Sejarah Singkat Transportasi Udara Pemanfaatn burung merpati sebagai sarana transportasi informasi antar wilayah, bahkan antar

benua, cukup untuk mengatasi kebutuhan kecepatan pergerakan informasi namun terbatas pada kapasitas angkut barang. Belajar dari kemampuan alamiah tersebut, perkembangan teknologi otomotif, elektronik, mekanika di dalam usaha perwujudan suatu bentu teknologi yang cepat dan nyaman memindahkan penumpang dan barang dalam jumlah yang lebih banyak ke tempat yang jauh. Pesawat terbang, helikopter, hidrofoil dan jenis – jenis angkutan udara lainnya merupakan bukti hasil kerja keras manusia, bahkan kini manusia mencapai luar angkasa. Teknologi pergerakan dalam hal ini berkembang yang awalnya dari motor bakar, turbin, jet hingga roket. Perkembangan teknologi transportasi itu sendiri mendapat dukungan besar dari bidang teknologi lainnyaseperti informatika, elektronika, mekanika dan kesemuanya terlihat semakin sedikit penggunaan tenaga penggerak alamiah, tetapi hampir setiap teknologi, penggunaan automatisasi telah diterapkan secara merata. Jadi dalam perkembangan ini, manusia menjadi operator, supervisor dalam usaha produktivitas barang, suatu indikasi yang menjukkan keberhasilan perkembangan teknologi tersebut. Hasil pengembangan teknologi informasi tersebut antara lain disebutkan dalam contoh – contoh berikut : Dulu kereta api menggunakan batu bara, kini telah menggunakan diesel dan elektrik, perahu yang memakai dayung sekarang memakai turbin, dulu sepeda yang memakai tenaga manusia untuk mengayuh pedal, kini tinggal tarik gas. Dari penjelasan perkembangan sarana transportasi diatas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa perkembangan hanya terjadi di satu jalur, maksudnya untuk transportasi darat, perkembangannya hanya mengarah ke darat juga akhirnya. Tidak sampai dari transportasi darat mampu menerobos jarak yang terbentang ke transportasi air ataupun udara. Namun di masa dengan semakin canggihnya ilmu pengetahuan di bidang informatika, otomotif, elektronika dan mekanika manusia telah berhasil menciptakan sarana transportasi darat yang juga mampu hidup atau digunakan di dalam atau diatas air. Jadi, transportasi darat berguna juga sebagai transportasi air, begitu juga dengan sebailknya. Contohnya adalah Hovercraft (Air ke Darat), sQuba (Darat ke Air).

Hovercraft Hovercraft adalah suatu kendaraan yang berjalan diatas bantalan udara (air cushion). Bantalan udara tersebut ditimbulkan dengan cara meniupkan udara ke ruang bawah hovercraft (plenum chamber) melalui skir (sekat yang lentur) sehingga tekanan udara didalam plenum chamber lebih tinggi daripada tekanan udara luar sehingga timbul gaya angkat. Untuk menggerakkan hovercraft, digunakan gaya dorong yang diperoleh dari propeller seperti pada pesawat udara. Gambar 1 berikut, menunjukkan prinsip kerja hovercraft. Gaya angkat hovercraft bekerja pada penampang yang luas, sehingga tekanan terhadap tanah atau air (ground pressure) yang ditimbulkan tidak besar. Dengan demikian kendaraan ini dapat berjalan diatas lumpur, air maupun daratan dengan membawa beban yang cukup berat. Karena tidak adanya kontak

langsung antara hovercraft dan daratan (air), maka hambatan yang terjadi kecil sehingga hovercraft dapat melaju dengan kecepatan tinggi.

sQuba sQuba adalah mobil listrik pertama yang dapat berjalan bahkan menyelam di dalam air (sampai kedalaman 10 meter). Mobil sport ini pertama kali dipamerkan di Geneva Motor Show (March 6th – 16th, 2008). Sang pembuat, Frank M. Rinderknecht (52), Boss Rinspeed, memang terkenal atas keahliannya dalam kreasi otomotif. Dia terinsiprasi film James Bond “The Spy Who Loved Me” akan mobil yang bisa berjalan di darat maupun di air. Baginya, mobil ini seperti mimpi yang menjadi nyata. Mobil ini terdiri dari 3 bagian mesin yaitu mesin untuk menjalankan mobil di darat dan 2 mesin untuk menjalankan mobil di air. Di dalam mobil ini juga telah disediakan oksigen untuk keperluan anda bila harus menyelam.

AirCar Disamping kedua terobosan di atas dimana transportasi darat mampu digunakan di air, saat ini juga telah ditemukan salah satu transportasi darat yang bisa terbang. Jadi mempunyai 2 fungsi yang pertama sebagai kendaraan di darat dan kedua sebagai kendaraan di udara. Akan enak jika di darat kena macet, Anda bisa terbang . Salah satu contohnya adalah AirCar yaitu mobil terbang buatan Milner Motors. Mobil itu bisa dikendarai di jalan. Ketika jalan macet saat jam sibuk, mobil tersebut dapat diubah menjadi pesawat. James Milner, sang perancang sekaligus pemilik Milner Motors, mendesain mobil itu bersama sang putra, Chris Milner. AirCar punya empat kursi, empat pintu, dan empat roda seperti halnya mobil. Tapi, di bagian moncong ada sayap pendek. Bagian belakang dilengkapi sayap “raksasa”. Dalam beberapa detik, sayap yang panjang itu bisa dilipat dan berbentuk kotak menutupi dua baling-baling di belakang. Mobil terbang dengan berat sekitar 3.000 pounds (sekitar 1.500 kg atau 1,5 ton) itu punya kemampuan jelajah 1.000 mil (sekitar 1.609 km). Sopir (atau pilot) menggunakan kemudi tradisional, seperti pada mobil. Disamping itu ada juga pesawat yang bisa berjalan di atas air. Dengan perkembangan teknologi di dunia mesin,elektronika , mekanika dan informatika saat ini dan mendatang, maka suatu saat nanti tidak mentutup kemungkinan akan adanya satu kendaraan yang mampu hidup di 3 alam tersebut (air, darat dan udara) seperti di film – film kartun, James Bond. Ya mungkin meskipun performanya tidak sesempurna kendaraan yang hanya dikhususkan di satu dunia, namun dengan adanya kendaraan tersebut kita bisa menerjang atau melewati berbagai medan. Karena apapun pasti mempunyai kelemahan dan kelebihan. Untuk kelemahan di transportasi yang menjadi satu ini mungkin ada fitur – fitur dari transportasi yang dikhususkan di dunianya tidak terdapat disini. -7.338006 112.690159

Share this :
• • • • • • •

StumbleUpon Digg Print Reddit Facebook Twitter Email LinkedIn


Sejarah
Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910. Sedangkan untuk pesawat yang lebih ringan dari udara sudah terbang jauh sebelumnya. Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782, kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik di New Jersey 1936 yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia II. Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon.Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.

Kategori dan klasifikasi

[sunting] Lebih berat dari udara

Kirby Chambliss menggunakan Zivko Edge 540, Zivko Aeronautics dalam Red Bull Air Race World Championship Perth, 2006

Pesawat terbang yang lebih berat dari udara disebut aerodin, yang masuk dalam kategori ini adalah autogiro, helikopter, girokopter dan pesawat bersayap tetap. Pesawat bersayap tetap umumnya menggunakan mesin pembakaran dalam yang berupa mesin piston (dengan balingbaling) atau mesin turbin (jet atau turboprop) untuk menghasilkan dorongan yang menggerakkan pesawat, lalu pergerakan udara di sayap menghasilkan gaya dorong ke atas, yang membuat pesawat ini bisa terbang. Sebagai pengecualian, pesawat bersayap tetap juga ada yang tidak menggunakan mesin, misalnya glider, yang hanya menggunakan gaya gravitasi dan arus udara panas. Helikopter dan autogiro menggunakan mesin dan sayap berputar untuk menghasilkan gaya dorong ke atas, dan helikopter juga menggunakan mesin untuk menghasilkan dorongan ke depan.

[sunting] Lebih ringan dari udara

Sebuah balon udara.

Pesawat terbang yang lebih ringan dari udara disebut aerostat, yang masuk dalam kategori ini adalah balon dan kapal udara. Aerostat menggunakan gaya apung untuk terbang di udara, seperti yang digunakan kapal laut untuk mengapung di atas air. Pesawat terbang ini umumnya menggunakan gas seperti helium, hidrogen, atau udara panas untuk menghasilkan gaya apung

tersebut. Perbedaaan balon udara dengan kapal udara adalah balon udara lebih mengikuti arus angin, sedangkan kapal udara memiliki sistem propulsi untuk dorongan ke depan dan sistem kendali.

Album Pesawat tak berawak

IAI Heron on display at the Paris Air Show 2009

Controlling the UAV for experimental purposes at the Fallon Naval Air Station

Aerosonde "Laima" in display at Museum of Flight, Seattle, WA.

MQ-1 Predator, with inert Hellfire missiles, on display at the 2006 Edwards Open House

Iraq. 2005 • RQ-4 Global Hawk USAF video • A maintenance crew prepares a Global Hawk for a test at Beale Air Force Base • globalhawk .• UAV Operators at Balad Camp Anaconda. April 20.

[sunting] Album Pesawat Angkasa satelit robotik tak berawak • X-37 • X-37 [sunting] Album Pesawat Supersonik • Tu-144 • Concorde .

jpg A Yakovlev Yak-41 at the Russian Air Museum in Monino • Vertical landing .• Sr-71 [sunting] Album Pesawat vertikal lepas landas dan mendarat VTOL • Mirage III V • Yakovlev Yak-141 @ Central Air Force Museum.

• Yak-38 Forger .• F35A • F-35B • X-35 video with transition to VTOL configuration. vertical hover and landing. in-flight re-fuelling. take off in STOVL configuration. hover.

Dalam perkembangan selanjutnya perusahaan penerbangan tersebut dinasionalisasikan oleh pemerintah. sebuah perusahaan penerbangan “The Royal Air Transportation Company” diberi konsesi untuk mendirikan “Koninklijke Nederlands Indische Luchtvaart Maatschappij” (KNILM) yang diberi hak monopoli untuk melakukan angkutan udara di Indonesia. dalam tulisannya Sistem Penyelenggaraan Angkutan Udara di Indonesia. pesawat tersebut tidak mungkin kembali ke Indonesia. Untuk angkutan udara dalam negeri East Indies (Indonesia). Perusahaan penerbangan tersebut didirikan dengan modal gabungan antara pemerintah Republik Indonesia dengan KLM.• Yak-38 Lift Engines ERKEMBANGAN INDUSTRI PENERBANGAN DI INDONESIA Sebelum Kemerdekaan Perkembangan transportasi udara di Indonesia tidak terlepas dari sejarah transportasi udara Belanda yang pada waktu itu menjajah Indonesia. namun armada perlu lebih ditingkatkan lagi. N. pesawat tersebut kembali ke Indonesia. Kegiatan operasi penerbangan di Birma sepenuhnya merupakan penerbangan niaga dengan konsesi penerbangan carter. G. Penerbangan inilah yang merupakan angkutan udara komersial pertama yang dilakukan oleh bangsa Indonesia. pada tahun 1950 didirikan perusahaan penerbangan dengan nama Garuda Indonesia Airways N. Transtel Indonesia. Marsono SH. Sesudah Kemerdekaan Pada tahun 1947. terdapat pula penerbangan haji untuk menunjang kebebasan beragama. Seksi Angkutan Udara Republik Indonesia yang dikepalai oleh A. pemerintah membuka kesempatan bagi penerbangan umum untuk melayani kebutuhan angkutan udara perusahaan bersangkutan. lahirlah perusahaan-perusahaan penerbangan nasional. dimana penerbangan tersebut digunakan untuk mengangkut surat-surat dan kartu natal. Penerbangan tersebut mendarat di Cililitan. Martono SH. Selanjutnya. Transtel Indonesia 1996:32). (K. Thomassen. Direktorat penerbangan Sipil. Penerbangan komersial pertama dilakukan oleh KLM yang kembali ke Netherlands pada tanggal 23 Juli 1927. mengirim R 1001 “Seulawah” ke Calcutta. India. Soehoed. V. Di samping penerbangan reguler tersebut. LLM. KNILM didirikan pada tanggal 15 Februari 1928. maka pesawat udara tersebut diterbangkan ke Birma untuk dioperasikan di sana. 1996 : 33). Belanda mengadakan penerbangan pertama ke Indonesia pada tanggal 1 Oktober 1924 yang dilakukan oleh kapten penerbang A. negara di Eropa (termasuk Belanda) berlomba-lomba menghubungkan daerah jajahan mereka dengan negerinya. transmigrasi . Sesudah Perang Dunia I. Walaupun permintaan transportasi udara telah terpenuhi. Setelah Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia. LLM. pemerintah Indonesia pada tahun 1962 mendirikan pula sebuah perusahaan penerbangan bernama PN (sekarang PT) Merpati Nusantara Airlines yang ditugaskan terutama untuk melakukan penerbangan dalam negeri (lokal). baik penerbangan berjadwal maupun tidak berjadwal.. Perusahaan ini (KLM) mempunyai tugas untuk menghubungkan Netherlands dan East Indies (Indonesia) sebagai angkutan udara internasional. Sesuai dengan kebijaksanaan multi airlines system (sistem banyak perusahaan penerbangan) sejak tahun 1971. Karena keadaan perang pada waktu itu. Dalam rangka untuk menghubungkan negerinya dengan daerah jajahannya tersebut (K. yang sekarang bernama Halim Perdana Kusuma Internasional Airport pada tanggal 24 November 1924 dengan menggunakan pesawat uadara jenis Fokker 7b. Disamping Garuda Indonesia Airways. Pengiriman tersebut dimaksudkan untuk menambah tanki bensin agar dapat melakukan penerbangan lebih jauh. Oleh karena itu.R.

Dengan demikian. maka frekuensi penerbangan ditambah menjadi lebih dari tiga kali sehari atau lebih dari lima kali sehari apabila pada waktu libur. Rute penerbangan merupakan satu hal yang vital bagi perusahaan penerbangan. Jalur atau rute penerbangan di Indonesia terdiri dari jalur penerbangan dalam negeri (domestik). Dua buah perusahaan berjadwal adalah milik pemerintah (Garuda Indonesia Airways dan Merpati Nusantara Airlines). sedangkan sisanya milik perusahaan penerbangan nasional. beberapa jalur penerbangan perintis yang telah berkembang dijadikan bagian dari jaringan penerbangan dalam negeri. seperti antara Jakarta-Surabaya. yaitu pesawat terbang yang berdinas atau melakukan perjalanan pulang-pergi. 228 kota kabupaten dan 246 kota kecamatan. Penerbangan antara kota-kota yang lalu lintas penumpangnya padat dapat dilakukan dengan penerbangan shuttle. Dengan kepadatan jumlah penumpang pada jalur-jalur tertentu seperti tersebut di atas. Beberapa jalur penerbangan perintis yang telah berkembang dijadikan bagian dari jaringan penerbangan dalam negeri. pada prinsipnya pihak swasta diberi kesempatan untuk lebih banyak dalam penyediaan kapasitas angkutan udara. Jadwal yang sesuai dengan kebutuhan penumpang merupakan salah satu hal yang penting. Jakarta-Semarang. dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. penerbangan perintis untuk membuka daerah terisolir dan penerbangan individu maupun olahraga untuk mengembangkan kesadaran udara. yaitu jalur penerbangan dalam negeri terus ditambah dari 115 rute pada tahun 1974 menjadi 240 rute pada akhir tahun 1992. Pada saat ini terdapat tidak kurang dari dua puluh sembilan perusahaan penerbangan nasional yang diberi konsesi penerbangan berjadwal. KM. perusahaan dituntut untuk melakukan penanganan yang lebih serius dalam penentuan rute yang harus dilaluinya dengan jenis pesawat yang akan dipergunakan dalam melayani rute tersebut. dan kemampuan bandara. jaringan penerbangan dalam negeri terus ditambah. Untuk itu perusahaan penerbangan harus dapat mengatur penerbangan hingga dapat memberikan kepuasan kepada penumpang. 126 tahun 1990 tentang rute penerbangan. Sesuai dengan kebijaksanaan yang diambil Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Dimana pada rute penerbangan Rute Jakarta-Palembang. dan Jakarta-Palembang. Perkembangan Rute Penerbangan Sebagaimana ditetapkan pada Keputusan Menteri Perhubungan No. seperti rute penerbangan Rute JakartaPalembang. serta bayangan resesi. karena dari segi pengoperasian rute penerbangan inilah didapat revenue perusahaan. . kepemilikan atau penguasaan pesawat subsidi silang. Penerbangan antara kota-kota lain yang lalu lintas penumpangnya padat dilakukan dengan penerbangan shuttle. pembagian rute penerbangan bagi perusahaan angkutan udara berjadwal ditetapkan oleh pemerintah. Jakarta-Medan.untuk membantu program nasional penyebaran penduduk. Jalur penerbangan dalam negeri yang dilayani perusahaan penerbangan berjadwal menghubungkan semua kota-kota besar di seluruh Indonesia. yang menghubungkan 27 ibukota propinsi. Sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 126 tahun 1990 tentang rute penerbangan bagi perusahaan angkutan udara berjadwal ditetapkan oleh pemerintah. menambah tingkat persaingan untuk bekerja dengan lebih efisien lagi. Dasar pertimbangan pembagian rute penerbangan antara lain status atau sifat perusahaan. pangkalan induk (home base). keseimbangan supply dan demand. kenaikan harga minyak. dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Pada pasar jasa penerbangan di Indonesia. yaitu berupa kesempatan yang lebih besar untuk melakukan perjalanan sesuai dengan waktu yang diperlukan yang dapat memberikan keuntungan maksimum kepada perusahaan penerbangan tersebut. jalur penerbangan perintis dan jalur penerbangan luar negeri. Dengan adanya deregulasi di bidang penerbangan. Sebagai dasar bagi mereka untuk melakukan pemilihan pemakaian penerbangan. jumlah penumpangnya terus meningkat sehingga frekuensi penerbangan ditambah menjadi lima kali dalam satu hari. Sejalan dengan meningkatnya keperluan akan jasa transportasi udara. dewasa ini menghadapi persaingan yang semakin ketat. Setiap perusahaan penerbangan berjadwal melayani jalur penerbangan yang berbeda dari jalur penerbangan perusahaan penerbangan berjadwal lain. Sejalan dengan meningkatnya keperluan akan jasa transportasi udara.

(Dari berbagai sumber) Sayap X atau X-wing adalah tipe pesawat tempur baru yang mempunyai pola teknologi berbeda dengan teknologi pesawat terbang bersayap tetap maupun helikopter. seperti Irian Jaya. jenis empat kursi pengembangan dari R22. Helikopter adalah sebuah pesawat yang mengangkat dan terdorong oleh satu atau lebih rotor (propeller) horizontal besar. NTT. cari Perusahaan Robinson Helicopter (AS) R44. Helikopter diklasifikasikan sebagai pesawat sayap-berputar untuk membedakannya dari pesawat sayap-tetap biasa lainnya. Artikel ini adalah sebuah rintisan. Helikopter Dari Wikipedia bahasa Indonesia. dapat menaikkan pesawat secara vertikal dan berputar seperti rotor helikopter. Kata helikopter berasal dari bahasa . Merpati Nusantara memiliki frekuensi dan kemampuan penerbangan lebih besar dibandingkan dengan perusahaan penerbangan swasta yang tidak berjadwal.Jalur penerbangan perintis yang dilayani oleh perusahaan penerbangan milik pemerintah (BUMN) seperti PT. Jalur penerbangan perintis dibuka dibeberapa daerah yang semula terisolasi. dan sudah lebih dari delapan puluh lokasi dicakup dalam jaringan penerbangan perintis. NTB dan pantai barat Sumatera. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. dalam posisi terkunci sayap bersilangan dengan tubuh pesawat dan berfungsi seperti sayap tetap seperti pada pesawat terbang biasa. Sayap pesawat ini berbentuk huruf X. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya. sebab penerbangan antar daerah sudah dilayani penerbangan berjadwal. Penerbangan perintis antar daerah hampir tidak ada. Kalimantan. Maluku. Garuda Indonesia dan PT.

Pada helikopter. helikopter dapat terbang ke lokasi mana pun. Tetapi . Perbedaan tekanan udara ini yang menyebabkan sayap pesawat terangkat ke atas. Teorinya sebenarnya cukup sederhana namun prakteknya rumit. Terbatas dalam fasilitas penambahan bahan bakar dan beban/ketinggian. Dibandingkan dengan pesawat sayap-tetap lainnya. pada helikopter ada dua gaya besar yang saling memberi pengaruh. Helikopter yang dijalankan oleh mesin diciptakan oleh penemu Slovakia Jan Bahyl. baling-baling rotor harus diarahkan pada posisi tertentu sehingga dapat membentuk sudut datang yang besar. Kuncinya ada pada dua kekuatan besar yang bekerja terpadu. Udara yang mengalir di permukaan sayap bagian bawah menekan permukaan sayap yang relatif datar itu ikut menekan ke atas menimbulkan gaya angkat dan menyebabkan pesawat terangkat ke atas. dipergunakan untuk mengangkat badan pesawat ke atas.Yunani helix (spiral) dan pteron (sayap). Pada pesawat bersayap tetap Kekuatan pertama dihasilkan oleh aliran udara di permukaan sayapnya yang membentuk sudut datang tertentu dengan flap yakni sayap kecil di belakang sayap yang posisinya ditegakkan. namun ketika diputar. kalau luas sayap pesawat 1000 kaki persegi maka gaya angkat yang dihasilkan akan mencapai 10 ton. [sunting] Airfoil Pada dasarnya. dan lepas landas dan mendarat secara vertikal. Ketika aliran udara yang dihasilkan oleh mesin mengalir ke belakang dan melalui sayap utama maka aliran udara itu terpecah. Kekuatan besar lainnya adalah gaya dorong yang dihasilkan aliran udara yang ada di permukaan sayap bagian atas yang bentuknya relatif lengkung. helikopter mampu terbang di tempat. Aliran udara yang bergerak ke depan baling-baling menekan baling-baling sehingga bilah baling-baling terdorong balik ke belakang menghasilkan suatu gaya angkat kecil. relatif lebih kecil dibanding dengan tekanan udara di permukaan sayap bagian bawah yang justru alirannya kurang deras. Landasan helikopter disebut helipad. curvanya relatif sama dengan sayap pesawat. dan darat di mana pun dengan lapangan sebesar rotor dan setengah diameter. Tetapi tekanan udara yang mengalir deras di atas permukaan sayap atas. helikopter lebih kompleks dan lebih mahal untuk dibeli dan dioperasikan. memiliki jarak jelajah dekat dan muatan yang terbatas. Sedangkan keuntungannya adalah gerakannya. Sehingga aliran udara mengalir deras ke belakang bisa diarahkan balik ke atas. Aliran udara yang mengalir di atas permukaan sayap bagian atas lebih deras dari aliran udara yang menerpa di permukaan sayap bagian bawah.5 ounce per inci persegi dapat menghasilkan gaya angkat 20 pound per kaki persegi ( 1 kaki = 20 cm). lumayan lambat. Paling kurang 15 persen dari seluruh gaya yang dihasilkan. Aliran udara tersebut sedemikian deras sehingga mampu mengangkat benda seberat belasan ton. menghasilkan gaya angkat dan daya dorong yang besar. Untuk mendapatkan gaya angkat. Bisa dihitung. Prinsip kerja Helikopter Helikopter bisa terbang karena gaya angkat yang dihasilkan oleh aliran udara yang dihasilkan dari bilah-bilah baling-baling rotornya. Prinsipnya sama dengan pesawat bersayap tetap. Baling-baling itu yang mengalirkan aliran udara dari atas ke bawah. fungsi sayap digantikan oleh baling-baling yang setiap baling-balingnya meski berukuran lebih kecil dari sayap pesawat biasa. Untuk membayangkan seberapa besar gaya angkat itu. prinsip dasar terbang dari pesawat bersayap tetap (fixed wing) dengan helikopter yang dikenal juga pesawat bersayap putar pada dasarnya tetap. secara teori menyebutkan bahwa perbedaan tekanan udara sebesar 2. mundur.

Kelebihan pesawat bersayap tetap. Beberapa helikopter yang digunakan dalam perang. Soal menerbangkannya. dan AS-330 Puma atau AS-335 Super Puma. namun dalam keadaan berputar cepat. Selin menggunakan tail rotor. [sunting] Tail rotor Begitu pula halnya dengan konfigurasi rotor. meski bilah-bilah baling-baling itu hanya beberapa lembar. masih ada beberapa desai yang lain. tekanan udara yang besar di antara baling-baling otomatis akan mengembang ke seluruh permukaan yang bertekanan lebih rendah. itu persoalan mengatur kemudi guling pada sayap dan stabilizer tegak dan datar yang ada pada ekornya. Tetapi pada Helikopter tidaklah demikian. ia akan membentuk suatu permukaan yang rata dan udara yang menekannya ke atas menimbukan tekanan besar yang akhirnya menghasilkan gaya angkat yang besar pula. maka perbedaan fungsional antara pesawat tetap dengan helikopter menjadi samar. bukan hanya sekedar bisa berputar lalu terbang dan mengambang. Bell-205 atau UH-1 Huey. terpisah satu sama lain . Pesawat bersayap tetap juga ada yang mampu terbang-mendarat secara vertikal (Vertical Take-off Landing/VTOL). Sebab setap baling-baling diputar akan selalu menimbulkan tenaga putaran yang disebut dengan istilah umum torque. Kedua rotor tersebut yang bersama-sama berukuran besar masing-masing ditempatkan di depan dan di belakang badan helikopter. Maksudnya untuk saling meniadakan efek putaran yang ditimbulkan satu sama lain. seperti Mi-26 Hind misalnya dilengkapi dengan sayap kecil yang disebut canard. maka perlu dipasang antitorque. tetapi mentransformasikannya dalam sebuah teknologi sungguh pekerjaan yang sangat rumit. fungsi pertamanya untuk meringankan beban rotor utama dan yang kedua untuk meningkatkan laju kecepatan dan memperpanjang jangkauan jelajah. berarti terjadi keseimbangan berat antara udara yang dipindahkan dari atas ke bawah dengan bobot helikopternya. Ketika bilah-bilah baling-baling rotornya menghasilkan gaya angkat rotornya sendiri sendiri bekerja memindahkan udara di atasnya ke bawah sebanyak banyaknya. rudal dan lain-lainnya. intermesh dalam bahasa populernya. Cara lain adalah dengan konfigurasi egg-beater. Keduanya simetris namun memiliki putaran yang berlawanan arah . atau NBO-105. menyebabkan baling-baling terdorong ke atas dan helikopter pun terangkat. Misalnya yang menggunakan sistem tandem seperti yang digunakan pada helikopter Boeing CH-47 Chinook atau CH-46 Sea Knight. Antitorque ini dapat berupa tail rotor atau rotor ekor yang dipasang pada ekor pesawat yang juga berfungsi sebagai rudder. Contonya. Begitu sederhana cara kerjanya. Untuk mengoperasikan helikopter itu ada alat kemudi yang biasa disebutcollective pitch dan cyclic pitch masing-masing berfungsi sebagai pengatur gaya angkat dan pendorong helikopter untuk melaju ke depan. Kedua baling-baling yang sama besarnya itu diletakkan dalam satu poros. AH-64 APACHE atau Mi-24 HIND. Dan bila helikopter itu terangkat. Harrier dari jenis Sea Harrier atau AV-8 Harrier. Konfigurasi ini dapat dilihat pada helikopter umumnya seperti Bell412. Disaat itu berat udara yang dipindahkan mengurangi berat helikopter sehingga helikopter itu terangkat. Prinsip ini sama dengan fungsi propeler pada pesawat bermesin turboprop dan sama pula dengan "kitiran" mainan anak-anak itu. Yang perlu diingat. Untuk menghilangkan atau menangkal tenaga putar yang bisa menyebabkan badan helikopter itu berputar.ketika ketika aliran udara bergerak cepat melewati bagian atas dan bawah bilah-bilah balingbaling. Konfigurasi rancang bangun seperti ini digunakan pada helikopter Ka-25 Kamov buatan Rusia atau Kaman HH-43 Husky. Fungsi lain adalah sebagai gantungan senjata. Dengan menambahkan sayap pendek ini. terutama soal terbangnya karena pesawat berjenis ini memiliki platform yang lebar sehingga relatif lebih stabil saat melakukan penerbangan.

Helikopter ini desebut NOTAR (No Tail Rotor) ini memiliki sistem yang sedikit berbeda dengan sistem yang ada dimana memanfaatkan semburan gas panas dari mesin utama yang disalurkan melalui tabung ekor. Hal ini disebabkan karena masalah menghadapi rotor helikopter saat meluncurkan kursi lontar sekaligus umumnya helikopter terbang lebih rendah sehingga lebih rentan. Sebenarnya pengembangan rotor aktif ini masih diliputi kegamangan. kemudian kedua sisi atas kaca kokpit membuka dan roket penarik aktif yang menarik pilot dan kirsinya keluar dari badan heli. perjalanan helikopter menjadi bentuk yang dikenal pada saat ini memakan kurun waktu yang cukup panjang. Keduanya berputar berlawanan arah. Langkah kerjanya adalah ketika kursi lontar diaktifkan. Jepang. Upaya ini tidak memperoleh catatan baik sebagai helikopter pertama yang terbang bebas. Contoh helikopter ini adalah TW-68 yang dirancang oleh Ishida Corporation. Heli ini terbang di Douai. Contoh helikopter ini adalah V-22 Osprey. Walaupun demikian. Meski dirasa rumit. Rancangan ini disebut-sebut sebut sebagai memiliki rancangan yang lebih ringkas dibandingkan dengan rotor aktif hanya sayangnya keberlanjutannya tidak begitu terdengar. tahun 1907. Akhirnya konsep ini disebut dengan konsep hybrid. ada pula konsep sayap aktif. Selain konsep rotor aktif. helikopter ini membuktikan keberhasilan teori terbang vertikal yang saat itu masih dianggap sebagai teori.dimana yang satu diletakkan diatas rotor lainnya. Perancis pada 29 September 1907. Prinsip kerjanya secara teknis bila rotor utama diarahkan ke atas maka gerakan vertikal yang dilakukan helikoter dapat dilakukan sedangkan saat rotor diarahkan ke depan atau ke belakang (sebagai pursher atau pendorong) maka karakter terbang seperti pesawat tetap dapat diperoleh. Namun demikian pada helikopter Rusia. juga melibatkan perkembangan teknologi dan juga para penemu serta pengembang helikoter. [sunting] Kursi Lontar pada Helikopter Dibandingkan pada pesawat biasa khususnya pesawat tempur. Dalam perjalanannya. sekaligus memiliki ekor pesawat yang berkonfigurasi dengan pesawat bersayap tetap biasa. masalahnya adalah sistem tadi bisa saja disebut pesawat bersayap tetap karena memiliki sayap yang berlumayan besar. [sunting] Rotor Aktif atau Tilt Rotor dan Sayap Aktif atau Tilt Wing Tinggal landas dan mendarat ala helikopter tetapi berkarakter terbang macam pesawat bersayap tetap merupakan konsep yang dianut oleh helikopter jenis ini. dibuat juga konfigurasi tanpa rotor ekor. Gerakan rotor seperti ini tidak perlu melibatkan sayap. Ini merupakan mesin pertama yang bisa terbang dengan sendirinya membawa seorang pilot secara . Selain ketiga cara diatas. Cara paling mudah adalah menggabungkan konsep kerja pesawat helikopter dengan pesawat bersayap tetap dalam satu wujud. maka rotor diledakkan dan lepas dari kedudukannya. Helikopter pertama yang menerbangkan manusia adalah Helikopter Breguet-Richet. Helikopter masa depan akan dilengkapi dengan kursi lontar [sunting] Penemuan Helikopter Sebenarnya. Kamov Ka-50 Hokum yang menggunakan kursi lontar yang dirancang khusus seperti Zvesda K-37-800. dimana yang digerakkan bukanlah rotor seperti pada rotor aktif melainkan sayap pesawatnya. Contohnya adalah helikopter MD-902 Explorer. Maksudnya untuk menghilangkan efek putaran atau torque. Helikopter ini masih memperoleh bantuan dari empat orang yang memegangi keempat kakinya. pesawat helikopter umumnya tidak dilengkapi dengan kursi lontar. Sementara mesin tetap pada kedudukannya.

Sebuah pesawat luar angkasa yang dilengkapi dengan teknologi warp dapat terbang pada kecepatan yang lebih tinggi daripada kecepatan cahaya. [sunting] Bagan Warp Ini adalah daftar dari kecepatan Warp: 1. Apabila teknologi-teknologi lainnya bekerja dengan memindahkan objek dari satu titik ke titik lainnya. Warp 8: 1.1 triliun km/h 10. Walaupun kalah cepat. Full Impulse: 270 juta km/h 2. infinite improbability drive). Penerbangan berlangsung 20 detik hingga ketinggian 0. Pada waktu lain ia terbang hingga ketinggian 3427 meter dan rekor kecepatan 122 km/jam. Sementara helikopter yang sukses terbang pertama dilakukan oleh jenis Fock Wulf FW-61 berotor ganda yang didesain oleh Professor Heinrich Focke pada tahun 1933-1934. Helikopter ini melakukan terbang perdananya pada 26 Juni 1936 dan ditenagai oleh mesin Siemens-Halske Sh 14A bertenaga 160 hp. Warp banyak digunakan dalam film-film fiksi ilmiah. warp bekerja dengan membentuk gelembung disekeliling pesawat. Warp 6: 421 miliar km/h 8.3 Meter. warp adalah satu-satunya teknologi FTL yang memungkinkan pesawat bersangkutan tetap dapat berkomunikasi. Autogiro terbang pertama pada 9 Januari 1923. Perancis pada 13 November 1907. Heli ini diterbangkan oleh Ewald Rohlfs. Warp 10: Tak Terbatas . Heli ini mencatat rekor terbang sejauh 122. Terbang heli sesungguhnya dilakukan oleh Paul Cornu menggunakan heli bermesin ganda Antoinette 24 hp di Lisieux. Warp berbeda dari teknologi-teknologi fiksi ilmiah lainnya (jump drive. Rahasia sukses pada pengadopsian sistem flapping hinges joint the blades to the rotor head. terutama dalam film Star Trek. Warp adalah suatu teknologi yang memungkinkan kecepatan yang lebih tinggi dari pada kecepatan cahaya (faster-than-light/FTL). Warp 2: 11 miliar km/h 4. Heli ini menggunakan mesin Antoinette berkekuatan 50 hp. Warp 1: 1 miliar km/h 3. Warp 4: 109 miliar km/h 6. Warp 5: 229 miliar km/h 7. Sedangkan Helikopter berjenis Gyroplane pertama diraih oleh C4 Autogiro buatan Juan de la Cierva. Warp 9: 1.vertikal sebagai akibat daya angkat sayap putarnya.62 triliun km/h 11.35 km dan lama terbang satu jam 20 menit 49 detik. Warp 3: 42 miliar km/h 5. Warp 7: 703 miliar km/h 9.

N-219 Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Akura Terperik si sa Langsung ke: navigasi. N-219 menggabungkan teknologi sistem . diperiksa pada tanggal 18 Februari 2011.000 NC-212 N-219 adalah pesawat generasi baru. cari N-219 Model N-219 di Dirgantara Indonesia Tipe Produsen Perancang Terbang perdana Status Harga satuan Acuan dasar pesawat angkut Dirgantara Indonesia Dirgantara Indonesia Maret 2010 Tahap Ujicoba $ 4. Ada perubahan templat/berkas menunggu peninjauan.000. yang dirancang oleh Dirgantara Indonesia dengan multi sejati multi misi dan tujuan di daerah-daerah terpencil. ensiklopedia bebas Ini adalah versi stabil.

[sunting] Fitur Utama • • • • • Multi Purpose. Pesawat N219 baru akan bisa diserahkan kepada kostumer pertamanya untuk diterbangkan sekira tiga tahun atau empat tahun lagi. N-219 merupakan pengembangan dari NC-212. tiga sejajar Campuran kargo penumpang Kinerja STOL Biaya operasional rendah . N-219 memiliki volume kabin terbesar di kelasnya dan pintu fleksibel efisiensi sistem yang akan digunakan dalam misi multi transportasi penumpang dan kargo.pesawat yang paling modern dan canggih dengan mencoba dan terbukti semua logam konstruksi pesawat terbang. dapat dikonfigurasi ulang 19 Penumpang. N-219 akan melakukan uji terbang di laboratorium uji terowongan angin pada bulan Maret 2010 nanti.

580 Nm Take-off jarak (35 ft halangan): 465 m.300 ft / min semua operasi mesin Range: 600 Nm .511 lb) Tingkat panjat 2.000 lbs) Maksimum payload: 2. SL Kecepatan stall: 73 KTS Maximum take-off weight: 7.270 kg (16.500 kg (5.[sunting] Kinerja • • • • • • • • • • Kecepatan jelajah maksimum: 213 KTS (395 km / jam) Economical cruise speed: 190 KTS (352 km / jam) Maksimum feri kisaran: 1. ISA. ISA. SL Landing jarak (50 ft halangan): 510 m.

Chuck Yeager dari United States Air Force menerbangkan pesawat #46062. nicknamed "Glamorous Glennis" Pada 14 Oktober 1947. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. cari Bell-X1. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. Louis dan SpaceShipOne. X-1 #46-062. yang dia namakan 'Glamorous Glennis'. satu seri pesawat yang dirancang untuk pengetesan teknologi baru dan biasanya sangat dirahasiakan. cari .Bell X-1 Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Mesin jet Dari Wikipedia bahasa Indonesia. berdampingan dengan Spirit of St. Pesawat #46602 adalah model yang sekarang dipamerkan di atrium utama di National Air and Space Museum di Washington. atas istrinya. Dia merupakan X-plane pertama. DC. Pesawat ditenagai roket tersebut diluncurkan dari perut pesawat Boeing B-29 Superfortress yang telah dimodifikasi. awalnya XS-1 adalah pesawat terbang pertama yang melampaui kecepatan suara.

Mesin ini menghirup udara dari depan dan mengkompresinya. lebih umum dan lebih efisien. Proses ini mirip dengan siklus empat-gerak.Sebuah mesin turbofan Pratt and Whitney untuk pesawat F-15 Eagle sedang dites di Pangkalan Udara Robins. Efisiensi pembakaran sebuah mesin jet. Mesin jet adalah sebuah jenis mesin pembakaran dalam menghirup udara yang sering digunakan dalam pesawat. Mesin turbojet modern modular dalam konsep dan rancangan. AS. dipengaruhi besar oleh rasio volume udara yang dikompresi dengan volume pembuangan.atau manusia. Yang termasuk mesin jet antara lain turbojet. kompresi. Pembuangan kecepatan tinggi dari mesin jet membuatnya efisien pada kecepatan tinggi (terutama kecepatan supersonik) dan ketinggian tinggi. gaya yang sama dan berlawanan yang dihasilkan adalah dorongan bagi mesin. rocket. Georgia. yang umumnya dikenal sebagai turboprop. dan dibakar. kipas lewat. Pada pesawat pelan dan yang membutuhkan jarak terbang pendek. Pesawat sangat kecil biasanya menggunakan mesin piston untuk menjalankan pendorong tetap turboprop kecil semakin lama semakin kecil dengan berkembangnya teknologi teknik. Dalam mesin turbin kompresi udara dan bentuk "duct" yang melewati ruang pembakaran mencegah aliran balik dari situ dan membuat pembakaran berkelanjutan dimungkinkan dan proses pendorongan. . Dan juga modul tambahan lainnya seperti gearset pengurang dorongan (turboprop/turboshaft). dan pump-jet. mereka mempercepat massa (udara dan hasil pembakaran) ke satu arah dan dari hukum gerak Newton ketiga mesin akan mengalami dorongan ke arah yang berlawanan. Mesin menghasilkan dorongan karena percepatan udara yang melaluinya. dan "afterburner". disebut sebagai generator gas. Kerangkeng di depan mesin (kiri foto) mencegah barang kecil. Jenis alat tambahan dipasang berdasarkan penggunaan pesawat. Inti penghasilan-tenaga utama. dan pembuangan terjadi secara berkelanjutan. Mesin jet mengambil massa udara yang relatif sedikit dan mempercepatnya dengan jumlah yang besar. Udara digabungkan dengan bahan bakar. ramjet. turbofan. di mana sebuah pendorong mengambil massa udara secara besar dan mempercepatnya dalam jumlah kecil. seperti mesin pembakaran dalam lainnya. penyalaan. dengan induksi. sama dalam seluruh mesin jet.terhisap ke dalam mesin disebabkan oleh jumlah volume udara yang besar yang masuk ke dalam inlet. Terowongan di belakang mesin meredam suara dan membuang buangan. Pembakaran menambah banyak peningkatan energi dari gas yang kemudian dibuang ke belakang mesin. Prinsip seluruh mesin jet pada dasarnya sama. pendorong yang menggunakan turbin gas.

penemuan Whittle tidak menjadi rahasia militer dan detaik konsep mesin jetnya bocor serta dimuat di berbagai jurnal ilmiah dan teknologi 1. Sayangnya konsep mesin Lorin kurang cocok bagi pesawat berpropulsi jet karena tidak efisien dalam kecepatan rendah. . Falk & Partners Ltd. Frank Whittle mengajukan paten pada tahun 1930 namun awalnya kurang mendapat perhatian dari Kementerian Udara Inggris. Secondo Campini mengembangkan mesin jet yang kemudian prinsip dan konsepnya dikenal pada masa-masa sekarang yakni menggunakan komponen-komponen berputar seperti kompresor dan turbin. seorang perwira Angkatan Udara Kerajaan Inggris (Royal Air Force/RAF). Secondo Campini dari Italia membuat mesin jet pada tahun 1933 dan bergabung dengan perancang pesawat Giavasi Caproni membuat pesawat CC-2 bermesin jet yang terbang perdana pada tanggal 27 Agustus 1940. Hans von Ohain (Jerman) serta insinyur Italia. Frank Whittle kemudian seorang mahasiswa aerodinamika Universitas Gottingen. Mesin tipe inilah yang kemudian dikembang dan dijadikan mesin tenaga utama pendorong bom terbang Jerman. Mesinnya berupa type W-1X yang kemudian ditahun 1942 diminta lisensinya oleh Amerika Serikat. Mesin yang dipatenkan adalah mesin athodyd (aero-thermodynamic-duct) yang tidak memiliki bagian berputar atau lebih populer dengan sebutan mesin pulse jet. Akibatnya.28/39. Media massa Italia mencatatnya sebagai pesawat terbang jet pertama di dunia. maka Whittle membentuk perusahaan Power Jets yang akhirnya berhasil mengembangkan mesin jet dan mendapat kontrak di Angkatan Udara Inggris. V-1 yang dipakai untuk mengebom Inggris. Selanjutnya.3 Mesin Turboshaft 4 Referensi 5 Lihat pula 6 Pranala luar [sunting] Sejarah pengembangan mesin jet Mesin jet sebenarnya diawali ketika seorang insinyur Perancis. Rene Lorin pertama kali mengajukan paten bagi mesin propulsi jetnya pada tahun 1913. Namun atas jasa mantan rekannya di RAFserta pembiayaan untuk pengembangan dari O. Mesin type W-1X inilah diujicoba pertama kali pada bulan Desember 1940 kemudian dimodifikasi dan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai tenaga dalam pesawat udara.1 Mesin Turbofan 3.Daftar isi [sembunyikan] • • • 1 Sejarah pengembangan mesin jet 2 Mesin Turbojet Nuklir 3 Perkembangan teknologi mesin jet ○ ○ ○ • • • 3.5 tahun kemudian. Pesawat bermesin jet Inggris pertama kali diterbangkan oleh pilot uji Gerry Sayer pada tanggal 15 Mei 1941 dengan pesawat Gloster E.2 Mesin Turboprop 3.T.

Pada bulan Maret 1937.980 pon yang kemudian dianggap kurang berhasil serta mesin berdaya dorong 1.H. GE kemudian membentuk Departemen Propulsi Nuklir (Aircraft Nuclear Propulsion Department/ANPD) yang menangani proyek ambisius Amerika Serikat dalam kompleks Evendale yang dijaga secara ketat untuk menjamin kerahasiaannya. W1X. serta bantuan dari Inggris berupa mesin jet Rolls-Royce Nene. Mesin inilah yang dikembangkan Uni Soviet yang kemudian digunakan dalam pesawat tempur jet MiG-15 Fagot yang dipakai dalam Perang Korea yang berkemampuan cukup mematikan. Dari dasar inilah. juga orang kedua dalam pabrik Bavarian Motor Works (BMW) yang membuat berbagai mesin pesawat terbang termasuk mesin jet untuk Angkatan Udara Jerman dalam perang. Hal ini tidak terlepas dari peran Mayor Jenderal H. sebuah proyek rahasia diluncurkan dari badan nuklir AS (Atomic Energy Commission/AEC) dan Angkatan Udara Amerika Serikat yang pelaksanaannya ditugaskan kepada GE yang kemudian bersekutu dengan pabrik pesawat Convair untuk mempelajari dalam kurun waktu lima tahun apakah pesawat udara bertenaga mesin jet nuklir dapat dibuat. Deputy Chief-of-Staff for Air yang dikemudian memegang pimpinan US Army Air Forces dalam Perang Dunia II. Meski kemudian mesinnya dianggap serupa dengan konsep Whittle. Jendral Arnold kemudian mendesak pemerintah segera mempercepat Amerika Serikat untuk memasuka abad jet. Pesaingnya Pratt & Whitney (P & W) berkongsi dengan pabrik pesawat Lockheed (kini Lockheed Martin) tidak ketinggalan menyelenggarakan proyek yang sama meski tidak ditunjuk pemerintah AS. Jerman berupa rancangan pesawat tempur Messerschmicht Me-262. Arnold. Teknisi lain yang dilibatkan adalah Hans von Ohain. Kemudian salah seorang profesornya yang kenal Ernst Heinkel. pemilik perusahaan industri pesawat Heinkel meminta agar Hans von Ohain dilibatkan dalam proyek membuat mesin pesawat. yang mirip dengan jet tempur Jerman tersebut. Jepang mengembangkan mesin jet Ne-20 untuk mentenagai pesawat jet tempur pertamanya Kikka. ahli roket Jerman Werner von Braun dan Peter Kappus (yang kemudian menjadi ahli mesin jet GE dan yang mengkonsep sistem lepas landas dan mendarat secara vertikal/Vertical Take-off Landing atau . namun terdapat banyak detail perbedaan dalam mesin rancangannya. 178 yakni mesin turbojet HeS-3b. tanpa ragu kemudian ia menunjuk pabrik General Elecric (GE) untuk melakukan riset teknologinya. tidak mengeherankan setelah mendapatkan dari sekutunya. mengingat GE dalam riset teknologi turbin dan pengalaman pada 1917-1941 dengan turbosupercharger. Sementara Rusia/Uni Soviet disebut-sebut mendapatkan teknologi mesin jet setelah pesawat tempur jet Jerman jatuh ketangannya. juga dikenal sebagai Bapak dari United States Air Force (USAF) yang saat itu diundang oleh Kementrian Udara Inggris dalam penerbangan perdana pesawat mesin jet-nya. Proyeknya diberi sandi X211 dibawah kendali Bruno Bruckmann. seorang veteran mesin jet Jerman dalam Perang Dunia II. sebuah mesin berdaya dorong 550 pon berhasil dibuatnya. Amerika Serikat mendapatkan paten/lisensi mesin jet dari Inggris rancangan Frank Whittle. [sunting] Mesin Turbojet Nuklir Enam tahun setelah pemboman nuklir pertama di Hiroshima dan Nagasaki.100 pon yang penuh modifikasi yang kemudian dibuat untuk pesawat Heinkel He. kemudian mesin berdaya dorong 1. Jepang mulai melirik mesin jet untuk kepentingan penerbangan terutama militernya pada tahun 1937 saat Jepang membeli mesin Brown-Boveri yang dilengkapi turbocharger dari Swiss.Hans von Ohain mendaftarkan paten rancangan mesin jetnya pada tahun 1935. Di Asia.

