Asal-Usul Bunga Rafflesia Arnoldi (BUNGA BANGKAI

)
:

Rafflesia adalah genus tumbuhan bunga parasit. Ia ditemukan di hutan hujan Indonesia oleh seorang pemandu dari Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold tahun 1818, dan dinamai berdasarkan nama Thomas Stamford Raffles, pemimpin ekspedisi itu. Ia terdiri atas kira-kira 27 spesies (termasuk empat yang belum sepenuhnya diketahui cirinya seperti yang dikenali oleh Meijer 1997), semua spesiesnya ditemukan di Asia Tenggara, di semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra, dan Filipina. Tumbuhan ini tidak memiliki batang, daun ataupun akar yang sesungguhnya. Rafflesia merupakan endoparasit pada tumbuhan merambat dari genus Tetrastigma (famili Vitaceae), menyebarkan haustoriumnya yang mirip akar di dalam jaringan tumbuhan merambat itu. Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima. Pada beberapa spesies, seperti Rafflesia arnoldii, diameter bunganya mungkin lebih dari 100 cm, dan beratnya hingga 10 kg. Bahkan spesies terkecil, Rafflesia manillana, bunganya berdiameter 20 cm. Bunganya tampak dan berbau seperti daging yang membusuk, karena itulah ia disebut "bunga bangkai" atau "bunga daging". Bau bunganya yang tidak enak menarik serangga seperti lalat dan kumbang kotoran, yang membawa serbuk sari dari bunga jantan ke

Bunga bangkai dalam bahasa latin disebut Amorphophallus yang berasal dari bahasa Yunani Kuno “Amorphos” yang berarti “cacat. namun hubungan kekerabatan mereka jauh. Namun. bunga bangkai merupakan spesies endemik. Sedikit yang diketahui mengenai penyebaran bijinya. karena Amorphophallus mempunyai perbungaan tak bercabang terbesar di dunia. tanpa bentuk” dan “phallos” yang berarti “penis”. Rafflesia adalah bunga resmi negara Indonesia. Nama "bunga bangkai" yang dipakai untuk Rafflesia membingungkan karena nama umum ini juga digunakan untuk menyebut Amorphophallus titanum (suweg raksasa/batang krebuit) dari famili Araceae. Sebagian besar. begitu pula provinsi Surat Thani. setidaknya bila orang menilai dari beratnya. ia kadang-kadang secara salah kaprah dianggap sebagai bunga terbesar di dunia. Mengenal Ciri Bunga Bangkai (Amorphophallus).bunga betina. terdiri atas ribuan bunga. . Amorphophallus titanum mempunyai perbungaan tak bercabang terbesar. sementara palem Talipot (Corypha umbraculifera) memiliki perbungaan bercabang terbesar. tumbuhan ini monokarpik. yang artinya tiap individu mati setelah berbunga. Thailand.Bunga bangkai yang merupakan tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar dan tertinggi di dunia ini termasuk tanaman dari suku talas-talasan (araceae) dengan bentuk dan ukuran umbi yang bervariasi pada setiap jenisnya. Bunga bangkai raksasa atau titan arum (Amorphophallus titanum) Bunga bangkai (Amorphophallus) merupakan tumbuhan khas dataran rendah yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis mulai dari kawasan Afrika barat hingga ke Kepulauan Pasifik termasuk di Indonesia. Rafflesia arnoldii mempunyai bunga tunggal terbesar di dunia dari seluruh tumbuhan berbunga. Terlebih lagi. tupai dan mamalia hutan lainnya ternyata memakan buahnya dan menyebarkan biji-bijinya. Baik Rafflesia maupun Amorphophallus adalah tumbuhan bunga.

Terdapat sekitar 170 spesies bunga bangkai di seluruh dunia.Bunga bangkai (Amorphophallus) mengalami dua fase dalam hidupnya yang berlangsung secara bergantian dan terus menerus. Pada fase vegetatif di atas umbi bunga bangkai tumbuh batang tunggal dan daun yang mirip daun pepaya. Apabila kondisi memungkinkan. bunga tertinggi ini mengeluarkan bau menyengat seperti bau bangkai. fase vegetatif akan disusul dengan fase generatif yakni munculnya bunga majemuk yang menggantikan batang dan daun yang layu tadi. Bau busuk ini berfungsi sebagai pemikat bagi lalat dan kumbang yang mana serangga-serangga tersebut akan berkontribusi dalam proses penyerbukan. Titan arum. Mengenal Macam Jenis Bunga Bangkai (Amorphophallus). yakni fase vegetatif dan fase generatif. suweg raksasa) Amorphophallus gigas (Amorphophallus raksasa sumatera) Amorphophallus decussilvae (Bunga bangkai jangkung. ileus) Bunga bangkai (Amorphophallus bulbifer) . maka akan terbentuk buah-buah berwarna merah dengan biji pada bagian bekas pangkal bunga. porang. Apabila selama masa mekarnya terjadi pembuahan. Amorphophallus campanulatus (Suweg). Saat bunga bangkai mengalami fase generatif (mekarnya bunga). Amorphophallus oncophyllus (iles-iles. Spesies yang terkenal di Indonesia diantaranya adalah: • • • • Amorphophallus titanum (Bunga bangkai raksasa. Dan bunga bangkai kemudian kembali memasuki fase vegetatif. Kedua fase ini kan terjadi berulang dan terus menerus. bunga bangkai jawa barat) Amorphophallus beccarii. Hingga kemudian batang dan daun menjadi layu menyisakan umbi di dalam tanah.

burung ini kebanyakan bersarang di lubang-lubang pohon. kecuali sayap dan ekor berwarna hitam . Burung yang umumnya berukuran sedang (sekitar 20-25 cm). Di alam. dan berceloteh keras. jenis Jalak putih (Sturnus melanopterus) ini hampir mirip dengan Jalak bali (Leucopsar rothschildi) memiliki warna bulu utama putih. Namun. tajam dan lurus. Berkaki panjang sebanding dengan tubuhnya. dengan paruh yang kuat. Bersuara ribut.Jalak putih Kalau dilihat dari gambarnya dari Buku Panduan Lapangan Burung-burung Sumatera. meskipun terdapat kulit tanpa bulu disekitar mata berwarna kuning. terkadang meniru suara burung lainnya. keduanya memiliki kesamaan. yaitu merupakan Burung yang dilindungi undangundang. Jawa dan Bali. gagah. Burung Jalak Putih merupakan burung dari suku Sturnidae.dengan warna bulu seluruhnya putih.

They will also expand to a few times their original size. The yellowish dried white fungus will turn pale yellow/white and almost translucent after you soak them in water. kacang ginko dan Sup Logan. Hal ini dikatakan mirip dengan sarang burung. Makanan penutup ). Good quality dried white fungus are yellowish in colour. We prefer to use the less expensive "scattered" type of white fungus to cook dessert (eg White fungus. . They taste softer and nicer than the big sponge-like ones. It is said to be similar to bird nests. Baik kualitas kering jamur putih kekuningan. Kami lebih memilih untuk menggunakan lebih murah "tersebar" jenis jamur putih untuk memasak hidangan penutup (misalnya Putih jamur. Jamur putih membantu untuk meningkatkan cairan tubuh dan diyakini untuk meningkatkan kesehatan kulit jika dikonsumsi sering. but is much more affordable. Jamur putih kekuningan mengering akan berubah kuning pucat / putih dan hampir tembus setelah Anda merendam mereka dalam air.Jamur putih . Gingko nuts and Longan Dessert Soup ). tetapi jauh lebih terjangkau. Mereka rasa lebih lembut dan lebih bagus daripada seperti spons yang besar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful