GAPOKTAN MUTIARA TANI DESA BATURSARI KEC. MRANGGEN KAB.

DEMAK

PENCAIRAN DANA PUAP TAHAP I

SEKRETARIAT : DESA BATURSARI KEC. MRANGGEN KAB. DEMAK

PEMERINTAH KABUPATEN DEMAK

DINAS PERTANIAN
Alamat : Jl. Sultan fatah Nomor 01 Telp. (0291) 685013 Kode Pos 59511 ± Demak Demak, 2 Januari 2012

No Lampiran

: 900/ : 1 (satu) bendel Yth.

Kepada Pimpinan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Bintoro Di ± DEMAK

Menindak lanjuti Surat Permohonan Pencairan Dana PUAP dari Gapoktan : Nama Gapoktan Ketua Gapoktan Alamat No. Rekening : MUTIARA TANI : Agus Khanif : Desa Batursari, RT 05 / RW 01 Kec. Mranggen Kab. Demak : 5882-01-005854-53-2

Berkas yang diajukan sesuai dengan persyaratan, maka gapoktan tersebut dapat mencairkan dananya untuk tahap ke I (Satu) sejumlah Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah). Demikian untuk menjadikan periksa.

KEPALA DINAS PERTANIAN KABUPATEN DEMAK

Ir. WIBOWO, MM NIP. 19610412 198608 1 001

Holtikultura c. kami sampaikan terimakasih. Budidaya (On Farm) a. Industri Rumah Tangga Pertanian b.000.0. 25.000. Ketua TIM TEKNIS PUASP KABUPATEN DEMAK Di Tempat Berdasarkan hasil musyawarah pengurus GAPOKTAN MUTIARA TANI Desa batursari Kecamatan Mranggen kabupaten Demmka. Tanaman pangan b. Pemasaran ha.GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) MUTIARA TANI DESA BATURSARI KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK Batursari. Usaha lain Berbasis Pertanian : Rp. 02 Januari 2011 Nomor Lampiran Hal : 01/XII/2012 : 1 (satu) bendel : Pengajuan Pencairan dana BLM PUAP 2011 Kepada Yth.- 2. Merencanakan Realisasi Pencairan dana BLM PUAP 2012 kepada Anggota Gapoktan guna pembiayaan usaha produktif Pertanian dengan jenis kegiatan sebagai berikut : 1.000. Demikian untuk menjadikan periksa dan ata sterkabulkan permohonan ini. mohon kepala Dinas Pertanian Kabupaten Demak mengabulkan permohonan lyang kami ajukan sebesar Rp.- Sehubungan dengan hal tersebut.0.. GAPOKTAN MUTIARA TANI Ketua Sekretaris Agus Khanif Sulidi .000.(dua puluh lima juta rupiah) sebagai mana pengajuan terlampir.0.000.0. 25. Perkebunan Jumlah : Rp. Peternakan d. : Rp.000. : Rp.0.sil Pertanian (Bakulan) c. : Rp. Non Budidaya (Of farm) a.25. : Rp. : Rp. 0. : Rp.

TEMPAT KEDUDUKAN DAN LINGKUP KERJA Pasal 1 Perkumpulan ini bernama gabungan Kelompok Tani Mutiara Tani Pasal 2 Gabungan Kelompok Tani Mutiara Tani berkedudukan di Desa Batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Pasal 3 Lingkup kerja gabungan Kelompok Tani Mutiara Tani meliputi Desa batursari Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak BAB II AZAS DAN TUJUAN Pasal 4 Gabungan kelompok Tani Mutiara tani berazaskan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945. kualitas kesejahteraan dan kemandirian dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju. Mendorong dan menumbuhkan usaha meningkatkan kesejahteraan anggota. usaha produktif anggota dalam rangka . pola hidup terencana dan orientasi produktif untuk pada setiap anggota. mandiri. Mengembangkan sikap hemat. 4. 3. Pasal 5 Tujuan dari gabungan Kelompok Tani ini adalah untuk : 1.ANGGARAN DASAR GAPOKTAN DESA : MUTIARA TANI : BATURSARI KECAMATAN : MRANGGEN KABUPATEN PROPINSI : DEMAK : JAWA TENGAH BAB I NAMA. tidak konsumtif. Mengembangkan kualitas kehidupan anggota dan kemajuan kerja secara umum dengan cara peningkatan pendapatan ekonomi. 2. sejahtera dan berkepribadian. Mengusahakan untuk melaksanakan kegiatan usaha produktif dengan tidak memberatkan anggota.

saran maupun koreksi untuk perbaikan dan perkembangan kegiatan dan usaha kelompok. 3. pendapat. 6. Memberikan pinjaman kepada para anggota untuk tujuan kegiatan produkktif dengan sistem pelayanan yang sesuai dengan kesepakatan anggota. dan rrieningkatkan wawasan. 2. keterbukaan. ketrampilan dan kualitas sumber daya anggota maupun masyarakat secara umum. Setiap anggota wajib mengembangkan kejujuran. Mengusahakan pemupukan modal dalam bentuk pengembangan usaha koperasi. 1. Setiap anggota berhak untuk berbicara. BAB V HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA Pasal 8 Setiap anggota berhak untuk memperoleh pelayanan dan perlakuan yang sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan bersama anggota kelompok. Menembangkan kegiatan-kegiatan lain sepanjang tidak bertentangan dengan tujuan yang telah disepakati oleh organisasi. kerelaan dan kesurigguhan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dan kaluarganya di pedesaan melalui pengembangan usaha-usaha produktif.BAB III USAHA/KEGIATAN Pasal 6 Untuk mencapai tujuan tersebut. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam bidang produksi. 3. bantuan modal berupa barang maupun uang secara bergulir untuk peningkatan pendapatan anggota dan masyarakat secara umum. 4. Keanggotaan Gapoktan didasarkan atas kesadaran. Mengembangkan usaha pproduktif yang berorientasi pasar. kesetiakawanan dan kegotong royongan dalam mengembangkan kegiatan dan usaha untuk kemajuan bersama. Setiap anggota wajib menjunjung tinggi nama dan kehormatan organisasi. 2. yang tidak bertentangan dengan ketentuan yang berlaku. keputusan-keputusan rapat. serta peraturanperaturan lain yang telah disepakati bersama. Mengembangkan pendidikan. . 2. BAB IV KEANGGOTAAN Pasal 7 Anggota Gapoktan adalah mereka yang bertempat tinggal di Desa Pilangrejo serta tidak dilarang oleh Undang-Undang. Penerimaan dan pemberhentian anggota ditentukan berdasarkan Musyawarah Anggota atau rapat-rapat khusus yang diselenggarakan untuk itu. GAPOKTAN melakukan usaha-usaha sebagai berikut : 1. 3. 7. 1. pelatihan pengembangan. 1. Mengembangkan usaha dalam bentuk kelompok maupun perorangan dengan sistem bagi hasil. 2. jasa pelayanan sosial. menyampaikan usul. 5. pernasaran maupun pengembangan sumber daya manusia atas dasar saling menguntungkan. Pasal 9 Setiap anggota wajib mematuhi ketentuan yang ada di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Pengurus bertugas untuk : a. 2. b) Rapat Perwakilan anggota. Apabila dipandang perlu bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan. 1. 2. maka Musyawarah Luar Biasa dilakukan untuk menetapkan penggantinya. Memiliki wawasan dan pengetahuan yang cukup serta mampu untuk memimpin kelompok. Yang dipilih menjadi pengurus adalah seluruh anggota yang memenuhi syarat sebagai berikut : a. BAB VI PENGURUS Pasal 10 Pengurus Gapoktan dipilih dari dan oleh anggota melalui Perwakilan Kelompok berdasarkan musyanvarah dan selanjutnya dinamakan Pengurus Gapoktan. BAB VII RAPAT ANGGOTA Pasal 14 Rapat Anggota terdiri dari : a) Rapat Pengurus Rutin. 3. Pengurus Gapoktan sedikitnya terdiri dari : Ketua. . d) Rapat Luar Biasa. Pasal 13 Selama memegang jabatannya. trampil bekerja. Bertindak atas nama kelompok untuk mengadakan kerjasama dengan pihak lain serta melakukan perbuatan hukum atas nama organisasi. 2. Pasal 12 1. Setiap anggota pengurus diwajibkan menanggung segala kerugian yang didera oleh Gapoktan yang diakibatkan oleh kelalaian dalam menjalankan tugasnya. 3. c) Rapat Anggota. Memiliki sifat jujur. Mongelola organisasi b. berdedikasi tinggi. b. pengurus mendapatkan imbalan yang ditetapkan sesuai dengan kemampuan dan kesepakatan anggota. Pengurus Gapoktan yang sudah menduduki due periode mesa jabatan dapat dipilih kembali setelah tenggang waktu satu periode. dan Seksi-Seksi. Sekretaris.1. Pasal 11 Masa jabatan pengurus Gapoktan ditetapkan 5 (Lima) tahun dan dapat dipilih kernbali untuk satu kali masa jabatan berikutnya. Apabila seseorang pengurus berhenti sebelum masa jabatannya berakhir. aktif. Bendahara.

Dana pinjaman lunak dari berbagai lembaga dan Pemerintah Daerah. . d. Komite Pengarah diangkat oleh Kepala Desa berdasarkan hasil musyarah Desa. Sumbangan-sumbangan gang tidak mengikat. 2. 2. Hasil usaha yang dilaktikan oleh kelompok c. pokok dan sukarela. Sisa hasil usaha yang digunakan untuk pemupukan modal. Dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Program Pemerintah. BAB VIII PENGELOLAAN Pasal 15 Guna pengelolaan usaha Gapoktan maka diangkat manajer clan asisten manajer. f. 3. e. BAB IX MODAL USAHA Pasal 16 Modal usaha kelompok bersumber dari : a. b. 1. Penunjukkan menajer dan asisten manajer melalui seleksi yang diadakan oleh Komite Pengarah dan Rapat Anggota. melaksanakan usaha produktif dengan pengelolaan dana berdasarkan kesepakatan anggota. Simpanan wajib. Pengelolaan dan pembagian keuntungan dari hasil usaha produktif seadiladilnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan anggota.1. BAB X PENGEMBANGAN USAHA Pasal 17 Untuk kegiatan usaha baik secara kelompok maupun perorangan.

BAB XV PENUTUP Pasal 13 Ketetapan Anggaran Rumah Tangga ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan. Apabila ada kesalahan dalam ketetapan ini akan diadakan perubahan berdasarkan kesepakatan anggota. Ditetapkan di : Mutiara Tani Pada tanggal : 02 Januari 2012 Gapoktan PILANG MAKMUR Ketua Sekretaris Agus Hanif Sulidi Mengetahui PPL Batursari Kec. Mranggen. Kab. Demak Kepala Desa Batursari Teguh Pratomo Lutfi Latif .

c. Anggota luar biasa tidak memiliki hak suara. Apabila dipandang perlu. Pengurus Gapoktan berhenti apabila a. Setiap anggota kelompok memiliki 1 (satu) suara dalam setiap pengambilan keputusan serta dapat memilih dan dapat dipilih sebagai pengurus Gapoktan.ANGGARAN RUMAH TANGGA GAPOKTAN DESA KECAMATAN KABUPATEN PROPINSI : MUTIARA TANI : BATURSARI : MRANGGEN : DEMAK : JAWA TENGAH 1. 1. setelah memenuhi persyaratan dan kesepakatan anggota. . 2. BAB II HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA Pasal 2 Anggota memiliki hak untuk mernperoleh pinjaman dari kelompok apabila telah melunasi simpanan pokok dan simpanan wajib serta sejumlah iuran tertentu yang ditetapkan oleh rapat anggota. 2. Pasal 3 Anggota berhak memperolah bantuan modal usaha. Besarnya simpanan dan iuran tersebut ditetapkan berdasarkan kesepakatan anggota. Menyatakan keluar dari keanggotaan kelompok. 4. Diberhentikan dengan hormat oleh karena s3bab tertentu. hak memilih dan hak dipilih sebagai pengurus Gapoktan. Seorang akan menjadi anggota kelompok aabila telah disepakat oleh anggota berdasarkan kriteria tertentu dan dinyatakan sah oleh pengurus kelompok. dedikasi. BAB I KEANGGOTAAN Pasal 1 Permohonan untuk menjadi anggota diajukan secara tertulis dengan mengisi formulir yang telah tersedia kepada pengurus. 2. Setia anggota berkewajiban untuk mengernbangkan usaha produktif sesuai dengan potensi yang dimiliki dan bertanggung jawab penuh terhadap pemupukan modal kelompok. 3. 1. pengurus dapat menerima anggota luar biasa berdasarkan kesepakatan anggota. Meninggal dunia. b. 3. motivasi atau kesungguhan untuk berusaha dan kriteria lain sesuai dengan kesepakatan anggota. Kriteria yang dimaksud tersebut antara lain kejujuran. BAB III PENGURUS Pasal 4 Pengurus Gapoktan yang dimaksud dalam Anggaran Dasar BAB VI Pasal 10 adalah berjumlah 3 (tiga) sampai dengan 7 (tujuh) orang sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan anggota.

2. Apabila jumlah pinaman melebihi saldo simpanannya. 4. pelatihan. BAB IV HAK DAN KEWAJIBAN PENGURUS Pasal 5 Pengurus berkewajiban menetapkan rencana kerja operasional sebagai realisasi garis besar rencana kerja Gapoktan yang diamanatkan o!eh musyawarah anggota. 4. 3. Kesepakatan mengenai peinberian modal usaha bagi anggota. e. Kesepakatan mengenai jumlah maksimum simpanan yang dimiliki oleh anggota. Kesepakatan mengenai jumlah maksimum pinjaman yang dapat diberikan kepada anggota. 2. seseorang anggota tidak diperbolehkan memiliki simpanan yang melebihi 30 % (tiga puluh person) dari seluruh jumlah simpanan anggota kelompok. Bentuk-bentuk pendidikan yang diberikan meliputi : a.3. d. Pendidikan dan penyuluhan bagi anggota sesuai dengan jenis usahanya: b. c. Diberhentikan karena melanggar aturan yang disepakati anggota. Dalam hal tidak mencapai mufakat. maka harus memperoleh dukungan dari lebih separoh dari jumlah anggota yang hadir dan memenuhi forum. Seorang anggota luar biasa menjadi pengurus Gapoktan apabila dimufakati oleh seluruh anggota. c. Mengadakan promosi-promosi bagi anggota masyarakat di Iingkungan wilayah kerja maupun di luar wilayah kerja kelompok. lokakarya atau sejenis yang ada kaitannya dengan bidang dan jenis usahanya. d. 1. yang meliputi a. Kebijakan mengenai penerimaan karyawan. f. dengan ketentuan behwa jumlah pinjaman tidak boleh melebihi saldo simpanan anggota yang bersangkutan di kelompok. Meningkatkan kualitas pengetahuan anggota dan pengurus dengan mengikutsertakan pada kursus. Kesepakatan mengenai anggaran belanja kelompok termasuk jasa yang diberikan kepada pengurus. b. Pengurus Gapoktan harus mempertanggung jawabkan segala kebijakan yang telah diambil dalam pengelolaan Gapoktan di hadapan musyawarah anggota. Kebijakan perihal cara permohonan dan penerimaan anggota. BAB V PEMILIHAN PENGURUS GAPOKTAN . Pasal 6 Pendidikan bagi para anggota dan karyawan dilakukan oleh pengurus beKerjasama dengan instansi terkait. Penggantian pengurus sebelum masa jabatannya dilaksanakan melalui rusyawarah luar biasa yang dihadiri Iebih dari separoh anggota kelompok. Pengurus bertindak atas nama dan bertanggung jawab kepada kelompok atas pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang telah disepakati oleh anggota. pengurus diwajibkan agar selalu menempelkan laporan perkembangan keuangan kelompok yang terakhir. 1. maka pinjaman tersebut harus disertai barang jaminan. Mengusahakan bahan-bahan bacaan bagi anggota dan pengurus. d. Dalam Sekretariat Gapoktan.

Sebelum pemilihan pengurus berlangsung. Pasal 7 Pemilihan Gapoktan dilaksanakan melalui musyawarah anggota dengan cara memilih perwakilan dari masing-masing Kelompok Tani (formatur). Ketua. b. surat . berang-barang jaminan. Pemilihan pengurus Gapoktan yang terdiri dari ketua. menjalin hubungan kerjasama dengan pihak ketiga. menyimpan dengan balk semua buku. 2. Tahap pencalonan. c. d. Calon pengurus Gapoktan terpilih harus memenuhi persyaratan yang disepakati oleh musyawarah anggota. 3. b. Bendahara bertugas 1. Menyimpan dan memelihara semua arsip yang lengkap mengenai transaksi keuangan Gapoktan.1. Calon pengurus Gapoktan yang memenuhi persyaratan dapat diajukan Iebih lanjut dalam pemilihan pengurus Gapoktan. sekretaris dan bendahara terpilih diberi kewenangan memiliki seksiseksi oibutuhkan. bon-bon. Memelihara barang bukti keuangan.barang lain yang menjadi milik kelompok. Tahap pemilihan Tahap pencalonan : a. Seseorang dapat dicalonkan sebagai calon pengurus Gapoktan apabila didukung sekurang-kurangnya 5 (lima) orang peserta musyawarah di tingkat Kelompok Tani. Pengurus Gapoktan terpilih disahkan dalam rapat perwakilan anggota. 4. mendokumentasikan dan mencatat hasil-hasil keputusan rapat dan pertemuan. 2. b. Pemilihan pengurus dilaksanakan dengan dua tahap a. Bersama ketua menandatangani surat-surat berharga yang dapat diperjualbelikan dan dipindahtangankan dalam usaha kelompok. 3. Sekretaris : bertugas membantu kedsa dalam menjalankan administrasi Gapoktan. mengkoordinir kegiatan usaha-usaha produktif dari masing-masing divisi dan bertanggung jawab kepada ketua. c. Tahap pemilihan a. 1. BAB VI JABATAN DALAM KEPENGURUSAN GAPOKTAN Pasal 8 Jabatan pengurus harian dibantu oleh masing-masing seksi yang juga dapat dibantu oleh pengelola/manager dengan pembagian tugas sebagai berikut : a. b. serta menjalankan tugas-tugas lain sesuai dengan keputusan pengurus yang tidak bertentangan dengan AD/ART. menandatangani surat-surat berharga dan surat-surat lain yang berkaitan dengan penyelenggaraan keuangan kelompok. c. dan barang . setiap calon diberi kesempa-tan menyampaikan misi dan visi. rapat pengurus. Ketua : menjalankan tugas dalam memimpin pertemuan anggota. mengkoordinasi persiapan pelaksanaan rapat pengurus dan pertemuan anggota. sekretaris dan bendahara dilaksanakan berdasarkan suara terbanyak dalam rapat perwakilan kelompok. menjalarikan tugas lain yang lazim dikerjakan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga atas persetujuan ketua.

BAB VIII PINJAMAN Pasal 10 Besarnya bunga pinjaman ditetapkan dalam pertemuan anggota setiap tatup tahun buku. 2. Jumlah simpanan pokok tersebut adalah jumlah minimum yang harus ada dalam Gapoktan agar anggota dapat mempertahankan status keanggotannya dan dapat diambil sewaktu-waktu apabila berhenti menjadi anggota Gapoktan Pilang Makmur. Manager : bertugas membantu ketua sebagai pelaksana harian dalam merencanakan dan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha produktif dari masing-masing divisi. 3. 1. mengkoordinir kegiatan usaha-usaha produktif dari masing-masing divisi. Besarnya bunga pinjaman dibayarkan menetap sesuai dengan besarnya bunga yang telah disepakati. 4.-. Anggota yang dua tahun berturut-turut tidak menyetor simpanan wajib. 5. Lain-lain : 10% 1.berharga. 2.000. Simpanan wajib yang harus disetor oleh setiap anggota sekurang-kurangnya Rp. seperti : membuat surat perjanjian dan lain-lain yang berkaitan dengan bendahara. Pada prinsipnya besarnya bunga pinjaman tidak boleh melobihi bunga yang ditetapkan Bank Pemerintah saat itu atau maksimal sama der:gan bungs Bank Pemerintah. Secara prinsip. 4. Sisa Hasil Usaha yang dibagi kepada anggota adalah a. Anggota : 30% d. 1. Melakukan tugas lain. Pendidikan : 10% e. atas persetujuan ketua merjalin hubungan kerjasama dengan pihak ketiga. melaporkan secara periodik tentang perkembangan usaha-usaha produktif yang dilaksanakan dari masing-masing divisi. BAB IX SISA HASIL USAHA Pasal 11 Pembagian Sisa Hasil Usaha ditetapkan berdasarkan kesepakatan anggota pada setiap pertemuan tutup tahun buku. dikenai biaya penghapusan 30 % (tiga puluh persen) pertahun sampai simpanannya habis.dapat diambil sewaktu-waktu apabila berhenti menjadi anggota Gapoktan Pilang Makmur Simpanan sukarela dan simpanan khusus akan diatur dalam peraturan khusus yang ditentukan oleh rapat pengurus Gapoktan apabila dianggap perlu. Pernupukan modal kelompok : 30 % b. d. BAB VII SIMPANAN ANGGOTA Pasal 9 Simpanan pokok ditetapkan sebesar Rp. Pengurus harus memberitahukan perihal penghapusan tersebut kepada anggota yang bersangkutan. dan 'barang-barang tanggunan jaminan aman yang ditentukan oleh pengurus. dan bertanggung jawab kepada ketua. 50. Jasa karya pengurus : 20% c.000. .

2. 1. 3. Sisa Hasil Usaha diberikan hanya terhadap simpanan yang telah dibayar penuh selama tahun buku berlangsung. Iayanan sosial clan pendidikan. Usul mengenai perubahan Anggaran Rumah Tangga bisa disampaikan oleh pengurus atau sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) anggota kelompok yang memiliki hak suara. Pertimbangan pemupukan modal kelompok harus menjadi pertimbangan utama dalam menentukan alokasi pembagian Sisa Hasil Usaha. 2. Apabila ada kesalahan dalam ketetapan ini akan diadakan perubahan berdasarkan kesepakatan anggota. Mranggen. Demak Kepala Desa Batursari Teguh Pratomo Lutfi Latif . BAB X PERUBAHAN ANGGARAN RUMAH TANGGA Pasal 12 Perubahan terhadap Anggaran Rumah Tangga ini hanya dapat dilakukan dalam musyawarah anggota yang dihadiri oleh lebih dari separoh anggota dengan didukung oleh sekurang-kurangnya 2/3 (dua per tiga) dari jumlah anggota yang hadir. Ditetapkan di : Mutiara Tani Pada tanggal : 02 Januari 2012 Gapoktan PILANG MAKMUR Ketua Sekretaris Agus Hanif Sulidi Mengetahui PPL Batursari Kec. Pertemuan anggota tahunan sedapat mungkin tidak menentukan Sisa Hasil Usaha yang dibagikan lebih besar daripada yang diusulkan oleh pengurus. Kab. BAB XI PENUTUP Pasal 13 Ketetapan Anggaran Rumah Tangga ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan. Pertemuan anggota pada tutup tahun buku dapat menguusulkan prosentase dari sisa hasil usaha untuk pembiayaan pengurus Gapoktan.

Mahdun POKTAN Parto POKTAN H. Amri Kumaidi .STRUKTUR ORGANISASI GAPOKTAN MUTIARA TANI DESA BATURSARI KEC WONOSALAM KAB DEMAK PERIODE 2009 2014 PELINDUNG Kepala Desa PENGAWAS Lutfi Latif PENASEHAT M. Ali Ridho KETUA GAPOKTAN Agus Khanif BENDAHARA Munawar SEKRETARIS Sulidi KETUA UNIT LKM Siti Muamaroh STAF AUDITN LKM Nina Elivia STAF TEGNO & INFO Yasin STAF HOLTI & TERNAK Sodia POKTAN Ahmadi POKTAN H.

DEMAK POKTAN Tani Rejo Mulyo POKTAN Mekarsari POKTAN Ngupoyo Upo GAPOKTAN MUTIARA TANI POKTAN Sidu Mukti POKTAN Hargo Mulyo POKTAN Nindu Mulyo POKTAN Rejosari .STRUKTUR KOORDINASI KELOMPOK TANI (POKTAN) GAPOKTAN MUTIARA TANI DESA BATURSARI. KEC. WONOSALAM KAB.

Harto : kasturi : Jumanis POKTAN KETUA SEKRETARIS BENDAHARA : Rejosari : Ahmadi : Nuryadi : Rohadi POKTAN KETUA SEKRETARIS BENDAHARA : : : : . Mahdum : Asrodi : Saeroji POKTAN KETUA SEKRETARIS BENDAHARA : Mekar Sari : Hufron : Mustawin : Kasturi POKTAN KETUA SEKRETARIS BENDAHARA : Sido mukti : Kumaidi : Rosman : Sawijan POKTAN KETUA SEKRETARIS BENDAHARA : Hargo Mulyo : H. Amri : Markun : Supardi POKTAN KETUA SEKRETARIS BENDAHARA : Ngudi Mulyo : H.KOORDINASI KELOMPOK TANI (POKTAN) GAPOKTAN MUTIARA TANI PADA TIAP TIAP DUKUH DESA BATURSARI POKTAN KETUA SEKRETARIS BENDAHARA : Rejo Mulyo : H.

URAIAN TUGAS PENGURUS GAPOKTAN MUTIARA TANI DESA BATURSARI KEC. DEMAK KATUA GAPOKTAN a. Menyusun laporan kegiatan bulanan dan tahunan. Mmenyelenggarakan administrasi non keuangan yang diperlukan e. Mengelola dana pinjaman PUAP b. d. Melaksanakan surat menyurat dan kearsipan d. Mengelola keuangan gapoktan b. . Membuat undangan rapat c. MRANGGEN KAB. Membuat laporan Bulanan perkembangan Dana PUAP. SEKRETARIS GAPOKTAN a. Membuat laporan keuarigan gapoktan UNIT LKM a. BENDAHARA GAPOKTAN a. Memimpin Rapat Anggota dan Rapat pengurus c. Menandatangani surat menyurat. Membuat dan memelihara notulen rapat anggota dan rapat pengurus b. Mewakili kepentingan gabungan baik secara intern rnaupun ekstern. Memimpin seluruh kegiatan Gapoktan & pelaksanaan seluruh fungsi-fungsi rienejemen b.

1.000. Non Budidaya (Of farm) 2. 6. 2. 3. No.2.000 2. Raya Bandung Rejo Satuan Volume Usaha Produktif (Ha. dll) Nilai (Rp.2.000 GAPOKTAN BATURSARI KETUA Agus Khanif . 1. Peternakan 1. Industri Rumah tangga pertanian 2.RENCANA USAHA BERSAMA (RUB) PUAP 2012 1. 4. Nomor Rekening Nama Bank Alamat Budidaya (On Farm) 1. Holtikultura 1.3.000. 7.3.1.) 5.4.55 25. Perkebunan 23. Nama Gapoktan Alamat Tanggal Pengukuhan / Pendirian Gapoktan Pengurus Gapoktan Ketua Sekretaris Bendahara : MUTIARA TANI : Batursari : : Agus Khanif : Sulidi : Munawar : : Bank BRI Unit Bandungrejo : Jl. Usaha lain berbasis pertanian Total 25. Ek. Pemasaran hasil Pertanian (Bakulan) 2. Tanaman Pangan 1.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 Nama Usaha Produktif Tanaman Pangan Tanaman Pangan Tanaman Pangan Tanaman Pangan Tanaman Pangan Tanaman Pangan Tanaman Pangan Tanaman Pangan Tanaman Pangan Tanaman Pangan Tanaman Pangan Kode Usaha Vol Satuan (Ha. Ek.) Jumlah (Rp. dll) Nilai (Rp.S.RENCANA USAHA KELOMPOK NAMA POKTAN NAMA GAPOKTAN DESA KECAMATAN KABUPATEN : PAMEKAR BUDI : MUTIARA TANI : BATURSARI : MRANGGEN : DEMAK No.P JASERI .) TTD Total Pilangrejo. 03 November 2011 PPL Ketua POKTAN Indira Christi N.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 Nama Alamat Total (Rp) Pilangrejo.REKAP CALON PEMINJAM PUAP POKTAN MUTIARA TANI DESA BATURSARI Jenis Usaha No. 03 November 2011 Ketua POKTAN JASERIN .

RENCANA USAHA ANGGOTA Nama Anggota Nama Poktan Jumlah Pengajuan Masa Angsuran Kegunaan Data Ekonomi Luas Lahan Jenis Usaha Pendapatan Kotor Biaya 1. Sisa Pendapatan : Rp.. Menyetujui Komete Pembiayaan . 3. . .. Telpon / Air : Rp. : Rp. Angsuran : Rp. Rencana Besar Angsuran Layak / Tidak layak untuk dibiayai sebesar Rp.. . Biaya Bibit Tenaga Kerja Pupuk Obat Obatan . .. : Rp. 4. : Rp. 5. Makan / Minum : Rp.. .. . Biaya Sekolah : Rp. 2. 6. : Rp. : Rp. Total Biaya Pendapatan Bersih Pendapatan Lain : : : : : : : : : Rp. Biaya Hidup 1. . : Rp.. . Listrik : Rp. . 5.. Dengan masa angsuran Batursari. . bulan. 2. 4. Petugas LKM Ketua Poktan Ketua Gapoktan ( ) ( ) ( ) .. .. : Rp.. : Rp. : Rp. 3.

LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS GAPOKTAN MUTIARA TANI PENGAJUAN PEMBIAYAAN Nama Anggota : . Modal Angsuran : . Yang Mengajukan Menyetujui Suami / Istri Mengetahui Ketua Poktan .) ( . Nama Poktan : . ( . Dengan ini mengajukan pembiayaan Sebesar : . No. Batursari. Keperluan : . Jaminan : BPKB / Sertifikat / tabungan / Penjamin / Penjamin orang : . KTP : .) ( . Masa Angsuran : ..) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful