AD-ART MASJID AL MU TAMAR CILINCING JAKARTA UTARA MASJID AL MU TAMAR Sekretariat : Jl. Kalibaru Timur Rt.

007/03 Kelurahan Kalibaru Kecamatan Cilincing Jakarta Utara Kode Pos 14110 Telp. 021-44836841

ANGGARAN DASAR ( AD ) DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA ( ART ) PENGURUS MASJID AL MU TAMAR

ANGGARAN DASAR ( AD ) BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 Dalam AD-ART ini yang dimaksud dengan : 1. Anggaran Dasar atau yang selanjutnya disingkat AD adalah segala ketentuan yang bersifat umum dan berlaku sebagai pedoman dalam menjalankan tugas bagi pengurus Masjid Al Mu tamar; 2. Anggaran Rumah Tangga atau yang selanjutnya disingkat ART adalah segala ketentuan yang bersifat khusus dan berlaku sebagai pedoman dalam menjalankan tugas bagi pengurus Masjid Al Mu tamar; 3. Masjid Al Mu tamar adalah masjid yang berlokasi di Jl. Kalibaru Timur Rt. 007/03 Kelurahan Kalibaru Kecamatan Cilincing Jakarta Utara ; 4. Pengurus Masjid adalah merupakan sekelompok orang yang telah diberikan mandat dan atau kepercayaan untuk mengurusi segala kepentingan yang berkaitan dengan kegiatan Masjid Al Mu tamar;

BAB II KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI

Pasal 2

Sekretaris I Sekretaris II V. Mengelola kekayaan dan aset yang dimiliki Masjid Al Mu tamar . Melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan di Masjid Al Mu tamar. Pasal 3 1. Ketua Umum IV. Menjaga keamanan dan ketertibaan Masjid Al Mu tamar. Mengupayakan kemakmuran Masjid Al Mu tamar. Pelindung Penasehat III. e. 2. Pengurus Masjid Al Mu tamar mempunyai tugas sebagai penyelenggaraan urusan kemasjidan sesuai bidang dan seksi masing-masing. d. Bidang-Bidang : 1. Menjaga kebersihan. II. Melaporkan hasil kegiatan Masjid Al Mu tamar kepada jama ah dan atau pihak yang memerlukan. b. g. BAB III ORGANISASI Pasal 4 1) Format susunan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Al Mu tamar terdiri dari : I.Pengurus Masjid Al Mu tamar berkedudukan sebagai unsur penyelenggara yang bertanggung jawab terhadap segala kegiatan dan atau kepentingan Masjid Al Mu tamar. c. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada pasal 3 (tiga) ayat (1) Pengurus Masjid Al Mu tamar mempunyai fungsi : a. Bidang Idaroh . Bendahara I Bendahara II VI. Mengelola ketata usahaan dan keuangan Masjid Al Mu tamar . Menyusun rencana dan program kegiatan Masjid Al Mu tamar. h. f. Melaksanakan program kegiatan sebagaimana yang telah direncanakan. keindahan dan kesucian Masjid Al Mu tamar. i.

Zakat. Jariyah & Shodaqoh). Bidang Imaroh (Peribadatan) a. Seksi Perpustakaan e. Bidang Ri ayah a. Infaq . Seksi Keamanan 2) Pelindung kepengurusan Masjid Al Mu tamar adalah Pengurus Wilayah RW 03 Kalibaru Cilincing. Tokoh Agama Islam di wilayah RW 03 Kalibaru Cilincing. 4) Susunan kepengurusan Masjid Al Mu tamar sebagaimana disebut pada pasal 4 ayat (1) tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari AD-ART ini. Seksi Ibadah (Sholat Jama ah. Rowatib. Seksi Organisasi & Pengkaderan b. b. b. ANGGARAN RUMAH TANGGA ( ART ) BAB I TUGAS POKOK DAN FUNGSI Bagian Kesatu Pelindung Pasal 1 Pelindung adalah unsur pimpinan Pemerintah wilayah RW 03 Kalibaru Cilincing yang mempunyai kewenangan sebagai pimpinan wilayah. . Seksi Usaha Kesehatan Masjid c. Seksi Kesra (Wakaf. 3) Penasehat kepengurusan Masjid Al Mu tamar terdiri : a. Muadzin). Seksi Sarana & Prasarana d. Seksi PHBI 3. Seksi Da wah d. Seksi Kewanitaan 2. Seksi Remaja Masjid d.a. b. Seksi Humas c. Khotib Masjid Al Mu tamar. Seksi Pendidikan Keagamaan & Umum c.

Rowatib. Muadzin). yang membawahi Bidang 1 (satu) yaitu Bidang Idaroh yang didalamnya mencakup beberapa urusan atau seksi meliputi : a. Seksi Ibadah ( Sholat Jama ah. Seksi Organisasi & Pengkaderan b. yang membawahi Bidang 2 (dua) yaitu Bidang Imaroh ( Peribadatan ) yang didalamnya mencakup beberapa urusan atau seksi meliputi : a. d. Ketua II dan Ketua III Pasal 4 (1) Ketua I sebagai pimpinan yang berkedudukan dibawah Ketua Umum bertugas membantu Ketua Umum dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana dimaksud pada Pasal 3 Anggaran Dasar ( AD ) Masjid Hidayaturrohman Suwawal Timur. c. (2) Seksi Humas Seksi Remaja Masjid Seksi Perpustakaan Seksi Kewanitaan Ketua II sebagai pimpinan yang berkedudukan dibawah Ketua Umum bertugas membantu Ketua Umum dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana dimaksud pada Pasal 3 Anggaran Dasar ( AD ) Masjid Hidayaturrohman Suwawal Timur. Seksi Pendidikan Keagamaan & Umum c. e. Bagian Keempat Ketua I . Seksi Da wah . b.Bagian Kedua Penasehat Pasal 2 Penasehat yang terdiri dari tokoh agama di wilayah RW 03 dan para Khotib Masjid Al Mu tamar mempunyai tugas dan tanggung jawab memberi nasehat kepada pengurus masjid yang belum dan atau tidak menjalankan tugas sebagai mana mestinya yang berakibat menghambat kegiatan Masjid Al Mu tamar . Bagian Ketiga Ketua Umum Pasal 3 Ketua Umum sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam kepengurusan Masjid Al Mu tamar mempunyai tugas dan fungsi sebagai penanggung jawab terhadap segala kegiatan kemasjidan maupun pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pengurus masjid sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) dan ayat (2) Anggaran Dasar ( AD ) Masjid Al Mu tamar.

Seksi Kesra ( Wakaf. Bagian Kelima Sekretaris Pasal 6 (1) Sekretaris adalah unsur pengurus yang bertugas sebagai tenaga administrasi yang mempunyai tugas melaksanakan administrasi umum dan tata usaha meliputi . Zakat. e. Ketua II maupun Ketua III sebagaimana dimaksud pada ayat (1). Inventarisasi barang kekayaan masjid . Melaksanakan tugas-tugas keadministrasian lainnya sesuai kebutuhan . (2) Dalam menjalankan tugas Sekretaris dibantu oleh seorang wakil sekretaris atau yang disebut dengan Sekretaris II . Infaq . Ketua II dan Ketua III mempunyai fungsi : a. Sebagai perencana dan pelaksana kegiatan bersama seksi-seksi terkait sesuai urusan atau seksi yang menjadi tanggung jawabnya dengan senantiasa berkoordinasi dengan Ketua Umum dan Seksi terkait lainnya sesuai kebutuhan . ayat (2) dan ayat (3) Anggaran Rumah Tangga (ART) Masjid Hidayaturrohman bertanggung jawab kepada Ketua Umum . b. Mengumpulkan bahan dan menyusun laporan pertanggung jawaban akhir masa jabatan . b. Seksi Kesehatan Masjid Seksi Sarana & Prasarana d. yang membawahi Bidang 3 yaitu Bidang Ri ayah yang didalamnya mencakup beberapa urusan atau seksi meliputi : a.. (3) Seksi PHBI Ketua III sebagai pimpinan yang berkedudukan dibawah Ketua Umum bertugas membantu Ketua Umum dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana dimaksud pada Pasal 3 Anggaran Dasar ( AD ) Masjid Hidayaturrohman Suwawal Timur. Mengatur persiapan dan penyelenggaraan rapat-rapat . Jariyah & Shodaqoh ). Bagian Keenam . b. Seksi Keamanan Pasal 5 Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada pasal 4 ayat (1). c. a. Dalam melaksanakan tugasnya Ketua I. Ketua I . (3) Dalam menjalankan tugas Sekretaris bertanggung jawab kepada Ketua Umum. Melakukan urusan tata usaha kemasjidan . ayat (2) dan ayat (3) Anggaran Rumah Tangga (ART) Masjid Hidayaturrohman .d. c. d.

Bersama Ketua I. 2. meliputi : a. merencanakan dan melaksanakan program kegiatan keorganisasian dan pengkaderan.Bendahara Pasal 7 (1) Bendahara adalah unsur staf keuangan yang bertugas sebagai tenaga administrasi keuangan yang mempunyai tugas melaksanakan administrasi keuangan masjid . baik melaui media pengumuman tertulis maupun lisan secara berkala sesuai keperluan . b. Membuat laporan pertanggung jawaban keuangan pada akhir masa jabatan pengurus yang akan disampaikan oleh Ketua Umum pada kesempatan Laporan Pertanggung Jawaban dan Reorganisasi pengurus. mempunyai tugas sebagai berikut : a. bertugas : . Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dalam rangka membantu secara umum segala sesuatu yang menyangkut kepentingan humas . Melaksanakan rekrutmen kepada warga masyarakat dalam rangka untuk mempersiapkan kader kepengurusan yang akan datang. 3. Membantu mendidtribusikan surat menyurat yang menyangkut kepentingan masjid Hidayaturrohman . (3) Dalam hal pengeluaran keuangan lainnya berdasarkan keputusan hasil musyawarah pengurus. Seksi Humas. (2) Dalam hal pengeluaran keuangan yang bersifat rutin dan pengeluaran yang bersifat insidentil cukup mendapatkan pengesahan Ketua. Seksi Organisasi & Pengkaderan. 2. c. (4) Dalam menjalankan tugas Bendahara bertanggung jawab kepada Ketua Umum. Bagian Ketujuh Seksi-Seksi Pasal 8 (1) Seksi-seksi dalam bidang Idaroh sebagaimana dimaksud pada pasal 4 ayat (1) Anggaran Dasar (AD) Masjid Al Mu tamar. Membuat laporan kondisi keuangan masjid. Mengadakan evaluasi kinerja pengurus dalam rangka mengoptimalkan kinerja pengurus. bertugas : 1. c. b. Mencatat dan mengelola semua penerimaan dan pengeluaran keuangan masjid . Seksi Remaja Masjid . bertugas : 1.

3. Pasal 9 (1) Seksi-seksi dalam bidang Imaroh sebagaimana dimaksud pada pasal 4 ayat (2) Anggaran Dasar (AD) Masjid Hidayaturrohman Suwawal Timur. 2. 2. Melaksanakan kegiatan kegiatan yang diselenggarakan oleh dan untuk wanita di dalam lingkungan masjid Hidayaturrohman . e. Mengadakan kegiatan dalam rangka menumbuh masyarakat . Bersama Ketua I .1. Mengkoordinir dan memantau kinerja muadzin baik menyangkut keaktifan maupun ketepatan waktu dalam melaksanakan tugas azdan. merencanakan dan melaksanakan program kegiatan kewanitaan di masjid Hidayaturrohman . dalam menjalankan tugasnya bertanggung jawab kepada Ketua I. merencanakan dan melaksanakan program kegiatan yang menyangkut urusan ibadah sholat baik sholat jama ah maupun sholat rowatib serta urusan muadzin . merencanakan dan melaksanakan program kegiatan Perpustakaan Masjid . 2. . mempunyai tugas sebagai berikut : a. 1. 3. Muadzin) . Rowatib. Seksi Perpustakaan. Seksi Ibadah ( Sholat Jama ah. Seksi Kewanitaan. a. Mengadakan kegiatan dalam rangka menggali potensi dan bakat generasi muda . Bersama Ketua I. Membantu dalam pengadaan maupun pendistribusian konsumsi pada setiap kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan masjid Hidayaturrohman . Bersama Ketua II. Seksi Pendidikan Keagamaan & Umum. bertugas : kembangkan minat baca Bersama Ketua II. Bersama Ketua I. bertugas : 1. (2) Seksi . bertugas : 1. merencanakan dan melaksanakan program kegiatan Remaja Masjid .seksi dalam bidang Idaroh sebagaimana dimaksud pada 4 ayat (1) Anggaran Dasar (AD) Masjid Hidayaturrohman Suwawal Timur. d. merencanakan dan melaksanakan program kegiatan yang menyangkut urusan pendidikan keagamaan maupun pendidikan umum . 2. Mengadakan evaluasi terhadap perkembangan kegiatan sholat jama ah maupun rowatib baik sholat wajib 5 (lima) waktu maupun sholat sunnat lainnya serta melakukan upaya-upaya dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid. bertugas : 1.

2. 4. bertugas : . dalam menjalankan tugasnya bertanggung jawab kepada Ketua II. b. c. Infaq . bertugas : 1. tersebut diatas mempunyai tugas sebagai berikut : a.2. bertugas : Bersama Ketua III. Jariyah & Shodaqoh ) . infaq dan shodaqoh . Jariyah dan shodaqoh . Seksi Sarana & Prasarana . Mengadakan kegiatan pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah . bertugas : 1. Mengadakan kegiatan pengumpulan . Seksi Kesra ( Wakaf. Menyediakan fasilitas kesehatan bagi masyaraakat . Mengadakan evaluasi terhadap perkembangan kegiatan pendidikan agama mupun pendidikan umum untuk senantiasa diadakan peningkatan . Merencanakan dan melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam . bertugas : 1. c. Seksi Da wah . pengelolaan dan pendistribusian zakat mal. 5. 2. Menjaga kebersihan dan kesucian masjid . (2) Seksi-seksi dalam bidang Imaroh sebagaimana dimaksud pada pasal 4 ayat (2) Anggaran Dasar (AD) Masjid Hidayaturrohman Suwawal Timur. Seksi Kesehatan Masjid . merencanakan dan melaksanakan program kegiatan yang menyangkut urusan da wah . Bersama Ketua II. Menerima dan mengelola Infaq dan Shodaqoh dan Jariyah. 3. sesuai kebutuhan dan jira diperlukan. Bersama Ketua III. 3. Pasal 10 (1) Seksi-seksi dalam bidang Ri ayah sebagaimana dimaksud pada pasal 4 ayat (3) Anggaran Dasar (AD) Masjid Hidayaturrohman Suwawal Timur. merencanakan dan melaksanakan program kegiatan yang menyangkut urusan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) . Bersama Ketua II. Membentuk Panitia dan atau Badan untuk mengelola zakat. Zakat. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan pendidikan agama yaitu pengajian rutin para santri maupun pengajian umum serta pendidikan umum yang bermanfaat bagi generasi muda maupun jama ah secara umum. merencanakan dan melaksanakan program kegiatan yang menyangkut urusan Kesehatan atau Usaha Kesehatan Masjid . merencanakan dan melaksanakan program kegiatan yang menyangkut urusan Kesra meliputi kegiatan Zakat. Infaq . 1. 2. Seksi PHBI . b. 3. 2. Meningkatkan aktifitas da wah Islamiah dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa serta ibadah kepada Allah SWT.

4. (2) Seksi-seksi dalam bidang Ria ayah sebagaimana dimaksud pada pasal 4 ayat (3) Anggaran Dasar (AD) Masjid Hidayaturrohman Suwawal Timur. Pasal 11 Dalam melaksanakan tugasnya Ketua dan Seksi-seksi wajib menerapkan prinsip-prinsip koordinasi. Menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk keprluan aktifitas dalam lingkungan masjid . bertugas : 1. 2. Setelah habis masa jabatan pengurus masjid Hidayaturrohman wajib menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban akhir masa jabatan (2). Merencanakan dan melaksanakan pembangunan gedung maupun fasilitas lainnya yang diperlukan. demokrasi. integrasi dan sinkronisasi sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. 3. BAB II MASA JABATAN Pasal 12 Masa jabatan pengurus masjid Hidayaturrohman Desa Suwawal Timur adalah selama 3 (tiga ) tahun. 2. BAB III LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN DAN REORGANISASI Pasal 13 (1). Merencanakan dan melaksanakan perawatan sarana dan prasarana masjid. Seksi Keamanan . d. merencanakan dan melaksanakan program kegiatan yang menyangkut urusan Keamanan masjid . Bersama Ketua III. merencanakan dan melaksanakan program kegiatan yang menyangkut urusan Sarana dan Prasarana masjid . Menjaga keamanan dan ketertiban masjid secara umum .1. . dalam menjalankan tugasnya bertanggung jawab kepada Ketua III. Laporan pertanggung jawaban akhir masa jabatan diselenggarakan pada akhir masa jabatan kepengurusan kepada jama ah melalui rapat pleno . Bersama Ketua III.

Sekretaris dan Annggota. Ketua mempunyai kewenangan untuk mengadakan pergantian melalui rapat pleno pengurus . (5). BAB IV KETENTUAN LAIN Pasal 14 (1) Dalam hal terjadi salah satu pengurus baik secara sengaja atau tidak sengaja telah tidak aktif sebagai pengurus. maka untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut. (4). . Pengurus lama dapat dipilih kembali sebagai pengurus baru untuk periode berikutnya. Setelah laporan pertanggung jawaban sebagaimana dimaksud pada pasal 13 ayat (1) dan ayat (2) tersebut diatas dianggap telah cukup dan dapat diterima oleh peserta rapat maka kepengurusan lama dinyatakan domisiomer dan kemudian untuk diadakan reorganisasi. Dalam hal reorganisasi untuk pemilihan calon pengurus baru.(3). dibentuk Panitia atau Tim yang terdiri dari Ketua.

c. . adalah rapat yang diselenggarakan oleh pengurus khusus seksi tertentu untuk membahas program dan kegiatan seksi . d. b. Jenis rapat-rapat yang dapat diselenggarakan oleh pengurus masjid Hidayaturrohman meliputi : a. Rapat Seksi sebagaimana dimaksud pada Pasal 16 ayat (1) huruf d tersebut diatas. (2) Panitia atau Tim Penyelenggara diangkat oleh Ketua Umum berdasarkan hasil musyawarah pengurus melalui rapat pengurus . e. adalah rapat yang diselenggarakan oleh pengurus yang dihadiri sejumlah pengurus tertentu sesuai keperluan . BAB VI RAPAT . (3). (3) Dalam menjalankan tugas Panitia atau Tim Penyelenggara bertanggung jawab kepada Ketua Umum melalui Ketua Bidang terkait. (4) Panitia atau Tim Penyelenggara diangkat dan diberhentikan sesuai dengan keperluan dan atau berhenti secara otomatis setelah tugas yang dilaksanakan selesai. Rapat Pleno sebagaimana dimaksud pada Pasal 16 ayat (1) huruf a tersebut diatas. Rapat Pleno pengurus sebagaimana dimaksud pada Pasal 16 ayat (1) huruf b tersebut diatas. Rapat pengurus sebagaimana dimaksud pada Pasal 16 ayat (1) huruf c tersebut diatas.BAB V KEPANITIAAN ATAU TIM PENYELENGGARA Pasal 15 (1) Dalam menjalankan tugas dan kegiatan yang bersifat insidental pengurus dapat mengangkat Kepanitiaan atau Tim Penyelenggara. Rapat Pleno Rapat Pleno Pengurus Rapat Pengurus Rapat Seksi Rapat Panitia Rapat Luar Biasa (2). adalah rapat yang diselenggarakan oleh pengurus yang dihadiri minimal separo lebih satu dari jumlah pengurus yang masih aktif . adalah rapat yang diselenggarakan oleh pengurus yang dihadiri minimal separo lebih satu dari jumlah pengurus yang masih aktif .RAPAT Pasal 16 (1). ditambah beberapa jama ah sesuai keperluan. (5). (4). f.

Rapat Panitia sebagaimana dimaksud pada Pasal 16 ayat (1) huruf e tersebut diatas.(6). adalah rapat yang diselenggarakan oleh panitia kegiatan tertentu yang dilaksanakan baik oleh internal panitia maupun oleh panitia bersama pengurus terkait. . Rapat Luar Biasa sebagaimana dimaksud pada Pasal 16 ayat (1) huruf f tersebut diatas. (7). untuk membahas pembentukan pengurus baru. adalah rapat yang diselenggarakan oleh jama ah dikarenakan oleh sesuatu hal sehingga fungsi kepengurusan masjid sudah tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya dan menghawatirkan terhadap kelangsungan kegiatan ibadah maupun kegiatan kemaslakhatan lainnya di masjid Hidayaturrohman.

Pasal 18 AD-ART ini berlaku sejak tanggal ditetapkan. H. Ketua Yayasan Ditetapkan di Jakarta. MUARIFIN. 01 Desember 2008 Ketua DKM Al Mu¶tamar Drs.hal yang belum diatur dalam AD-ART ini sepanjang mengenahi pelaksanaannya akan diatur lebih lanjut.BAB VII KETENTUAN PENUTUP Pasal 17 Hal . QOMARUDDIN . Mengetahui. MM H.