P. 1
PANCASILA

PANCASILA

|Views: 124|Likes:
Published by Desty Sajoo

More info:

Published by: Desty Sajoo on Jan 05, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2012

pdf

text

original

SOAL I. PANCASILA 1. Tuliskan secara sejrah lahirnya pancasila, diawali dari lahirnya BPUPKI ! 2.

Hakikat pancasila adalah kronologis sebagai pandagan hidup dan dasar Negara, jelaskan hal tersebut! 3. Tuliskan masing-masing 3 contoh penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari mulai dilingkungan keluarga, masyarakat, dan bangsa Indonesia !

II.

DEMOKRASI 1. Berikanlah pengertian demokrasi menurut beberapa teori, kemudian disimpulkan ! 2. Mengapa pendidikan demokrasi mutlak diperlukan ? 3. Jelaskan demokrasi sebagai system polotik ! 4. Jelaskan demokrasi sebagai sikap hidup ! 5. Bagaimanakah perkembangan pelaksanaan demokrasi di Indonesia ?

III.

UNDANG-UNDANG DASAR NKRI 1. Bedakanlah undang-undang dasar 1945 sebelum dan sesudah amandemen dengan menggunakan format ! 2. Membuat struktur organisasi pemerintahan ! 3. Tuliskan dan jelaskan pengertian tata urutan peraturan perundangundangan RI ! 4. Menurut undang-undang No.10 2004 tata hirarti / tata urutan di Indonesia bedanya tidak ada no.2 yaitu ketetapan MPR. Mengapa?

Soepomo (31 Mei 1945). panitia kecil tersebutberhasil merumuskan ³piagam Jakarta´ yang didalamnya terdapat rumusan dan sistematik pancasila sebagai y Ketuhanan. Atas dasar itulah maka tanggal 1 Juni 1945 dikenal sebagai hari lahir istilah Pancasila sebagai Nama Dasar Negara kita (bukan hari lahir Pancasila).lanjut dari ³janji kemerdekaan´ yang telah dijanjikan kepada bangsa Indonesia yang diucapkan oleh perdana Menteri Koiso pada tanggal 7 september 1944 di depan parlemen Jepang di Tokyo. dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya y y Kemanusiaan yang adil dan beradab Persatuan Indonesia .JAWABAN I. Prof. BPUPKI dibentuk oleh pemerintah Jepang sebagai tindak. PANCASILA 1.proses perumusan dasar Negara Indonesia dimulai dari dibentuknya Badan Peyelidikan Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 29 april 1945. Soekarno (1 Juni 1945) yang dengan tegas menyebutkan bahwa rumusan tersebut diberi nama Pancasila.di bentuklah panitia kecil yang dikenal panitia 9 orang yang diketuai oleh Ir. BPUPKI mengadakan 2kali siding yaitu yang pertama pada tanggal 29 Mei. Soekarno. BPUPKI baru di lantik tanggal 28 Mei 1945 dan mulai bersidang pada tanggal 29 Mei1945. Muhamad Yamin (29 Mei 1945). Untuk membahas dan merumuskan usulan-usulan tersebut. dan rumusan dari Ir. Pada siding pertama muncul usulan rumusan dasar Negara dari Mr.1 Juni 1945 untuk membicarakan dasar Indonesia Merdeka ( philosofische grondslag dari Indonesia Merdeka).Dr. Secara historis. Pada tanggal 22 Juni 1945 (diluar siding BPUPKI).

Pada tanggal 9 Agustus 1945 pemerintah jepang membentuk panitia persiapan kemerdekaan Indonesia yang disingkat PPKI yang diketuai oleh Ir. Moh. Kemudian PPKI mempunyai kedudukan dan fungsi yangsangat penting. Soekarno dan Drs. Soekarno dan ditanda tangani oleh Ir. lebih-lebih setelah Indonesia Merdeka. UUD yang telah disahkan PPKI itu terdiri dari pembukaan dan . sementara di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan maka tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan yang dibacakan Ir. yaitu tanggal 18 Agustus 1945 PPKI mengesahkan rancangan UUD Negara sebagai UUD yang kita kenal sekarang UUD 1945 . Hatta sebagai wakilnya. namun setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya mempunyai sifat badan nasional Indonesia. yaitu: y y Mewakili seluruh rakyat Indonesia Sebagai pembentuk Negara (yang menyusun Negara Republik Indonesia setelah Proklamasikankemerdekaan 17 Agustus 1945) y Mempunyai wewenang untuk meletakkan Dasar Negara Setelah Jepang meyerah pada sekutu tanggal 14 Agustus 1945. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Pada tanggal 14 Juli 1945 piagam Jakarta diterima oleh BPUPKI sebagai pembukaan dari rancangan Undang-undang Dasar yang dipersiapkan untuk Negara Indonesia merdeka. tetapi belum memiliki kelembagaan Negara seperti disebut dalam UUD 1945. Keesokan harinya.y Kerakyatan yang dipimpin oleh hikma kebijasanaan dalam permusyawaratan perwakilan y Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia Sidang BPUPKI yang kedua diselenggarakan tanggal 10-17 Juli 945. Moh. Panitia ini mempunyai fungsi yang amat penting. Soekarno dan Drs. Badan ini semula bersifat badan buatan Jepang.

baik persoalan masyarakatnya sendiri maupun persoalan dunia. Jadi berdasarkan pengertian tersebut. y Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia. untuk apa seseorang itu hidup´. terkandung pula dasar pikiran terdalam dan gagasan mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik. 4 pasal aturan peralihan. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan daalam permusyawaratan perwakilan. Persatuan Indonesia. pegangan hidup. Dengan pandangan hidup inilah suatu bangsa akan memandang persoalan yang dihadapinya sehingga dapat memecahkannya secara tepat. Setiap bangsa di dunia yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui dengan jelas ke arah mana tujuan yang ingin dicapainya sangat memerlukan pandangan hidup. Lebih lanjut Pancasila sebagai . suatu bangsa akan merasa terombang ± ambing dalam menghadapi persoalan yang timbul. 2. dalam pandangan hidup bangsa terkandung konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita ± citakan. dan 2 ayat aturan tambahan. ³Pandangan hidup adalah sebagai suatu prinsip atau asas yang mendasari segala jawaban terhadap pertanyaan dasar. Pada bagian pembukaan. pedoman hidup. Pancasila sebagai pandangan hidup sering juga disebut way of life. yaitu alenia ke-4 tercantum rumusan dasar Negara Pancasila yang susunanya sebagai berikut : y y y y Ketuhanan Yang Maha Esa.Batang tubuh UUD yang berisi 37 pasal. Walaupun ada banyak istilah mengenai pengertian pandangan hidup tetapi pada dasarnya memiliki makna yang sama. Tanpa memiliki pandangan hidup. pandangan dunia atau petunjuk hidup. Hakikat pancasila sebagai pandangan hidup maksudnya. Kemanusiaan yang adil dan beradab.

Hal ini sangat penting karena dengan menerapkan nilai ± nilai luhur pancasila dalam kehidupan sehari ± hari maka tata kehidupan yang harmonis diantara masyarakat Indonesia dapat terwujud. maka sudah sepatutnya peraturan tersebut dicabut. .pandangan hidup bangsa dipergunakan sebagai petunjuk dalam kehidupan sehari ± hari masyarakat Indonesia baik dari segi sikap maupun prilaku haruslah selalu dimbangi oleh nilai ± nilai luhur pancasila. Pancasila dijadikan sebagai dasar negara atau ideologi negara untuk mengatur penyelenggaraan Negara. Setiap negara di dunia ini mempunyai dasar negara yang dijadikan landasan dalam menyelenggarakan pemerintah negara. Untuk dapat mewujudkan semua itu maka masyarakat Indonesia tidak bisa hidup sendiri. artinya mengikat dan memaksa setiap warga negara untuk tunduk kepada pancasila dan bagi siapa saja yang melakukan pelanggaran harus ditindak sesuai hukum yang berlaku di Indonesia serta bagi pelanggar dikenakan sanksi ± sanksi hukum. Sedangkan pancasila sebagai dasar Negara maksudnya. pada hakikatnya adalah sebagai sumber dari segala sumber hukum. Dengan begitu masing ± masing pandangan hidup dapat beradaftasi artinya pandangan hidup perorangan / individu dapat beradaptasi dengan pandangan hidup kelompok karena pada dasarnya pancasila mengakui adanya kehidupan individu maupun kehidupan kelompok. Seperti Indonesia. Apabila ada peraturan (termasuk di dalamnya UUD 1945) yang bertentangan dengan nilai ± nilai luhur pancasila. Berdasarkan uaraian tersebut pancasila sebagai dasar negara mempunyai sifat imperatif atau memaksa. mereka harus tetap mengadakan hubungan dengan masyarakat lain. Artinya segala peraturan perundangan secara material harus berdasar dan bersumber pada pancasila.

3. Lingkungan bangsa Indonesia o Pemerintah harus jujur dan adil terhadap warga Negara Indonesia tanpa pandang bulu jika dia memang terbukti salah o Kita harus saling menghargai dan menghormati antara warga Negara yang satu dengan yang lain agar rakyat Indonesia bisa hidup dengan tentram o Dalam menghadapi masalah kita warga Negara Indonesia harus bersama-sama untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan musyawara. ibu dan anak harus saling menghormati dan menghargai pendapat masing-masing o Orang tua harus memberikan kebebasan kepada anak untuk memeilih apa yang di inginkannya sesuai dengan potensi masing-masing b. . Lingkungan keluarga o Dalam mengambil keputusan di suatu keluarga harus melakukan musyawara supaya bisa mendapatkan hasil yang baik o Dalam suatu musyawara baik ayah. 3 contoh masing-masing dari penerapan nilai-nilai pancasila a. Lingkungan masyarakat o Misalnya ada tetangga kita yang berbeda agama kita harus bisa saling toleransi dan menghargai satu dengan yang lain o Dalam mengambil suatu keputusan dalam suatu masyarakat kita harus melakukan dengan musyawara o Kita harus tolong menoling antara masyarakat yang satu dengan yang lain agar bisa hidup damai dan tentram c.

II. Strong Demokrasi adalah suatu system pemerintahan dimana mayoritas anggota dewasa dari masyarakat politik ikut serta atas dasar system perwakilan yang menjamin bahwa pemerintah akhirnya mempertanggung jawabkan tindakan-tindakan kepada mayoritas itu. Schmeter Demokrasi merupakan suatu perencanaan institusional untuk mencapai keputusan politik dimana individu-individu memperoleh kekuasaan untuk memutuskan cara perjuangan kompetitip atas suara rakyat c. b. Joseph A. Sidney Hook Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak langsung di dasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa. DEMOKRASI 1. C.F. . Kesimpulan: dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa demokrasi adalah suatu system pemerintahan dimana keputusankeputusan pemerintahan untuk mencapai keputusan plitik yang menjamin danya tanggung jawab dari tindakan-tindakan yang telah disepakati kepada masyarakat. Pendapat para ahli tentang pengertian demokrasi: a.

Indonesia masih berjuang menghadapi Belanda yang ingin kembali ke Indonesia. Yang dimaksud demokrasi sebagai sikap hidup yaitu demokrasi dan sikap hidup saling keterkaitan antara satu dengan yang lain. 4. Yang dimaksud dengan demokrasi sebagai system plotik yaitu setelah menjadi dasar dalam penyelenggaraan negara-negara di dunia sehingga sekitar 62% atau 116 negara didunia menganggap demokrasi merupakan sistem politik yang paling ideal. Perkembangan pelaksanaan demokrasi di Indonesia Perkembangan demokrasi di Indonesia dapat dilihat dari Pelaksanaan Demokrasi yang pernah ada di Indonesiai ini. Pendidikan demokrasi mutlak diperlukan karena dalam suatu Negara terdapat sutu system politik. Pelaksanaan demokrasi pada masa revolusi ( 1945 ± 1950 ) Tahun 1945 ± 1950. Hal itu disebabkan oleh masih adanya revolusi fisik. Demokrasi juga mengajarkan sikap saling menghargai pendapat satu dengan yang lain. jadi pendidikan demikrasi mutlak diperlukan supaya system politik didalam Negara tersebut bisa berjalan dengan baik.karena tanpa belajar terlebih dahulu demokrasi maka tidak bisa memahami apa yang dimaksud dengan demokrasi. 5. untuk rakyat dan dari rakyat. Jadi Negara-negara di dunia termasuk indonesia menjadikan demokrasi sebagai system politik. Pada saat itu pelaksanaan demokrasi belum berjalan dengan baik. 3.2. Pelaksanaan demokrasi di indonesia dapat dibagi menjadi beberapa periode antara lain : a. Karen demokrasi itu sendiri adalah pemerintahan dari rakyat. Pada awal kemerdekaan masih terdapat sentralisasi . Dan juga diharapkan dengan demokrasi dapat membentuk sikap hidup yang baik.

akuntabilitas politik demokrasi ini peranan sangat tinggi dan berkembangnya partai-partai politik. Namun demikian praktik demokrasi pada masa ini dinilai gagal disebabkan :  Dominannya partai politik  Landasan sosial ekonomi yang masih lemah  Tidak mampunya konstituante bersidang untuk mengganti UUDS 1950 Atas dasar kegagalan itu maka Presiden mengeluarkan Dekrit Presiden 5 Juli 1959 :  Bubarkan konstituante  Kembali ke UUD 1945 tidak berlaku UUD S 1950  Pembentukan MPRS dan DPAS  Masa Demokrasi Terpimpin 1959 ± 1966 Pengertian demokrasi terpimpin menurut Tap MPRS No. Masa parlemen. Pelaksanaan demokrasi pada masa Orde Lama  Masa Demokrasi Liberal 1950 1959 Masa demokrasi liberal yang parlementer presiden sebagai lambang atau berkedudukan sebagai Kepala Negara bukan sebagai kepala eksekutif. b. DPR dan DPA dibentuk menurut UUD ini segala kekuasaan dijalankan oleh Presiden dan dibantu oleh KNIP. VII/MPRS/1965 adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan yang berintikan musyawarah untuk mufakat secara gotong royong diantara semua kekuatan nasional yang progresif revolusioner dengan berporoskan nasaka dengan ciri: .kekuasaan hal itu terlihat Pasal 4 Aturan Peralihan UUD 1945 yang berbnyi sebelum MPR.

1982.  Pelaksanaan demokrasi Orde Baru 1966 ± 1998 Dinamakan juga demokrasi pancasila. V dan pada masa orde baru berhasil menyelenggarakan Pemilihan Umum tahun 1971. Dominasi Presiden  Terbatasnya peran partai politik  Berkembangnya pengaruh PKI Penyimpangan masa demokrasi terpimpin antara lain:  Mengaburnya sistem kepartaian. II. 1992. 1977. III. pemimpin partai banyak yang dipenjarakan  Peranan Parlemen lembah bahkan akhirnya dibubarkan oleh presiden dan presiden membentuk DPRGR  Jaminan HAM lemah  Terjadi sentralisasi kekuasaan  Terbatasnya peranan pers  Kebijakan politik luar negeri sudah memihak ke RRC (Blok Timur) Akhirnya terjadi peristiwa pemberontakan G 30 September 1965 oleh PKI yang menjadi tanda akhir dari pemerintahan Orde Lama. Orde Baru bertekad akan melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekwen. Namun demikian perjalanan demokrasi pada masa orde baru ini dianggap gagal sebab:  Rotasi kekuasaan eksekutif hampir dikatakan tidak ada  Rekrutmen politik yang tertutup  Pemilu yang jauh dari semangat demokratis . 1987. IV. Pelaksanaan demokrasi orde baru ditandai dengan keluarnya Surat Perintah 11 Maret 1966. Awal Orde baru memberi harapan baru pada rakyat pembangunan disegala bidang melalui Pelita I. dan 1997.

X/MPR/1998 tentang pokok-pokok reformasi  Ketetapan No.  Pelaksanaan Demokrasi Reformasi {1998 Berakhirnya masa orde baru ditandai dengan penyerahan kekuasaan dari Presiden Soeharto ke Wakil Presiden BJ Habibie pada tanggal 21 Mei 1998. IV Pada Masa Reformasi berhasil menyelenggarakan pemiluhan umum sudah dua kali yaitu tahun 1999 dan tahun 2004. Masa reformasi berusaha membangun kembali kehidupan yang demokratis antara lain:  Keluarnya Ketetapan MPR RI No. III. 1. UNDANG-UNDANG DASAR SEBELUM AMANDEMEN BAB III. XIII/MPR/1998 tentang pembatasan Masa Jabatan Presiden dan Wakil Presiden RI  Amandemen UUD 1945 sudah sampai amandemen I. VII/MPR/1998 tentang pencabutan tap MPR tentang Referandum  Tap MPR RI No. Sekarang). KEKUASAAN PEMERINTAH NEGARA SESUDAH AMNDEMEN UNDANG-UNDANG DASAR NKRI . II. III. XI/MPR/1998 tentang penyelenggaraan Negara yang bebas dari KKN  Tap MPR RI No. Pengakuan HAM yang terbatas  Tumbuhnya KKN yang merajalela Sebab jatuhnya Orde Baru:     Hancurnya ekonomi nasional ( krisis ekonomi ) Terjadinya krisis politik TNI juga tidak bersedia menjadi alat kekuasaan orba Gelombang demonstrasi yang menghebat menuntut Presiden Soeharto untuk turun jadi Presiden.

Pasal 9 Ada: jika MPR dan DPR tidak Tidak ada: jika MPR dan dapat mengadakan sidang.Dalam hal mengangkat duta presiden . Pasal 7 Presiden dan wakil presiden Presiden dan wakil presiden memegang jabatan penuh selama 5 memegang jabatan penuh tahun. Pasal 5 Membentuk undang-undang . abolisi dan memperhatikan pertimbangan dari rehabilitasi tanpa MA dan DPR memperhatikan pertimbangan dari MA dan DPR f. dasa dan lain-lain tanda tanda dasa dan lain-lain kehormatan yang diatur dengan tanda kehormatan undang-undang BAB. Pasal 15 presiden memberi gelaran. sungguh-sungguh dihadapan MPR presiden dan wakil presiden yang disaksikan oleh mahkamah bersumpah menurut agama agung dan berjanji dengan sungguh-sungguh dihadapan MPR yang disaksikan oleh mahkamah agung d.kemudian jabatan yang sama selama 5 tahun dan dapat hanya untuk satu kali jabatan diplih lagi c. Presiden memberikan grasi.Rancangan undang-undang b. Pasal 14 Presiden memberi grasi.V KEMENTERIAN . amnesty. abolisi dan rehabilitasi dengan amnesty. presiden DPR tidak dapat dan wakil presiden bersumpah menurut agama dan berjanji dengan mengadakan sidang.Presiden mengangkat mempertimbangkan duta dan konsul pendapat dari DPR Presiden menerima duta .Presiden menerima Negara lain penempatan duta Negara lain dengan memperhatikan pertimbangan DPR e. Pasal 13 . tanda presiden memberi gelaran.Tidak ada presiden di NEGARA bantu oleh menteri- a.

VI.Ada Presiden dibantu oleh menteri-menteri . Terbagi menjadi pasal 20 dan 20 A Yang terdiri dari 8 ayat tentang perwakilan rakyat k. DEWAN PERWAKILAN RAKYAT Pasal 19 Tidak ada anggota perwakilan rakyat dipilih melalui pemilihan umum Pasal 20 Terdapat 2 ayat tentang dewan perwakilan rakyat - menteri Setiap membidangi tertentu pemerintahan menteri urusan dalam Pembagian daerah Indonesia atas beberapa wilayah BAB i. Pasal 26 Tentang warga Negara ialah orang-orang Indonesia asli Hanya terdapat 1 ayat yang berisi tentang anggota dewan perwakilan rakyat berhak mengajukan usul rancangan undang-undang BAB X WARGA NEGARA DAN PENDUDUK Warga Negara Indonesia adalah penduduk asli dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia . Pasal 17 . PEMERINTAHAN DAERAH Pasal 18 Pembagian daerah di Indonesia di tetapkan dengan undang-undang VII.Menteri-menteri itu memimpin depertemen pemerintahan BAB h. Ada anggota perwakilan rakyat dipilih melalui pemilihan umum j. Pasal 21 Terdapat 2 ayat tentang anggota dewan perwakilan rakyat yang mengajukan rancangan undang-undang dan jika rancangan tersebut tidak di setujui oleh presiden maka rancangan tersebut tidak boleh di lanjutkan dalam siding dewan perwakilan rakyat BAB X WARGA NEGARA l.g.

Kalau Keputusan MPR hanya berlaku bagi anggota majelis atau mengikat ke dalam  Undang-Undang . DAN LAMBANG NEGARA SERTA LAGU KEBANGSAAN 2.Berlaku bagi warga negara Indonesia . STUKTUR ORGANISASI PEMERINTAHAN PUSAT DAN DAERAH o STRUKTUR PEMERINTAHAN PUSAT BAB XII. Pasal 30 Warga Negara berhak ikut serta dalam membela pertahanan Negara BAB XV.Berlaku bagi seluruh warga negara Indonesia .Berisi 37 pasal . BENDERA DAN BAHASA Warga Negara berhak ikut serta dalam membela pertahanan Negara 3. BAHASA.BAB XV.Dibuat DPR dan Pemerintah/Presiden untuk melaksanakan UUD 45 dan Tap MPR .Tap MPR Dibuat oleh MPR untuk melaksanakan UUD 1945 . BENDERA. Tata urutan perundang-undangan di Indonesia  UUD 1945 -Merupakan hukum dasar .Mengalami amandeman atau perubahan beberapa kali oleh MPR  Tap MPR . PERTAHANAN NEGARA m.Memiliki kekuatan hukum mengikat ke luar dan ke dalam majlis .

DPR dapat mengawasi jalannya Perpu  PP / Peraturan Pemerintah .  Perda . . Perpu .Ada PP Pusat dan PP Daerah . Kemudian baik UUD 1945 maupun tap MPR dibuat atau ditetapkan oleh lembaga yang sama yakni MPR. .Yang membuat perpu adalah Presiden jika negara sedang dalam genting / gawat darurat.Perda dibuat pemerintah daerah untuk melaksanakan peraturan yang lebih tinggi dengan menyesuaikannya terlebih dahulu dengan situasi dan kondisi yang ada.Presiden berhak mengeluarkan Keputusan Presiden . Dalam hubunga ini keberadaan tap MPR setringkat lebih rendah di bawah UUD 1945 pada dasarnya bisa dipahami dengan mengedepankan fungsifungsi yang dimiliki ole MPR .Tujuan Keppres adalah untuk administasi negara dan administrasi pemerintahan.Dibuat untuk melaksanakan Undang-Undang  Keppres .Tidak boleh bertentangan dengan peraturan pusat.PP dibuat oleh Presiden (Pemerintah Pusat) atau Gubernur / Walikota / Bupati (Pemerintah Daerah) .Tidak perlu disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat . Karena selain masih bersifat umam dan secara garis besar belu. Mengapa tata hirarti menurut UU no 10 2004 tidak ada ketetapan MPR. dilekatkan oleh sanksi pedana maupun sanksi pemaksaan. 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->