. 2. perkuliahan Komputer .

Kencana Prenada Media Group. Edisi Pertama. Surabaya. PUSTAKA: Bumulo Hussain & Djoko Mursinto. Edisi 7. sedangkan diakhir kuliah mahasiswa diberikan soal kuis B.A. 97 – 106 17 . Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya. Matematika untuk Ekonomi dan Bisnis. 2006. Bab 4 hal 6368 dan Bab 7 Hal. 2005. Bab 8 dan Bab 9. hal.99-139 Andi Supangat. EVALUASI: Memberikan apresiasi keaktifan mahasiswa dan memberikan soal-soal latihan.

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN NAMA MATA KULIAH : Matematika Ekonomi dan Bisnis KODE MATA KULIAH : AS 1710, sks: 3/0/0 WAKTU : I (3X50) PERTEMUAN :V A. TUJUAN: TIU : Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis TIK : Mahasiswa mampu mengaplikasikan pendekatan differensial dan integral dalam ilmu ekonomi dan bisnis B. POKOK BAHASAN: Penggunaan Differensial & Integral dalam ilmu ekonomi C. SUB POKOK BAHASAN: 1. Surplus Konsumen dan Surplus Produsen 2. Harga ekstrim maksimum dan harga ekstrim minimum A. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
TAHAP PENDAHULU AN KEGIATAN DOSEN 1. Mereview ulang materi pertemuan sebelumnya dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami 2. Melontarkan pertanyaan untuk dijawab mahasiswa KEGIATAN BELAJAR MAHASISWA Memperhatikan dosen dan berpartisipasi aktif dalam kesempatan bertanya atau menjawab pertanyaan dosen MEDIA Whiteboard , Komputer, LCD Proyektor

18

INTI PENYAJIAN

3. Memperhatika n jalannya diskusi kelompok dan membuat catatancatatan penting tentang materi dan teknik presentasi yang dilakukan mahasiswa. 4. Memberi masukan apabila telah terjadi penyimpangan materi diskusi dari tujuan pembelajaran, atau terjadi kebuntuan /kevakuman dalam proses diskusi 5. Mencatat dan memberi penghargaan pada mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam diskusi

1. Kelompok yang menyampaika n pendapatnya tertang sub pokok bahasan, kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang dikoordinir oleh seorang moderator yang ditunjuk dari kelompok selain kelompok presenter. 2. Mengerjakan latihan soal

Whiteboard , Komputer, LCD Proyektor

19

PENUTUP

1. Merangkum hasil diskusi mahasiswa dan mengkaitkann ya dengan materi kuliah serta tujuan pembelajaran 2. Mengingatkan kembali materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa untuk mempersiapka n diri untuk kuliah berikutnya

Memperhatikan dosen dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan dosen

Whiteboard , Komputer, LCD Proyektor

A. EVALUASI: Memberikan apresiasi keaktifan mahasiswa dan memberikan soal-soal latihan B. PUSTAKA: Bumulo Hussain & Djoko Mursinto, 2005, Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya, Edisi 7, Surabaya, Bab 5, hal.5568 Andi Supangat, 2006, Matematika untuk Ekonomi dan Bisnis, Edisi Pertama, Kencana Prenada Media Group, Bab 11 Hal.179-180

20

TUJUAN: TIU : TIK Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis : Mahasiswa mampu menghitung Laba Maksimum B. Menentukan Laba maksimum atau biaya Minimum A.SATUAN ACARA PEMBELAJARAN NAMA MATA KULIAH : Matematika Ekonomi dan Bisnis KODE MATA KULIAH : AS 1710. Komputer. AC. Menyusun fungsi TR. LCD Proyektor 21 . MC 3. KEGIATAN PEMBELAJARAN: TAHAP PENDAHULU AN KEGIATAN DOSEN 1. SUB POKOK BAHASAN: 1. Mereview ulang materi pertemuan sebelumnya dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami 2. POKOK BAHASAN: Total Revenue dan Total Cost C. Menyusun fungsi TC. MR 2. Melontarkan pertanyaan untuk dijawab mahasiswa KEGIATAN BELAJAR MAHASISWA Memperhatikan dosen dan berpartisipasi aktif dalam kesempatan bertanya atau menjawab pertanyaan dosen MEDIA Whiteboard . AR. sks: 3/0/0 WAKTU : 2 (3X50) PERTEMUAN : VI dan VII A.

2. LCD Proyektor 22 . Memberi masukan apabila telah terjadi penyimpangan materi diskusi dari tujuan pembelajaran. Mengerjakan latihan soal Whiteboard . atau terjadi kebuntuan /kevakuman dalam proses diskusi 5. kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang dikoordinir oleh seorang moderator yang ditunjuk dari kelompok selain kelompok presenter. Komputer. Mencatat dan memberi penghargaan pada mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam diskusi 1.INTI PENYAJIAN 3. Memperhatika n jalannya diskusi kelompok dan membuat catatancatatan penting tentang materi dan teknik presentasi yang dilakukan mahasiswa. Kelompok yang menyampaika n pendapatnya tertang sub pokok bahasan. 4.

LCD Proyektor A. Merangk um hasil diskusi mahasis wa dan mengkai tkannya dengan materi kuliah serta tujuan pembel ajaran 2.153-180 23 .PENUTUP 1. Menging atkan kembali materi yang akan dipelaja ri pada pertemu an berikutn ya dan memint a mahasis wa untuk memper siapkan diri untuk kuliah berikutn ya Memperhatikan dosen dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan dosen Whiteboard . Surabaya. Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya. Edisi 7. EVALUASI: Memberikan apresiasi keaktifan mahasiswa dan memberikan soal-soal latihan B. 2005. Komputer. Bab 10 hal. PUSTAKA: Bumulo Hussain & Djoko Mursinto.

155-170 24 . Kencana Prenada Media Group. Edisi Pertama. Matematika untuk Ekonomi dan Bisnis. 2006. Bab 10 Hal.Andi Supangat.

KEGIATAN PEMBELAJARAN: TAHAP KEGIATAN DOSEN KEGIATAN BELAJAR MAHASISWA MEDIA 25 . Nilai optimal pada Fungsi Multivariabel 2. IX dan X A. Linear Programming A. TUJUAN: TIU : Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis TIK : Mahasiswa mampu menentukan nilai optimal B.SATUAN ACARA PEMBELAJARAN NAMA MATA KULIAH : Matematika Ekonomi dan Bisnis KODE MATA KULIAH : AS 1710. Nilai optimal pada fungsi Lagrange 3. SUB POKOK BAHASAN: 1. POKOK BAHASAN: Optimalisasi C. sks: 3/0/0 WAKTU : 3 (3X50) PERTEMUAN : VIII.

Melontarkan pertanyaan untuk dijawab mahasiswa 3. Memberikan latihan soal untuk dikerjakan di kelas Memperhatikan dosen dan berpartisipasi aktif dalam kesempatan bertanya atau menjawab pertanyaan dosen Whiteboa rd. Komputer . Mengerjakan soal latihan yang diberikan Whiteboa rd. Mereview ulang materi pertemuan sebelumnya dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami 2. hal-hal penting yang Komputer disampaikan dosen . LCD Proyektor 1.PENDAHUL UAN INTI PENYAJIAN 1. Komputer . EVALUASI: Memberikan soal-soal latihan 26 . Menjelaskan materi 4. Memperhatik an dosen dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan dosen 2. LCD Proyektor PENUTUP Mengingatkan kembali materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa untuk mempersiapkan diri untuk kuliah berikutnya Memperhatikan Whiteboa dosen dan mencatat rd. LCD Proyektor A.

Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya. 1 Bab 7 hal. Edisi 7.B. 2005.8095 27 . PUSTAKA: Bumulo Hussain & Djoko Mursinto. Surabaya.

permutasi dan kombinasi A. Kombinasi 4. Permutasi 3.SATUAN ACARA PEMBELAJARAN NAMA MATA KULIAH : Matematika Ekonomi dan Bisnis KODE MATA KULIAH : AS 1710. Permutasi dan Kombinasi C. KEGIATAN PEMBELAJARAN: TAHAP KEGIATAN DOSEN KEGIATAN BELAJAR MAHASISWA MEDIA 28 . SUB POKOK BAHASAN: 1. Aplikasi dalam ilmu ekonomi dengan pendekatan probabilitas. sks: 3/0/0 WAKTU : 2 (3X50) PERTEMUAN : XI dan XII A. Pendekatan Probabilitas 2. POKOK BAHASAN: Probabilitas. TUJUAN: TIU : Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis TIK : Mahasiswa mampu menghitung besarnya probabilitas serta menyusun permutasi / kombinasi B.

LCD Proyektor 29 . Meminta mahasiswa melakukan pencatatan hasil peragaan dan meminta mahasiswa untuk mencoba melakukan analisis Memperhatikan dosen dan berpartisipasi aktif dalam kesempatan bertanya atau menjawab pertanyaan dosen Whiteboard . Mempersiapka n simulasi yang akan diperagakan 1. 2.PENDAHULU AN INTI PENYAJIAN 1. LCD Proyektor 1. Melakukan peragaan akan simulasi yang telah dipersiapkan 2. alat simulasi. Komputer. alat simulasi. Mereview ulang materi pertemuan sebelumnya dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami 2. Komputer. Mahasiswa diminta memberikan contoh pada kejadian sehari-hari Whiteboard . Memberikan beberapa penjelasan untuk melakukan simulasi. Mahasiswa diminta mencatat hasil peragaan 3.

Edisi Keempat. PUSTAKA: Djarwanto. LCD Proyektor A. Mengingatkan kembali materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa untuk mempersiapka n diri untuk kuliah berikutnya Memperhatikan dosen dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan dosen Whiteboard . 2002. Statistika Induktif. Bab 2 hal. Merangkum hasil peragaan dan diskusi mahasiswa serta mengkaitkann ya dengan materi kuliah serta tujuan pembelajaran 2.PENUTUP 1. Komputer. 55-70 30 . EVALUASI: Memberikan apresiasi keaktifan mahasiswa dan memberikan soal-soal latihan B. BPFE Yogyakarta.

Komputer. Distribusi Poisson 2. POKOK BAHASAN: Distribusi Poisson dan Distribusi Binomial C. Distribusi Binomial 3. Aplikasi dalam ilmu ekonom i dengan pendekatan distribusi poisson dan binomial A.SATUAN ACARA PEMBELAJARAN NAMA MATA KULIAH : Matematika Ekonomi dan Bisnis KODE MATA KULIAH : AS 1710. Mereview ulang materi pertemuan sebelumnya dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami KEGIATAN BELAJAR MAHASISWA Memperhatikan dosen dan berpartisipasi aktif dalam kesempatan bertanya atau menjawab pertanyaan dosen MEDIA Whiteboard . KEGIATAN PEMBELAJARAN: TAHAP PENDAHULU AN KEGIATAN DOSEN 1. TUJUAN: TIU : Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis TIK : Mahasiswa mampu menghitung probabilitas dengan pendekatan distribusi poisson dan distribusi binomial B. sks: 3/0/0 WAKTU : 1 (3X50) PERTEMUAN : XIII A. LCD Proyektor 31 . SUB POKOK BAHASAN: 1.

EVALUASI: Memberikan apresiasi keaktifan mahasiswa dan memberikan soal-soal latihan 32 . Memberikan beberapa penjelasan untuk melakukan simulasi. Komputer. LCD Proyektor PENUTUP Memperhatikan dosen dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan dosen Whiteboard .INTI PENYAJIAN 1. 2. Melakukan peragaan akan simulasi yang telah dipersiapkan 2. LCD Proyektor A. Meminta mahasiswa melakukan pencatatan hasil peragaan dan meminta mahasiswa untuk mencoba melakukan analisis 1. Komputer. Mahasiswa diminta memberikan contoh pada kejadian sehari-hari Whiteboard . Mahasiswa diminta mencatat hasil peragaan 3. Merangkum hasil peragaan dan diskusi mahasiswa serta mengkaitkann ya dengan materi kuliah serta tujuan pembelajaran 2. Mengingatkan kembali materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa untuk mempersiapka n diri untuk kuliah berikutnya 1.

2002. Bab 2 hal.B. 55-70 33 . BPFE Yogyakarta. Edisi Keempat. PUSTAKA: Djarwanto. Statistika Induktif.

KEGIATAN PEMBELAJARAN: TAHAP PENDAHULU AN KEGIATAN DOSEN Mereview ulang materi pertemuan sebelumnya dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami KEGIATAN BELAJAR MAHASISWA Memperhatikan dosen dan berpartisipasi aktif dalam kesempatan bertanya atau menjawab pertanyaan dosen MEDIA Whiteboard .SATUAN ACARA PEMBELAJARAN NAMA MATA KULIAH : Matematika Ekonomi dan Bisnis KODE MATA KULIAH : AS 1710. SUB POKOK BAHASAN: 1. Jenis tingkat bunga 2. LCD Proyektor 34 . POKOK BAHASAN: Matematika Keuangan C. Komputer. sks: 3/0/0 WAKTU : 1 (3X50) PERTEMUAN : XIV A. Future Value 3. TUJUAN: TIU : Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis TIK : Mahasiswa mampu menghitung konsep sederhana dalam matematika keuangan B. Present Value A.

Memperhatika n jalannya diskusi kelompok dan membuat catatancatatan penting tentang materi dan teknik presentasi yang dilakukan mahasiswa.INTI PENYAJIAN 1. Memberi masukan apabila telah terjadi penyimpangan materi diskusi dari tujuan pembelajaran. LCD Proyektor 35 . Komputer. atau terjadi kebuntuan /kevakuman dalam proses diskusi 3. 2. kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang dikoordinir oleh seorang moderator yang ditunjuk dari kelompok selain kelompok presenter. 2. Mengerjakan latihan soal Whiteboard . Mencatat dan memberi penghargaan pada mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam diskusi 1. Kelompok yang menyampaika n pendapatnya tertang sub pokok bahasan.

Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya.PENUTUP 1. Edisi 7. Kencana Prenada Media Group. Edisi Pertama. Merangkum hasil diskusi mahasiswa serta mengkaitkann ya dengan materi kuliah serta tujuan pembelajaran 2. 80-95 Andi Supangat. 2006. PUSTAKA: Bumulo Hussain & Djoko Mursinto. Surabaya. Mengingatkan kembali materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan meminta mahasiswa untuk mempersiapka n diri untuk kuliah berikutnya Memperhatikan dosen dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan dosen Whiteboard . Bab 11 hal. LCD Proyektor A. EVALUASI: Memberikan apresiasi keaktifan mahasiswa dan memberikan soal-soal latihan B.175-190 36 . 2005. Bab 10 Hal. Matematika untuk Ekonomi dan Bisnis. Komputer.

kejelasan dan kebenaran jawaban. (1) Ming gu ke 1-7 (2) Kemampuan akhir yang diharapkan Mampu menyusun persamaan linear/ kuadrat serta menghitung deferensial dan integral Mampu mengaplikasikan persamaan fungsi untuk ilmu ekonomi (3) Bahan Kajian Fungsi Permintaan. Mahasiswa Mampu menghitung konsep-konsep matematika yang akan digunakan dalam analisis. Fungsi Penawaran.Disk usi. (6) Bobo t 30% 8 UTS 20% 37 . Surplus Konsumen/Produsen sampai dengan Laba Maksimum Bahan kajian minggu 1-7 (4) Bentuk Pembelajara n Ceramah. kemampuan berkomunikasi. (5) Kriteria Penilaian Kelengkapan pengumpulan tugas. Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep matematika sebagai salah satu alat bantu dalam melakukan analisis atau pemecahan masalah bisnis dan ekonomi. 2.RENCANA PEMBELAJARAN Mata Kuliah: Matematika Ekonomi dan Bisnis Program Studi : S1 Manajemen/ S1 Akuntansi Kode AS 1710 Dosen sks: 3/0/0 : Meliza Silvi KOMPETENSI: 1.

probabilitas serta matematika keuangan dalam ekonomi dan bisnis Optimalisasi. Kelengkapan pengumpulan tugas. 30% 20% 38 . kejelasan dan kebenaran jawaban.15 Mampu menentukan nilai optimal serta menghitung matematika keuangan Mampu Mengaplikasikan konsep optimalisasi. kejelasan dan kebenaran jawaban. kemampuan berkomunikasi. probabilitas. Simulasi 16 Bahan kajian minggu 9-15 UAS Kelengkapan pengumpulan tugas. matematika keuangan Ceramah. kemampuan berkomunikasi.9 . Diskusi.

Menyusun fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran 2 URAIAN TUGAS: 1. Tulisan Diketik dengan komputer : 2. mengkomunikasi tugasnya dalam bentuk keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan dosen sehingga diharapkan mahasiswa lebih siap mengikuti kuliah pada minggu berikutnya. Spasi Ganda : 4. Objek Garapa n : 2. Ukuran A4 kertas : • Tugas ini merupakan tugas individu (untuk mengerjakan soal) sedangkan menyusun laporan dilakukan secara berkelompok yang dikumpulkan pada saat perkuliahan 39 1. Laporan dibuat dengan ketentuan sebagai berikut: 1. Metode /cara menger -jakan tugas : .CONTOH RENCANA TUGAS MAHASISWA MATA KULIAH BISNIS SEMESTER BOBOT sks 1 TUJUAN TUGAS : : MATEMATIKA EKONOMI DAN : GASAL 2008/2009 : 3/0/0 Mahasiswa mampu mengitung serta menyusun konsep-konsep sederhana dalam matematika. Yang harus dikerja kan dan batasa nbatasa n : Mengerjakan soal yang diberikan secara mandiri serta Membuat laporan sederhana tentang supply demand dari suatu komoditas. Jenis Time New Romance 12 cpi huruf : 3.

Kemampuan berkomunikasi (memberi masukan/mendiskusikan) [PW111(bobot 40%) ` 40 .3 1. Kelengkapan isi serta bentuk laporan (bobot 20%) 2. Tugas Mandiri (bobot 30%) 4. Kejelasan pertanyaan yang diajukan (bobot 10%) 3. Deskrip si/luara Luaran tugas ini berupa laporan sederhana n tugas harus didiskusikan di dalam kelas yang dihasil kan : KRITERIA PENILAIAN: 1.

selanjutnya juga menentukan nilai optimal untuk membantu dalam melakukan analisis. selanjutnya mahasiswa akan melakukan aplikasi matematika untuk menyelesaikan masalah yang ada pada ilmu ekonomi. integral dan differensial sampai dengan aplikasinya dalam ilmu ekonomi. b. TUJUAN PEMBELAJARAN a. 5. 4. Mahasiswa akan direview kembali tentang dasar-dasar matematika yang berkaitan dengan ilmu ekonomi. Tujuan Instruksional Umum Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis. b. Tujuan Instruksional Khusus 1.KONTRAK PEMBELAJARAN MATA KULIAH Bisnis SEMESTER BOBOT sks : Genap 2008/2009 : 3/0/0 : Matematika Ekonomi dan a. kuadrat serta menggambarkannya mampu membuat fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkannya Mahasiswa mampu menyelesaikan soal-soal Differensial & Integral Mahasiswa mampu mengaplikasikan pendekatan differensial dan integral dalam ilmu ekonomi dan bisnis Mahasiswa mampu menghitung Laba Maksimum Mahasiswa mampu menentukan nilai optimal dari suatu fungsi 41 . • a. materi yang diperoleh dari mata kuliah ini menjadi bekal untuk menempuh mata kuliah selanjutnya. Ruang lingkup bahasan mata kuliah ini meliputi fungsi linear dan kuadrat yang selanjutnya diaplikasikan pada fungsi permintaan dan fungsi penawaran. Mahasiswa mampu membuat persamaan fungsi linear dan fungsi 2. DESKRIPSI MATA KULIAH • Mata kuliah ini merupakan dasar yang diharapkan dapat menjadi alat dalam membantu penyelesaian soal-soal dalam ilmu ekonomi. Mahasiswa 3. probabilitas sebagai dasar untuk permutasi kombinasi sampai dengan distribusi poisson dan binomial. 6. MANFAAT MATA KULIAH Dengan memprogram dan mengikuti semua proses pembelajaran mata kuliah ini. mahasiswa akan dapat menggunakan konsep matematika sehingga dapat menjadi alat bantu dalam pengambilan keputusan untuk penyelesaian masalah ekonomi dan bisnis Bagi mahasiswa.

Dosen akan mempersiapkan beberapa media untuk simulasi sehingga proses pembelajaran akan lebih menyenangkan. C.7. Melakukan analisis sederhana setelah aplikasi rumus matematika. Mahasiswa mampu menghitung besarnya probabilitas serta menyusun permutasi / kombinasi 8. 42 . OUTCOME PEMBELAJARAN Setelah mengikuti mata kuliah ini. dan mahasiswa membahas secara individu atau kelompok disesuaikan dengan materi pada setiap pertemuan. • Pada pertemuan setelah UTS pembelajaran akan banyak menekankan pada kegiatan simulasi serta aplikasi dalam aktivitas sederhana. Menggunakan beberapa rumus dalam matematika untuk menyelesaikan masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis 2. Tahap penyelesaian kasus Tugas terstuktur 60 menit Presentasi dan 90 menit diskusi Penguasaan 150 menit materi 2. Tahap penyelesaian Ujian Tengah 100 menit Semester Ujian Akhir 100 menit Semester • Uraian Jumlah Tatap Muka 6 kali pertemuan 6 kali pertemuan 1 kali pertemuan 1 kali pertemuan Pada 6 pertemuan pertama (sebelum UTS) pembelajaran akan banyak menekankan peran aktif mahasiswa. mahasiswa wajib mempersiapkan dan memahami materi sebelum perkulihan dimulai. maka diharapkan mahasiswa mampu: 1. Mahasiswa mampu menghitung probabilitas dengan pendekatan distribusi poisson dan distribusi binomial 9. JUMLAH JAM DAN PEMBAGIANNYA Jumlah Jam (dalam satu pertemuan) 1. Mahasiswa mampu menghitung matematika keuangan sederhana C. Dosen akan memberi materi latihan materi konsep dan teknis setiap kali pertemuan. Untuk setiap pertemuan.

JADWAL PEMBELAJARAN 43 .C.

72-85 XIII Mahasiswa mampu menghitung probabilitas dengan pendekatan distribusi 44 . Kombinasi 4. Distribusi Poisson 2. Aplikasi dalam ilmu ekonomi dengan pendekatan probabilitas.55-68 2 Bab 9 Hal. Excess demand & 1.155-170 UJIAN TENGAH SEMESTER VIII – X XIXII Mahasiswa mampu menentukan nilai optimal 1. Nilai optimal pada fungsi Lagrange 3. hal. Menentukan Laba maksimum atau biaya Minimum Bahan 1 Bab 10 hal. Permutasi 3. AR. hal. Aplikasi dalam ilmu ekonom i dengan 1 Bab 7 hal. MR 2. Pendekatan Probabilitas 2.1-24 1 Bab 5. Menyusun fungsi TC. Menyusun persamaan fungsi Kuadrat Bahan 1 Bab 4.99-139 2 Bab 4 hal 63-68 dan Bab 7 Hal. Linear Programming 1. hal. Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran excess supply 2. Pembelajaran Mahasiswa mampu VIVII menghitung Laba Maksimum Materi 1. Pembelajaran Mahasiswa mampu I Materi 1.34-39 2 Bab 1Hal. 55-70 KUIS :Pertemuan VIII-XI 3 Bab 3 hal.Per Tujuan t. Integral IV KUIS Per Tujuan t. Distribusi Binomial 3. Nilai optimal pada Fungsi Multivariabel 2. permutasi dan kombinasi KUIS 1. AC.153-180 2 Bab 10 Hal.119-130 1 Bab 8 dan Bab 9. Differensial 2. 97 – 106 Kuis Pertemuan IIII membuat persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat serta menggambarkannya Mahasiswa mampu membuat fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkannya Mahasiswa mampu menyelesaikan soalsoal Differensial & Integral II-III 1.80-95 Mahasiswa mampu menghitung besarnya probabilitas serta menyusun permutasi / kombinasi 3 Bab 2 hal. Menyusun persamaan fungsi Linear 3. Pendahuluan 2. Menyusun fungsi TR. MC 3.

2006.............................. ………………….................... Tugas.PENILAIAN: KRITERIA DAN CARA EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN • Sebagian besar komponen peniliaian pada mata kuliah ini diperoleh dari upaya individu . 1.................................. Matematika untuk Ekonomi dan Bisnis........... BPFE Yogyakarta 45 .......... …………………... Presentasi...... Bahan............F............. sumber informasi dan referensi 20 % 20 % 30% 30% Bumulo Hussain & Djoko Mursinto.... Penilaian keberhasilan dalam mengikuti memahami materi pada mata kuliah ini didasarkan penilaian selama proses perkuliahan dan nilai ujian........ Statistika Induktif.. Edisi Pertama.................... 2005......... ……………... Edisi 7................. UTS / UAS ..... 2002................................................................... Matematika untuk Ekonomi dan Aplikasinya.... • • Tugas diberikan atas oleh dosen dilakukan mahasiswa pada saat perkuliahan.......... .......... Kencana Prenada Media Group Djarwanto..... Surabaya Andi Supangat...................... Edisi Keempat.................. dengan komposisi sebagai berikut: Kuis ……....... dan disampaikan di awal perkuliahan.......................

selanjutnya mahasiswa akan melakukan aplikasi matematika untuk menyelesaikan masalah yang ada pada ilmu ekonomi. BAB I : Fungsi Linear dan Fungsi Kuadrat a. Mahasiswa mampu membuat persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat serta menggambarkannya Tujuan Instruksional Khusus (TIK) b. Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini merupakan dasar yang diharapkan dapat menjadi alat dalam membantu penyelesaian soal-soal dalam ilmu ekonomi. bidang kerja 46 c. integral dan differensial sampai dengan aplikasinya dalam ilmu ekonomi. I. Mahasiswa akan direview kembali tentang dasar-dasar matematika yang berkaitan dengan ilmu ekonomi. selanjutnya juga menentukan nilai optimal untuk membantu dalam melakukan analisis. Manfaat Mata Kuliah Dengan memprogram dan mengikuti semua proses pembelajaran mata kuliah ini. Tujuan Instruksional Umum Mahasiswa mampu menerapkan rumus serta teknik matematika untuk penyelesaian masalah dalam ilmu ekonomi dan bisnis. c. probabilitas sebagai dasar untuk permutasi kombinasi sampai dengan distribusi poisson dan binomial. Gambaran Umum Materi Materi ini berisi konsep bagaimana menyusun persamaan linear dengan dua metode serta menggambarkannya. . Ruang lingkup bahasan mata kuliah ini meliputi fungsi linear dan kuadrat yang selanjutnya diaplikasikan pada fungsi permintaan dan fungsi penawaran. materi yang diperoleh dari mata kuliah ini menjadi bekal untuk menempuh mata kuliah selanjutnya. Tujuan Mata Kuliah a. Relevansi terhadap pengetahuan mahasiswa. mahasiswa akan dapat memahami konsep matematika sehingga dapat menjadi alat bantu dalam pengambilan keputusan untuk masalah ekonomi dan bisnis Bagi mahasiswa.KERANGKA BUKU AJAR I. b. Selain itu juga menyusun persamaan kuadrat serta bagaimana menggambarkannya.

Soal Latihan Pada bagian ini akan diberikan soal-soal latihan untuk membantu mahasiswa agar lebih mampu menyusun serta menggambarkan fungsi linear dan fungsi kuadrat Ringkasan Bagian ini menuliskan rumus singkat untuk menyusun fungsi linear dan fungsi kuadrat f.Relevansi terhadap pengetahuan mahasiswa dan bidang kerja Dengan memiliki kemampuan menyusun fungsi permintaan dan fungsi penawaran akan dapat menghitung terjadinya excess demand atau excess supply suatu produk atau barang tertentu.. c.Tujuan Instruksional Khusus (TIK) b. f. yaitu tentang Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran. BAB II : FUNGSI PERMINTAAN DAN FUNGSI PENAWARAN Mahasiswa mampu membuat fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkannya a. d.Gambaran Umum Materi Materi ini berisi uraian tentang aplikasi kemampuan mahasiswa dalam menyusun fungsi linear dan fungsi kuadrat pada ilmu ekonomi yaitu pada fungsi permintaan dan fungsi penawaran. Sub-sub Bab Sub-sub Bab yang ada adalah bagaimana menyusun persamaan fungsi Linear dan menyusun persamaan fungsi Kuadrat e.Soal Latihan Pada bagian ini akan diberikan soal-soal latihan untuk membantu mahasiswa agar lebih mampu menyusun serta menggambarkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran sehingga dapat menentukan titik keseimbangan serta terjadinya excess.Sub-sub Bab Sub-sub Bab yang ada adalah menyusun persamaan fungsi permintaan dan fungsi penawaran yang selanjutnya dipergunakan untuk menentukan titik keseimbangan suatu barang ataupun menentukan besarnya excess yang dapat terjadi.Dengan memahami materi konsep bagaimana menyusun serta menggambarkan persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat akan mempermudah atau akan memperlancar mahasiswa dalam memahami materi berikutnya.Ringkasan 47 . d. e.

Gambaran Umum Materi Materi ini berisi rumus-rumus untuk penyelesaian differensial. BAB IV : Aplikasi Differensial & Integral dalam ilmu ekonomi a.Tujuan Instruksional Khusus (TIK) Mahasiswa mampu mengaplikasikan pendekatan differensial dan integral dalam ilmu ekonomi dan bisnis b. integral tak tentu dan integral tertentu.Gambaran Umum Materi Materi ini berisi tentang aplikasi dari defferensial dan integral untuk penyelesaian masalah ekonomi dan bisnis. Relevansi terhadap pengetahuan mahasiswa dan bidang kerja Dengan memahami materi ini mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan differensial dan integral yang dapat dipergunakan dalam penyelesaian masalah ekonomi dan bisnis. d. yaitu perhitungan surplus konsumen dan surplus produsen sampai dengan perhitungan harga ekstrim c.Sub-sub Bab Sub-sub Bab yang ada adalah Surplus Konsumen dan Surplus Produsen serta Harga ekstrim maksimum dan harga ekstrim minimum 48 . Soal Latihan Pada bagian ini akan diberikan soal-soal latihan untuk membantu mahasiswa agar lebih mampu menyelesaikan soal differensial dan integral f. Relevansi terhadap pengetahuan mahasiswa dan bidang kerja Dengan memahami materi differensial dan integral maka mahasiswa dapat mempergunakannya untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam ekonomi dan bisnis. Ringkasan Bagian ini menuliskan rumus differensial dan integral. e.BAB III : DIFFERENSIAL DAN INTEGRAL a. c. integral tak tentu dan integral tertentu.Tujuan Instruksional Khusus (TIK) Mahasiswa mampu menyelesaikan soal-soal Differensial & Integral b.Sub-sub Bab Sub-sub Bab yang ada adalah rumus differensial. d.

Marginal cost. c. Relevansi terhadap pengetahuan mahasiswa dan bidang kerja 49 . AR. dipenuhi untuk BAB V : Total Revenue dan Total Cost Total Revenue dan Total Cost a. b. BAB VI : OPTIMALISASI a. c. Muatan materi pada pokok bahasan ini mencakup tentang bagaimana menentukan nilai optimal jika tidak ada syarat tertentu yang harus dipenuhi atau terdapat syarat tertentu untuk menghitung nilai optimumnya.Tujuan Instruksional Khusus (TIK) Mahasiswa mampu menghitung Laba Maksimum b. Ringkasan Bagian ini menuliskan syarat-syarat yang harus menghitung surplus konsumen/surplus produsen. Total Revenue sampai menghitung biaya minimum dan laba maksimum . Average revenue. Relevansi terhadap pengetahuan mahasiswa dan bidang kerja Dengan memahami materi ini mahasiswa dapat menghitung biaya minimum yang ditanggung serta menentukan kombinasi produk yang dihasilkan untuk mencapai laba yang maksimum. e. Soal Latihan Pada bagian ini akan diberikan soal-soal latihan untuk membantu mahasiswa agar lebih mampu mengaplikasikan defferensial /integral dalam penyelesaian surplus konsumen/surplus produsen. Soal Latihan Pada bagian ini akan diberikan soal-soal latihan untuk membantu mahasiswa agar lebih mampu menyusun persamaan AC. MC. d. Total cost. f. TS. Sub-sub Bab Sub-sub Bab yang ada adalah perhitungan total cost dan total revenue serta perhitungan laba maksimum.Gambaran Umum Materi Materi ini berisi tentang penyusunan fungsi Average cost.Gambaran Umum Materi Materi ini berisi bagaimana menghitung nilai optimal dari fungsi multivariate.e. TR serta menghitung laba maksimum Ringkasan f. Margigal revenue.Tujuan Instruksional Khusus (TIK) Mahasiswa mampu menentukan nilai optimal dari suatu fungsi. MR. fungsi lagrange serta Linear Programming.

serta permutasi dan kombinasi. d. Relevansi terhadap pengetahuan mahasiswa dan bidang kerja Dengan memahami materi ini mahasiswa akan diajak untuk memperkirakan suatu keadaan tertentu dengan perhitungan ilmuah melakui pendekatan probabilitas.Tujuan Instruksional Khusus (TIK) Mahasiswa mampu menghitung besarnya probabilitas serta menyusun permutasi / kombinasi b.Dengan memahami materi ini mahasiswa akan dapat menentukan nilai optimal atau menentukan kombinasi produksi suatu produk agar mencapai tujuan yang diinginkan. Sub-sub Bab Sub-sub Bab yang ada adalah probabilitas. Soal Latihan Pada bagian ini akan diberikan soal-soal latihan untuk membantu mahasiswa agar lebih mampu memperhitungkan probabilitas suatu peristiwa serta menentukan permutasi ataupun kombinasinya.Gambaran Umum Materi Materi ini berisi tentang definisi probabilitas. e. BAB VII : Probabilitas. 50 . e. baik terdapat suatu syarat yang harus dipenuhi maupun tanpa syarat tertentu Ringkasan Bagian ini menuliskan rumus singkat untuk menyusun fungsi linear dan fungsi kuadrat f. c. . Soal Latihan Pada bagian ini akan diberikan soal-soal latihan untuk membantu mahasiswa agar lebih mampu menghtung nilai optimum. Ringkasan Bagian ini menuliskan pendekatan yang dapat dipergunakan untuk menentukan probabilitas. Permutasi dan Kombinasi a. serta mampu melakukan kombinasi atau permutasi untuk ilmu ekonomi dan bisnis. Sub-sub Bab Sub-sub Bab yang ada adalah Fungsi Multivariat. pendekatanpendekatan yang dipergunakan untuk menentukan probabilitas. permutasi dan kombinasi d. Fungsi Lagrange dan Linear Programming. rumus permutasi dan kombinasi. f.

e. Soal Latihan Pada bagian ini akan diberikan soal-soal latihan untuk membantu mahasiswa agar lebih mampu menghitung distribusi poisson dan distribusi binomial Ringkasan Bagian ini menuliskan rumus distribusi poisson dan distribusi binomial f. Soal Latihan 51 .Tujuan Instruksional Khusus (TIK) Mahasiswa mampu menghitung konsep sederhana dalam matematika keuangan. d. c. Future Value dan Present Value. b. Sub-sub Bab Sub-sub Bab yang ada adalah Jenis Tingkat suku Bunga.Gambaran Umum Materi Materi ini berisi uraian tentang pengenalan konsep sederhana dalam kerhitungan keuangan. d. Selain itu juga mampu menghitung nilai sekarang dari suatu nilai yang diperkirakan akan diterima pada beberapa tahun yang akan datang. BAB IX : Matematika Keuangan a.BAB VIII : Distribusi Poisson dan Distribusi Binomial a. Relevansi terhadap pengetahuan mahasiswa dan bidang kerja Dengan memahami materi ini mahasiswa memiliki pendekatan yang lain untuk menentukan besarnya probabilitas. Relevansi terhadap pengetahuan mahasiswa dan bidang kerja Dengan memahami materi Matematika Keuangan mahasiswa akan mampu memperhitungkan nilai uang pada waktu yang akan datang dengan memperhatikan tingkat suku bunga tertentu. Sub-sub Bab Sub-sub Bab yang ada adalah distribusi poisson dan distribusi binomial serta bilamana penggunaan pendekatan tersebut. b.Tujuan Instruksional Khusus (TIK) Mahasiswa mampu menghitung probabilitas dengan pendekatan distribusi poisson dan distribusi binomial. c.Gambaran Umum Materi Materi ini berisi uraian tentang penentuan probabilitas dengan distribusi poisson dan distribusi binomial. e.

Ringkasan Bagian ini menuliskan rumus untuk Future Value dan Present Value 52 .Pada bagian ini akan diberikan soal-soal latihan untuk membantu mahasiswa agar lebih mampu menghitung nilai akan datang dan nilai sekarang f.

Apabila melalui dua titik. antara lain: 1. Fungsi Linear 2. maka nilai variabel yang lain jg berubah 2. b konstan diman a ≠ 0 Sebuah persamaan Linear dapat dibentuk melalui beberapa cara. Himpunan yg anggotanya adalah set pasangan urutnya Bentuk umum dari fungsi : y = f(x) Fungsi yang akan dibahas pada bab ini adalah : 1. hubungan antara 2 variabel sedemikian rupa. Fungsi Linear Bentuk umum fungsi linear adalah : y = a + bx dengan a.y2). jika nilai salah satu variabel berubah.5). maka rumus persamaan linearnya adalah: y –y 1 = x – x 1 y2 –y1 x 2 –x 1 misal diketahui titik A (2. Pengantar  Pengertian fungsi : 1.Contoh Buku Ajar FUNGSI LINEAR DAN FUNGSI KUADRAT A. Apabila diketahui dua titik A dan B dengan koordinat masing-masing A(x1.3) dan titik B (6.5x 53 . Fungsi Kuadrat A. maka persamaan liniernya adalah: y –y 1 = x – x 1 y2 –y1 x 2 –x 1 y–3 = x-2 5-3 6 -2 y-3 = x-2 2 4 4y – 12 = 2x – 4 4y = 2x + 8 y = 2 + 0.y1) dan B(x2.

dua garis akan saling tegak lurus apabila kemiringan garis yang satu merupakan kebalikan dari kemiringan garis yang lain dengan tanda yang berlawanan Latihan: 1.8) 54 . berpotongan dan tegak lurus: a. Untuk setiap pasangan titik-titik koordinat berikut carilah persamaan garis lurusnya: a.5) dan (10.3) dan kemiringan m=0.5x -1 y = 0. Berpotongan. 3x – 2y + 12 = 0 b. 4x – 6y = 10 2.5 maka persamaan liniernya adalah: y -y1 = m( x -x1 ) y -3 = 0. sejajar.2) b. dua buah garis akan sejajar apabila kemiringan garis yang satu sama dengan kemiringan garis yang lain (m1 = m2) c. (-6.2. Berimpit. dua buah garis akan berimpit apabila persamaan garis yang satu merupakan kelipatan dari (proporsional terhadap) persamaan garis yang lain b.5( x -2) y -3 = 0. dua buah garis akan berpotongan apabila kemiringan garis yang satu tidak sama dengan kemiringan garis yang lain (m1 ≠ m2) d.-4) dan (10. Tegak lurus.5x + 2 Hubungan Dua Garis Lurus Dua buah garis lurus mempunyai empat macam kemungkinan bentuk hubungan berimpit. y1) dan suatu kemiringan (m)dapat dibentuk sebuah persamaan linier dengan rumus sebagai berikut: y -y1 = m( x -x1 ) Misal diketahui titik A (2. Sejajar. Metode Satu Titik dan gradien Dari sebuah titik A (x1. 2x – 5y – 10 = 0 c. Carilah kemiringan dan titik potong sumbu y pada persamaan garis berikut: a. (3.

b. m = 0. Fungsi Kuadrat Bentuk Umum persamaan kuadrat: y = f(x) = ax2 + bx + c. x1 + x2 = x1 + x2 = = = 55 . Bagaimana menentukan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat tersebut? a) Jumlah akar-akar persamaan kuadrat. dan c. dimana a.6 A. x1 + x2 = + x1 + x2 = x1 + x2 = x1 + x2 = b) Hasil kali akar-akar persamaan kuadrat. b.8). m = -1. x1 . dimana a ≠ 0 Akar-akar persamaan kuadrat ax + bx + c = 0. c R dan a rumus abc sebagai berikut: x1 = atau x2 = 0 dapat ditentukan dengan menggunakan akar-akar persamaan kuadrat atau Dari rumus di atas.4 b.6). (2. dapat menentukan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat ax + bx + c = 0 yang dinyatakan dalam koefisien-koefisien a. (5. x2 = .3. Untuk setiap pasangan titik koordinat dan kemiringan (m) berikut ini tentukan persamaan garis lurusnya: a.

x2 = = = (-4) . berarti a = 1. x2 = Agar memahami dan terampil menggunakan rumus di atas. maka diperoleh sifat sebagai berikut: Jika x1 dan x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat ax + bx + c = 0 maka jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat dapat ditentukan dengan rumus: x1 + x2 = dan x1 .2x1. b = -3.x2 + x2 (x1 + x2) .2x1. a. x1 + x2 = = = =3 x1 . hitunglah: a. b. c. x1 + x2 b. perhatikanlah beberapa contoh di bawah ini! Contoh 1: Jika x1 dan x2 adalah akar-akar persamaan kuadrat x – 3x + 2 = 0. dan c = 2. x1 .Dari hasil perhitungan di atas.x2 = x1 + x2 atau x1 + x2 = (x1 + x2) . x1 + x2 Jawab: x – 3x +2 = 0.6 = 16 – 6 = 10 Contoh 2: 56 . x2 = = = 2 Untuk menghitung nilai x1 + x2 kita harus mencarinya terlebih dulu sebagai berikut: (x1 + x2) = x1 + 2x1. maka tanpa harus menyelesaikan persamaannya terlebih dulu. x2 c.

Persamaan sumbu simetri. c. hitunglah nilai: a. p + q b. (p-q) = p – 2pq +q = p + q – 2pq = = 12 karena p + q = (p + q) – 2pq. marilah kita perhatikan penjelasan berikut. titik potong grafik dengan sumbu x dan sumbu y. p . a. dan c = -6. p . titik balik atau titik puncak parabola.2x1. berarti a = 2. p + q = -5/2 = -2 b. Grafik fungsi kuadrat itu adalah sebuah parabola dengan persamaan y = ax + bx + c. (p – q) Jawab: 2x + 5x – 6 = 0. 57 . q = -6/2 = -3 c.Akar-akar persamaan kuadrat 2x +5x – 6 = 0 adalah p dan q. Tanpa harus menyelesaikan persamaanya terlebih dulu. b. (ii). Untuk menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat secara umum. p + q d.x2 p + q = (p + q) – 2pq = = = = d. a. b = 5. (iii). q c. dapat digunakan langkah-langkah sebagai berikut: (i). Dari jawaban soal nomer 1 bagian c dapat ketahui bahwa: x1 + x2 = (x1 + x2) . Misalkan suatu fungsi kuadrat ditentukan dengan persamaan f(x)= ax + bx + c (a 0). Untuk lebih jelasnya. R. maka: (p – q) = (p + q) – 2pq – 2pq = (p + q) – 4pq = = = + 12 = 18 Menggambar Sketsa Grafik Fungsi Kuadrat Secara Umum Kali ini akan dipelajari materi tentang menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat secara umum.

Akar-akar persamaan kuadrat itu merupakan absis titik-titik potongnya dengan sumbu x. 1. Nilai diskriminan persamaan kuadrat ax + bx + c = 0. sumbu x. yaitu D = b .c) 2.Untuk lebih jelasnya.1 mempunyai nilai minimum -1. Titik Potong Grafik dengan Sumbu X dan Sumbu Y a.1 = (x + 1) . Dari bentuk kuadrat itu selanjutnya dapat pula ditentukan sumbu simetrinya. Jadi. Titik Potong Grafik dengan Sumbu X Titik potong grafik dengan sumbu X diperoleh jika y = 0. titik balik atau titik puncak minimum parabola y = (x+1) . maka grafik fungsi f memotong sumbu x di dua titik yang berimpit. dan nilai itu dicapai jika (x+1) = 0 atau x = -1. maka grafik fungsi f tidak memotong maupun menyinggung 3. Titik Balik atau Titik Puncak dan Persamaan Sumbu Simetri Titik balik atau titik puncak suatu parabola dapat ditentukan dengan mengubah bentuk kuadrat pada ruas kanan persamaan parabola menjadi bentuk kuadrat sempurna. marilah kita pelajari materi di bawah ini. titik potong grafik dengan sumbu y adalah (0. grafik fungsi f dikatakan menyinggung sumbu x. 2. Jadi.1 adalah (-1. Dalam hal ini. y = (x+1) . maka nilai terkecil (minimum) dari (x+1) adalah 0. 1.-1) dan persamaan sumbu simetrinya adalah x = -1. maka grafik fungsi f memotong sumbu x di dua titik yang berlainan. Untuk parabola y = x + 2x y = x + 2x + 1 .4ac menentukan banyak titik potong grafik dengan sumbu x. Untuk parabola pada contoh 2 58 . sehingga y = a(0) + b(0) + c = c. Titik Potong Grafik dengan Sumbu Y Titik potong grafik dengan sumbu y diperoleh jika x = 0. Dengan demikian. Jika D>0. sehingga ax + bx + c = 0 merupakan kuadrat dalam x. Jika D=0. Jika D<0. b.1 y Oleh karena itu bentuk (x+1) selalu bernilai positif atau sama dengan nol untuk x R.

sehingga nilai terkecil (minimum) dari a(x + demikian. y = -(x-2) + 9 mempunyai nilai maksimum 9. dan nilai itu dicapai jika -(x-2) = 0 atau x = 2. dan nilai itu x R. y = a(x+ itu dicapai jika a(x + ) - mempunyai nilai maksimum = 0 atau x = ) . Dari penjelasan di atas. adalah (. Dengan .4x + 4) + 4 + 5 y = -(x . y = a(x + dicapai jika a(x + ) - mempunyai nilai minimum = 0 atau x = ) .2) + 9 y Oleh karena itu bentuk -(x-2) selalu bernilai negatif atau sama dengan nol untuk x R. dan nilai x R.- ) = 0 atau x + Jadi titik balik minimum parabola y=a(x+ Untuk a<0: Maka bentuk a(x + ). sehingga nilai terbesar (maksimum) dari a(x + demikian. ) selalu bernilai negatif atau sama dengan nol untuk semua ) adalah 0. Untuk a>0: Maka bentuk a(x + ) selalu bernilai positif atau sama dengan nol untuk semua ) adalah 0. maka dapat kita ambil kesimpulan sebagai berikut: 59 . Dengan .9) dan persamaan sumbu simetrinya adalah x = 2.- ) = 0 atau x + Jadi titik balik maksimum parabola y=a(x+ ).y = -x + 4x + 5 y = -(x . Jadi. maka nilai terbesar (maksimum) dari -(x-1) adalah 0. Dengan demikian. adalah (. titik balik atau titik puncak maksimum parabola y = -(x-2) +9 adalah (2.4x) + 5 = -(x .

c.4ac yaitu: . maka titik baliknya adalah titik balik minimum atau parabola terbuka ke atas.4x . . Contoh 1: Gambarkan sketsa grafik fungsi kuadrat f(x) = x .) 0). Parabola y = ax + bx +c (a ((i). (ii).5. Persamaan sumbu simetri parabola y = ax + bx + c adalah garis x= - Selanjutnya. marilah kita simak beberapa contoh di bawah ini. R mempunyai titik balik Jika a>0. Jika a<0.4x .jika D> 0 maka parabola memotong sumbu x di dua titik yang berlainan . Untuk lebih memahami dan terampil menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat secara umum.jika D= 0 maka parabola memotong sumbu x di dua titik yang berimpit atau parabola menyinggung sumbu x .jika a>0 maka parabola terbuka ke atas atau mempunyai titik balik minimum .5 adalah sebuah parabola dengan persamaan y 60 . maka titik baliknya adalah titik balik maksimum atau parabola terbuka ke bawah. Jawab: Grafik fungsi kuadrat f(x) = x .jika a<0 maka parabola terbuka ke bawah atau mempunyai titik balik maksimum . b. a. 2. berdasarkan penjelasan di atas ada beberapa kemungkinan sketsa grafik fungsi kuadrat f(x) = ax + bx + c jika ditinjau dari nilai a dan nilai diskriminan D = b .1.jika D<0 maka parabola tidak memotong dan tidak menyinggung sumbu x Secara geometris seperti diperlihatkan pada gambar di bawah ini.

Titik potong grafik dengan sumbu x. dan sumbu y.5) = 0 x + 1 = 0 atau x .5 = 0 (x + 1)(x .-9) Oleh karena a = 1>0. maka p merupakan titik balik minimum sehingga parabolanya terbuka ke atas (iii) Persamaan sumbu simetri adalah x = Gambar di bawah ini. == =2 (iv) Dari uraian di atas.5. diperoleh jika y = 0.4x .-5) (ii) Koordinat titik balik P= (.4x .) =( ) P= ( ) = (2.= x . Titik potong grafik dengan sumbu y. berarti a=1.5 seperti 61 . titik potongnya dengan sumbu y adalah (0.4x . (i) Titik potong grafik dengan sumbu x. maka sketsa grafik fungsi kuadrat f(x) = x .1 atau x = 0 + 5 x = -1 atau x = 5 Jadi. diperoleh jika x = 0.0) dan (5.0).5 = 0-0-5 = 5 Jadi. b=-4. Ini berarti: x . Ini berarti: y = (0) – 4(0) . a). b). dan c=-5.5 = 0 x = 0 . titik potongnya dengan sumbu x adalah (-1.

diperoleh jika y = 0. a). dan c = -1.1 = 0 (kedua ruas dikalikan -1) x .1 Jawab: Grafik fungsi kuadrat f(x) = -x + 2x .1 = 0 x = 0 + 1 atau x = 0 + 1 x = 1 atau x = 1 Jadi. Titik potong grafik dengan sumbu y. titik potongnya dengan sumbu x adalah (1.1 adalah sebuah parabola dengan persamaan y = -x + 2x . b).2x + 1 = 0 (x . b = 2.1)(x . berarti a = -1.1) = 0 x .0) atau grafik menyinggung sumbu x di titik (1. Ini berarti: y = -(0) + 2(0) . Ini berarti: -x + 2x . Titik potong grafik dengan sumbu x.0).1 = 0 atau x . diperoleh jika x = 0.1. (i) Titik potong grafik dengan sumbu x. dan sumbu y.Contoh 2: Gambarkan sketsa grafik fungsi kuadrat f(x) = -x + 2x .1 y = 0+0-1 = -1 62 .

titik potongnya dengan sumbu y adalah (0. == =1 (iv) Dari uraian di atas.-1) (ii) Koordinat titik balik P= (P= ( .) =( ) = (1. maka p merupakan titik balik maksimum sehingga parabolanya terbuka ke bawah (iii) Persamaan sumbu simetri adalah x = Gambar di bawah ini.Jadi. maka sketsa grafik fungsi kuadrat f(x) = -x + 2x .0) ) Oleh karena a = -1<0.1 seperti 63 .

4-8 Agustus PEDOMAN PENSKORAN dan KONSTRUKSI BUTIR SOAL.UTS Pokok Bahasan Fungsi Linear dan Fungsi Kuadrat .Tentukan integral dari 2x ∫ 4x3 + 2x√x – 15 dx = 3 dan y = 3 (5x-6)2 64 . Fungsi permintaan dan fungsi penawaran suatu barang berbentuk linear.Tentukan turunan pertama dari y= 3x 4 + 15x b. Tentukan bentuk persamaan fungsi permintaan dan fungsi penawaran. Titik A terletak pada grafik fungsi y=-1/8x2+9x-100 dan absisnya=20. Tentukan persamaan grs lurus K dan L serta gambarkan fungsi tersebut. 2. Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran. Garis L melalui titik B(10. Mahasiswa mampu membuat persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat serta menggambarkannya 2. jumlah barang yang diminta sebanyak 120 unit. 80. Differensial dan Integral Penggunaan Differensial & Integral dalam ilmu ekonomi. Pada saat harga per unit Rp.50) dan garis K berpotongan tegak lurus dengan garis L.Garis lurus K melalui titik A(60. Sumbu. b.50) dan garis K sejajar dengan grafik fungsi y = ½ x +790. Mahasiswa mampu mengaplikasikan pendekatan differensial dan integral dalam ilmu ekonomi dan bisnis 5. a. Mahasiswa mampu menyelesaikan soal-soal Differensial & Integral 4. dan terjadi excess demand sebesar 60 unit. Mahasiswa mampu menghitung Laba Maksimum Contoh Soal 1.x pd x=-40 dan garis K berpotongan tegak lurus dengan garis lurus L di titik A. Mahasiswa mampu membuat fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkannya 3. Garis lurus K memot. Setelah barang mengalami kenaikan sebesar 50% dr harga sebelumnya jumlah barang yang ditawarkan mengalami kenaikan sebesar 80 unit dan terjadi ecxess supply sebesar 60 unit. 3.TUGAS 10 PELATIHAN PROGRAM AA STIE Perbanas. Total Revenue dan Total Cost Kompetensi (TIK) 1. Tentukan persamaan garis K & L serta gambarkan fungsi tersebut. a.

Marginal Cost suatu barang adalah : MC = ½ Q + 180. Pada output 240 unit. Output (Q) dan harga jual(P) per unit pd saat equilibrium of output 5. Bentuk fungsi TR dan TC b. Penerimaan total (TR) dan biaya total (TC) dari suatu jenis barang adalah : TR= -10Q2 +380Q dan TC=2Q2 + 20Q+1800 Tentukan : Laba maksimum yang dapat dicapai KOMPONEN PENILAIAN 1 Menyusun fungsi linear • Bila menuliskan rumus diberi skor 5 • Bila menyusun persamaan garis yang pertama diberi skor 5 • Bila menyusun persamaan garis yang kedua diberi skor 5 Menyusun Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran • Bila menyusun persamaan Fungsi Permintaan diberi skor 10 • Bila menyusun persamaan Fungsi Penawaran diberi skor 10 Penyelesaian differensial dan Integral • Bila menyelesaikan soal differensial diberi skor 10 • Bila menyelesaikan soal integral diberi skor 5 Menyusun Fungsi TR dan TC • Bila menyusun persamaan TC diberi skor 5 • Bila menyusun persamaan AC diberi skor 5 • Bila menghitung nilai AC diberi skor 5 • Bila nilai Q dan P diberi skor 10 Menentukan Laba Maksimum • Bila menghitung nilai AC diberi skor 5 • Bila menghitung nilai MC diberi skor 5 • Bila menghitung nilai AR diberi skor 5 • Bila menghitung nilai MR diberi skor 5 • Bila menghitung Laba Maksimum 5 Total nilai SKOR 15 2 20 3 15 4 25 5 25 100 65 . AC minimum c. Jika fungsi permintaan terhadap barang ini adalah : Q = 960 – 2/3 P. 93700 . Diket. maka tentukan : a.4. sedangkan besarnya TC = Rp.

.... 2.. Kelas : ………... Kesinambungan dan sistematika antar pokok 1 – 2 – 3 – 4 – 5 1 – 2 – 3 – 4 – 66 ... saudara diminta untuk mengisi formulir evaluasi ini secara obyektif....... Identitas saudara tidak perlu dicantumkan. PERENCANAAN PEMBELAJARAN 1..... Mata Kuliah : .. Kesesuaian materi yang diberikan dengan silabus 2........................TUGAS 11 PELATIHAN PROGRAM AA STIE PERBANAS SURABAYA EVALUASI PENGAJARAN SEMESTER GASAL TAHUN AKADEMIK 2008/2009 Dalam upaya peningkatan kualitas proses pengajaran di STIE Perbanas Surabaya.... Kejelasan informasi dari dosen tentang pokok bahasan/materi pembelajaran yang akan dibahas selama 1 semester Kejelasan informasi dari dosen tentang literatur yang digunakan sebagai bahan rujukan kuliah Kejelasan informasi dari dosen tentang metode pengajaran yang akan digunakan Kejelasan informasi dari dosen tentang tugas yang akan dikerjakan mahasiswa Kejelasan informasi dari dosen tentang system evaluasi/penilaian yang akan digunakan 1 – 2 – 3 – 4 – 5 1 – 2 – 5 1 – 2 – 5 1 – 2 – 5 1 – 2 – 5 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – B. PETUNJUK PENGISIAN : Lingkarilah angka penilaian sesuai dengan pendapat saudara tentang hal yang dievaluasi  Buruk  Kurang Baik  Cukup  Baik  Sangat Baik A. 4....... Ikutilah petunjuk pengisian formulir............ 5. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Bagaimana pendapat saudara tentang: 1. 3.............

.. jadwal Jika lebih awal. jawaban tugas................... suasana kelas 14 Keteraturan dosen/tim dosen mengembalikan ........................................ 11 Kemampuan dosen/tim dosen dalam mengelola ........................................ 5........……………………… 67 .. pertanyaan di kelas 13 Kemampuan dosen/tim dosen dalam menghidupkan ... kelas 12 Kemampuan dosen/tim dosen dalam menanggapi .............. .................................. Kedisiplinan dosen/tim dosen dalam menepati jadwal kuliah 9....... tugas/soal yang diberikan 16 Ketepatan kehadiran dosen/tim dosen untuk ........………………….... Penampilan dosen/tim dosen dalam mengajar di kelas 10 Penguasaan dosen/tim dosen terhadap materi kuliah .................… ............. .. 4....... rata-rata berapa menit ………………………………… 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – 3 – 4 – 1 – 2 – 3 – 4 – 5 C.......... 6................. memulai kluliah sesuai jadwal Jika terlambat.............. ...……………………… .......... rata-rata berapa menit ………………………………….. bahasan yang diberikan Relevansi tugas-tugas yang diberikan dalam membantu pemahaman materi kuliah Relevansi contoh/ilustrasi yang diberikan dengan materi kuliah Ketepatan metode pengajaran dalam membantu pemahaman materi kuliah Obyektivitas evaluasi dan penilaian kuliah 1 – 2 1 – 2 1 – 2 1 – 2 1 – 2 1 – 2 1 – 2 1 – 2 1 – 2 1 – 2 1 – 2 1 – 2 1 – 2 1 – 2 Tingkat kesulitan penugasan/tes/ujian yang diberikan 8........................................................3............................ 17 Ketepatan dosen/tim dosen mengakhiri kuliah sesuai .......... kuis atau ujian 15 Keteraturan dosen/tim dosen membahas materi .... Berikan kritik dan saran anda untuk peningkatan kualitas pengajaran di semester yang akan datang (berkaitan dengan butir A...... dan B di atas): .... 7............

Aplikasi dalam ilmu ekonomi dengan pendekatan probabilitas. Surplus Konsumen dan Surplus Produsen 2.PERENCANAAN TES : Kisi – Kisi Soal Mata kuliah : Matematika Ekonomi dan Bisnis Bobot sks: 3/0/0 NO. Excess demand & excess supply Differensial dan Integral 1. Integral tak tentu 3. MR 2. Menentukan Laba maksimum atau biaya Minimum Optimalisasi 1. Nilai optimal pada Fungsi Multivariabel 2. Kombinasi 4. 1 2 POKOK BAHASAN & SUB POKOK BAHASAN Fungsi Linear dan Fungsi Kuadrat 1. Menyusun persamaan fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran 2. Permutasi dan Kombinasi 1. Differensial 2. Menyusun persamaan fungsi Kuadrat Fungsi Permintaan dan Fungsi Penawaran 1. Nilai optimal pada fungsi Lagrange 3. permutasi dan kombinasi Distribusi Poisson 1. AR. Menyusun persamaan fungsi Linear 2. Menyusun fungsi TC. Pendekatan Probabilitas 2. Menyusun fungsi TR. Integral tertentu Penggunaan Differensial & Integral dalam ilmu ekonomi 1. Distribusi Binomial JUMLAH SOAL 2 2 JUMLAH BUTIR SOAL 2 2 % 10 10 3 2 2 10 4 2 2 10 5 2 2 10 6 3 3 15 7 3 3 15 8 2 2 10 9 2 2 10 68 . Distribusi Poisson 2. Permutasi 3. MC 3. Linear Programming Probabilitas. Harga ekstrim maksimum dan harga ekstrim minimum Total Revenue dan Total Cost 1. Aplikasi dalam ilmu ekonom i dengan pendekatan distribusi poisson Distribusi Binomial 1. AC.

2. Aplikasi dalam ilmu ekonom i dengan pendekatan distribusi Binomial Butir Soal Prosentase 20 100 20 100 100 100 69 .

70 .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.