PROGRAM BEL SEKOLAH OTOMATIS Seiring dengan kemajuan zaman sehingga hampir semuanya yang manual dibuat menjadi

terkomputerisasi. Dengan adanya sistem komputerisasi ini membuat pengguna lebih mudah dalam menyelesaikan segala permasalahannya. Dalam kegiatan belajar mengajar disekolah pihak penjaga sekolah/guru piket disibukkan dengan aktifitas membunyikan bel di Sekolah saat jam masuk sekolah, ganti pelajaran, istirahat serta pulang sekolah yang mungkin setiap hari lebih dari 5x. Bel sekolah merupakan suatu perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari sekolah. Bel sekolah berfungsi untuk memberikan tanda pergantian jam untuk setiap pelajaran. Tetapi sayangnya petugas seringkali lupa membunyikan bel sekolah pada saat yang tepat, sehingga pergantian pelajaran bisa jadi kacau, pelajaran satu dengan lainnya durasinya tidak sama. Dengan kondisi yang demikian kami terinspirasi untuk membuat suatu software bel sekolah berupa program yang fleksibel. Dengan memanfaatkan peralatan yang telah ada di Sekolah, misal: komputer, amplifier dan loudspiker. Yang pastinya hampir di semua sekolah sudah memiliki peralatan tersebut. Dari permasalahan inilah yang melatarbelakangi saya untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu pihak sekolah dalam mengatasi masalah tersebut. Dimana aplikasi yang saya bangun ini memiliki kelebihan yaitu bel dapat berbunyi otomatis sesuai waktu yang sudah di tentukan sebelumnya dan untuk jenis suara bel juga dapat kita sesuaikan sendiri sehingga dapat meringankan pekerjaan penjaga sekolah/guru piket. Untuk penentuan waktu cukup 1 kali saja karena hasil inputan data bel otomatis akan disimpan dalam database sehingga untuk menggunakannya hanya cukup buka aplikasi bel otomatis ini kemudian tekan tombol play. Dengan otomatis bel otomatis akan bunyi pada jam-jam yang sudah ditentukan.

FUNGSI DAN KEGUNAAN · Menggantikan fungsi bel manual menjadi otomatis berbunyi pada waktu yg telah ditentukan sesuai dengan jadwal pelajaran. · Menghindari kelalain petugas dalam penekan tombol bel karena dengan bel ini sudah tidak dibutuhkan lagi pekerjaan menekan bel. · Memberikan informasi yg lebih lengkap tentang tiap-tiap waktu bel berbunyi, misalnya dinformasikan pada jam 09:00 WIB saatnya siswa beristirahat. · Menggantikan suara nada bel yg biasanya dikodekan misalnya : Tet«Tet«Tet« menjadi informasi hasil rekaman suara manusia yg lebih jelas artinya. · Bunyi atau suara bel dapat disesuaikan berfariasi sehingga murid TIDAK BOSAN · Pada saat istirahat dapat secara otomatis disisipkan lagu/suara/murotal WAV, MP3, dan MIDI sebagai pengisi waktu dan dapat diset secara berbeda-beda untuk tiap pergantian hari

· Setting menu mudah dipahami dan boleh dicoba-coba tanpa harus kawatir merusak program. · Nama suara/lagu yg akan dipakai dapat dipilih secara mudah pada daftar suara. KEMUDAHAN DAN KELENGKAPAN PROGRAM · Semua menu disajikan dalam bahasa Indonesia dan diringkas hanya dalam 1 halaman display. . · Dilengkapi dengan TEST SOUND sehingga suara yg terpilh dapat diperdengarkan dulu sebelum benar-benar dipergunakan dalam keseharian jadwal pelajaran. · Dapat dipergunakan untuk jadwal pelajaran yg rumit. · Penambahan isian suara dapat dilakukan sendiri oleh pihak sekolah dengan memasukkan suara hasl rekaman sendiri atau MP3 yg sudah jadi kedalam direktori BEL. cukup tekan enter maka suara yg terpilih akan masuk dalam daftar setting suara. sehingga jadwal bel yg susah menjadi mudah. Untuk rekaman paling mudah dapat menggunakan sarana SOUND RECORDER yg telah disediakan oleh Windows atau dengan program recorder lainnya.· Dapat diset sebagai BEL HARIAN ataupun BEL KHUSUS pada saat pelaksanaan ujian/test atau waktu bulan ramadhan. SETTING · Default Password = DARUNNAJAH SARANA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful