14Feb2010 Filed under: Pengantar Manajemen Author: kesaa

1. Pengertian dari Manajemen. Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno: ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Frederick Winslow Taylor membuat sebuah pedoman yang jelas tentang cara meningkatkan efesiensi produksi. Pedoman tersebut adalah: 1. Kembangkanlah suatu ilmu bagi tiap-tiap unsur pekerjaan seseorang, yang akan menggantikan metode lama yang bersifat untung-untungan. 2. Secara ilmiah, pilihlah dan kemudian latihlah, ajarilah, atau kembangkanlah pekerja tersebut. 3. Bekerja samalah secara sungguh-sungguh dengan para pekerja untuk menjamin bahwa semua pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip ilmu yang telah dikembangkan tadi. 4. Bagilah pekerjaan dan tanggung jawab secara hampir merata antara manajemen dan para pekerja. Manajemen mengambil alih semua pekerjaan yang lebih sesuai baginya daripada bagi para pekerja. 2. Fungsi Manajemen Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi empat, yaitu: 1. Perencanaan (planning) memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.

dan markets. siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut. 3. machines. Man Dalam manajemen. karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebuah metode daat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran.2. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik. . Oleh karena itu uang merupakan alat yang penting untuk mencapai tujuan. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Material terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja. Saran Manajemen syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan dikenal dengan 6M. alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi. Perlu diingat meskipun metode baik. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan. Pengarahan (directing) suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha. materials. fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu. Dengan demikian. bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan. yaitu men. siapa yang harus mengerjakannya. serta uang dan kegiatan usaha. faktor manusia adalah yang paling menentukan. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. sedangkan orang yang melaksanakannya tidak mengerti atau tidak mempunyai pengalaman maka hasilnya tidak akan memuaskan. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki. 3. money. method. manajemen timbul karena adanya orang-orang yang berkerja sama untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja. pada tingkatan mana keputusan harus diambil. Machine atau Mesin digunakan untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja. Money atau Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja. peranan utama dalam manajemen tetap manusianya sendiri. Sebab materi dan manusia tidaki dapat dipisahkan. Metode tata cara kerja yang memperlancar jalannya pekerjaan manajer.

. Oleh sebab itu. Apabila hal demikian telah terpenuhi. haruslah mempunyai suatu sistem yang mengelola pengetahuan-pengetahuan yang dimiliki oleh setiap individu yang bekerja pada perusahaan tersebut. Menajemen yang tidak bisa menjalankan peran sesuai tuntutan perusahaan dapat membawa kegagalan. Sumber informasi dan pengetahuan tersebut berasal dari pengetahuan yang telah dimiliki perusahaan tersebut secara internal. Setiap perusahaan memiliki manajemen yang memegang berbagai peranan penting yang menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan untuk diwujudkan bersama. Peran Interpersonal Yaitu hubungan antara manajer dengan orang yang ada di sekelilingnya. Artinya. Leader / Pemimpin Menjadi pemimpin yag memberi motivasi para karyawan / bawahan serta mengatasi permasalahan yang muncul. 4. Peran Manajemen Sebuah perusahaan yang baik dan mantap. Ada banyak peran yang harus dimainkan / diperankan para manajer secara seimbang sehingga diperlukan orang-orang yang tepat untuk menjalankan peran-peran tersebut. Sistem manajemen pengetahuan juga mencakup jaringan distribusi serta prosedur penyaluran informasi/pengetahuan tersebut kepada setiap individu di dalam perusahaan tersebut baik yang sedang maupun yang akan memerlukannya sehingga pengetahuan yang telah dipelajari dapat digunakan lagi dan lagi (reuseable/guna ulang). meliputi : Figurehead / Pemimpin Simbol Sebagai simbol dalam acara-acara perusahaan. proses kerja tidak akan berlangsung. Memasarkan produk sudah barang tentu sangat penting sebab bila barang yang diproduksi tidak laku. Manajemen yang baik haruslah berperan sesuai dengan situasi dan kondisi pada perusahaan atau organisasi.Market atau pasar tempat di mana organisasi menyebarluaskan (memasarkan) produknya. maka proses produksi barang akan berhenti. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen. maka dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut memiliki sistem manajemen pengetahuan yang baik. yang kemudian dikembangkan dan dihubungkan dengan sumber-sumber eksternal lainnya seperti dari pemerintah dan dunia industri. penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Berikut ini adalah Peranan Manajemen yang harus diperankan para Manajer : 1. Liaison / Penghubung Menjadi penghubung dengan pihak internal maupun eksternal. Sebuah sistem manajemen pengetahuan yang baik akan meliputi suatu sistem penyimpanan (repository) informasi dan pengetahuan.

mengikuti.org/wiki/Manajemen & http://organisasi. 3. Entrepreneur / Kewirausahaan Membuat ide dan kreasi yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kinerja unit kerja. Resource Allicator / Pengalokasi Sumber Daya Menentukan siapa yang menerima sumber daya serta besar sumber dayanya.2. Disseminator / Penyebar Menyebar informasi yang didapat kepada para orang-orang dalam organisasi. mengumpulkan dan merekam kejadian atau peristiwa yang terjadi baik didapat secara langsung maupun tidak langsung. Negotiator / Negosiator Melakukan negosiasi dengan pihak dalam dan luar untuk kepentingan unit kerja atau perusahaan. (data ini di ambil dari : http://id. meliputi : Monitor / Pemantau Mengawasi. Peran Informasi peran dalam mengatur informasi yang dimiliki baik yang berasal dari dalam maupun luar organisasi. meliputi .org/macam-jenis-peranan-manajemen-peran-manajer-dalam-organisasiperusahaan-ekonomi-manajemen) .wikipedia. Peran Pengambil Keputusan peran dalam membuat keputusan baik yang ditentukan sendiri maupun yang dihasilkan bersama pihak lain. memantau. Spokeperson / Juru Bicara Mewakili unit yang dipimpinnya kepada pihak luar. Disturbance Handler / Penyelesai Permasalahan Mencari jalan keluar dan solusi terbaik dari setiap persoalan yang timbul.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful