keadaan dimana individu-individu dalam rumah tangga (keluarga) masyarakat Indonesia telah melaksanakan perilaku hidup bersih

dan sehat

Apa itu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat?

POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT

1.

PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat, PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang Gizi: makan beraneka ragam makanan, minum Tablet Tambah Darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A. Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan. Setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan.

PHBS di Rumah Tangga

2.

Oleh: Tya, Nisa, Nesya, Nurul IKM 425-B Puskesmas Weru Sukoharjo Universitas Sebelas Maret

3.

PHBS atau pola hidup bersih sehat adalah

Macam PHBS

PHBS di Sekolah

Mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun. PHBS di Tempat Ibadah Menggunakan air bersih. PHBS di Rumah Makan Menggunakan air bersih. Membuang sampah pada tempatnya. Tidak merokok di pasar. PHBS di Pasar Menggunakan air bersih.         d. Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai jenis pekerjaan 2. Tidak ada sampah yang berserakan dan lingkungan sekolah yang bersih dan serasi d. a. Memberantas jentik nyamuk.a. Membuang sampah pada tempatnya. Menggunakan jamban. Stasiun Kereta Api. Menggunakan jamban. 8. 7.     b. Memberantas jentik nyamuk. Tidak merokok. Tersedia air bersih atau air keran yang mengalir di setiap kelas c. Tidak meludah sembarangan. Siswa menjadi anggota dana sehat (JPKM) f. Membuang sampah pada tempatnya. Menggunakan jamban.         . Siswa ada yang menjadi dokter kecil atau promosi kesehatan sekolah (minimal 10 orang) PHBS di Tempat Kerja 1. Siswa tidak merokok h. 6. Melakukan olahraga secara teratur/aktivitas fisik 4. Menggunakan jamban saat buang air kecil dan besar. Tersedia jamban yang bersih dan sesuai dengan jumlah siswa b.        c. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum makan dan sesudah buang air besar dan buang air kecil 5. Pelabuhan. Tidak meludah sembarangan. Siswa pada umumnya (60 %) kukunya pendek dan bersih g. Tidak merokok di tempat kerja Membeli dan mengkonsumsi makanan dari tempat kerja. Ketersediaan UKS yang berfungsi dengan baik e. Tidak meludah sembarangan. Membuang sampah pada tempatnya. dll) Menggunakan air bersih. Menutup makanan dan minuman. PHBS di Terminal (Teminal Bus. Membuang sampah pada tempatnya. Memberantas jentik nyamuk. Menggunakan jamban. Memberantas jentik nyamuk di tempat kerja. Bandar Udara. Menggunakan air bersih. Tidak meludah sembarangan. Tidak merokok di rumah makan. Memberantas jentik nyamuk. 3. Tidak merokok di tempat ibadah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful