P. 1
Softskill - Fitur Pada Antar Muka Telematika

Softskill - Fitur Pada Antar Muka Telematika

|Views: 443|Likes:
Published by maskukuy

More info:

Published by: maskukuy on Jan 06, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/24/2012

pdf

text

original

ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI JAVA dan JSR

PENGANTAR TELEMATIKA JAVA DAN JSR
MUHAMAMMAD KHAFID 12108161 MOCHAMMAD ADITYA 11108252 RICKYANSYAH AR 12108275 RIO SETIAWAN 11108697

JAVA dan JSR

ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI JAVA dan JSR

JAVA
‡ Java adalah suatu istilah yang merujuk pada sekumpulan program ± program dari Sun Microsystem yang memungkinkan seseorang untuk membangun dan menjalankan program yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Platform ini tidak tergantung dengan prosessor dan sistem operasi tertentu. Untuk bekerja, ia membutuhkan mesin eksekusi yang disebut virtual machine dan compiler dengan standar pustaka tertentu.
JAVA dan JSR

ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI JAVA dan JSR

VERSI JAVA
‡ Semenjak diluncurkannya JDK(Java Development Kit) 1.0 pada tanggal 26 januari 1996, Java telah melalui berbagai tahap perbaikan.Sejak J2SE 1.4 pengembangan java diatur oleh JCP( Java Community Process) yang menggunakan JSR (Java Specification Request) untuk megajuakan dan menjelaskan penambahan dan perubahan pada platform java.Versiversi yang telah diluncurkan oleh sun microsystem sejak JDK 1.0 hingga sekarang adalah :

JAVA dan JSR

ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI JAVA dan JSR

‡ JDK 1.1 JDK 1.1 dikeluarkan pada 19 februari 1997.Penambahan dilakukan pada extensive retooling pada AWT event model, inner class, JavaBeans dan JDBC. ‡ J2SE 1.2 J2SE 1.2 dikeluarkan pada 8 Desember 1998, dengan kode playground. Versi ini hingga versi J2SE 5 dikenal dengan nama Java 2 dengan nama versi ³J2SE´ (Java 2 Platform, Standard Edition) menggantikan JDK untuk membedakan platform dasar dari J2EE (Java 2 Platform, Enterprise Edition) dan J2ME (Java 2 Platform, Micro Edition). Penambahan yang dilakukan pada versi ini adalah reflection framework dan collections framework. Java IDL (untuk interperabilitas dengan COBRA), integrasi Swing graphical API ke kelas-kelas inti. Disamping it, juga diluncurkan Java Plug-In dan JVM dilengkapi dengan JIT compiler untuk pertama kalinya.
JAVA dan JSR

ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI JAVA dan JSR

‡ J2SE 1.3 J2SE 1.3 dikeluarkan pada Mei 2000, dengan kode Kestrel. Perubahan dan penambahan yang dilakukan antara lain pada HotSpot JVM, JavaSound, JNDI (Java Naming and Directory Interface) dan JPDA (Java Platform Debugger Arcitecture). ‡ J2SE 1.4 J2SE 1.4 diluncurkan pada 6 Februari 2002, dengan kode Merlin. Merupakan versi Java pertama yng diluncurkan dibawah pengembangan JSR 59. Perubahan yang dilakikan antara lain ekspresi-ekspresi reguler yang dimodelkan setelah Perl, exception chaining, prosessor yang telah terintegrasi dengan XML parsed dan XSLT, yaitu JAXP, dan Java Web Start.
JAVA dan JSR

ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI JAVA dan JSR

JSR
‡ JSRs (Java Specification Request¶s) adalah kumpulan dokumen formal yang terdapat didalam JCP (Java Community Process) yang menggambarkan spesifikasi dan teknologi yang diusulkan oleh orang-orang yang terlibat dalam JCP untuk melakukan penambahan fitur-fitur yang terdapat pada platform JAVA (Mobile) tersebut. Analisa kami bertujuan untuk agar Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Teknologi Java Specification Request¶s (JSRs). ‡ JCP didirikan pada tahun 1998, merupakan suatu proses formal yang memungkinkan pihak-pihak yang tertarik untuk terlibat dalam mengembangkan versi dan fitur dari platform JAVA tersebut.

JAVA dan JSR

ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI JAVA dan JSR

SALAH SATU APLIKASI JSR
‡ Didalam menggunakan JVM(Java Virtual Machine) melibatkan JSR. Ada sekitar 300-an JSR yang telah dikembangkan. Khusus untuk ponsel memang tidak sebanyak itu, namun cukup banyak sehingga bisa memunculkan diferensiasi diantara ponsel java itu sendiri. JSR secara khusus akan memperbolehkan serangkaian proses berjalan di mesin virtual. Beberapa JSR memiliki kode yang berkaitan dengan fungsinya. Semisal JSR 184 untuk tampilan game 3D pada J2ME. JSR 179 API Location dapat menghasilkan informasi posisi seperti halnya perangkat penentu posisi lainnya, yaitu Global Positioning System (GPS). Informasi posisi yang dihasilkan dapat diolah untuk mekanisme layanan menemukan stasiun pengisian bahan bakar terdekat, restoran terdekat, memantau anak, dan masih banyak lagi. Aplikasi sosial networking beberapa sudah memanfaatkan penentuan posisi.
JAVA dan JSR

‡

ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI JAVA dan JSR

‡ JSR 179 API Location dapat menghasilkan informasi posisi seperti halnya perangkat penentu posisi lainnya, yaitu Global Positioning System (GPS). Informasi posisi yang dihasilkan dapat diolah untuk mekanisme layanan menemukan stasiun pengisian bahan bakar terdekat, restoran terdekat, memantau anak, dan masih banyak lagi. Aplikasi sosial networking beberapa sudah memanfaatkan penentuan posisi. ‡ API location (JSR 179) dalam J2ME masuk ke optional package javax.microeditin.location yang memiliki kemampuan untuk menenghasilkan informasi posisi sebuah peralatan. API Location menghasilkan informasi informasi lokasi secara fisik yang dapat digunakan untuk landmark yang dapat disimpan.

JAVA dan JSR

ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI JAVA dan JSR

KELEBIHAN & KEKURANGAN
Kelebihan : ‡ Membantu untuk membuat penambahan fiturfitur yang terdapat pada platform JAVA. Kekurangan : ‡ Terlalu banyak versi, sehingga membuat perbedaan terhadap ponsel yang berbasis JAVA.

JAVA dan JSR

ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI JAVA dan JSR

KESIMPULAN
‡ Pemanfaatan JAVA dan JSR terhadap dapat membangun aplikasi yang dapat memberikan informasi posisi yang dapat dipasangkan pada perangkat mobil seperti telepon seluler atau PDA. Aplikasi yang akan dibangun harus diperhitungkan tingkat akurasinya.
JAVA dan JSR

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->