[sunting] Perkembangan teknologi mesin jet Mesin jet atau yang juga dikenal sebagai mesin turbin gas juga dikembangkan tidak hanya untuk pesawat terbang tetapi juga untuk kapal dan di darat untuk kendaraan terutama kendaraan berat seperti tank dan mesin-mesin pembangkit listrik dan mesin untuk industri. sementara sisanya dengan kepadatan rendah disalurkan sekeliling bagian luar ruang pembakaran. berkembang menjadi triple-spool front fan high bypass ratio turbojet atau lebih dikenal sebagai high bypass turbofan dan fanjet. Baik pabrik GE/Convair dan P & W/Lockheed butuh waktu untuk mengembangkan mesin jet nuklir ini. Panjang mesin ini adalah 41 kaki (sekitar 12 meter) dengan afterburner yang dapat menghimpun tenaga dorong sebesar 34. Jenis yang lain adalah turboprop dan turboshaft yang bekerja dengan prinsip lain yakni energi dari gas panasnya digunakan untuk memutar/menggerakkan turbin yang dihubungkan dengan baling-baling atau dikenal juga dengan sebutan power output shaft. Kini dari turbojet low by-pass ratio. Udara yang di by-pass ini ada yang dicampur dengan udara panas pembakaran pada turbin bagian belakang seperti pada mesin Rolls-Royce Spey yang digunakan pada pesawat Fokker F28. [sunting] Mesin Turbofan Mesin Turbofan adalah mesin yang umum dari turunan mesin-mesin turbin gas untuk menggerakkan pesawat terbang baik komersial maupun pesawat tempur. Mesin yang menggunakan type ini contohnya adalah mesin RB211 yang digunakan pada pesawat Boeing B 747 dan GE CF6-80C2 yang digunakan pada pesawat DC-10 serta P &W JT 9D. yakni mesin turbin gas yang terdiri dari dua mesin dipadukan dalam satu sumber reaktor nuklir yang dilengkapi dengan variable stator compressor. memiliki konsep yang sederhana. Versi lain adalah mesin Marine Olympus yang memiliki kekuatan 28. Mesin rekasi jet sederhana kemudian dikembangkan menjadi twin-spool low by pass ratio turbojet. Sehingga menjelang tutup tahun 1956 pun belum bisa menyodorkan data apakah memungkinkan atau tidak mesin tersebut dapat mentenagai pembom WS-125. yang kemudian merupakan mesin raksasa ini.000 ton dengan operasi berkecepatan tinggi. Contoh dari mesin ini adalah mesin Rolls-Royce Olypus 593 yang digunakan untuk pesawat Concorde.600 pound. Beberapa mesin yang menggunakan jenis mesin turbofan adalah Rolls-Royce Tay pada pesawat Fokker F-100 (yang dijuluki mesin fanjet). Sekaligus udara tersebut berfungsi untuk mendinginkan suhu ruang pembakaran. Kemudian pada dasarnya adalah mesin turbojet dengan afterburner. Ada pula yang disalurkan dengan pipa-pipa halus ke atmosfer. Mesin ini sebenarnya adalah sebuah mesin by-pass dimana sebagian dari udara dipadatkan dan disalurkan ke ruang pembakaran. Masih berupa konsep adalah mesin prop-fan dan UDF (unducted fan) dan contra rotating-fan. Mesin X211. Teknisi-teknisi Jerman tersebut dibawa ke Amerika dalam operasi rahasia yang terkenal dengan Operation Paper Clip guna memperkuat posisi Amerika Serikat dalam bidang teknologi dalam menghadapi Perang Dingin dengan Uni Soviet. Mesin turbojet adalah mesin jet yang paling sederhana. mesin Adour Mk871 yang digunakan pada pesawat . terutama sekali segi keamanan radiasi nuklir yang mungkin ditimbulkannya. Ada empat jenis mesin turbojet antara lain mesin turbojet dan turbofan yakni mesin yang tenaganya diperoleh dari reaksi yang didapat dari daya dorong semburan jet-nya.VTOL). biasanya dipakai untuk pesawat-pesawat berkecepatan tinggi.000 hp (daya kuda atau setara dengan 21 MW) yang digunakan untuk menggerakkan kapal perang modern dengan bobot mati 20.

000 kaki).100 tehp (4. Contoh mesin turboprop yang populer adalah mesin Rolls-Royce Dart yang dipakai pada pesawat Britih Aerospace atau BAe (dulu Hawker Siddeley) HS-748 dan Fokker F-27. Jenis mesin ini irit bahan bakar untuk pesawat berkecepatan rendah/sedang dan terbang rendah (400 mil per jam/30. yakni menggerakan rotor utama maupun rotor ekor (tail rotor) selain itu juga digunakan dalam sektor industri dan maritim termask untuk pembangkit listrik. hovercraft. [sunting] Mesin Turboshaft Mesin Turboshaft sebenarnya adalah mesin turboprop tanpa baling-baling. GE F118 yang bertype non-augmented turbofan yang diterapkan pada pesawat pembom stealth Northrop-Grumman B-2 dan pembom B-1 dengan mesin non augmented turbofan GE F101. Contoh lain adalah mesin GE T64 yang dipakai pada helikopter Sikorsy CH-53. Mesin jenis ini tenaganya diukur dengan total equivalent horsepower (tehp) atau kilowatt(kW)shaft horsepower (shp) plus sisa daya dorong. biasanya terletak di bagian mesin. kemudian GE F110 yang dipakai pada F-16.660 shp (1. Sebagai contoh.550 kW) merupakan mesin turpboprop yang paling kuat dan irit bahan bakar. mesin turbofan yang diterapkan antara lain adalah mesin TF39-1C yang dipakai pada pesawat angkut raksasa C-5 Galaxy. dan kapal. Jenis mesin ini umumnya digunakan untuk menggerakkan helikopter. Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Pada prakteknya selalu ada sisa semburan gas dan sisa inilah yang dipakai untuk mengerakkan turbin yang dihubungkan ke reduction gear.000 shp. selain irit juga menghasilkan tingkat kebisingan yang rendah dan mampu meluncurkan pesawat degnan kecepatan 400 mil per jam. mereka biasanya menggunakan .985 tehp (3. Pada pesawat militer.00040. Kemudian mesin high by-pass turbofan yang diterapkan pada mesin CFM56-5C2 yang dipakai oleh pesawat Airbus A340 dan mesin CFM56-3 yang dipakai pada Boeing B-737 serie 300. Sedangkan versi Industri lain adalah mesin pembangkit listrik 25-30 MW Rolls-Royce RB211 dengan 35. G-222 Aeritalia-pesaing CN-235 dan helikopter Lockheed AH-56A.tempur type Hawk Mk 100 dan Hawk Mk 200. memutar balingbaling. Contoh mesin ini adalah GEM/RR 1004 bertenaga 900 shp yang diterapkan pada helikopter type Lynx dan mesin Gnome 1. stasiun pompa gas dan minyak. Power turbin-nya dihubungkan langsung dengan reduction gearbox atau ke sebuah shaft (sumbu) sehingga tenaganya diukur dalam shaft horsepower (shp) atau kilowatt (kW). Di negara maju. pesawat tempur Jaguar dan Mitsubishi F-1 yang digunakan AU Jepang. 400 dan 500 yang merupakan produk bersama antara GE dengan SNECMA dari Perancis. Melalui teknologi maju.720 kW) sampai 6. pesawat amfibi Shin Meiwa PS-1. [sunting] Mesin Turboprop Mesin Turboprop adalah mesin turbojet dengan turbin tambahan yang dirancang sedemikian rupa untuk menyerap semburan sisa bahan bakar yang sebelumnya menggerakkan kompresor. mesin Tyne dengan take-off power 4.238 kW) pada helikopter Sea King. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kemudian mesin Rolls-Royce Tyne yang digunakan pada pesawat jenis Transall C-160 dan BAe Vanguard.

cari Bandara Internasional San Francisco. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. Penduduk disana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka. dan udara.kereta bawah tanah (subway) dan taksi. pada malam hari Bandar udara (disingkat: bandara) atau pelabuhan udara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. Bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landas pacu namun bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain. termasuk segala bangunan dan peralatan yang merupakan kelengkapan minimal untuk menjamin tersedianya fasilitas bagi angkutan udara untuk masyarakat". Transportasi sendiri dibagi 3 yaitu. laut. baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya. transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya.[rujukan?] Sedangkan definisi bandar udara menurut PT (persero) Angkasa Pura adalah "lapangan udara. instalasi dan peralatan) yang diperuntukkan baik secara keseluruhan atau sebagian untuk kedatangan. Amerika Serikat. Menurut Annex 14 dari ICAO (International Civil Aviation Organization): Bandar udara adalah area tertentu di daratan atau perairan (termasuk bangunan. Bandar udara Dari Wikipedia bahasa Indonesia. keberangkatan dan pergerakan pesawat. Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. transportasi darat.[rujukan?] . Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih.

bandar udara bukan hanya tempat untuk naik dan turun pesawat. dlsb. dengan panjang 1. pusat kebugaran. Bandar udara international terdapat lebih dari satu landasan untuk antisipasi ramainya lalu lintas. Panjang landasan perintis umumnya 1. . Pada bandar udara yang ramai. Soekarno-Hatta (Cengkareng). Kegunaan bandar udara selain sebagai terminal lalu lintas manusia / penumpang juga sebagai terminal lalu lintas barang.Daftar isi [sembunyikan] • • 1 Awal mula 2 Fasilitas bandar udara ○ ○ • • 2. dll. dan butik-butik merek ternama apalagi di bandara-bandara baru. Setelah perang. Sepinggan (Balikpapan). DC-10.[rujukan?] Di masa Perang Dunia I.2 Sisi Darat (Land Side) 3 Penamaan dan kode 4 Lihat pula [sunting] Awal mula Pada masa awal penerbangan. Pesawat yang dilayani adalah jenis turbo-prop atau jet kecil seperti Fokker-27. berbagai fasilitas ditambahkan seperti toko-toko. Dalam perkembangannya. bandar udara mulai dibangun permanen seiring meningkatnya penggunaan pesawat terbang dan landas pacu mulai terlihat seperti sekarang. Tetuko 234. Fokker28. di sejumlah bandar udara yg berstatus bandar udara internasional ditempatkan petugas bea dan cukai. misal melayani Twin Otter. [sunting] Fasilitas bandar udara Fasilitas bandar udara yang terpenting adalah: [sunting] Sisi Udara (Air Side) • landas pacu yang mutlak diperlukan pesawat.1 Sisi Udara (Air Side) 2. Hercules.200 meter dengan lebar 20 meter.800 meter dan lebar 30 meter. landasan cukup dari rumput ataupun tanah diperkeras (stabilisasi). Untuk itu. dlsb. umumnya dengan konstruksi beton dengan panjang 3. pesawat kecil berbaling-baling dua (umumnya cukup 600-800 meter saja).600 meter dan lebar 45-60 meter. Hasanudin (Makassar) dan masih banyak lagi. Pesawat yang dilayani adalah jet sedang seperti Fokker-100. Cessna. Djuanda (Surabaya). bandar udara hanyalah sebuah tanah lapang berumput yang bisa didarati pesawat dari arah mana saja tergantung arah angin. B-747. Di indonesia bandar udara yang berstatus bandar udara internasional antara lain Polonia (Medan). Panjangnya landas pacu biasanya tergantung dari besarnya pesawat yang dilayani. Sekarang. Sedangkan untuk bandar udara yang agak ramai dipakai konstruksi aspal. Untuk bandar udara perintis yang melayani pesawat kecil. bandar udara mulai ditambahkan fasilitas komersial untuk melayani penumpang. restoran.

terdapat Air Traffic Controller. Di bandar udara kecil. Curb. sedangkan taxiway menghubungkan apron dan run-way. karena memikul beban besar yang statis dari pesawat Untuk keamanan dan pengaturan. penumpang naik ke pesawat melalui tangga yang bisa dipindah-pindah.Inmigration . Di bandar udara besar. . mobil pemadam kebakaran. adalah tempat penumpang naik-turun dari kendaraan darat ke dalam bangunan terminal Parkir kendaraan. counter check-in. daerah tempat bandar udara terletak.Custom) untuk bandar udara internasional.• Apron adalah tempat parkir pesawat yang dekat dengan bangunan terminal. untuk parkir para penumpang dan pengantar/penjemput. Karena dalam bandar udara sering terjadi kecelakaan. Konstruksi apron umumnya beton bertulang. Kode bisa diambil dari berbagai hal seperti nama bandar udara. ambulance. atau nama kota yang dilayani. (CIQ. peralatan penolong dan pemadam kebakaran Juga ada fuel service untuk mengisi bahan bakar avtur. penumpang masuk ke pesawat melalui garbarata atau air bridge. dll. termasuk taksi • • Pemindai bagasi sinar X di bandara internasional Sultan Hasanuddin. Makassar [sunting] Penamaan dan kode Setiap bandar udara memiliki kode IATA dan ICAO yang berbeda satu sama lain. Di dalamnya terdapat pemindai bagasi sinar X. berupa menara khusus pemantau yang dilengkapi radio control dan radar. Carantine . Kode yang diambil dari nama bandar udara mungkin akan berbeda dengan namanya yang sekarang karena sebelumnya bandar udara tersebut memiliki nama yang berbeda. tabung pemadam kebakaran. • • • [sunting] Sisi Darat (Land Side) • Terminal bandar udara atau concourse adalah pusat urusan penumpang yang datang atau pergi. maka diseduiakan unit penanggulangan kecelakaan (air rescue service) berupa peleton penolong dan pemadan kebakaran. dan ruang tunggu serta berbagai fasilitas untuk kenyamanan penumpang.

Sudah saatnya transportasi udara menjadi prioritas utama dalam upaya meningkatkan pelayanan prasarana transportasi dan komunikasi di daerah-daerah perbatasan. sehingga akhirnya akan meningkatkan penghasilan seluruh rakyat dan tentunya juga pendapatan pemerintah. sehingga memungkinkan peredaran uang yang lebih cepat dan tentunya hal ini berarti penekanan biaya produksi [www. Kita seharusnya dapat belajar dari pengalaman pahit lepasnya P. Sipadan dan P. yaitu continuous presence.flytrain. maintenance and ecology preservation. 2000].id/index. Peran transportasi udara sebagai unsur penunjang dapat dilihat dari kemampuannya menyediakan jasa transportasi yang efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan sektor lain. bahkan darat dan laut. 2003] Adapun peran langsung transportasi udara dalam masalah pertahanan dan keamanan juga sangat banyak. Dari penjelasan media diketahui bahwa ICJ/MI dalam mengambil keputusan akhir mengenai status kedua pulau tersebut ternyata tidak menggunakan materi hukum umum yang diajukan oleh Indonesia maupun Malaysia. transportasi udara juga sudah terbukti mampu menjadi jasa transportasi yang efektif untuk membuka daerah terisolasi dan juga melayani daerah-daerah dan pulau-pulau terpencil. Kaidah yang digunakan adalah dengan menggunakan kriteria pembuktian lain. Upaya Memaksimalkan Peran Transportasi Udara Peran transportasi udara yang sangat besar ini tentu saja hanya dapat diperoleh dengan dukungan berbagai pihak. Tersedianya transportasi yang dapat menjangkau daerah pelosok termasuk yang ada di perbatasan sudah pasti dapat memicu produktivitas penduduk setempat. Hal ini dikarenakan transportasi udara khususnya pesawat terbang mampu memberikan nilai tambah berupa kecepatan. Pendapat selama ini yang mengatakan bahwa biaya yang dikeluarkan apabila menggunakan transportasi udara sangat besar. Penulis yakin bahwa banyak investor yang dalam hal ini pengusaha transportasi udara yang berminat membuka jalur penerbangannya ke daerah-daerah perbatasan apabila faktor kebutuhannya juga tersedia.php?lang=indo]. Kemenangan Malaysia dikarenakan kedua pulau tersebut secara lokasi memang tidak begitu jauh dari Malaysia dan ditambah lagi dengan adanya fakta bahwa Malaysia telah membangun beberapa prasarana pariwisata di kedua pulau tersebut [Djalal. seperti pemerataan penduduk.web. penciptaan lapangan kerja baru serta stabilitas dan keutuhan wilayah. walaupun masih diperdebatkan tetapi secara teori memungkinkan pesawat sipil untuk memiliki fungsi ganda sebagai alat transportasi biasa dan sekaligus sebagai pesawat pengintai atau patroli tidak tetap. effective occupation. Malahan apabila dilihat dari teori ekonomi fakta yang muncul bisa sebaliknya. Faktor kebutuhan yang dimaksud disini sudah pasti adalah tersedianya lapangan terbang yang memadai serta berjalannya kegiatan ekonomi atau lainnya seperti pariwisata yang . Perkembangan pembangunan di daerah perbatasan secara tidak langsung akan menciptakan mutiplier effect yang positif. transportasi udara mempunyai fungsi ganda. yaitu sebagai unsur penunjang (servicing sector) dan unsur pendorong (promoting sector) [Abubakar. Ligitan ke tangan Malaysia.Kenapa Harus Transportasi Udara ? Sebagaimana transportasi pada umumnya. Selain itu. Frekuensi penerbangan pesawat sipil yang sangat tinggi dapat dimamfaatkan untuk melaporkan keadaan udara. sekaligus juga berperan dalam menggerakan dinamika pembangunan. Sedangkan sebagai unsur pendorong. Salah satunya adalah digunakannya radar penerbangan sipil untuk membantu radar militer yang saat ini belum mampu mengawasi seluruh wilayah udara Indonesia. saat ini sudah terjawab dengan munculnya maskapai-maskapai baru yang menawarkan layanan transportasi udara yang prima dengan harga yang sangat kompetitif.

Perlu dicermati bahwa para pendahulu kita dapat dikatakan terdepan dalam teknologi transportasi pada masanya yang memang pada saat itu berada dalam era maritim. Seluruh potensi high cost economy di sektor transportasi udara harus dievaluasi dan dibenahi. maka percuma saja langkah efisiensi yang mati-matian dilakukan oleh pelaku usaha (Pikiran Rakyat. Tetapi satu yang pasti adalah kita harus dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi termasuk dalam bidang transportasi udara agar dapat menjaga dan memelihara apa yang telah diwariskan oleh para pendahulu kepada kita. (MuhammadSubair) Transportasi Udara Masih Menjadi Alternatif Terbaik 19 December 2008 by Muhamad Yunus . 28 Juli 2003). namun lebih luas dari itu termasuk juga didalamnya adalah pembuatan roadmap penerbangan dalam negeri yang dapat menciptakan efisiensi dan keteraturan penerbangan nasional. yang dalam hal ini adalah transportasi darat dan laut. Dalam hubungannya dengan daerah-daerah perbatasan dapat juga dilakukan pengkajian secara ekonomi untuk menggunakan sarana transportasi udara alternatif seperti misalnya seaplane atau yang lebih dikenal dengan pesawat amphibi untuk transportasi dari dan ke pulau-pulau kecil.memungkinkan adanya kebutuhan transportasi dari dan ke daerah tersebut. salah satunya adalah dengan redesign jalur-jalur transportasi agar dapat saling menunjang dan tidak sebaliknya saling menjatuhkan. Dan yang tidak kalah penting adalah kemauan pemerintah sebagai pengambil keputusan untuk mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang tepat menyangkut transportasi udara. Tentunya kita juga tidak akan mengabaikan transportasi-tranportasi lain. Penutup Dengan memprioritaskan tranportasi udara bukan berarti kita melupakan sejarah bahwa kita adalah bangsa pelaut yang besar dan menjadi besar karena memiliki pelaut-pelaut yang tangguh. Inovasi disini tidak hanya menyangkut pembuatan pesawat sebagaimana yang dilakukan oleh IPTN. Karena kalau tidak. Namun saat ini tidak dapat disangkal lagi kalau merupakan era dari transportasi udara. Solusi paling bijak harus dicari agar tidak ada pihak yang dirugikan. Selain itu perlu juga dikaji dan diteliti kemungkinan lain berupa inovasi-inovasi dalam transportasi udara.

Sebagai langkah awal mungkin pemerintah bisa kembali memperjuangkan industri strategisnya yang konsen terhadap masalah transportasi udara. Berbicara masalah transportasi. Untuk wilayah di Indonesia semua jenis alat transportasi tersebut dapat digunakan dengan baik. namun untuk daerah. Untuk menjangkau hal itu pemerintah harus benarbenar fokus akan hal transportasi udara ini. Bentuk kontur wilayah Indonesia yang cukup bergunung-gunung menjadikan alat transportasi darat tidak cukup efektif untuk digunakan kecuali di daerah kota-kota besar yang penyediaan fasilitas jalan rayanya sudah cukup baik. laut. Sebenarnya terkait masalah industri strategis seperti ini. Jika pemerintah memiliki solusi untuk masalah ini maka fungsi manajemen dan fungsi kontrol pemerintah dari pusat ke daerah-daerah tersebut dapat berjalan dengan sempurna. yang terhampar dari barat ke timur wilayahnya. Kelebihan inilah yang seharusnya . Hal inilah yang menjadikan Indonesia sebagai Negara Kepulauan terbesar yang pernah ada. Indonesia adalah satu-satunya negara berkembang di dunia ini yang memiliki pabrik industri yang mampu merancang sekaligus memproduksi pesawat terbang dan pesawat udara.daerah perbatasan dan pulau-pulau terpencil maka alat transportasi udara lokal menjadi alternatif terbaik untuk hal itu. maupun udara sekalipun. Yang menjadi masalah apakah Pemerintah Republik Indonesia mampu dan sanggup untuk menjangkau semua pulau yang ada yang tidak sedikit dari pulau-pulau tersebut terletak pada daerah-daerah yang cukup terpencil sehingga sulit untuk dijangkau oleh alat-alat transportasi biasa.Pesawat terbang penumpang Indonesia adalah sebuah negara besar yang terdiri atas belasan ribu pulau-pulau baik besar maupun kecil yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. di dunia ini terdapat berbagai macam jenis alat-alat transportasi baik yang beroperasi di darat.

Jika perindustrian pesawat terbang ini dapat kembali dimaksimalkan maka pengadaan pesawat sebagai alat transportasi alternatif terbaik akan menjadi suatu hal yang nyata dalam menyelesaikan masalah-masalah transportasi di Indonesia yang berbenturan dengan estimasi . Indonesia seharusnya dapat meneruskan proyek N-250 nya yang merupakan pesawat penumpang terbaik di kelasnya mengalahkan keluaran Boeing dan Airbus ketika ada pameran pesawat terbang terbesar di dunia yang diselenggarakan di Paris.dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah untuk bisa memulihkan kembali negara ini dari keterpurukan. Kebutuhan manusia sekarangpun sudah merujuk pada penggunaan alat transportasi yang dapat beroperasi dalam jangka waktu yang singkat yang mampu mengantarkan mereka ke tempat tujuan dengan cepat dan efektif. Perancis. Menurut hemat saya. Hal serupa inilah yang juga dilakukan oleh negara Amerika Latin yakni Argentina untuk menjawab permasalahan sertifikasi pesawat dan untuk mengembangkan kembali dunia dirgantaranya. pemerintah bisa terus mengembangkan program industrialisasi pesawat udaranya walaupun terdapat banyak hambatan dari negara-negara asing terkait akan hal ini. Alat transportasi apalagi yang mampu memenuhi kebutuhan seperti ini kalau bukan transportasi udara yaitu pesawat udara dan pesawat terbang. Sikap yang dapat pemerintah Indonesia ambil adalah tetap memproduksi N-250 tersebut untuk dipergunakan sebagai alat transportasi dalam negeri. Beberapa tahun belakangani ini pesawat merupakan alternatif terbaik yang menjadi pilihan masyarakat sebagai alat transportasi luar kota. lisensi atau sertifikasi uji kelayakan beroperasinya pesawat udara. Hal itu sebenarnya mereka lakukan dikarenakan negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Inggris juga negara eropa lainnya tidak menginginkan ada negara dunia ketiga yang memiliki kemampuan mengembangkan industri pesawat terbangnya seperti Indonesia. Hal itu dikarenakan harga tiket pesawat sekarang-sekarang ini relatif menyamai harga tiket kapal atau bahkan bus kota sekalipun. seperti embargo suku cadang pesawat. Kalau beroperasinya hanya di dalam negeri maka tidak terlalu rumit dipermasaslahkan oleh hal-hal seperti sertifikasi dari luar negeri. Dikarenakan begitu pentingnya masalah pengadaan alat transportasi udara ini. Orang-orang kelas menengah ke atas dan para eksekutif yang beranggapan bahwa waktu sangat berharga dalam menajalankan aktivitas mereka juga merupakan pangsa pasar dalam hal ini. dan lain sebagainya. hambatan-hambatan seperti diatas yang sampai saat ini negara kita Indonesia masih berkutat dengan hal itu dapat dihadapi dengan keberanian negara ini dalam mengambil sikap.

b. Hal ini berdasarkan survey yang menyebutkan bahwa pesawat terbang masih menjadi andalan alat transortasi yang efektif dari segi waktu. cepat tapi mahal. Transportasi udara Sekilas dalam pikiran. dan mahal c. Pemeliharaan bandara mahal c. Sistem cepat dan efisien b. Meskipun sekarang ini terjadi beberapa kecelakaan. 3. Cocok untuk barang-barang yang sangat penting. Sangat tergantung pada cuaca dan mudah terganggu oleh partikel-partikel yang tersuspensi di udara misalnya abu volkanik seperti yang terjadi pada erupsi gunungapi Merapi akhir-akhir ini. Untuk daerah yang tidak ada bandaranya tidak dapat disinggahi e. Karena tidak dapat dipungkiri lagi bahwa keefektifan waktu perjalanan hanya dapat dipenuhi oleh alat transportasi yang beroperasi dengan cepat yaitu pesawat udara dan pesawat terbang. Pesawat ukuran besar tidak dapat di bandara yang kecil d. moda transportasi ini paling nyaman. Memungkinkan gerakan yang bebas ke mana saja Kekurangan : Mahal a. mudah membusuk. namun data menyebutkan bahwa korban yang ditimbulkan akibat kecelakaan pada alat transportasi menempatkan pesawat terbang sebagai transportasi yang paling sedikit memakan korban jiwa. Dapat mencapai area yang sulit dijangkau d. Walaupun saat ini seringkali terjadi peristiwa kecelakaan pesawat namun antusiasme masyarakat menggunakan pesawat sebagai alat transportasi tidak berkurang.waktu. Suara keras dan polusi tinggi . Kelebihan : a. Ini menjawab semua pertanyaan akan aspek keselamatan pada pesawat.

Tinggalkan sebuah Komentar 3. transportasi merupakan penyumbang emisi sebanyak 23. sector rumah tangga serta dari sektor komersial. untuk memasarkan barang dagangannya.6% . manusia juga mememrlukan alat transportasi.2.3. namun tidak dapat dipungkiri bahwa seiring perkembangannya.3 Masalah Transportasi Permasalahan transportasi khususnya transportasi darat di Indonesia cukuplah kompleks. Contoh dari mobilitas yang memerlukan transportasi adalah usaha. transportasi juga membawa masalah-masalah dari setiap pergerakannya. Singkat kata. kurangnya kesadaran masyarakat. Transportasi darat turut menyumbang sebagian besar dari angka 23. 2010 by aiigha in Uncategorized. tingginya kendaraan bermotor. Hal ini dikarenakan ledakan penduduk akan meningkatkan tingkat kebutuhan masyarakat. termasuk kebutuhan transportasi. karena transportasi merupakan suatu sistem yang saling berkaitan. Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya masalah-masalah pada transportasi darat di Indonesia sangat beragam. 3.2 Masalah Transportasi Darat Sistem dan fasilitas trasnportasi memang diakui banyak pihak telah membawa dampak yang cukup berarti dalam kehidupan manusia dari waktu ke waktu.3.1.3. namun mobilitas disini lebih ditekankan pada mobilitas yang dimaksudkan adalah pergerakan dalam upaya peningkatan kesejahteraan hidup. bahan-bahan tersebut pastilah berada di beberapa lokasi yang berbeda sehingga untuk mengaksesnya diperlukan alat transportasi. mobilitas yang dimaksud tidak hanya sekedar perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain. Polusi disini lebih dominan oleh polusi udara. Namun permasalahan trnsportasi yang terjadi di Indonesia terjadi hampir di setiap jaringan atau unit-unit hingga unit terkecil dari sistem tersebutpun memiliki masalah.1 Polusi Salah satu hasil dari sistem transportasi yang tidak diinginkan adalah polusi yang ditimbulkan. hal ini kembali ke pernyataan yang telah diuraikan sebelumnya yaitu karena dominasi aktifitas transportasi . Manusia melakukan pekerjaan yang akan menghasilkan suatu produksi. maka manusia perlu memasarkan barang tersebut agar ia mendapatkan laba. pembangkit tenaga. untuk mencari bahan baku dari sesuatu yang akan ia olah. antara lain ledakan penduduk. Masalah yang terjadi bisa masalah yang terjadi dari unit tersebut maupun masalah akibat pengaruh dari sistem. Begitu pula ketika barang tersebut sudah diolah.3. serta lemahnya birokrasi dari pemegang kekuasaan sistem birokrasi. maka satu masalah yang timbul di satu unit ataupun satu jaringan akan mempengaruhi sistem tersebut. Menurut data jasa raharja tahun 2007. ledakan penduduk akan memicu peningkatan kebutuhan akan alat transpirtasi atau fasilitas transportasi.Permasalahan Transportasi Darat Indonesia dan Alternatif Penanganannya (part 3) Posted November 22. 3.1 Masalah Lingkungan 3.2. manusia akan pergi ke suatu titik dimana ia akan mendapatkan bahan baku tersebut. dan bahan-bahan tersebut tidak berada di satu tempat. 3.6% tersebut.1 Ledakan penduduk Ledakan penduduk selalu menjadi isu yang dikaitkan dengan berbagai permasalahan yang ada pada suatu wilayah. penyumbang emisi yang lain adalah dari sector industri. Penduduk akan melakukan mobilitas setiap waktunya.

yaitu 38% dari total kebutuhan tahun 2030. Ketergantungan Indonesia pada bahan bakar fosil akan naik. Tingginya mobilitas manusia di darat 6. Efek paling buruk dari emisi transportasi ini adalah meningkatkan resiko pemanasan global dan kerusakan ozon. Tingginya angka emisi yang ditimbulkan oleh transportasi darat dikarenakan beberapa faktor seperti: 1. Tingginya penggunaan kendaraan bermotor 7. Karena kebutuhan energi sektor transportasi naik 3. Kualitas BBM yang rendah 4. Tidak ada kebijakan yang mengontrol sistem emisi transportasi 2. Masalah ini sering terjadi di jalan-jalan dimana kendaraan beroperasi dengan kecepatan yang tinggi atau kendaraan-kendaraan yang memodifikasi alat pembuangannya hingga menimbulkan suara yang cukup keras. Jika eksploitasi terus berjalan dengan angka saat ini. termasuk diantaranya asma. Selama ini. Kesadaran masyarakat tentang bahaya emisi serta upaya dari tiap-tiap individu untuk menguranginya masih rendah 5. Masalah lain yang timbul akibat polusi udara adala terganggunya kesehatan masyarakat.berada di darat. lebih dari 90% kebutuhan energi dunia dipasok dari bahan bakar fosil. Secara keseluruhan. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat karena bisa menyebabkan penyakit pernafasan. cadangan minyak semakin kecil.1. Rendahnya kualitas angkutan umum Permasalahan polusi udara layaknya ditangani dengan optimal karena kondisi bumi saat ini yang sudah hampir mencapai ambang batas.7% per tahun dalam kurun 2002-2030. bronchitis serta penyakit pernafasan lainnya. Lapisan ozon yang berada di stratosfer (ketinggian 20-35 km) merupakan pelindung alami bumi yang berfungsi memfilter radiasi ultraviolet B dari matahari. Transportasi merupakan penyumbang CFC yang cukup besar sehingga memiliki sumbangsih yang besar dalam hal kerusakan ozon. Padahal. Ini adalah hasil yang tidak diinginkan dari setiap pergerakan. Pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor yang seharusnya wajib dilakukan secara berkala tidak berjalan dengan efektif 3. sehingga terbentuk lubang-lubang pada lapisan ozon. 3. Tingginya dominasi transportasi yang ada di darat dengan banyaknya masuia yang berada di lokasi sekitar aktifitas trasnportasi membuat masyarakat menghirup udara yang terkontaminasi dengan limbah bahan bakar kendaraan. dari 69% tahun 2002 menjadi 82% tahun 2030.8% per tahun. Hal . Pembentukan dan penguraian molekul-molekul ozon (O3) terjadi secara alami di stratosfer. minyak terus mendominasi campuran bahan bakar. dimana lingkungan tidak lagi mampu mememnuhi semua kebutuhan manusia. Krisis energi yang terjadi di dunia khususnya dari bahan bakar fosil yang bersifat non renewabel disebabkan dari semakin menipisnya cadangan minyak bumi. Bentuk polusi yang lain yang cukup mengganggu dan mungkin berbahaya secara fisis maupun psikis adalah kebisingan udara. Emisi CFC yang mencapai stratosfer dan bersifat sangat stabil menyebabkan laju penguraian molekul-molekul ozon lebih cepat dari pembentukannya.3.2 Konsumsi Energi Menurut data dari jasa raharja pada tahun 2007. kebutuhan energi diproyeksikan bisa tumbuh 2. diperkirakan sumber energi ini akan habis dalam setengah abad mendatang.2.

tentu hal ini akan merugikan warga. Pengembangan tersebut tentu memerlukan lahan tambahan dan biasanya dalam bentuk jalan bebas hambatan ataupun lintas transit cepat. Peningkatan kapasitas jalan tentu akan dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya permasalahan-permasalahan lebih lanjut akibat hal ini. Disamping karena lapangan yang sudah tua. Kondisi ini memicu kenaikan biaya hidup dan naiknya biaya produksi. Jika tidak ada penemuan ladang minyak dan kegiatan eksplorasi baru. Penghalang-penghalang itu juga akan mengganggu kehidupan bertetangga. sehingga perlu mempertinggi ataupun memperendah elevasi jalur tadi pada lokasilokasi tertentu. namun peningkatan kapasitas jalan juga menimbulkan masalah baru. Peningkatan jumlah penduduk yang ada di kota tersebut meningkatkan juga angka kebutuhan akan fasilitas transportasi baik sarana maupun prasarana. cadangan minyak di Indonesia diperkirakan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 18 tahun mendatang.070 juta barel per hari. tentu hal ini akan semakin menyusahkan masyarakat Indonesia yang didominasi oleh kalangan menengah ke bawah. yaitu berkurangnya ruang publik. Oleh karena itu perlu dicari sumber-sumber bahan bakar alternatif yang bersifat renewable (terbaharukan). Ini mengakibatkan timbulnya penghalang-penghalang untuk menghindari penyebrangan di sarana trasnportasi yang baru tadi. Tanah untuk transportasi darat harus tersedia sebagai jalur yang menerus dengan lebar minimum tertentu dan untuk sarana-sarana yang berkapasitas tinggi seperti di daerah perkotaan biasanya perlu dihindarkan dari gangguan lalu lintas yang ingin menyebrang.2 Masalah Sosial . sehingga mendorong migrasi desa-kota. 3. Pelebaran jalan karena kebutuhan akan luasan jalan yang lebih lebar meningkat tentu sangat dibutuhkan. yang menimbulkan masalah sosial dan ekonomi tersendiri.1.2.tersebut mengakibatkan meningkatnya harga bahan bakar minyak (BBM).3 juta barel per hari. Permasalahan energi di Indonsia sama seperti yang dihadapi dunia. Transportasi darat di perkotaan mengalami masalah serius akibat tingginya angka migrasi dari desa ke kota. seperti halnya penggeseran bangunan rumah atau bangunan sarana akibat pelebaran jalan. Sarana baru tersebut setelah dibangun mungkin akan memiliki nilai estetika yang rendah sehingga areal sekitarnya mungkin kurang cocok lagi untuk dihuni. Hal tersebut juga menyebabkan Indonesia menjadi negara pengimpor minyak mentah sampai sekarang.3. 3. namun dalam hal ini adan mengganggu pola guna lahan yang ada di sekitarnya.3. penurunan kapasitas produksi minyak mentah Indonesia juga karena penemuan cadangan minyak baru yang terus menurun. Kapasitas produksi minyak Indonesia mengalami penurunan jika dibandingkan dengan dekade 1970-an yang masih sekitar 1. maka hal ini akan menimbulkan kelangkaan BBM yang kemungkinan akan mempengaruhi harga BBM di pasaran. kenaikan harga BBM akan mempengaruhi harga kebutuhan rumah tangga lainnya. Kini. (Yakinudin:2010) Tingginya kebutuhan bahan bakar minyak dapat memperparah kondisi krisis energi dunia yang kini sudah mulai menjadi perbincangan. hal ini disebabkan kesenjangan antara fasilitas sarana dan prasarana transportasi di desa dan di kota yang sangat berbeda. Hainim (1985 : 64). akan banyak rumah dan keluarga yang harus dipindahkan. karena belajar dari pengalaman yang sudah terjadi. Ketika krisis energi terjadi.2. Sementara itu.3 Lahan dan Estetika Banyaknya urbanisasi dari desa ke kota yang terjadi di Indonesia menjadikan pengembangan kapasitas transportasi perkotaaan sebagai hal yang harus segera dipenuhi. cadangan gas cukup untuk 60 tahun dan batu bara sekitar 150 tahun. kapasitas produksi minyak Indonesia hanya 1.

masyarakat bisa kehilangan kepercayaan kepada pemerintahnya. seperti: parkir di badan jalan.3. Kemacetan lalu lintas juga seringkali disebabkan rendahnya tingkat kedisiplinan pengguna jalan. Masyarakat Indonesia terbilang enggan untuk jalan kaki untuk menempuh perjalanan rute pendek. meningkatkan polusi udara. Hal ini terjadi. angka keacetan yang tinggi bisa menurunkan minta pariwisata untuk melakukan perjalanan di negara tersebut.3. kegiatan sosial yang menggunakan badan jalan. 3. kemacetan terjadi karena banyak faktor dan menimbulkan bebragai permasalahan baru. sitem transportasi membutuhkan sistem yang terintegerasi dengan baik. kendaraan-kendaraan yang enggan rapat kiri ataupun kendaraan-kendaraan yang membelok di sembarang tempat. serta adanya masyarakat yang berjalan di badan jalan. pangkalan becak dan angkutan umum. hal ini dikarenakan rendahnya fasilitas pedestrian yang ada. baik sarana maupun prasarana. bila dibandingka dengan negara-negara tetangga. berjualan di trotoar dan badan jalan. Kemacetan merupakan momok bagi sistem transportasi. ditambah lagi tingginya aksesibilitas kegunaan lahan di sekitar sisi jalan tersebut.2.2. memperlambar manusia untuk melakukan katifitas. Setiap individu maupun pihak sebagai elemen warga Indonesia harus sadar bahwa persoalan kemacetan lalu-lintas yang dialami hampir semua warga kota dapat berakibat destruktif terhadap kehidupan bermasyarakat. polusi suara serta merupakan pemborosan bahan bakar yang semakin hari semakin menipis. misalnya parkir di badan jalan. Kesenjangan seperti ini dikarenakan tingkat kebutuhan akan transportasi dan jumlah penduduk di pedesaan yang lebih rendah. Gambar 3. singkat kata. namun terkadang kondisi infrastuktur di pedesaan cerderung terlupakan karena terlalu focus pada .1 Kondisi kemacetan di Indonesia Kemacetan juga menurunkan kualitas suatu wilayah di mata negara-negara lain. dan sangat jelas akan terjadi kemerosotan produktivitas dari tiaptiap elemen tersebut. bisa terjadi degradasi perilaku sosial yang tidak diinginkan. Pemerintah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi serta pembuat keputusan harus mulai bekerja lebih optimal dan tegas dalam mengatasi masalah transportasi di Indonesia.2 Kesenjangan Sosial Dalam perbaikan maupun pengadaan fasilitas transportasi di pedesaan sangatlah berbeda dengan perkembangan fasilitas infrastuktur transportasi di perkotaan. juga karena pengaruh hambatan samping yang tinggi.2.3. khususnya yang sudah menjadi perbincangan khalayak umum.2. ketika di pedesaan masuh ditemui angkutan tradisional seperti delman maka di perkotaan akan ditemui busway yang tidak akan ditemui di pedesaaan. Kemacetan lalu-lintas di jalan raya disebabkan ruas-ruas jalan sudah tidak mampu menampung luapan arus kendaraan yang datang serta luasan dari jalan tersebut tidak seimbang dengan jumlah kendaraan yang melintas. kemacetan. sehingga mengakibatkan penyempitan ruas jalan. kemacetan juga sering terjadi akibat manajemen transportasi yang kurang baik. mereka lebih memilih menaiki kendaraan bermotor meski jarak perjalanan yang ia tempuh tidak terlalu jauh.3. Selain itu. Bila tidak terasa hasil upaya nyata dalam mengatasi persoalan ini. angkutan umum yang sering berhenti di sembarang tempat.1 Kemacetan Kemacetan merupakan salah satu masalah yang dinilai paling mengganggu kenyamanan pengguna transportasi darat. kemacetan dapat mengurangi efektifitas kerja maupun kegiatan masayarakat. Ledakan jumlah kendaraan bermotor juga merupakan faktor kuat terjadinya kemacetan di Indonesia.

faktor kendaraan dan faktor cuaca 1.Selain itu manusia sebagai pengguna jalan raya sering sekali lalai bahkan ugal ugalan dalam mengendarai kendaraan. Keseluruhan faktor kendaraan sangat terkait dengan technologi yang digunakan. Faktor Kendaraan Faktor kendaraan yang paling sering terjadi adalah ban pecah. manusia tidak akan tau apakah ia akan mengalami kecelakaan lalu lintas sebagai korban yang ditubruk atau menjadi tersangka penabrakan. b. Resiko kecelakaan lalu lintas darat di momen Idul Fitri ini biasanya terjadi akibat supir kelelahan. peralatan yang sudah aus tidak diganti dan berbagai penyebab lainnya. tentu hal ini akan menimbulkan kesenjangan sosial desa-kota yang akan menimbulkan permasalahan baru. dengan 20.731 luka ringan. Hampir semua kejadian kecelakaan didahului dengan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. seringkali kendaraan tersebut melakukan perjalanan di malam hari dengan menempuh rute yang cukup jauh sehingga diperlukan kondisi tubuh yang baik. contoh terbesarnya adalah migrasi desa-kota. 1.440 ruka berat dan 55.2. Banyaknya jumlah kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan terkadang tidak diikuti dengan kesadaran pengguna jalan untuk mentaati rambu-rambu lalu lintas atau saling menghormani sesama pengguna jalan. semisa adalah momen hari raya Idul Fitri. a. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecelakaan lalu lintas terutama di darat sangatlah beragam. Untuk . hal ini biasanya terjadi pada kendaraan-kendaraan yang muatannya berupa barang.207 Juta. maka perpindahan atau pergerakan itu sangatlah tinggi.188 korbannya meninggal dunia.permasalahn di perkotaan. karena banyaknya masayarakat Indonesia yang bekerja atau tinggal di luar daerah asalnya. Sedangkan kerugiannya mencapai Rp. ketidaktahuan terhadap arti aturan yang berlaku ataupun tidak melihat ketentuan yang diberlakukan atau pula pura-pura tidak tahu. hal ini meningkatkan resiko keelakaan. Ketidakdisiplinan dari pengguna jalan ini tentu dapat membahayakan pengguna jalan yang lain. melamun ataupun kondisi jaringan jalan yang kurang baik dan tidak dapat mengimbangi peningkatan jumlah pengguna jalan sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas.3. 23. rem tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Banyaknya kasus kecelakaan darat selama ini dikarenakan supir kendaraan yang mengantuk saat mengemudi. Pelanggaran dapat terjadi karena sengaja melanggar. padahal contoh kejadian kecelakaan yang merenggut nyawa sudah sering diberitakan di media masa. tidak sedikit angka kecelakaan lalu lintas diakibatkan karena membawa kendaraan dalam keadaan mabuk. mengantuk.164 ribu kejadian kecelakaan lalu lintas. kelelahan logam yang mengakibatkan bagian kendaraan patah. Faktor Manusia Faktor manusia sebagai pengemudi merupakan faktor yang paling dominan dalam kecelakaan. Kecelakaan lalu lintas akan meningkat seiring dengan peningkatan pergerakan manusia.2. dimana budaya masyaakat Indonesia adalah mudik atau pulang ke kampung asalnya.131. mulai dari faktor pengemudi. perawatan yang dilakukan terhadap kendaraan.3 Kecelakaan Lalu Lintas Menurut data badan pusat statistik tahun 2008. 3. ada 59. dan mudah terpancing oleh ulah pengguna jalan lainnya yang mungkin dapat memancing untuk balapan di jalan umum.

c.mengurangi faktor kendaraan perawatan dan perbaikan kendaraan diperlukan. hal yang akan diuji adalah : 1. Asap dan kabut juga bisa mengganggu jarak pandang. maka resiko kecelakaan cukup tinggi. Emisi gas buang 4. terutama di daerah pegunungan. Pengujian kendaraan bermotor secara regular merupakan hal wajib yang seharusya dilakukan setipa pemilik kendaraan bermotor apakah kendaraannya masih layak jalan. jalan menjadi lebih licin. sistem pengereman dan daya pengereman 2. semisal ada masyarakat yang tidak menggunakan helm di jalan raya. 1. . Fakta di lapangan menunjukkan bahwa sistem transportasi. Kecelakaan lalu lintas umumnya terjadi di darat karena jumlah moda transportasi di darat yang lebih banyak dari pada di laut maupun udara namun sistem perencanaan serta penanganannya masih jauh dari harapan. Angka kecelakaan mencerminkan kualitas managemen transportasi yang ada di dalam suatu wilayah. namun masalah rendahnya kinerja birokrasi dimana masih bisa ditemukan celah-celah untuk melakukan aksi tidak jujur dari pada oknum birokrat selama ini. Pada pengujian berkala. pengawasan peraturan lalu lintas yang ditepakan serta bagaimana sistem tersebut menjamin semua jaringan transportasi bisa berfungsi dengan baik agar tidak membahayakan penggunanya. Angka kecelakaan yang cukup tinggi di Indonesia sungguh disayangkan karena kecelakaan lalu lintas menimbulkan korban secara materil maupun korban hilangnya nyawa seseorang yang berdampak sosial pada keluarga atau sanak saudara. Speedometer Apabila kinerja pejabat yang menguji kendaraan bermotor masyarakat ini bereja dengan baik dan jujur. jaringan transportasi belum bisa dikatakan baik karena angka kecelakaan lalu lintas serta kerugian yang ditimbulkannya masih cukup tinggi. Kelalaian dari aparat pengendali juga sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas terutama darat. semisal kepala keluarga yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. jarak pandang juga terpengaruh karena penghapus kaca tidak bisa bekerja secara sempurna atau lebatnya hujan mengakibatkan jarak pandang menjadi lebih pendek. Pola pengaturan atau penataan jaringan jalan juga dapat menjadi faktor penyebab kecelakaan lalu lintas darat. bagaimana pengaturan jalan raya. managemen transportasi. pastinya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh alat transportasi pasti bisa ditekan. maka kemungkinan besar keluarga dari orang tersebut akan kehilangan pemasukan dan terancam mengalami penurunan kualitas hidup. terkadang polisi lalu lintas acuh atau tidak peduli. Lampu-lampu dan daya pancar lampu utama 3. Pelaksanaan Pengujian kendaraan bermotor di Unit PKB dan pemeriksaan dilakukan oleh Penguji yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. masyarakat juga tidak patuh dengan ketentuan tersebut dan mereka kurang berminat atau bahkan tidak mau meluangkan waktu untuk menguji kelayakan jalan kendaraan bermotor mereka. Faktor Cuaca Hari hujan juga mempengaruhi kinerja kendaraan seperti jarak pengereman menjadi lebih jauh. Sistem kemudi beserta kaki-kakinya 5. bagi kendaraan yang memenuhi kelaikan akan disahkan oleh pejabat yang ditunjuk akan diberi tanda uji. Selain itu. disamping itu adanya kewajiban untuk melakukan pengujian kendaraan bermotor secara reguler. jalan yang berlubang ditambah dengan kurangnya fasilitas transportasi contohnya lambu penerangan jalan.

3. faktor-faktor penyebab rendahnya . lajunya pertumbuhan sistem transportasi yang tidak sesuai dengan ukuran perkembangan suatu kota. begitu pula kebalikannya.1 Kurangnya Fasilitas Transportasi Pertumbuhan dan perkembangan suatu kota yang pesat tanpa diikuti dengan pengadaan sistem trasnportasi yang memadai untuk ukuran kota itu merupakan bentuk besarnya demand daripada supply nya.3. aman dan nyaman. Pemerintah dinilai kurang tanggap dalam menghadapi masalah-masalah transportasi di pedesaan maupun perkotaan.3. Kondisi-kondisi yang telah disebutkan di atas akan berakibat pada timbulnya permasalahan-permasalahan baru dalam sistem transportasi maupun permasalaan perkotaan pada umumnya. kemudian banyaknya kendaraan tanpa STNK atau surat tanda nomor kendaraan.2 Rendahnya Kualitas Transportasi Rendahnya kualitas Transportasi di Indonesia ditandai dengan timbulnya masalah-masalah transportasi yang saling mempengaruhi satu sama lain.2. contoh dari rendahnya pengawasan ini adalah kurang diawasinya tentang kelayakan sarana transportasi.3 Masalah Politik Permasalahan politik yang menyebabkan permasalahan transportasi adalah rendahnya pengawasan yang dilakukan oleh Departemen Perhubungan atau pejabat yang memiliki kewenangan. di saat itu banyak orang yang membutuhkan angkutan umum untuk pulang ke kampung halaman beserta keluarganya ataupun individu.4 Masalah Fasilitas dan Pelayanan 3.3. seperti bus yang umurnya lebih dari 20 tahun tapi masih terus dan diperbolehkan untuk beroperasi. Seperti tidak diberikannya hak-hak pengguna jalan dengan baik.2. Contoh lain dari kurangnya fasilitas transportasi adalah jumlah kereta api yang sangat minim dengan kualitas yang sangat rendah. masalah-masalah yang sepele dibiarkan terus menerus hingga akhirnya kompleks dan sudah terlalu rumit untuk ditangani. ontohnya adalah hak-hak pejalan kaki. hal ini memicu banyak permasalahn seperti keamanan di dalam gerbong kereta api menjadi tidak terjamin dan banyaknya masyarakat yang akhirnya lebih memilih duduk di atas gerbong daripada harus berdesakan di dalam gerbong kereta api. hal ini seharusnya sudah menjadi pertimbangan khusus oleh pemerintah daerah namun faktanya masih banyak orang yang harus berdesakan di dalam bus atau kereta api. hal ini bisa membahayakan pengemudi atau pengguna jalan lainnya.4.4. Tarsito (1997:92) Apabila kesenjangan atau gap antara kebutuhan akan transportasi dengan penyediaan sistem transportasi ini dibiarkan berkepanjangan. merupakan wujud supply lebih besar daripada demand untuk transportasi. 3. tidak terawat atau dihuni pedagang kaki lima.3. Contoh nyata dari kurangnya fasilitas transportasi adalaha ketika moment mudik lebaran tiba. Kelemahan birokrasi ini dapat meningkatkan kecelakaan lalu lintas karena kendaraan yang tidak layak jalan masih berpotensi untuk beroperasi. bahkan ada pula yang tidak bisa melakukan aktifitas mudik karena kehabisan tiket. hal ini juga akan memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.2. dalam jangka panjang akan menimbulka masalah yang lebih rumit dalam penyelenggaraan transportasi kota. atau orang cacat dan lansia yang seharusnya memiliki jalur yang berbeda. Pemerintah juga dinilai kurang memperhatikan hak pejalan kaki karena masih banyaknya kondisi jalur pedestrian yang dibiarkan rusak. 3.2.

3.hal ini dikarenakan kurangnya perhatian pemerintah pada kawasan pedesaan dan lebih terfokus pada permasalahan di perkotaan yang memang lebih kompleks. Daerah yang biasanya sering ditemui memiliki permalasalahan kerusakan jalan adalah daerah pedesaan. Makin banyak beban berulang yang terjadi. Air Air yang berasal dari air hujan dan naiknya air tanah akibat sifat kapilaritas. Kerusakan jaringan jalan bisa berasal dari struktur perkerasan jalan yang sudah tidak mampu menampung beban atau akibat bencana alam seperti pengikisan lapisan jalan akibat banjir. Beberapa faktor penyebab kerusakan jalan 1. Makin buruk penanganan sistem drainase. 1. 1. Gambar 3. Kondisi tanah dasar yang tidak stabil Kemungkinan disebabkan oleh sistem pelaksanaan yang kurang baik atau sifat asli tanah dasarnya memang kurang baik. 1. Kurangnya disiplin masyarakat Rendahnya kualitas fasilitas sarana maupun prasarana transportasi darat yang umum terjadi adalah: 1. Material konstruksi perkerasan Makin banyak kesalahan dalam pemilihan dan perencanaan material konstruksi maka makin mempercepat kerusakan jalan. tertutupnya akses jalan akibat tanah longsor dan lain sebagainya. 1. Kerusakan jalan mengindikasikan kondisi struktural dan fungsional jalan yang sudah tidak mampu memberikan pelayanan yang optimal terhadap pengguna jalan. Peningkatan beban Lalu lintas kendaraan yang dapat berupa peningkatan beban dan repetisi beban. Dana pengadaan atau peremajaan fasilitas transportasi yang tidak mencukupi 2. Kurangnya pengawasan dari pemerintah atau pihak yang berkewajiban 3. Kerusakan jaringan jalan Kerusakan jaringan jalan dapat mengakibatkan kemacetan atau bahkan kecelakaan lalu lintas bila tidak segera ditangani dengan baik. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga fasilitas sarana dan prasarana transportasi 4.2 Kerusakan Jalan Berdasarkan masterplan transportasi darat tahun 2005. makin besar peluang air untuk merusak konstruksi jalan. makin besar tingkat kerusakan jalan. seperti ketidaknyamanan dan ketidakamanan pengguna jalan mengemudikan kendaraan di atas permukaan jalan yang bergelombang dan licin. Kerusakan terjadi jika daya dukung perkerasan lebih kecil dari beban lalu lintas.kualitas transportasi di Indonesia juga disebabkan oleh berbagai faktor dan masalah lain yang cukup kompleks. Iklim dan cuaca . a. Faktor-faktor penyebab rendahnya kualitas transportasi di Indonesia adalah : 1.

Begitu pula dengan sarana pendukungnya seperti jumlah stasiun pemberhentian kereta. sebagai contoh. Pedagang kaki lima yang biasanya ada di daerah jalur pedestrian tentu mengganggu kenyamanan pengguna jalur pedestrian. yang kotor. rel warisan Belanda itu susut menjadi tinggal 4.516 buah. berbeda dengan statsiun di Jepang misalnya. maka hasilnya akan sangat jauh tertinggal. dimana sangat bersih dari sampah. adalah gambaran terminal di mata masyarakat Indonesia. Salah satu kemunduran Kereta api Indonesia dibuktikan pada tahun 1939. terik matahari maupun pedagang kaki lima. seperti Jepang dan negara-negara Eropa. Proses pemadatan perkerasan di atas tanah dasar yang kurang baik. jadwal kereta api pun jelas dan jarang ada keterlambatan. Dalam kurun setengah abad. retak pinggir pada awalnya disebabkan beban lalu lintas parkir/berhenti serta pemadatan waktu pelaksanaan yang kurang sempurna. memungkinkan air meresap masuk ke lapisan di bawahnya yang melemahkan ikatan antara aspal dan agregat sehingga akan memperluas retakretak. 1. b. Hal ini tentu sangat jauh bila kembali dibandingankan dengan pedestrian ways di Singapura ataupun Malaysia yang bersih dari pedagang kaki lima. . Rendahnya Kualitas Angkutan Umum Darat Apabila angkutan umum darat Indonesia dibandingkan dengan angkutan umum di negara-negara tetangga.kompasiana. jumlah stasiun mencapai 1. Stasium di Indonesia juga tak jauh beda kondisinya. sekitar 82%. maka kualitas perkeretaapian di Indonesia masih mengenaskan. tidak terawatt serta sering didatangi pengemis ataupun pengamen untuk mencari uang. umur ekonomis kereta api guna menjamin keselamatan penumpang maksimal adalah 5-10 tahun (sumber:http://regional. Begitu juga kondisi halte Indonesia. tetapi merupakan gabungan penyebab yang saling kait mengkait. banyaknya masyarakat yang menggunakan jalur pejalan kaki sebagai tempat parkir kendaraan serta masyarakat yang enggan berjalan kaki di jalur pedestrian akibat tidak ada pepohonan untuk mengurangi terik matahari. hal ini tentu mengurangi minat pejalan kaki. sedangkan kondisi perkeretaapian Indonesia dimana lebih banyak ditemui pedagang asongan daripada penumpang. sehingga proses penertibannya biasanya akan berakhir dengan kericuhan. mudahnya . Beberatapa jalur pedestrian juga mengalami kerusakan di beberapa lokasi. Faktor terpenting dari kereta ialah lokomotif. Terminal sebagai unit tempat transit yang berfungsi sebagai pemberhentian kendaraan juga tak luput dari permasalahannya. yang akhirnya menimbulkan pelepasan batuan 1. panas. hampir seluruhnya. panjang rel mencapai 6. ketika Jepang sudah menggunakan shinkansen. sudah tua dengan umur antara 16-30 tahun.030 km. maka Indonesia masih sibuk megatasi pedagang kaki lima yang menggunakan trotoar sebagai tempat berdagang.811 kilometer. lokomotif kereta api indonesia dari 341 unit lokomotif yang ada pada 2008. jumlah itu merosot 62% menjadi tinggal 571 stasiun. tetapi pada tahun 2000.Indonesia beriklim tropis dimana temperatur udara rata-rata 32oC yang memberikan dampak terhadap keamanan aspal yang akhirnya berdampak terhadap jalan keropos serta curah hujan yang tinggi yang akan masuk ke lubang-lubang udara (voids) perkerasan jalan. penuh dengan pencemaran udara. tingkat keamanan yang rendah. Pada 1955. Sehingga mereka lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi yang akan menimbulkan berbagai masalah baru. Dengan terjadinya retak-retak tersebut. atau turun 41%. sedangkan hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan negara maju. namun para pedagang kaki lima umumnya ditarik retribusi oleh pihak-pihak yang mengaku oknum dari pemerintah setempat.com/2010/10/20/kondisi-kereta-api-indonesiahumanerrortechnical-error/) Ketika Orchad Road di Singapura menjadi perhatian dunia dengan kenyamanan fasilitas pedestrian way-nya. Umumnya kerusakan yang timbul tidak disebabkan oleh satu faktor saja.

mobil pribadi 23% (Polda Metro Jaya. dikaarenakan kualitasnya yang rendah serta beberapa alasan lainnya. 2007). stasiun kereta api yang kotor. Tingginya angka kepemilikan ini didasari permasalahan transportasi yang lain yaitu rendahnya kualitas angkutan umum yang ada di Indonesia.2. 2. Hal ini menyebabkan masyarakat lebih memilih untuk membeli kendaraan pribadi daripada mengendarai angkutan umum yang dianggak kurang nyaman. sedan 32%. pengemis serta keamanan yang kurang terjamin.5% per tahun (paparan Dirjen Bina Marga ke KKPPI tanggal 18 Desember 2007). uang muka kecil serta menawarkan hadiah langsung yang sangat menarik membuat berbagai keputusan dan pertimbangan yang diambil masyarakat untuk membeli ditunjang dengan masih lemahnya peran regulator serta layanan yang di berikan oleh operator angkutan umum yang terbilang masih belum memuaskan. jumlah angkutan umum (bus) hanya 4%. Tingginya kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia tentu akan menimbulkan permasalahan yang jauh lebih kompleks dan jangkauannya luas. Angkutan umum (mobil penumpang umum-MPU. Semakin mudahnya proses pemilikan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor dengan iming-iming bunga ringan. Proporsi volume lalu lintas pada beberapa koridor utama adalah: sepeda motor 60%. Berdasarkan mastreplan transportasi darat tahun 2005. Dominasi kendaraan pribadi ini tentu menjadi faktor terjadinya permasalahan lain sepeti kemacetan lalu lintas serta peningkatan pembuangan limbah kendaraan ke udara yang bisa mengakibatkan pemanasalan global. Gambar 3.menaiki kereta api tanpa tiket. pengamen. beberapa ancaman serius bagi moda transportasi angkutan umum adalah : 1. bau kurang sedap. sepeda motor 67%. 2006). bus sedang.3 Kondisi fasilitas transportasi Indonesia 3. . Di negara-negara maju bahkan negara tetangga seperti Singapura. banyaknya tindak criminal selalu menjadi momok yang menakutkan bagi calon penumpang atau penumpang yang mengakhiri perjalanannya suatu di terminal atau stasiun Indonesia. (Studi Kebijaksanaan Harga Jasa Angkutan Penumpang. banyaknya pedgang asongan. 2001).3. seperti pengeluaran yang yang bisa lebih sedikit bila menggunakan kendaraan pribadi daripada ketika menggunakan angkutan umum.3. Kemudahan pengurusan Surat Ijin Mengemudi bahkan di sebagian besar kota–kota di Indonesia untuk mendapat SIM cukup membayar jasa calo ataupun koneksi orang dalam.5 Pemakaian Kendaraan Pribadi Lalu lintas di Jakarta didominasi oleh kendaraan pribadi. dan bus besar) 5% (Kedeputian V Menko Perekonomian. Pertumbuhan kendaraan dalam lima tahun terakhir mencapai 9. 3. seperti polusi udara ang bisa menganggu atau merugikan penduduk tidak hanya yang ada di daerah tersebut namun juga di daerah lain. Pemakaian Masyarakat yang enggan menggunakan angkutan umum. peran regulator (pemerintah) sangat besar artinya bagi proteksi penyediaan jasa angkutan umum serta regulasi yang amat ketat bagi kepemilikan SIM dan kendaraan.

transportasi yang berkelanjutan memikirkan bagaimana transportasi bisa berjalan dengan baik tanpa harus mengorbankan aspek lingkungan tetapi tetap meningkatkan pendapatan ekonomi.4 Alternatif Penanganan 3. 3.org) Sistem transportasi berkelanjutan lebih mudah terwujud pada sistem transportasi yang berbasis pada penggunaan angkutan umum dibandingkan dengan sistem yang berbasis pada penggunaan kendaraan pribadi. Sistem transportasi yang berkelanjutan mengakomodasikan aksesibilitas semaksimal mungkin dengan dampak negatif yang seminimal mungkin. Mengurangi penggunaan BBM dan Mengurang Polusi hal ini bisa didapat karena berkurangnya orang yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Beberapa dampak yang bisa timbul akibat penerapan perencanaan transportasi berkelanjutan ini adalah : 1. Rendahnya kualitas jalur pedestrian juga menjadi faktor mengapa orang lebih memilih membeli kendaraan pribadi.kemudian dengan banyaknya penduduk yang memiliki kendaraan pribadi. Mengurangi Kemacetan . maka planner dituntut untuk mengerti dan peka terhadap aspek-aspek yang sekiranya menyangkut transportasi yang baik.4. tentu akan menimbulkan kemacetan karena tidak didukung oleh peningkatan kapasitas jaringan jalan. Sistem transportasi yang berkelanjutan harus memperhatikan setidaknya tiga komponen penting. Transportasi berkelanjutan merupakan suatu transportasi yang tidak menimbulkan dampak yang membahayakan kesehatan masyarakat atau ekosistem dan dapat memenuhi kebutuhan mobilitas yang ada secara konsisten dengan memperhatikan: (a) penggunaan sumberdaya terbarukan pada tingkat yang lebih rendah dari tingkat regenerasinya. Memang tidak mudah merencanakan transportasi berkelanjutan apalagi melihat kondisi transportasi di Indonesia yang sudah cukup kompleks. dengan meningkatkan penggunaan sepeda atau berjalan kaki. khususnya transportasi darat dimana tingkat mobilitasnya jauh lebih tinggi daripada transportasi laut ataupun udara. mengingkatkan angka kesehatan pernafasan masyarakat serta mengurangi beban negara dalam pendanaan BBM.1 Transportasi Berkelanjutan Perencanaan transportasi yang brekelanjutan adalah dimana sebuah perencanaan tersebut tidak hanya memikirkan keuntungan dan kepentingan jangka pendek namun juga mempertimangkan keberlanjutan perencanaan tersebut pada jangka menengah hingga jangka panjang. karena mereka khawatir dengan keamanan maupun merasa tidak nyaman menggunakan jalur pejalan kaki. kesetaraan dan dampak lingkungan. Dengan konsep seperti itu. yaitu aksesibilitas. 1. Sistem transportasi berkelanjutan merupakan tatanan baru sistem transportasi di era globalisasi saat ini. dan (b) penggunaan sumber daya tidak terbarukan pada tingkat yang lebih rendah dari tingkat pengembangan sumberdaya alternatif yang terbarukan. Dalam hal ini. Perencanaan transportasi yang berkelanjutan tidak hanya mempertimbangkan aspek transportasi saja dalam perencanaannya namun aspek-aspek lain seperti ekonomi dan lingkungan. (Wikipedia. hal ini tentu akan berdampak positif pada penurunan tingkat pembuangan emisi ke udara.

maka ini adalah satu upaya manusia saat ini untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan demi keberlanjutan kehidupan generasi yang akan datang Pemerintah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi diharapkan mampu membuat suatu kebijakan yang baik dalam hal menangani masalah-masalah transportasi darat yang makin hari makin bertambah. 1. Maka dari itu untuk merencanakan sebuah transportasi berkelanjutan diperlukan kesiapan dari sumberdaya manusia dari masing-masing stakeholder. Hal ini tidak akan bisa diwujudkan apabila manusia yang hidup saat ini tidak menjaga lingkungan serta kualitas alam. yang tidak hanya mememntingkan aspek transportasi. Perencanaan yang diharapkan tentu merupakan perencanaan yang cerdas. Masyarakat juga perlu diajak bersama–sama untuk mewujudkan perencanaan ini. dengan perencaanaan transportasi yang berkelanjutan. Pemerintah diharapkan mamu merencanakan transportasi darat yang dapat mengurangi polusi udara. Dengan demikian diperlukan banyak tenaga ahli yang berbobot untuk menangani berbagai tantangan dan permasalahan tersebut. baik dari sisi regulator(pemerintah). gas buangan kendaraan yang seakan-akan bisa lingkungan tamping tanpa mengenal batas.Dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. diharapkan dampak positif yang akan ditimbulkan dari lengkah-langkah nya bisa saling berkaitan. pengguna kendaraan pribadi akan dikenakan biaya jika mereka melewati satu area atau koridor yang macet pada periode waktu tertentu. Generasi yang akan datang kemungkinan hanya bisa menghirup udara penuh polusi yang didapat dari pola hidup masyarakat saat ini. seperti halnya pengurangan kendaraan bermotor yang akan mengurangi kemacetan sehingga mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Pada kenyataannya transportasi di Indonesia masih belum terintegrasi dengan pengembangan wilayahnya. Menjaga Kulalitas Lingkungan Untuk Masa Depan Generasi mendatang yanitu anak cucu manusia saat ini masih membutuhkan lingkungan alam yang sehat. tidak jadi melakukan perjalanan. 3. jumlah kendaraan yang melintasi jelan raya akan berkurang. mencri rute lain. akhirnya. mencari tujuan perjalanan lain. atau berpindah menggunakan moda lain yang diijinkan untuk melewati area atau koridor tersebut. menempatkan transportasi sebagai satu sistem yang harus dilaksanakan dengan baik ndan bisa mengesampingkan aspek-aspek yang lain. Dengan perencanaan yang berlandaskan transportasi berkelanjutan. udara yang bersih dan ketersediaan kebutuhan alam yang cukup. Pengguna kendaraan pribadi. hal ini bisa mengurangi resiko kemacetan di jam-jam sibuk atau di jalan-jalan tertentu. tetantang bagaimana keberlanjutan suatu kota tersebut tanpa ada kesadaran dari semua pihak. merubah waktu dalam melakukan perjalanan. Biaya yang dikenakan juga bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada pengguna kendaraan pribadi bahwa perjalanan mereka dengan kendaraan pribadi mempunyai kontribusi terhadap kerusakan lingkungan dan kerugian kepada masyarakat yang tidak mengunakan kendaraan . maupun perencana. masyarakat yang biasanya acuh dengan kebijakan pemerintah serta tidak peduli dengan masalah-masalah perkotaan di sekelilingnya perlu diberi arahan atau wawasan tentang lingkungan. operator (pelaku bisnis transportasi).4. menjaga keutuhan lingkungan untuk masa yang akan datang serta mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.2 Penerapan ERP Dengan electronic roadpricing. saat ini alam hampir berada pada batas ambang dimana daya dukung lingkungan sudah tidak mampu menyediakan apa yang manusia butuhkan. harus menentukan apakah akan meneruskan perjalanannya melalui area atau koridor tersebut dengan membayar sejumlah uang.

Tujuan dari aplikasi ERP di London adalah untuk mengurangi kemacetan. Harga yang bervariasi tersebut ditujukan untuk mempertahankan kecepatan antara 45-65 km/jam pada expressways dan 20-30 km/jam pada jalan arteri. 3. meningkatkan reliabilitas waktu perjalanan. serta jenis kendaraan. Penurunan volume lalu lintas 15 % 1. Tidak terjadi dampak lalu lintas yang besar di daerah diluar area congestion charging 8. sehingga bisa diisi ulang.2 Studi Kasus ERP di London ERP diaplikasikan di London pada 17 Pebruari 2003. namun masyarakat menggunakan kartu yang cara kerjanya seperti kartu ATM. pada tahun 1998. biaya yang diterapkan berbeda-beda tergantung jam melintas. terutama pada jam-jam sibuk. Perjalanan menjadi lebih reliable 4. Reliabilitas bus schedule meningkat signifikan 5. Aplikasi ERP di London memberikan beberapa hasil positif antara lain: 1. Harga untuk memasuki daerah atau koridor ERP bervariasi berdasarkan rata-rata kecepatan jaringan. g. Penurunan polusi 12% (NOx. apakah sudah melakukan transaksi pembayaran atau belum. dan volume lalu lintas yang menuju daerah diterapkannya congestion pricing menurun sampai dengan 44% 3.2. Penurunan kemacetan 30% 2. ERP memiliki alat berupa gerbang masuk dimana ketika memasuki gerbang tersebutm itu artinya telah masuk kawasan yang dinilai cukup rawan kemacetan dan masyarakat harus menggesek kartu prabayar tersebut di vehicle units atau alat gesek yang ada di kendaraan masing-masing. PM10) 3.3 Green Transportation .4. kapasitas jalan. apabila belum maka kendaraan tersebut akan dikenai denda saat pengurusan STNK. Prosentase penggunaan carpools dan bus meningkat dari 41% menjadi 62%. Tujuannya adalah untuk membatasi lalu lintas yang masuk CBD pada saat jam puncak untuk mengurangi kemacetan. Cara kerja dari ERP sendiri adalah seperti jalan tol. dan mengurangi polusi udara. Menjadi sumber pendapatan yang sebagian besar dipakai untuk perbaikan pelayanan angkutan umum 3. ALS diganti dengan Electronic Road Pricing (ERP). Singapore menggunakan Area-Licensing Scheme (ALS). Kemudian alat di gerbang tersebut akan menerima sensor dari kendaraan yang melintas.4.pribadi. Kecelakaan lalu lintas menurun 6.2. Peningkatan kecepatan tidak meningkatkan fatalitas kecelakan 7. Dampak diterapkanya congestion pricing atau ERP di Sangapore cukup signifikan. c. pada awalnya disebut urban road user charging. Sebelum ERP. ERP diharapkan mampu mengurangi perjalanan dengan kendaraan pribadi dan mengurangi perjalanan yang tidak perlu.1 Studi Kasus ERP di Singapura Singapore merupakan kota pertama yang mengaplikasikan ERP (sejak tahun 1998).4.

ethanol lebih menguntungkan terhadap lingkungan yang bersih dibandingkan dengan bensin premium. pengurangan penggunaan kendaraan bermotor pribadi. Angka tersebut (terutama research octane) melampaui nilai maksimal yang mungkin dicapai oleh bensin walaupun setelah ditambahkan aditif tertentu.7 . Transportasi hijau atau green transport dapat diterapkan melalui banyak cara. Brazil tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki keseriusan tinggi dalam implementasi bahan bakar etanol untuk keperluan kendaraan bermotor dengan tingkat penggunaan bahan bakar ethanol saat ini mencapai 40% secara nasional. seperti mengganti bahan bakar minyak yang digunakan kendaraan bermotor dengan bahan bahar yang lebih ramah lingkungan. Penggunaan etanol sebagai bahan bakar mulai diteliti dan diimplementasikan di AS dan Brazil sejak terjadinya krisis bahan bakar fosil di kedua negara tersebut pada tahun 1970-an. Dalam konteks perencanaan kota.Green Transport merupakan salah satu contoh transportasi berkelanjutan.6 dan motor octane 89. konsep ini bertujuan sebagai upaya peningkatan fasilitas bagi komunitas bersepeda. Ethanol Ethanol merupakan alkohol cair dengan bilangan oktana yang tinggi dan mampu menggantikan bensin. yang mengandung etanol 85% semakin populer di masyarakat dunia. Bila produksi etanol sebagai bahan bakar alternatif pengganti bensin semakin digenjot. Terdapat beberapa karakteristik internal etanol yang menyebabkan penggunaan etanol pada mesin lebih baik daripada bensin. yakni hanya 4% (Yakinudin:2010) 1. Untuk rasio campuran etanol dan bensin mencapai 60:40%. Sebagai catatan. Harga ethanol lebih mahal jika dibandingkan dengan harga bensin. fasilitas komunikasi maupun penyediaan transportasi umum massal yang murah dan ramah lingkungan. ataupun peningkatan kualitas fasilitas transportasi. E85. Di satu sisi. bensin yang dijual Pertamina memiliki angka research octane 88 dan umumnya motor octane lebih rendah dari pada research octane. Ethanol diproduksi dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti jagung di Amerika serikat dan tebu di Brazil. Contoh penerapan green transportation adalah penerapan bahan bakar untuk kendaraan bermotor yang ramah lingkungan : 1. Green Transport ini merupakan pendekatan yang digunakan untuk menciptakan transportasi yang sedikit atau tidak menghasilkan gas rumah kaca. karena gas bumi lebih raman lingkungan dari pada BBM yang kini lebil dominan dipakai oleh kendaraan-kendaraan bermotor di dunia. Menurut studi yang ada. Cara yang mungkin bisa ditempuh oleh pemerintah Indonesia dalam waktu dekat ini adalah perbaikan fasilitas transportasi yang sudah ada. Etanol memiliki angka research octane 108. pemerintah bisa melakukan penghematan. Transportasi hijau atau bisa juga disebut dalam bahasa Inggrisnya disebut sebagai Green Transport merupakan perangkat transportasi yang berwawasan lingkungan. maka impor bensin akan menurun. Ethanol sementara ini belum dikembangkan di Indonesia. tentu saja harus disertai riset soal pengembangan produk otomotif berbahan bakar etanol. . Salah satu cara mengurangi pencemaran adalah pemakaian gas bumi. tercatat peningkatan efisiensi hingga 10%. peremajaan ataupun pengadaan fasilitas transportasi yang memang dibutuhkan tetapi jumlahnya masih sangat minim. pejalan kaki. Di AS. Brasil merupakan negara yang paling maju dibidang kendaraan bermotor dengan bahan bakar ethanol. BBG BBG merupakan singkatan dari bahan bakar gas. bahan bakar relatif murah. Selain itu etanol juga memiliki emosi CO2 yang lebih rendah daripada bensin.

sorgum biji. pembatasan Lalu Lintas Kendaraan perseorangan pada koridor atau kawasan tertentu waktu dan Jalan tertentu. jagung. Bioetanol adalah bahan bakar nabati yang tak pernah habis selama mentari masih memancarkan sinarnya. oksigen berlimpah. listrik (7%) dan rumah tangga (22%). Sumber bioetanol dapat berupa singkong. d.BBG merupakan energi alternatif pengganti BBM yang paling prospektif untuk dikembangkan segera. pembatasan Lalu Lintas SepedaMotor pada koridor atau kawasan tertentu pada waktu dan Jalan tertentu. pembatasan Lalu Lintas Kendaraan barang pada koridor atau kawasan tertentu pada waktu dan Jalan tertentu. sorgum manis.22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Manajemen kebutuhan Lalu Lintas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan dengan cara: a. • • (sumber : http://smk3ae. air tersedia. 3.4 Pembatasan Kendaraan pribadi Sebenarnya di Indonesia sudah bisa melakukan sistem pembatasan kendaraan bermotor pribadi.4. dalam pasal 133 ayat (2) dicantumkan bahwa. c. Kendaraan yang menggunakan BBG akan memperpanjang usia pemakaian minyak pelumas. pembatasan Lalu Lintas Kendaraan Bermotor Umum sesuai dengan klasifikasi fungsi Jalan. nipah.com/2009/03/29/bahan-bakar-alternatif-kendaraan-bermotor/) c. tebu. dasar hokum yang bisa digunakan untuk menerapkan sistem ini di Indonesia adalah Undangundang No. karena: • BBG memiliki beberapa keunggulan terhadap BBM. aren. sagu. juga akan menguntungkan petani singkong yang pendapatannya tidak terlalu tinggi. Bioetanol Singkong Salah satu alternatif pengganti bahan bakar fosil adalah dengan bioenergi seperti bioetanol. Langkah ini selain akan menguntungkan pemerintah yang dapat mengurangi pengeluaran dana negara untuk mengimpor BBM atau memberi subsidi untuk BBM. dan/atau f. hasil yang didapat akan berlipat ganda sehingga akan menekan konsumsi bahan bakar fosil. kelapa dan padi. pembatasan ruang Parkir pada kawasan tertentu dengan batasan ruang Parkir maksimal. ubi jalar. selain itu harganya juga relatif terjangkau. dan kita mau melakukan budidaya pertanian. jika banyak masyarakat menjadi bagian integral dalam kegiatan produksi bahan bakar ini. antara lain karena cadangan gas bumi relatif masih cukup besar dan biaya pengadaannya lebih murah dari BBM. Tetapi. Sumber bioetanol yang cukup potensial dikembangkan di Indonesia adalah singkong karena singkong merupakan tanaman yang mudah dijumpai di Indonesia. Indonesia pun bisa menjadi negara yang mandiri. lontar. . pembatasan Lalu Lintas Kendaraan Tidak Bermotor Umum pada koridor atau kawasan tertentu pada waktu dan Jalan tertentu.wordpress. Kelemahan dari cara pembuatan bioetanol ini adalah relatif memakan waktu yang cukup lama sehingga kapasitas produksi untuk skala masyarakat relatif kecil. Konsumsi BBM untuk sektor transportasi adalah yang paling dominan (mencapai 52%) dibandingkan untuk industri (19%). e. mesin dan busi. pada b. ramah lingkungan dan aman bagi pemakai.

pemerintah menetapkan tariff parkir langganan yang harganya mencapai 5. Andal. 1984. khusunya permasalahan yang ada pada sistem transportasi darat. Alternatif-alternatif yang telah disebutkan diatas adalah upaya-upaya yang dapat dilakukan pemerintah Indonesia untuk mengatasi permasalahan-permasalahan transportasi. untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi.wikipedia. Pemberlakukan sistem pelat genap dan ganjil.2 juta per bulan. diakses tanggal 14 November 2010 . pelat nomor genap hanya boleh melintas di tempat atau jam-jam tertentu pada tanggal genap. polisi.Ghalia Indonesia: Jakarta Yakinudin. Di New York. 2004. pelat nomor dengan nomor ganjil hanya boleh melintas di jalan tertentu pada tanggal ganjil begitu pula sebaliknya. Pembatasan ruang parkir dengan batasan tertentu yang tercantum pada ketentuan tata ruang wilayah 2. Namun ada pengecualian Pengecualian yang dapat diberikan pada kendaraan umum. DAFTAR PUSTAKA Morlok. Edward K. Namun alternatid-alternatif tersebut hanya akan sia-sia apabila tidak diimbangi dengan kesadaran semua pihak untuk mencapai sebuah sistem transportasi Indonesia yang berkelanjutan. ambulan. Nur. kota yang kegiatan trasnportasinya cukup sibuk. dan dibatasi misalnya satu mobil per perusahaan atau sesuai dengan proporsi antara karyawan dan kebutuhan mobilitas/pengangkutan yang diperlukan. dimana yang mengatur tariff parkir adalah pemerintah daerah dengan kekuatan otonomi daerahnya mengingat harga sewa parkir di Indonesia sangatlah rendah. pemberlakukan sistem ini dimaksudkan untuk mengurangi atau membatasi kendaraan yang akan melintasi jalan di hari-hari tertentu. Kendaraan milik perusahaan diperbolehkan berjalan dengan adanya izin dari instansi terkait misalnya berupa stiker khusus yang dapat diperoleh setelah pemenuhan persyaratan oleh perusahaan yang bersangkutan. Erlangga: Jakarta Nasution. maka upaya yang bisa dilakukan untuk pembatasan penggunaan kendaraan pribadi adalah : 1. menerapkan langgangan parkir per hari atau sistem harian yaitu 358 ribu per hari 1.Berdasarkan Undang-undang No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. hal ini berbanding dengan tarif parkir yang diberlakukan di negara-negara lain seperti jepang ataupun beberapa negara di Eropa. Sewa/tarif parkir bisa dilakukan sistem monopoli.org/wiki/Green_Transportation. Pemberlakuan sistem pengaturan nomor plat ganjil dan genap ini pernah dilaksanakan oleh kota Beijing pada saat penyelenggaraan Olimpiade di bulan Agustus 2008. Di Sydney Australia. 2010. jurnal online : Bioetanol Sebagai Sumber Bahan Bakar Terbaharukan dan Solusi untuk Meningkatkan Penghasilan Petani Singkong Online : http://id. Hasilnya adalah jalan raya di kota Beijing bebas dari kemacetan parah dan udara pun lebih bersih dibanding hari-hari biasa. pemadam kebakaran serta lain-lain yang melayani kepentingan publik. Manajemen Transportasi. mangingat transportasi darat memiliki siste dan permasalahan yang lebih kompleks. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi.

Diakses pada tanggal 15 November 2010.160509. Online: Susantono.pdf.net/upload/data_artikel/Topik%20Lain%20Green %20Transport%20edited%201.wordpress. 2009.pdf.org/wiki/Terminal_bus diakses tanggal 14 November 2010 Online : http://kardady. Electronic Road Pricing : salah satu upaya mengatasi masalah kemacetan di kota Jakarta.wordpress.net/upload/data_artikel/ELECTRONIC%20ROAD%20PRICING %20UNTUK%20JAKARTA%20REV. Bambang.penataanruang.penataanruang.com/2010/04/26/terminal-penumpang-dan-sistem-jaringanangkutan-umum/ diakses tanggal 14 November 2010 Online : Anonymous.com/2009/03/29/bahan-bakar-alternatifkendaraan-bermotor/. http://smk3ae. Online:http://bulletin. diakses pada 16 Novemnber 2010 .Online : http://id. http://bulletin. Green Transport: Upaya Mewujudkan Transportasi yang Ramah Lingkungan. diakses pada 15 November 2010 Online : Anonymous.wikipedia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful